HUBUNGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DEWASA DI RSUD Dr. (H.C) Ir. SOEKARNO PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.45393Keywords:
Dimensi Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rawat Inap, RSUD ProvinsiAbstract
Kepuasan pasien merupakan indikator paling penting bagi rumah sakit. Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan seseorang setelah menerima pelayanan yang dirasakan dan membandingkan dengan harapannya. Adapun lima indikator yang menjadi kualitas pelayanan yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dimensi kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap dewasa di RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan teknik sampling non random sampling dan pengambilan sampel dengan menggunakan quota sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 397 orang dengan sampel sebanyak 88 responden di ruang rawat inap dewasa RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 16-21 Desember 2024. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi- square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara dimensi reliabillity (p = 0,002, POR = 4,432), responsiveness (p = 0,039, POR = 2,761), assurance (p = 0,012, POR = 3,394), emphaty (p = 0,011, POR = 3,361), dan tangibles (p = 0, 017, 3,278) dengan kepuasan pasien rawat inap dewasa RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2024. Disarankan bagi institusi pelayanan kesehatan dapat memperhatikan pelayanan reliability agar petugas atau tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap dan meningkatkan jaminan keamanan dan kepercayaaan terhadap pelayanan assurance.References
Agustya. (2023). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Perawat Jalan Puskesmas Palang
Amalina, et al. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Kesehatan Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor
Anggraini. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/view/46205/75676589072
Anggraini, A. R., & Oliver, J. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Haji Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699
Anjaryani, W. D. (2009). Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang. https://core.ac.uk/download/files/379/11722783.pdf.
Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Penelitian Ilmu Manajemen, 2(2), 2614-3747. https://bmspeed7.com
Ayunus. (2020). Kuesioner Dimensi Mutu. https://id.scribd.com/user/254851344/ayunus-011113
Cristania, dkk. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSUP Prof. Dr.R.D.Kandou Manado. 4 (2), 150-160
Dharma, K.K. (2011). Metodologi penelitian keperawatan. Jakarta:CV.Trans Info Media.
Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (2023). 14 Oktober 2024 dari http://dinkes.babelprov
Farianita, R. (2016). Faktor- Faktor Yang Berhubungan Degan Kepuasan Dengan Kepuasan Peserta BPJS Terhadap Pelayanan Instalasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Tk. Iii Bhakti Wira Tamtama Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang,Semarang.
Farida, dkk. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien di Poli Umum Puskesmas Beruntung Raya.
Fauziyyah, S. (2021). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di RSUD Cempaka Putih Tahun 2020. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 5(1), 89-96. https://doi.org/10.52643/marsi.v5i1.1299
Grestyaning. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Mahasiswa. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/manajemen/article/view/669
Hasifah, dkk. (2025). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Pasien Rawat Inap dengan Pendekatan Metode service Quality di Puskesmas Lape.
Hasim, dkk. (2018). Hubungan Persepsi Pasien Tentang Empati Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSUD Sleman Yogyakarta. 7, (1), 25-32
Heriana, C. (2015). Manajemen Pengelolaan Data Kesehatan. Bandung:Refika Aditama.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). https://kemkes.go.id
Kosnan, Wilhelmina. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1538
Laporan Survei Kepuasan Masyarakat RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (2024). https://rsud-soekarno.babelprov.go.id/
Listyorini. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Harga Kepuasan Pasien.
Mernawati. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Tangerang.
Muninjaya, Gde. (2012). Manajemen mutu kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Najib, dkk (2022). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Perawat Jalan Puskesmas Palang
Notoadmodjo,S. (2010). Metodologi penelitian
Pratiwi. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dan Caring Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Perawat Ruang Inap Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Multazam Medika Bekasi Timur. Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2 (2), 1-22.
Rosidah, dkk. (2019). Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tahun 2024. Jurnal STIKES Al- Ma’rif Baturaja, 9 (1), 135-144.
Suciati, dkk. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022.
Wulandari, dkk. (2022). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Assurance Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di RS Dr. Adhyatma MPH Semarang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 lelly mardyanti , Maryana Maryana, Hermain Ruslan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


