GAMBARAN PROSES VERIFIKASI BERKAS KLAIM PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT X
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.45214Keywords:
verifikasi klaim, casemix, BPJS KesehatanAbstract
Verifikasi dokumen klaim tidak hanya berfokus pada pemeriksaan lengkapnya data pasien dan layanan yang telah diberikan, tetapi juga penting untuk kelancaran dalam proses pembayaran klaim. Hal ini berlaku baik untuk asuransi kesehatan, BPJS Kesehatan, maupun metode pembayaran lainnya. Jika pengelolaan proses ini tidak dilakukan dengan baik, dapat muncul masalah seperti penundaan klaim, penolakan, atau bahkan kerugian finansial untuk rumah sakit. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan coder di rumah sakit X. Variabel yang dianalisis dalam studi ini mencakup prosedur dokumen klaim, syarat kelengkapan dokumen klaim, kerja sama BPJS dengan fasilitas kesehatan, pengiriman dokumen klaim, masalah dalam verifikasi dokumen, dan pencairan tagihan BPJS. Hasil wawancara menunjukkan bahwa syarat kelengkapan dokumen klaim BPJS Kesehatan yang ditemukan mencakup beberapa dokumen penting seperti Surat Eligibilitas Peserta (SEP), hasil pengelompokan, resume medis, surat pengantar, hasil pemeriksaan pendukung, dan kuitansi. Untuk pasien yang dirujuk dari Instalasi Gawat Darurat (IGD), laporan triage juga diperlukan. Keberadaan dokumen-dokumen ini sangat penting untuk mendukung proses klaim. Dari paparan permasalahan yang ada, dapat disimpulkan bahwa pelayanan di Rumah Sakit X sudah berjalan dengan baik namun, ada beberapa hal yang memperlambat proses kerja, sehingga diharapkan untuk melengkapi verifikasi dokumen klaim.References
Hasanah, C., & Sutisna, R. R. (2023). Tinjauan Ketidaklengkapan Resume Rawat Inap Peserta Jkn Guna Menunjang Kualitas Pengklaiman Di Rsup Dr Hasan Sadikin Bandung. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informatika, 1(2), 96–106. https://doi.org/10.59820/tekomin.v1i2.96
Julia Pohan, H. D., Sulisna, A., & Meliala, S. A. (2022). Faktor Penghambat Belum Diterapkannya Rekam Medis Elektronik (Rme) Di Klinik Aksara Tahun 2022. Indonesian Trust Health Journal, 5(1), 45–50. https://doi.org/10.37104/ithj.v5i1.98
Khasanah Meilia. (2020). Tantangan Penerapan Rekam Medis Elektronik Untuk Instansi Kesehatan. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta, 7(03), 2355–5009. http://sainstech.poltekindonusa.ac.id/index.php/view/article/download/182/144
Khasanah, N. M., Fannya, P., Indawati, L., & Daniel, P. H. (2023). Tinjauan Proses Klaim Bpjs Kesehatan di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sukapura Jakarta Utara Tahun 2021. Journal of Innovation Research and Knowledge, Vol.3(3), 501–512. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/6327/4829
Nugroho P, R. H. (2022). Analisis Penyebab Keterlambatan Verifikasi Klaim Bpjs Pada Pembiayaan Pasien Di Rumah Sakit Umum Mitra Paramedika. Jurnal Permata Indonesia, 13(1), 43–53. https://doi.org/10.59737/jpi.v13i1.54
Nuraini, N., & Lestari, P. P. (2021). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Pengajuan Klaim Rawat Inap ke Verifikator BPJS Kesehatan di RSUD Genteng Banyuwangi. Jurnal Kesehatan, 9(3), 140–149. https://doi.org/10.25047/j-kes.
Nuralifa, Z. I., & Umar, Z. (2024). Analisis Faktor Penghambat Implementasi Bridging System dan V-Claim di Rumah Sakit Siaga Al-Munawwarah Samarinda. Jurnal Pengabdian Kepada …, 5(3), 3062–3067. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/3475
Santiasih, W. A., Simanjorang, A., & Satria, B. (2021). Analisis Penyebab Pending Klaim Bpjs Kesehatan Rawat Inap Di Rsud Dr.Rm Djoelham Binjai Analysis of Pending Causes of Bpjs Health Claim Installing in Rsud Dr. Rm Djoelham Binjai. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2), 2615–109.
Sekretaris Negara RI. (2004). UU RI No.40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jdih BPK RI, 1–45.
Susanto, Anton, Hadsari, Rindi, Pramesty, Aira, Hidayat, M. R. (2024). Efektivitas verifikasi klaim bpjs kesehatan antara rawat jalan dan rawat inap di rsjd surakarta 1. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas)2024, 453–459.
Talkah, I. K., Asiani, G., & Zaman, C. (2025). Analisis Pengajuan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Di Rumah Sakit. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 10.
Wijaya, Risti Nila, Wikansari, Nurvita, Ariani, T. (2023). Analisis Pengembalian Klaim Bpjs Kesehatan Rawat Inap Di Rumah Sakit Nur Hidayah Kabupaten Bantul. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 9(2), 120–126. https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/4192
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diva Okti Aryani, Silvia Nurvita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


