IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN BAGI TENAGA KERJA BUKAN PENERIMA UPAH DI BPJS KETENAGAKERJAAN KOTA JAMBI 2024

Authors

  • Mutiara Simamora Universitas Jambi
  • Dwi Noerjoedianto Universitas Jambi
  • Hubaybah Hubaybah Universitas Jambi
  • Andy Amir Universitas Jambi
  • Adila Solida Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.43907

Keywords:

BPJS ketenagakerjaan, bukan penerima upah, implementasi

Abstract

BPJS Ketenagakerjaan berperan dalam menjamin hak dan kesejahteraan masyarakat. Di Kota Jambi, kasus kecelakaan kerja meningkat 20,64% dari 1.119 kasus (2022) menjadi 1.350 kasus (2023). Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi tenaga kerja Bukan Penerima Upah (BPU) di Kota Jambi untuk memberikan rekomendasi peningkatan efektivitas layanan. Penelitian kualitatif deskriptif dengan informan dari BPJS dan peserta BPU. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen, serta dianalisis menggunakan NVivo dengan triangulasi data dan sumber. Hasil menunjukan dari aspek komunikasi masih ada beberapa tantangan yang perlu diperbaiki. Perubahan informasi yang kurang konsisten, serta ketergantungan peserta pada pihak BPJS untuk administrasi menunjukkan bahwa komunikasi belum sepenuhnya optimal. Jumlah SDM dan fasilitas dinilai cukup, tetapi masih ada keluhan terkait keterbatasan petugas pelayanan dan fasilitas meja pelayanan. Disposisi Sudah baik dilihat dengan keramah, kesopan, dan empati petugas dalam melaksanakan program. Struktur birokrasi telah berjalan sesuai prosedur namun kompleksitas administrasi sering menjadi hambatan bagi peserta, terutama dalam proses klaim yang memerlukan berbagai formulir serta keterlambatan penyelesaian akibat kendala teknis dan verifikasi dokumen. Implementasi program di BPJS Ketenagakerjaan Kota Jambi berjalan baik, terutama dalam aspek disposisi. Namun, tantangan muncul dalam aspek komunikasi, seperti perubahan informasi yang belum konsisten, dan ketergantungan peserta pada BPJS dalam administrasi. Meskipun SDM dan fasilitas cukup, keluhan terkait keterbatasan petugas dan fasilitas masih ada. Struktur birokrasi sesuai prosedur, namun kompleksitas administrasi dan kendala teknis dalam klaim perlu diperbaiki.

References

Ariyanto, A., Safitri, H. M., & Zakiya, S. R. (2023). Pengaruh Kompetensi Sdm, Pengembangan Karir Dan Komitmen Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Bpjs Ketenagakerjaan Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 12(2). https://doi.org/10.37598/jimma.v12i2.1607

BPJS Ketenagakerjaan. (n.d.-a). Formulir Bpjs Ketenagakerjaan. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/formulir.html

BPJS Ketenagakerjaan. (n.d.-b). Kecelakaan Kerja Makin Marak dalam Lima Tahun Terakhir. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/berita/28681/Kecelakaan-Kerja-Makin-Marak-dalam-Lima-Tahun-Terakhir

BPS. (n.d.). Angkatan Kerja. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2023/11/06/2002/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-32-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-18-juta-rupiah-per-bulan.html

Dartanto, T., Pramono, W., Lumbanraja, A. U., Siregar, C. H., Bintara, H., Sholihah, N. K., & Usman. (2020). Enrolment of informal sector workers in the National Health Insurance System in Indonesia: A qualitative study. Heliyon, 6(11), e05316. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05316

Gurusinga, M. O., & Sujianto. (2023). Implementasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Pada Pengemudi Ojek Online Di Kota Pekanbaru. Jurnal Cross-Border, 6(1), 305–314.

Herdiyanti, M., Nuringwahyu, S., & Trianti, K. (2023). Pengaruh Kreativitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Malang. 14(1), 194–203.

Hidayah, D. U., Lydia Monica Velentine Siregar, M. T. E., & Purba, C. F. R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Medan. 15, 305–319.

Maharani, G., Ali, S., & Rialmi, Z. (2021). Pengaruh Pelatihan Kerja dan Penilaian Kinerja Terhadap Kinerja Karyawan Direktorat Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Pusat. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 6(2), 59. https://doi.org/10.32503/jmk.v6i2.1516

Mulhayat, N., Budhiarta, I., Si, S., Si, M., & Mt, M. (2019). Strategi Komunikasi Bpjs Ketenagakerjaan Kantor Cabang Banda Aceh Dalam Mensosialisasikan Program Jaminan Pensiun. Journal of Economics Science, 5(2), 90–97.

Prihananto, D. P. (2024). Analysis Of The Implementation Of Law N0 . 24 Year 2011 Concerning BPJS Employment In Protecting Workers In Indonesia. 1(4), 69–83.

Puspita, O., & Mursyidah, L. (2022). Implementation of The Manpower BPJS Policy in Sidoarjo District. Academia Open, 6, 1–10. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1448

Putri, M. A., Nur, T., & Meigawati, D. (2023). Implementasi Layanan Jamsostek Mobile dalam Pengajuan Klaim Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 9(3), 411–430.

Rahmadani, A. (2024). Pengaruh Pelayanan, fasilitas, dan kepuasan terhadap peserta BPJS Keternagakerjaan di cabang kota medan utara.

Rahmayanie, E., Jovial Kevin Ondian Sianturi, Yessica, Y., & La Mani. (2024). Pengaruh Content Marketing, Layanan, Dan Kepuasan Terhadap Kepesertaan Aktif Yang Berlanjut Pada Bpjs Ketenagakerjaan. Media Bina Ilmiah, 18(9), 2341–2348. https://doi.org/10.33758/mbi.v18i9.690

Roring, C., Kawung, G. M. V, Wauran, P. C., Pembangunan, J. E., Ekonomi, F., & Ratulangi, U. S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Kepesertaan Aktif BPJS Ketenagakerjaan Indonesia. 19(01), 78–87.

Salsabila, S., Syafina, L., Islam, U., & Sumatera, N. (2022). Analisis Sistem Klaim Jaminan Hari Tua Pada Badan. 3(2), 99–106.

Soniya Auliya Sabilah Hakiki, & Acep Samsudin. (2024). Pemanfaatan Aplikasi JMO untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Program JHT di BPJS Ketenagakerjaan Karimunjawa Cabang Surabaya. Economics And Business Management Journal( EBMJ ), 34(2), 174–181.

Syahputra, F. (2023). Implementasi Kebijakan Program Jaminan Hari Tua (JHT) Oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) Ketenagakerjaan Kota Medan.

Syahrullah, M. A., & Zuhri, S. (2024). Strategi Komunikasi Bidang Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Karimunjawa dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Bukan Penerima Upah (BPU). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3013–3022. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4094

Titiek Herwanti, Irwan, M., & Maryam, S. (2021). Analisis Kualitas Sumber Daya Insani Pekerja Lokal Pada Sektor Formal Dan Informal Di Kota Mataram. Journal of Economics and Business, 7(2), 251–274. https://doi.org/10.29303/ekonobis.v7i2.82

Wahyudi, N., & Mahyuzar. (2018). Strategi Komunikasi Bpjs Ketenagakerjaan Dalam Meningkatkan Jumlah Pengguna Jasa Program BPJS Ketenagakerjaan Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 3(3).

Downloads

Published

2025-06-21

Issue

Section

Articles