HUBUNGAN MARKETING MIX DENGAN KEPUTUSAN PEMILIHAN FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA OLEH PESERTA JKN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SIMPANG IV SIPIN KOTA JAMBI TAHUN 2024

Authors

  • Zuhriyyatin Afifah S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Jambi
  • Hubaybah Hubaybah Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Jambi
  • Adila Solida Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Jambi
  • Arnild Augina Mekarisce Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Jambi
  • Rizalia Wardiah Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.45139

Keywords:

Keputusan Pemilihan, Marketing Mix, Peserta JKN, Puskesmas

Abstract

Meningkatnya jumlah FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) di Kota Jambi, mendorong persaingan dalam menarik peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Persaingan ini berdampak pada fluktuasi jumlah peserta JKN di Puskesmas Simpang IV Sipin. Selain itu, terdapat 24 keluhan terkait elemen marketing mix di Puskesmas yang belum dimanfaatkan secara optimal dalam menyusun strategi pemasaran. Pemasaran ialah salah satu cara FKTP untuk memikat pelanggan kepada produk jasanya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan Marketing Mix dengan Keputusan Pemilihan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama oleh peserta JKN di wilayah kerja  Puskesmas Simpang IV Sipin. Penelitian menggunakan studi kuantitatif, dengan rancangan cross sectional. Populasi yang diteliti pada penelitian ini yaitu seluruh peserta JKN yang berdomisili di wilayah kerja Puskesmas Simpang IV Sipin yaitu 29.532 peserta. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode lemeshow, total sampel bejumlah 60 responden. Hasil analisis chi-squere, tidak terdapat hubungan antara elemen product (p-value 0,084), promotion (p-value 0,741), people (p-value 1,000), physical evidance (p-value 0,241) dengan keputusan pemilihan FKTP oleh peserta JKN di wilayah kerja Puskesmas Simpang IV Sipin. kemudian terdapat hubungan antara elemen process (p-value 0,019), place (p-value 0,048) dengan keputusan pemilihan FKTP oleh peserta JKN di wilayah kerja Puskesmas Simpang IV Sipin. variabel marketing mix yang berhubungan dengan keputusan pemilihan FKTP oleh peserta JKN di wilayah kerja Puskesmas Simpang IV Sipin adalah place dan process. Variabel yang tidak berhubungan yaitu product, promotion, poeple, dan physical evidance. FKTP perlu meningkatkan promosi, fasilitas, sistem antrian, dan kualitas SDM, serta memperkuat kerja sama dengan BPJS Kesehatan

References

Alfani, S., Widjanarko, B., & Sriatmi, A. (2023). Analisis Bauran Pemasaran Jasa Dengan Keputusan

Pembelian Layanan. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(2), 2100–2108. https://doi.org/10.31539/jks.v7i1.6020

Annisa Amalia, Haeruddin, & Nurbaety. (2022). Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Pemanfaatan Layanan Kesehatan Pada Pasien Rawat Inap Di RSUP Dr. Tadjuddin Chalid Makassar. Window of Public Health Journal, 3(3), 422–431. https://doi.org/10.33096/woph.v3i3.24

Fidia, N. , & Zainafree, I. (2022). Hubungan antara Bauran Pemasaran dan Kepesertaan JKN dengan Keputusan Pasien Memilih Layanan Kesehatan. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 2(2), 160–170. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/IJPHN

Kemenkes RI. (2023). Profil Kesehatan Indonesia. In Pusdatin.Kemenkes.Go.Id. https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-2021.pdf

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 3 Tahun 2023 Tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan, 1 (2023).

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi Edisi 3. Salemba Empat.

Mega, A. E., Drastyana, S. F., & Rizky, M. R. (2023). Keputusan Pembelian Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit WIiyung Sejahtera: Kajian Terhadap Bauran Pemasaran. 157–163.

Nor Aini, T., & Dian Ellina, A. (2021). Strategi Manajemen Pelayanan Klinik Imam Bonjol dalam Menghadapi Persaingan Antar FKTP. Jurnal Syntax Transformation, 2(10), 1516–1533. https://doi.org/10.46799/jst.v2i10.437

Philip Kotler dan Kevin Keller. (2006). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 (12th ed.).

Prianugraha, A. R., Rahim, A. H., & Sukajie, B. (2024). Analisis Marketing Mix 7P terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien di Klinik Khasanah Medika dan Baitul Syifa Tahun. 5(12), 5339–5357.

Rahmawati, Samsualam, & Gobel, F. A. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Memilih Layanan Kesehatan pada Pasien Rawat Jalan di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Journal of Aafiyah Health Research (JAHR), 5(1), 99–107.

Ramadhani, D. D., Wijaya, H., Putri, L. M., & Tjokro, S. H. (2023). Hubungan Bauran Pemasaran dengan Peningkatan Pemanfaatan Rawat Inap (Studi di Rumah Sakit X Kelas C Kota Surabaya). JHMR: Journal of Health Management Research, 2(2), 96–105.

Tonis, M., Yuliana, A. S., Handoko, B., & Erlisa, H. (2024). Strategi bauran pemasaran dengan keputusan memilih layanan kesehatan bagi pasien di unit rawat jalan rumah sakit pelita. 8, 5572–5579.

Triana Imanda, E., Germas Kodyat, A., & Widiyaningsih, C. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Memilih Pelayanan Pada Pasien Umum Rawat Jalan RS Sari Asih Karawaci. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 7(4), 398–408. https://doi.org/10.52643/marsi.v7i4.3569

Ulfa, A. R. (2024). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Keputusan Pasien dalam Memilih Layanan Kesehatan di Rumah Sakit. Journal of Telenursing (JOTING), Vol. 6 (2)(1), 314–323.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan, (2023).

Downloads

Published

2025-06-22

Issue

Section

Articles