GAMBARAN MUTU JASA PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI PUSKESMAS KAKAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.44049Keywords:
mutu jasa pelayanan kesehatanAbstract
Mutu jasa pelayanan kesehatan rawat jalan mengacu pada kualitas pelayanan yang diberikan pada pasien yang tidak memerlukan rawat inap. Melalui observasi awal di Puskesmas Kakas ditemukan masalah yakni pada dimensi bukti fisik (tangibles) dan masalah pada dimensi kehandalan (reliability). Puskesmas yang berkolaborasi dengan BPJS kesehatan berkewajiban dalam memberi pelayanan yang bermutu untuk pasien. Untuk mengukur tingkat kepuasan pasien, maka dipakai SERVQUAL (service quality) yakni ada 5 (lima) dimensi mutu pelayanan kesehatan diantaranya kehandalan (Reliability), jaminan (Assurance), bukti fisik (tangibles), empati (empathy) serta daya tanggap (Responsiveness). Penelitian ini tujuannya supaya tahu terkait gambaran mutu jasa pelayanan kesehatan rawat jalan peserta JKN di Puskesmas Kakas. Jenis penelitian yang dipakai yaitu kuantitatif deskriptif yang memakai metode survei dengan pendekatan studi potong lintang. Populasi pada penelitian ini yaitu pasien rawat jalan peserta jaminan kesehatan nasional (BPJS) di Puskesmas Kakas yang berjumlah 7.960 jiwa. Teknik pengambilan sampel yaitu memakai quota sampling dan penentuan jumlah sampel memakai rumus lemenshow dan jumlah sampel sebesar 96 responden. Hasil penelitian dari kelima dimensi mutu jasa pelayanan kesehatan rawat jalan peserta JKN menunjukkan bahwasanya, dari hasil kuesioner, sebagian besar responden memberikan penilaian positif. Dimana, kebanyakan responden memilih jawaban setuju dan sangat setuju ketimbang jawaban tidak setuju dan sangat tidak setuju pada setiap pernyataan.References
Adawiyah, R. A. (2024). Gambaran kepuasan pasien pada mutu pelayanan di unit pendaftaran rawat jalan Puskesmas XYZ Triwulan I Tahun 2024. Jempol: Jurnal Elektronik Mahasiswa Polanka, 1(2), 228-234.
Azis, S. W., & Bur, N. (2022). Gambaran mutu pelayanan pasien rawat jalan Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 3(2), 268-275.
Fahriani, R. (2024). Gambaran mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Panumbangan Kecamatan Panumbangan (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Fadli, M., Ramadhani, I., & Nurul, A. (2021). Pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas X. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(2).
Hidayat, R., Setiawan, B., & Wijaya, A. (2022). Evaluasi kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas A dengan menggunakan dimensi SERVQUAL. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 18(1).
Jalilah, N. H., & Prapitasari, R. (2020). Konsep dasar mutu pelayanan kesehatan. Indramayu Jawa Barat: Penerbit Adab.
Kementerian Kesehatan RI. (2016). Buku Panduan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Bagi Populasi Kunci. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Kowel, R. H. (2023). Gambaran persepsi mutu pelayanan kesehatan rawat jalan peserta jaminan kesehatan nasional di Puskesmas Tompaso Kabupaten Minahasa (Skripsi). Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado.
Lontaan, V., Rumayar, A. A., & Tucunan, A. A. (2019). Hubungan antara persepsi pasien terhadap mutu jasa pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Kesmas, 7(5).
Maameah, M., Rumayar, A. A., & Mandagi, C. K. (2022). Gambaran mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Bailang Kota Manado. Kesmas, 11(4).
Meruntu, I. S. E., Wowor, R. E., & Rumayar, A. A. (2020). Hubungan antara mutu jasa pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 1(2), 027-031.
Mundung, R. (2019). Pengaruh persepsi mutu jasa pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Motoling Barat (Skripsi). Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi.
Mustapa, R., Iskandar, M., & Rahmat, I. (2021). Analisis kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Y Kabupaten Z. Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(3).
Nurlina, N., Mahsyar, A., & Riskasari, R. (2021). Kualitas pelayanan rawat jalan di Puskesmas Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(3), 1117-1130.
Permenkes. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
Rabiah, S. (2019). Manajemen pendidikan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 58-67.
Setiawan, M. D., Fauziah, F., Edriani, M., & Gurning, F. P. (2022). Analisis mutu pelayanan kesehatan program jaminan kesehatan nasional (A: Systematic Review). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12869-12873.
Sokang, Y. A., Westmaas, A. H., & Kok, G. (2019). Jakartans perceptions of health care services. Front Public Health. doi: 10.3389/fpubh.2019.00277.
Sonang, S., Purba, A. T., & Pardede, F. O. I. (2019). Pengelompokan jumlah penduduk berdasarkan kategori usia dengan metode K-Means. Jurnal Tekinkom (Teknik Informasi dan Komputer), 2(2), 166-172.
Sumayku, I. M., Pandelaki, K., Kandou, G. D., Wahongan, P. G., & Nelwan, J. E. (2022). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan waktu tunggu pelayanan di poliklinik rawat jalan rumah sakit sentra medika Kabupaten Minahasa Utara. e-CliniC, 11(1), 1-10.
Toliaso, C. S., Mandagi, C. K., & Kolibu, F. K. (2018). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Bahu Kota Manado. Kesmas, 7(4).
UU Nomor 24. (2011). Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.
Wulandari, E. (2018). Mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas dan pengaruhnya terhadap kepuasan pasien. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 10(1), 33-48.
Wowor, J., Rumayar, A. A., & Maramis, F. R. (2019). Hubungan antara mutu jasa pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit Cantia Tompaso Baru. Kesmas, 8(6).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 valentsia kandouw, Adisti A. Rumayar, Ardiansa A. T. Tucunan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


