GAMBARAN KEPUASAN ANTRIAN ONLINE BPJS DI PUSKESMAS TAMANGAPA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.44320Keywords:
Keywords: BPJS, health center, satisfactionAbstract
BPJS merupakan badan hukum publik yang bertugas menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia, termasuk warga negara asing yang telah bekerja di Indonesia selama paling tidak enam bulan. Teknologi informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat, di mana kehadiran internet telah mendorong berbagai sektor kehidupan untuk mengadopsi dan memanfaatkan teknologi tersebut. Puskesmas Tamangapa merupakan institusi pelayanan kesehatan yang memiliki komitmen tinggi dalam menyelenggarakan layanan kesehatan bagi masyarakat di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kepuasan antrian online BPJS di Puskesmas Tamangapa. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan jenis kelamin mayoritas responden adalah perempuan 30 orang (60%). Usia mayoritas responden 21-30 tahun. Kepuasaan pasien menunjukkan bahwa dimensi Reliability (p-value= 0.001), Responsiveness (p- value= 0.003), Assurance (p-value = 0.018), yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan dalam sistem antrian online BPJS di Puskesmas Tamangapa.References
Africa, s.. Undang undang ri tentang badan penyelenggara jaminan sosial. 17–6, 66 הנוטע עלון (2017).
Amalia, a., murni, n. S., wahyudi, a. & yusnilasari, y. Analisis kejadian hipertensi pada pra lansia di wilayah kerja puskesmas sekar jaya kabupaten ogan komering ulu tahun 2023. J. Kesehat. Tambusai 4, 2466–2479 (2023).
Ananda muhamad tri utama. Gambaran tingkat kepuasan pasien jkn terhadap pelayanan kesehatan pada instalasi rawat jalan di rsud lanto dg. Pasewang kabupaten jeneponto. 9, 356–363 (2022).
Aulia, k. Gambaran kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan antenatal care pada masa pandemi covid-19 di puskesmas kecamatan kembangan jakarta barat tahun 2022. Jurnal keperawatan bsi (2022).
Ayu. Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas menteng palangka raya. 69–72 (2022).
Biyanda eninurkhayatun, antono suryoputro, e. Y. F. Analisis tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan rawat jalan di puskesmas duren dan puskesmas bergas kabupaten semarang tahun 2017. J. Kesehat. Masy. 5, 33–42 (2017).
Connolly, d. T. & oppenheimer, s. B. Cell density-dependent stimulation of glutamine synthetase activity in cultured mouse teratoma cells. Exp. Cell res. 94, 459–464 (2020).
Dianvayani, g., aripin, z., syahidin, r., sofia, e. & asnar, m. Analisis mutu pelayanan melalui keselamatan pasien dan kepuasan pasien sebagai variabel intervening ( studi survei di rumah sakit mitra husada pringsewu-lampung ). 4, 11667–11686 (2024).
Erlina, b., herlina & ariescha, p. Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kunjungan posyandu lansia puskesmas air teluk kiri kecamatan teluk dalam kabupaten asahan. J. Kaji. Kesehat. Masy. 4, (2024).
Filip, d. Et al. A hierarchical model to evaluate usability of smartphone health applications. Int. J. Biol. Macromol. 127571 (2023) doi:10.1016/j.chbr.2025.100658.
Lutfiana, a. Et al. Kecamatan cilandak dalam meningkatkan akreditasi strategies of the cilandak sub-district community health centre ( puskesmas ) in improving accreditation to the plenary level. J. Adm. Publik 1, 1–14 (2023).
Mursyida, r. F., mawarni, a. & agushybana, f. Kepuasan ibu hamil dan persepsi kualitas pelayanan antenatal care di puskesmas tanjung kabupaten sampang madura. Media kesehat. Masy. Indones. Vol 11, 174–181 (2022).
Nasus, e. & tulak, g. T. Tingginya mutu pelayanan keperawatan berpengaruh terhadap kepuasan pasien di blud rs benyamin guluh kolaka. J. Surya med. 5, 9–12 (2020).
Nisa, k. & yulianto, m. Gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas tanjungrejo kabupaten kudus. J. Profesi keperawatan (jpk … 8, 55–69 (2021).
Penulis, t. Transformasi mutu pelayanan kesehatan: strategi, inovasi dan implementasi.
Peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 21 tahun 2020 tentang rencana strategis kementerian kesehatan tahun 2020-2024. Modos ver 21, 1–9 (2020).
Pertiwi, a. Analisis perbedaan kualitas pelayanan pada pasien bpjs dan pasien umum terhadap kepuasan pasien di rawat jalan rsud kota surakarta. J. Manaj. Dayasaing 18, 113–121 (2017).
Pokhrel, s. Peraturan menteri kesehatan tahun 2020. Αγαη 15, 37–48 (2024).
Politeknik, m. & bersama, h. Program studi diii akuntansi politeknik harapan bersama tegal 2023. (2023).
Sari, n. W. Et al. Pelayanan posbindu ptm di puskesmas sukarami lahat. 9, 570–577 (2025).
Sirappa, e. Y. Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan bpjs di rawat jalan rsud kota makassar. Skripsi 62 (2022).
Siti hamidah ali wahid tuan dasi. Gambaran kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan antenatal di puskesmas bakunase kota kupang tahun 2023. Other thesis, poltekkes denpasar (2023).
Suhardi, y., burda, a., darmawan, a. & tinggi, s. Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus di lembaga bimbingan belajar sukses jakarta). J. Vokasi adm. Bisnis 5, 9–21 (2023).
Suherlin, m. I. Et al. Evaluasi usability aplikasi antrean online bpjs pada puskesmas sukarami menggunakan metode tam dan cobit 5 antrean online bpjs untuk tidak lagi mensensor nomor nik dan nomor peserta bpjs , memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan efisiensi , aksesi. 10, 199–213 (2024).
Tombili, u. F., suhadi, s. & kalza, l. A. Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pada pasien rawat jalan di rsu bahteramas provinsi sulawesi tenggara tahun 2022. J. Adm. Kebijak. Kesehat. Univ. Halu oleo 3, 123–131 (2022).
Trisintya p. B., p. Tingkat kepuasanlansia pada pelayanan kesehatan posbindu di kelurahan jatingaleh semarang. Repositori.unimus.ac.id 15 (2018).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nilam Nilam, Aryanti Abdul Razaq, Erna Mempron, Fatimah Fatimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


