ANALISIS PELAKSANAAN KELAS IBU HAMIL PUSKESMAS ATUKA KABUPATEN MIMIKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.44669Keywords:
Kelas Ibu Hamil, Kesehatan Masa KehamilanAbstract
Salah satu indikator derajat kesehatan masyarakat adalah Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Program kelas ibu hamil secara umum menjadi program yang belum terlaksana dengan baik. Residensi ini secara umum adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kelas ibu hamil di Puskesmas Atuka Distrik Mimika tengah kabupaten Mimika menganalisa faktor-faktor yang menjadi penyebab belum optimalnya pelaksanaan kelas ibu hamil di Puskesmas Atuka Distrik Mimika tengah Kabupaten Mimika. Bagaimana pelaksanaan kelas ibu hamil diwilayah kerja Puskesmas Atuka Distrik Mimika tengah Kabupaten Mimika. Apakah prioritas penyelesaian masalah belum optimalnya pelaksanaan kelas ibu hamil di Puskesmas Atuka Distrik Mimika tengah Kabupaten Mimika. Berdasarkan analisa dengan USG (urgency, seriousness, growth) Apakah strategi yang dapat digunakan untuk peningkatan pelaksanaan kelas ibu hamil di Puskesmas Atuka Distrik Mimika tengah Kabupaten Mimika. berdasarkan analisa SWOT (strength, weakness,opportunity, threats). Setelah melakukan analisa masalah dengan fishbone, USG, dan SWOT, didapatkan implementasi strategi yang dapat diterapkan pada kegiatan residensi ini adalah dengan pendampingan ibu hamil sejak awal kehamilan, dengan media pemberian edukasi melalui power point da rekaman audio tentang pentingnya mengikuti kelas ibu bagi kesehatan janin dan ibu yang dikirin via WhatsApp sehingga diharapkan capaian pelaksanaan kelas ibu hamil terlaksana dengan optimal. Evaluasi ini dilihat dari kepercayaan ibu hamil untuk melalukan ANC sejak awal terlebih pada pada ibu dengan kehamilan dini dan kemauan ibu hamil untuk mengikuti kelas ibu, dan tingkat kepahaman ibu hamil atas materi yang diberikan serta pada prakteknya bisa menjalani proses kehamilan dengan keadaan sehat. Sampai pada akhirnya, pelaksanaan kelas ibu hamil bisa optimal.References
Alhanif Islamudin, R., & Subha Ari Pamungkas, I. (2014). ICE (Intensive Community Empowerment) sebagai Solusi Upaya Mencegah Kenaikan Angka Kematian Ibu (AKI) Sebagai Program. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1, 12–17.
Anggraini, L., Sunarsih, S., & Winardi, B. (2021a). Pengaruh Partisipasi Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil Terhadap Cakupan K4. Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, 3(3), 265–277. https://doi.org/10.20473/imhsj.v3i3.2019.265-277
Anggraini, L., Sunarsih, S., & Winardi, B. (2021b). Pengaruh Partisipasi Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil Terhadap Cakupan K4. Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, 3(3), 265–277. https://doi.org/10.20473/imhsj.v3i3.2019.265-277
Ardiandi, W., Lapau, B., & Devri, O. (2018). Factor yang memengaruhi pemanfaatan kelas ibu hamil tahun 2018. Jurnal Photon, 9(1), 1–8.
Fibriana, A. I., & Azinar, M. (2016). Model Kelas Ibu Hamil untuk Pemetaan Risiko Kehamilan dan Pencegahan Komplikasi Persalinan. ABDIMAS, 20(1), 11–18.
Hotmauli BR, Sitanggang, Fitri, A. D., Maria, E., & Syahlina, R. (2024). Analisis Penerapan Model Asuhan Kebidanan: Scoping Review. Excellent Midwifery Journal, 6.
Khaira, N., br Ginting, N., Nur Ardiani, A., Annisyah, W., Salsabilla Lubis, N., & Suraya, R. (2024). Analisis Pengorganisasian dan Pemberdayaan Masyarakat pada Posyandu Kamboja Desa Bandar Khalipah Analysis of Community Organization and Empowerment at the Cambodian Integrated Health Post in Bandar Khalipah Village. Ju Jurnal Kolaboratif Sains, 8(2), 1206–1214. https://doi.org/10.56338/jks.v8i2.6922
Kirana, S. B., & Astuti, P. (2023). Implementasi Program Kesehatan Masyarakat Untuk Mendukung Terwujudnya Sustainable Development Goals (SGDs).
Lisnawati, Widiyanti, R., & Atmaja, S. (2024). Optimalisasi Kelas Ibu Hamil Menggunakan Aplikasi Gembil Menuju Ibu Hamil. EMaSS) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1). https://ejurnal2.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/emass
Meiranny, A., & Rosyidah, H. (2023). Intervensi Peningkatan Parenting Self-Efficacy Ibu Hamil : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 6(5). https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3
Melani, N., & Nurwahyuni, A. (2022). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Demand Atas Pemanfaatan Penolong Persalinan di Provinsi Banten: Analisis Data Susenas 2019. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3175–3184. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1311
Profil Kesehatan kabupaten mimika. (2021). Profil Kesehatan Provinsi papua tengah .
Rahmawati, S. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V Sd N 1 Ternadi Kudus Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. In Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan Dasar (Vol. 5, Issue 1).
RUM, I. A. (2022). Edukasi Kesehatan Wanita Usia Subur Dalam Mempersiapkan Kehamilan Di Desa Tegorejo Kendal dan Kelurahan Cigugur Cimahi. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(2), 223. https://doi.org/10.20961/semar.v11i2.59742
Sukmawati, S. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Madapangga Kabupaten Bima Tahun 2019. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 937. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.937-946.2021
Sulistianingsih, A., & Hasyim, D. I. (2021). The Effect Of Delivery Education Via Whatsapp Group On Knowledge Of Pregnant Mothers Facing Delivery In Pringsewu District. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10, 85–94. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/JIK|85
Sundari, R., & Zahroh, F. (2021). Peningkatan Kreativitas Melalui Pelatihan Finger Painting Bagi Guru PAUD. In JoECCE Journal of Early Childhood and Character Education (Vol. 1, Issue 1). https://journal.walisongo.ac.id/index.php/joecce
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Desty Damayanti, Irwandi Irwandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


