EFEKETIVITAS PEMBERIAN REWARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.44370Keywords:
Generasi Z , Motivasi Belajar , Mahasiswa , Pendidikan Kesehatan, RewardAbstract
Penurunan motivasi belajar di kalangan mahasiswa generasi Z menjadi isu serius dalam pendidikan tinggi, khususnya di program studi kesehatan. Karakteristik generasi Z yang menginginkan pembelajaran singkat, visual, dan memberikan umpan balik instan memerlukan pendekatan pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas pemberian reward untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa program studi administrasi kesehatan di ITSKes Muhammadiyah Selong dan Institut Teknologi dan Kesehatan Aspirasi. Metode eksperimental diterapkan selama enam bulan (Oktober 2024-April 2025) dengan melibatkan 85 mahasiswa dari tiga kelas. Sistem reward yang diimplementasikan mencakup tambahan nilai, sertifikat penghargaan digital, pengakuan publik, dan kesempatan menjadi asisten pengajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor motivasi belajar rata-rata sebesar 0,31 poin (dari 2,93 menjadi 3,24) pada skala 5, dengan perubahan paling signifikan pada dimensi nilai intrinsik tugas (0,47 poin) dan orientasi tujuan (0,43 poin). Responsivitas mahasiswa terhadap sistem reward bervariasi dengan 12,9% high responders, 30,6% moderate responders, dan 56,5% low responders. Faktor yang mempengaruhi efektivitas reward meliputi karakteristik individual mahasiswa, relevansi reward, konteks implementasi, desain reward, dan integrasinya dengan pendekatan pedagogis. Kesimpulannya, sistem reward memberikan dampak positif namun terbatas. Direkomendasikan pengembangan sistem reward yang terdifferensiasi dan personalisasi, integrasi dengan pendekatan pedagogis yang lebih luas, implementasi yang dinamis dan adaptif, pengembangan komunitas pembelajaran yang mendukung, serta penelitian lanjutan untuk mengidentifikasi model implementasi yang paling efektif.References
Aflizah, N., Firdaus, F., Hasri, S., & Sohiron, S. (2024). Reward Sebagai Alat Motivasi dalam Konteks Pendidikan: Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4300–4312.
Ahmad Muzaqi, Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Bimbel pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 70–77. https://doi.org/10.56972/jikm.v1i2.10
Amelia, R., Hikmah, M. A., Izzah, S. N. R., & Bakar, M. Y. A. (2025). Memahami Gaya Belajar : Kunci Keberhasilan Personalisasi Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), 2(1), 287–300. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.3276
Azzuhri, F. M., Nikmah, F., Hasan, H., Sidanti, H., Pribadi, J. D., Sultoni, M. H., & Iqbal, M. (2024). PERSPEKTIF GENERASI Z TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER , DINAMIKA ORGANISASI , KONDISI EKONOMI , SOSIAL DAN BUDAYA DI INDONESIA. In Malang: Madza Media.
Bafadal, R., & Rosyid, F. (2024). Memahami Kebutuhan Belajar Generasi Z melalui Asesmen Personal Berbasis Artificial Intelegence. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 182–188. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p182-188
Hollister, B., Nair, P., Hill-Lindsay, S., & Chukoskie, L. (2022). Engagement in Online Learning: Student Attitudes and Behavior During COVID-19. Frontiers in Education, 7(May). https://doi.org/10.3389/feduc.2022.851019
Kuleto, V., Milena, I. P., Stanescu, M., Ranković, M., Šević, N. P., Păun, D., & Teodorescu, S. (2021). Extended reality in higher education, a responsible innovation approach for generation y and generation z. Sustainability (Switzerland), 13(21), 1–19. https://doi.org/10.3390/su132111814
Kusumawardani, N., Kurniasih, A. N. T., & Jamaluddin, M. (2024). Efektivitas Token Economy untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 1(4), 11. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.3071
Kuswanto, D., & Nurus Saadah. (2022). Efektivitas program beasiswa terhadap motivasi belajar peserta didik Smp nu darul ma’arif. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.31943/counselia.v3i1.34
Maesur, A., & Islam, P. A. (2025). PEMANFAATAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA ISLAM PADA GENERASI Z. 8, 2662–2668.
Mudiantoro, H. Q., & Muhid, A. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Regulation dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Irsyad, 12(1), 48. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.12195
Ningsih, D. R. (2024). Penerapan Reward untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Al-Isyrof : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(2), 61–73.
Panggabean, P. A. (2024). PENERAPAN SISTEM POIN REWARD SEBAGAI CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Tahsinia, 5(8), 1186–1197.
Romadoni, I. A. N., Atrup, & Ningsih, R. (2023). Strategi efektif meningkatkan minat belajar pada generasi z. Proceeding UNP Kediri, 759–766.
Santoso, A. P. A. (2014). MENANAMKAN NILAI-NILAI KETAATAN HUKUM PADA GENERASI “Z” DENGAN METODE “GERCEPS.” Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 16(2), 208–219.
Sudirman, Kasmawati, & Jauhar, S. (2023). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(April), 16–25.
Sutri, E., Mustofa, S., Rusuly, U., Arab, P. B., Maulana, U. I. N., & Ibrahim, M. (2024). Penerapan Reward and Punishment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Generasi Z. Journal of Education Research, 5(4), 6797–6805.
Syudirman, S., & Saddam, S. (2021). Pendampingan Belajar Dari Rumah Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 914–922.
Wajdi, M., Susanto, B., Sutiarso, M. A., & Hadi, W. (2024). Profile of generation Z characteristics : Implications for contemporary educational approaches. Kajian Pendidikan, Seni, Budaya, Sosial, Dan Lingkungan, 1(1), 33–44.
Widyastika, A. R., & Agustina, M. T. (2022). Blended learning dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Nasional Karangturi Pada Masa Pandemi Covid-19. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(3), 620. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i3.8585
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riasari Mardani, Fatmaghita Setyoningrum, Heri Ridwan, Muhamad Gilang Ramadhan, Muhammad Keysa Al-Farisi, Raisya Putri Azlyna Safarina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


