EFEKETIVITAS PEMBERIAN REWARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Riasari Mardani Program Studi Administrasi Kesehatan, ITSKes Muhammadiyah Selong
  • Fathul Azmi Program Studi Administrasi Kesehatan, ITSKes Muhammadiyah Selong
  • Hartian Hartian Program Studi Administrasi Publik, ITSKes Muhammadiyah Selong
  • Nurmaulia Khotmi Program Studi Administrasi Publik, ITSKes Muhammadiyah Selong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.44370

Keywords:

Generasi Z , Motivasi Belajar , Mahasiswa , Pendidikan Kesehatan, Reward

Abstract

Penurunan motivasi belajar di kalangan mahasiswa generasi Z menjadi isu serius dalam pendidikan tinggi, khususnya di program studi kesehatan. Karakteristik generasi Z yang menginginkan pembelajaran singkat, visual, dan memberikan umpan balik instan memerlukan pendekatan pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas pemberian reward untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa program studi administrasi kesehatan di ITSKes Muhammadiyah Selong dan Institut Teknologi dan Kesehatan Aspirasi. Metode eksperimental diterapkan selama enam bulan (Oktober 2024-April 2025) dengan melibatkan 85 mahasiswa dari tiga kelas. Sistem reward yang diimplementasikan mencakup tambahan nilai, sertifikat penghargaan digital, pengakuan publik, dan kesempatan menjadi asisten pengajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor motivasi belajar rata-rata sebesar 0,31 poin (dari 2,93 menjadi 3,24) pada skala 5, dengan perubahan paling signifikan pada dimensi nilai intrinsik tugas (0,47 poin) dan orientasi tujuan (0,43 poin). Responsivitas mahasiswa terhadap sistem reward bervariasi dengan 12,9% high responders, 30,6% moderate responders, dan 56,5% low responders. Faktor yang mempengaruhi efektivitas reward meliputi karakteristik individual mahasiswa, relevansi reward, konteks implementasi, desain reward, dan integrasinya dengan pendekatan pedagogis. Kesimpulannya, sistem reward memberikan dampak positif namun terbatas. Direkomendasikan pengembangan sistem reward yang terdifferensiasi dan personalisasi, integrasi dengan pendekatan pedagogis yang lebih luas, implementasi yang dinamis dan adaptif, pengembangan komunitas pembelajaran yang mendukung, serta penelitian lanjutan untuk mengidentifikasi model implementasi yang paling efektif.

References

Aflizah, N., Firdaus, F., Hasri, S., & Sohiron, S. (2024). Reward Sebagai Alat Motivasi dalam Konteks Pendidikan: Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4300–4312.

Ahmad Muzaqi, Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Bimbel pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 70–77. https://doi.org/10.56972/jikm.v1i2.10

Amelia, R., Hikmah, M. A., Izzah, S. N. R., & Bakar, M. Y. A. (2025). Memahami Gaya Belajar : Kunci Keberhasilan Personalisasi Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), 2(1), 287–300. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.3276

Azzuhri, F. M., Nikmah, F., Hasan, H., Sidanti, H., Pribadi, J. D., Sultoni, M. H., & Iqbal, M. (2024). PERSPEKTIF GENERASI Z TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER , DINAMIKA ORGANISASI , KONDISI EKONOMI , SOSIAL DAN BUDAYA DI INDONESIA. In Malang: Madza Media.

Bafadal, R., & Rosyid, F. (2024). Memahami Kebutuhan Belajar Generasi Z melalui Asesmen Personal Berbasis Artificial Intelegence. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 182–188. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p182-188

Hollister, B., Nair, P., Hill-Lindsay, S., & Chukoskie, L. (2022). Engagement in Online Learning: Student Attitudes and Behavior During COVID-19. Frontiers in Education, 7(May). https://doi.org/10.3389/feduc.2022.851019

Kuleto, V., Milena, I. P., Stanescu, M., Ranković, M., Šević, N. P., Păun, D., & Teodorescu, S. (2021). Extended reality in higher education, a responsible innovation approach for generation y and generation z. Sustainability (Switzerland), 13(21), 1–19. https://doi.org/10.3390/su132111814

Kusumawardani, N., Kurniasih, A. N. T., & Jamaluddin, M. (2024). Efektivitas Token Economy untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 1(4), 11. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.3071

Kuswanto, D., & Nurus Saadah. (2022). Efektivitas program beasiswa terhadap motivasi belajar peserta didik Smp nu darul ma’arif. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.31943/counselia.v3i1.34

Maesur, A., & Islam, P. A. (2025). PEMANFAATAN APLIKASI PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA ISLAM PADA GENERASI Z. 8, 2662–2668.

Mudiantoro, H. Q., & Muhid, A. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Regulation dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Irsyad, 12(1), 48. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.12195

Ningsih, D. R. (2024). Penerapan Reward untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Al-Isyrof : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(2), 61–73.

Panggabean, P. A. (2024). PENERAPAN SISTEM POIN REWARD SEBAGAI CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Tahsinia, 5(8), 1186–1197.

Romadoni, I. A. N., Atrup, & Ningsih, R. (2023). Strategi efektif meningkatkan minat belajar pada generasi z. Proceeding UNP Kediri, 759–766.

Santoso, A. P. A. (2014). MENANAMKAN NILAI-NILAI KETAATAN HUKUM PADA GENERASI “Z” DENGAN METODE “GERCEPS.” Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 16(2), 208–219.

Sudirman, Kasmawati, & Jauhar, S. (2023). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(April), 16–25.

Sutri, E., Mustofa, S., Rusuly, U., Arab, P. B., Maulana, U. I. N., & Ibrahim, M. (2024). Penerapan Reward and Punishment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Generasi Z. Journal of Education Research, 5(4), 6797–6805.

Syudirman, S., & Saddam, S. (2021). Pendampingan Belajar Dari Rumah Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 914–922.

Wajdi, M., Susanto, B., Sutiarso, M. A., & Hadi, W. (2024). Profile of generation Z characteristics : Implications for contemporary educational approaches. Kajian Pendidikan, Seni, Budaya, Sosial, Dan Lingkungan, 1(1), 33–44.

Widyastika, A. R., & Agustina, M. T. (2022). Blended learning dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Nasional Karangturi Pada Masa Pandemi Covid-19. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(3), 620. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i3.8585

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles