GAMBARAN KEPUASAN PROGRAM SKRINING TB DI PUSKESMAS PERTIWI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.44797Keywords:
TB, Puskesmas, KepuasanAbstract
Tuberkulosis (TB) merupakan masalah kesehatan masyarakat global yang signifikan. Meskipun ada berbagai upaya untuk mengendalikan penyakit ini, penyakit ini tetap menjadi penyebab kematian utama di seluruh dunia. Puskesmas Pertiwi merupakan institusi pelayanan kesehatan yang memiliki komitmen tinggi dalam menyelenggarakan layanan kesehatan bagi masyarakat di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kepuasan program skrining di Puskesmas Pertiwi. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan jenis kelamin mayoritas responden adalah laki-laki (55,60%). Usia mayoritas responden 50-63 tahun. Kepuasaan pasien menunjukkan bahwa dimensi Bukti Langsung (p-value= 0.001), Empati (p-value= 0.031), Kepuasan Konsumen (p-value = 0.027), yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Program Skrining TB di Puskesmas Pertiwi.References
Afrioza, S. & Baidillah, I. Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sepatan. J. Nurs. Pract. Educ. 1, 169–180 (2021).
Ananda Muhamad Tri Utama. Tinjauan Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Di Puskesmas Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Provinsi Dki Jakarta Tahun 2022. 9, 356–363 (2022).
Arini, M., Sugiyo, D. & Permana, I. Challenges, Opportunities, And Potential Roles Of The Private Primary Care Providers In Tuberculosis And Diabetes Mellitus Collaborative Care And Control: A Qualitative Study. BMC Health Serv. Res. 22, 1–14 (2022).
Aulia, K. Gambaran Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Pelayanan Antenatal Care Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Kecamatan Kembangan Jakarta Barat Tahun 2022. Jurnal Keperawatan Bsi (2022).
Ayu. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Menteng Palangka Raya. 69–72 (2022).
Baker, M. A. Et Al. The Impact Of Diabetes On Tuberculosis Treatment Outcomes: A Systematic Review. BMC Med. 9, 81 (2021).
Biyanda Eninurkhayatun, Antono Suryoputro, E. Y. F. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. J. Kesehat. Masy. 5, 33–42 (2017).
Chakaya, J. Et Al. Global Tuberculosis Report 2020 – Reflections On The Global TB Burden, Treatment And Prevention Efforts. Int. J. Infect. Dis. 113, S7–S12 (2021).
Connolly, D. T. & Oppenheimer, S. B. Cell Density-Dependent Stimulation Of Glutamine Synthetase Activity In Cultured Mouse Teratoma Cells. Exp. Cell Res. 94, 459–464 (2020).
Jeon, C. Y. Et Al. Bi-Directional Screening For Tuberculosis And Diabetes: A Systematic Review. Trop. Med. Int. Heal. 15, 1300–1314 (2020).
Lutfiana, A. Et Al. Kecamatan Cilandak Dalam Meningkatkan Akreditasi Strategies Of The Cilandak Sub-District Community Health Centre ( Puskesmas ) In Improving Accreditation To The Plenary Level. J. Adm. Publik 1, 1–14 (2023).
Mahendradhata, Y. Et Al. How Do Private General Practitioners Manage Tuberculosis Cases? A Survey In Eight Cities In Indonesia Public Health. Bmc Res. Notes 8, 1–7 (2019).
Martinez, N. & Kornfeld, H. Diabetes And Immunity To Tuberculosis. Eur. J. Immunol. 44, 617–626 (2022).
Nasus, E. & Tulak, G. T. Tingginya Mutu Pelayanan Keperawatan Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien Di BLUD RS Benyamin Guluh Kolaka. J. Surya Med. 5, 9–12 (2020).
Nisa, K. & Yulianto, M. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Tanjungrejo Kabupaten Kudus. J. Profesi Keperawatan (JPK … 8, 55–69 (2021).
Pelayanan Di Bagian Pendaftaran Di Puskesmas Kecamatan Kembangan Tahun 2016. 2016 (2016).
Penulis, T. Transformasi Mutu Pelayanan Kesehatan: Strategi, Inovasi Dan Implementasi.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2020-2024. Modos Ver 21, 1–9 (2020).
Pokhrel, S. Peraturan Menteri Kesehatan Tahun 2020. Αγαη 15, 37–48 (2024).
Politeknik, M. & Bersama, H. Program Studi Diii Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal 2023. (2023).
Prakoso, D. A., Istiono, W., Mahendradhata, Y. & Arini, M. Acceptability And Feasibility Of Tuberculosis-Diabetes Mellitus Screening Implementation In Private Primary Care Clinics In Yogyakarta, Indonesia: A Qualitative Study. BMC Public Health 23, 1–14 (2023).
Rechika Amelia Eka Putri1, D. R. E. Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Di Bagian Pendaftaran Puskesmas Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. 4, 1–6 (2024).
Saeedi, P. Et Al. Global And Regional Diabetes Prevalence Estimates For 2019 And Projections For 2030 And 2045: Results From The International Diabetes Federation Diabetes Atlas, 9th Edition. Diabetes Res. Clin. Pract. 157, 107843 (2019).
Sari, N. W. Et Al. Pelayanan Posbindu Ptm Di Puskesmas Sukarami Lahat. 9, 570–577 (2025).
Siti Hamidah Ali Wahid Tuan Dasi. Gambaran Kepuasan Ibu Hamil Terhadap Pelayanan Antenatal Di Puskesmas Bakunase Kota Kupang Tahun 2023. Other Thesis, Poltekkes Denpasar (2023).
Suhardi, Y., Burda, A., Darmawan, A. & Tinggi, S. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Di Lembaga Bimbingan Belajar Sukses Jakarta). J. Vokasi Adm. Bisnis 5, 9–21 (2023).
Trisintya P. B., P. Tingkat Kepuasanlansia Pada Pelayanan Kesehatan Posbindu Di Kelurahan Jatingaleh Semarang. Repositori.Unimus.Ac.Id 15 (2018).
Ummah, M. S. Global Tuberculosis Report. Sustainability (Switzerland) Vol. 11 (2019).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Armanto Makmun, Sumarni Sumarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


