ANALISIS PELAKSANAAN KELAS IBU HAMIL PUSKESMAS ATUKA KABUPATEN MIMIKA

Authors

  • Desty Damayanti Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Strada Indonesia Kediri
  • Irwandi Irwandi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Strada Indonesia Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.44669

Keywords:

Kelas Ibu Hamil, Kesehatan Masa Kehamilan

Abstract

Salah satu indikator derajat kesehatan masyarakat adalah Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Program kelas ibu hamil secara umum menjadi program yang belum terlaksana dengan baik. Residensi ini secara umum adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kelas ibu hamil di Puskesmas Atuka Distrik Mimika tengah kabupaten Mimika menganalisa faktor-faktor yang menjadi penyebab belum optimalnya pelaksanaan kelas ibu hamil di Puskesmas Atuka Distrik Mimika tengah Kabupaten Mimika. Bagaimana pelaksanaan kelas ibu hamil diwilayah kerja Puskesmas Atuka Distrik Mimika tengah Kabupaten Mimika. Apakah prioritas penyelesaian masalah belum optimalnya pelaksanaan kelas ibu hamil di Puskesmas Atuka Distrik Mimika tengah Kabupaten Mimika. Berdasarkan analisa dengan USG (urgency, seriousness, growth) Apakah strategi yang dapat digunakan untuk peningkatan pelaksanaan kelas ibu hamil di Puskesmas Atuka Distrik Mimika tengah Kabupaten Mimika. berdasarkan analisa SWOT (strength, weakness,opportunity,   threats). Setelah melakukan analisa masalah dengan fishbone, USG, dan SWOT, didapatkan implementasi strategi yang dapat diterapkan pada kegiatan residensi ini adalah dengan pendampingan ibu hamil sejak awal kehamilan, dengan media pemberian edukasi melalui power point da rekaman audio tentang pentingnya mengikuti kelas ibu bagi kesehatan janin dan ibu yang dikirin via WhatsApp sehingga diharapkan capaian pelaksanaan kelas ibu hamil terlaksana dengan optimal. Evaluasi ini dilihat dari kepercayaan ibu hamil untuk melalukan ANC sejak awal terlebih pada pada ibu dengan kehamilan dini dan kemauan ibu hamil untuk mengikuti kelas ibu, dan tingkat kepahaman ibu hamil atas materi yang diberikan serta pada prakteknya bisa menjalani proses kehamilan dengan keadaan sehat. Sampai pada akhirnya, pelaksanaan kelas ibu hamil bisa optimal.

References

Alhanif Islamudin, R., & Subha Ari Pamungkas, I. (2014). ICE (Intensive Community Empowerment) sebagai Solusi Upaya Mencegah Kenaikan Angka Kematian Ibu (AKI) Sebagai Program. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1, 12–17.

Anggraini, L., Sunarsih, S., & Winardi, B. (2021a). Pengaruh Partisipasi Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil Terhadap Cakupan K4. Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, 3(3), 265–277. https://doi.org/10.20473/imhsj.v3i3.2019.265-277

Anggraini, L., Sunarsih, S., & Winardi, B. (2021b). Pengaruh Partisipasi Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil Terhadap Cakupan K4. Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, 3(3), 265–277. https://doi.org/10.20473/imhsj.v3i3.2019.265-277

Ardiandi, W., Lapau, B., & Devri, O. (2018). Factor yang memengaruhi pemanfaatan kelas ibu hamil tahun 2018. Jurnal Photon, 9(1), 1–8.

Fibriana, A. I., & Azinar, M. (2016). Model Kelas Ibu Hamil untuk Pemetaan Risiko Kehamilan dan Pencegahan Komplikasi Persalinan. ABDIMAS, 20(1), 11–18.

Hotmauli BR, Sitanggang, Fitri, A. D., Maria, E., & Syahlina, R. (2024). Analisis Penerapan Model Asuhan Kebidanan: Scoping Review. Excellent Midwifery Journal, 6.

Khaira, N., br Ginting, N., Nur Ardiani, A., Annisyah, W., Salsabilla Lubis, N., & Suraya, R. (2024). Analisis Pengorganisasian dan Pemberdayaan Masyarakat pada Posyandu Kamboja Desa Bandar Khalipah Analysis of Community Organization and Empowerment at the Cambodian Integrated Health Post in Bandar Khalipah Village. Ju Jurnal Kolaboratif Sains, 8(2), 1206–1214. https://doi.org/10.56338/jks.v8i2.6922

Kirana, S. B., & Astuti, P. (2023). Implementasi Program Kesehatan Masyarakat Untuk Mendukung Terwujudnya Sustainable Development Goals (SGDs).

Lisnawati, Widiyanti, R., & Atmaja, S. (2024). Optimalisasi Kelas Ibu Hamil Menggunakan Aplikasi Gembil Menuju Ibu Hamil. EMaSS) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1). https://ejurnal2.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/emass

Meiranny, A., & Rosyidah, H. (2023). Intervensi Peningkatan Parenting Self-Efficacy Ibu Hamil : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 6(5). https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3

Melani, N., & Nurwahyuni, A. (2022). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Demand Atas Pemanfaatan Penolong Persalinan di Provinsi Banten: Analisis Data Susenas 2019. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3175–3184. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1311

Profil Kesehatan kabupaten mimika. (2021). Profil Kesehatan Provinsi papua tengah .

Rahmawati, S. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V Sd N 1 Ternadi Kudus Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. In Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan Dasar (Vol. 5, Issue 1).

RUM, I. A. (2022). Edukasi Kesehatan Wanita Usia Subur Dalam Mempersiapkan Kehamilan Di Desa Tegorejo Kendal dan Kelurahan Cigugur Cimahi. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(2), 223. https://doi.org/10.20961/semar.v11i2.59742

Sukmawati, S. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Madapangga Kabupaten Bima Tahun 2019. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 937. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.937-946.2021

Sulistianingsih, A., & Hasyim, D. I. (2021). The Effect Of Delivery Education Via Whatsapp Group On Knowledge Of Pregnant Mothers Facing Delivery In Pringsewu District. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10, 85–94. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/JIK|85

Sundari, R., & Zahroh, F. (2021). Peningkatan Kreativitas Melalui Pelatihan Finger Painting Bagi Guru PAUD. In JoECCE Journal of Early Childhood and Character Education (Vol. 1, Issue 1). https://journal.walisongo.ac.id/index.php/joecce

Downloads

Published

2025-06-21

Issue

Section

Articles