HUBUNGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DEWASA DI RSUD Dr. (H.C) Ir. SOEKARNO PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG TAHUN 2024

Authors

  • lelly mardyanti Fakultas Keperawatan, Program Studi Ilmu Keperawatan, Institut Citra Internasional, Bangka Belitung
  • Maryana Maryana Fakultas Keperawatan, Program Studi Ilmu Keperawatan, Institut Citra Internasional, Bangka Belitung
  • Hermain Ruslan Fakultas Keperawatan, Program Studi Ilmu Keperawatan, Institut Citra Internasional, Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.45393

Keywords:

Dimensi Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rawat Inap, RSUD Provinsi

Abstract

Kepuasan pasien merupakan indikator paling penting bagi rumah sakit. Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan seseorang setelah menerima pelayanan yang dirasakan dan membandingkan dengan harapannya. Adapun lima indikator yang menjadi kualitas pelayanan yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dimensi kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap dewasa di RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan teknik sampling non random sampling dan pengambilan sampel dengan menggunakan quota sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 397 orang dengan sampel sebanyak 88 responden di ruang rawat inap dewasa RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 16-21 Desember 2024. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi- square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara dimensi reliabillity (p = 0,002, POR = 4,432), responsiveness (p = 0,039, POR = 2,761), assurance (p = 0,012, POR = 3,394), emphaty (p = 0,011, POR = 3,361), dan tangibles (p = 0, 017, 3,278) dengan kepuasan pasien rawat inap dewasa RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2024. Disarankan bagi institusi pelayanan kesehatan dapat memperhatikan pelayanan reliability agar petugas atau tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap dan meningkatkan jaminan keamanan dan kepercayaaan terhadap pelayanan assurance.

References

Agustya. (2023). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Perawat Jalan Puskesmas Palang

Amalina, et al. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Kesehatan Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor

Anggraini. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkeperawatanFK/article/view/46205/75676589072

Anggraini, A. R., & Oliver, J. (2019). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Haji Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699

Anjaryani, W. D. (2009). Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang. https://core.ac.uk/download/files/379/11722783.pdf.

Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Penelitian Ilmu Manajemen, 2(2), 2614-3747. https://bmspeed7.com

Ayunus. (2020). Kuesioner Dimensi Mutu. https://id.scribd.com/user/254851344/ayunus-011113

Cristania, dkk. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSUP Prof. Dr.R.D.Kandou Manado. 4 (2), 150-160

Dharma, K.K. (2011). Metodologi penelitian keperawatan. Jakarta:CV.Trans Info Media.

Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (2023). 14 Oktober 2024 dari http://dinkes.babelprov

Farianita, R. (2016). Faktor- Faktor Yang Berhubungan Degan Kepuasan Dengan Kepuasan Peserta BPJS Terhadap Pelayanan Instalasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Tk. Iii Bhakti Wira Tamtama Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang,Semarang.

Farida, dkk. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien di Poli Umum Puskesmas Beruntung Raya.

Fauziyyah, S. (2021). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di RSUD Cempaka Putih Tahun 2020. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 5(1), 89-96. https://doi.org/10.52643/marsi.v5i1.1299

Grestyaning. (2010). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Mahasiswa. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/manajemen/article/view/669

Hasifah, dkk. (2025). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Pasien Rawat Inap dengan Pendekatan Metode service Quality di Puskesmas Lape.

Hasim, dkk. (2018). Hubungan Persepsi Pasien Tentang Empati Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSUD Sleman Yogyakarta. 7, (1), 25-32

Heriana, C. (2015). Manajemen Pengelolaan Data Kesehatan. Bandung:Refika Aditama.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). https://kemkes.go.id

Kosnan, Wilhelmina. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1538

Laporan Survei Kepuasan Masyarakat RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (2024). https://rsud-soekarno.babelprov.go.id/

Listyorini. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Harga Kepuasan Pasien.

Mernawati. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Tangerang.

Muninjaya, Gde. (2012). Manajemen mutu kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Najib, dkk (2022). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Perawat Jalan Puskesmas Palang

Notoadmodjo,S. (2010). Metodologi penelitian

Pratiwi. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dan Caring Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Perawat Ruang Inap Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Multazam Medika Bekasi Timur. Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2 (2), 1-22.

Rosidah, dkk. (2019). Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tahun 2024. Jurnal STIKES Al- Ma’rif Baturaja, 9 (1), 135-144.

Suciati, dkk. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022.

Wulandari, dkk. (2022). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Assurance Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di RS Dr. Adhyatma MPH Semarang.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles