KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PADA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS SUDIANG RAYA

Authors

  • Alifah Raihan Fadilla Bagian IKM-IKK Program Studi Pendidikan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia
  • Sri Lestari Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.44129

Keywords:

hipertensi, kepuasaan, puskesmas

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit yang menjadi salah satu tantangan besar dan harus dihadapi Indonesia saat ini yang terjadi di pelayanan kesehatan primer. Menurut laporan Kemenkes, penyebab kematian nomor 3 di Indonesia yaitu hipertensi setelah stroke dan tuberkulosis, mencapai 6,7% proporsi kematian dari populasi semua umur. Puskesmas, atau Pusat Kesehatan Masyarakat, merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang berperan dalam melaksanakan upaya kesehatan masyarakat serta pelayanan kesehatan individu pada tingkat pertama. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan pada penderita hipertensi di Puskesmas Sudiang Raya. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan usia, jumlah pasien yang mengunjungi puskesmas Sudiang Raya pada rentang 51-60 tahun. Kepuasaan pasien menunjukkan bahwa dari keempat dimensi pelayanan semua dimensi  Kualitas (p-value < 0,05) atau (0,001<0,05),dimensi Kenyamanan (p-value < 0,05) atau (0,004<0,05), dimensi Pelayanan (p-value < 0,05) atau (0,025<0,05), dan dimensi Manajemen (p-value < 0,05) atau (0,003<0,05) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien.Hal ini menunjukkan bahwa semua dimensi mempunyai peran yang  besar dalam meningkatkan kepuasan pasien. Dari keempat variabel diatas , dimensi Pelayanan mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan pasien dengan nilai OR sebesar 1.025.

References

Amalia, A., Murni, N. S., Wahyudi, A. & Yusnilasari, Y. 2023. Analisis kejadian hipertensi pada pra lansia di wilayah kerja puskesmas sekar jaya kabupaten ogan komering ulu tahun 2023. J. Kesehat. Tambusai 4, 2466–2479 (2023).

Ayu. Gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas menteng palangka raya. 69–72 (2022).

Dianvayani, G., Aripin, Z., Syahidin, R., Sofia, E. & Asnar, M. 2024. Analisis mutu pelayanan melalui keselamatan pasien dan kepuasan pasien sebagai variabel intervening ( studi survei di rumah sakit mitra husada pringsewu-lampung ). 4, 11667–11686 (2024).

Irwandi Irwandi & Jihan Haura. Hipertensi emergency. J. Ilm. Kedokt. Dan kesehat. 2, 28–37 (2023).

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Profil kesehatan indonesia 2022. (2022).

Lutfiana, a. Et al. Kecamatan cilandak dalam meningkatkan akreditasi strategies of the cilandak sub-district community health centre ( puskesmas ) in improving accreditation to the plenary level. J. Adm. Publik 1, 1–14 (2023).

Nasus, E. & Tulak, G. T. 2020. Tingginya mutu pelayanan keperawatan berpengaruh terhadap kepuasan pasien di blud rs benyamin guluh kolaka. J. Surya med. 5, 9–12 (2020).

Penulis, T. 2020. Transformasi mutu pelayanan kesehatan: strategi, inovasi dan implementasi.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang rencana strategis kementerian kesehatan tahun 2020-2024. Modos ver 21, 1–9 (2020).

Pokhrel, S. 2020. Peraturan menteri kesehatan tahun 2020. Αγαη 15, 37–48 (2024).

Politeknik, M. & Bersama, H. 2023. Program studi diii akuntansi politeknik harapan bersama tegal 2023. (2023).

Riyadi, d. S. Et al. Pelayanan kesehatan di pos pembinaan terpadu ( pos bindu ) desa kedungkelor. 1–5 (2020).

Siti Hamidah Ali Wahid Tuan Dasi. 2023. Gambaran kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan antenatal di puskesmas bakunase kota kupang tahun 2023. Other thesis, poltekkes denpasar (2023).

Suhardi, Y., Burda, A., Darmawan, A. & Tinggi, S. Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus di lembaga bimbingan belajar sukses jakarta). J. Vokasi adm. Bisnis 5, 9–21 (2023).

Tombili, U. F., Suhadi, S. & Kalza, L. A. Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pada pasien rawat jalan di rsu bahteramas provinsi sulawesi tenggara tahun 2022. J. Adm. Kebijak. Kesehat. Univ. Halu oleo 3, 123–131 (2022).

Trisintya P. B., P. Tingkat kepuasanlansia pada pelayanan kesehatan posbindu di kelurahan jatingaleh semarang. Repositori.unimus.ac.id 15 (2018).

Downloads

Published

2025-06-29

Issue

Section

Articles