IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN BAGI TENAGA KERJA BUKAN PENERIMA UPAH DI BPJS KETENAGAKERJAAN KOTA JAMBI 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.43907Keywords:
BPJS ketenagakerjaan, bukan penerima upah, implementasiAbstract
BPJS Ketenagakerjaan berperan dalam menjamin hak dan kesejahteraan masyarakat. Di Kota Jambi, kasus kecelakaan kerja meningkat 20,64% dari 1.119 kasus (2022) menjadi 1.350 kasus (2023). Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi tenaga kerja Bukan Penerima Upah (BPU) di Kota Jambi untuk memberikan rekomendasi peningkatan efektivitas layanan. Penelitian kualitatif deskriptif dengan informan dari BPJS dan peserta BPU. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen, serta dianalisis menggunakan NVivo dengan triangulasi data dan sumber. Hasil menunjukan dari aspek komunikasi masih ada beberapa tantangan yang perlu diperbaiki. Perubahan informasi yang kurang konsisten, serta ketergantungan peserta pada pihak BPJS untuk administrasi menunjukkan bahwa komunikasi belum sepenuhnya optimal. Jumlah SDM dan fasilitas dinilai cukup, tetapi masih ada keluhan terkait keterbatasan petugas pelayanan dan fasilitas meja pelayanan. Disposisi Sudah baik dilihat dengan keramah, kesopan, dan empati petugas dalam melaksanakan program. Struktur birokrasi telah berjalan sesuai prosedur namun kompleksitas administrasi sering menjadi hambatan bagi peserta, terutama dalam proses klaim yang memerlukan berbagai formulir serta keterlambatan penyelesaian akibat kendala teknis dan verifikasi dokumen. Implementasi program di BPJS Ketenagakerjaan Kota Jambi berjalan baik, terutama dalam aspek disposisi. Namun, tantangan muncul dalam aspek komunikasi, seperti perubahan informasi yang belum konsisten, dan ketergantungan peserta pada BPJS dalam administrasi. Meskipun SDM dan fasilitas cukup, keluhan terkait keterbatasan petugas dan fasilitas masih ada. Struktur birokrasi sesuai prosedur, namun kompleksitas administrasi dan kendala teknis dalam klaim perlu diperbaiki.References
Ariyanto, A., Safitri, H. M., & Zakiya, S. R. (2023). Pengaruh Kompetensi Sdm, Pengembangan Karir Dan Komitmen Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Bpjs Ketenagakerjaan Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 12(2). https://doi.org/10.37598/jimma.v12i2.1607
BPJS Ketenagakerjaan. (n.d.-a). Formulir Bpjs Ketenagakerjaan. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/formulir.html
BPJS Ketenagakerjaan. (n.d.-b). Kecelakaan Kerja Makin Marak dalam Lima Tahun Terakhir. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/berita/28681/Kecelakaan-Kerja-Makin-Marak-dalam-Lima-Tahun-Terakhir
BPS. (n.d.). Angkatan Kerja. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2023/11/06/2002/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-32-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-18-juta-rupiah-per-bulan.html
Dartanto, T., Pramono, W., Lumbanraja, A. U., Siregar, C. H., Bintara, H., Sholihah, N. K., & Usman. (2020). Enrolment of informal sector workers in the National Health Insurance System in Indonesia: A qualitative study. Heliyon, 6(11), e05316. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05316
Gurusinga, M. O., & Sujianto. (2023). Implementasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Pada Pengemudi Ojek Online Di Kota Pekanbaru. Jurnal Cross-Border, 6(1), 305–314.
Herdiyanti, M., Nuringwahyu, S., & Trianti, K. (2023). Pengaruh Kreativitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Malang. 14(1), 194–203.
Hidayah, D. U., Lydia Monica Velentine Siregar, M. T. E., & Purba, C. F. R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Medan. 15, 305–319.
Maharani, G., Ali, S., & Rialmi, Z. (2021). Pengaruh Pelatihan Kerja dan Penilaian Kinerja Terhadap Kinerja Karyawan Direktorat Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Pusat. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 6(2), 59. https://doi.org/10.32503/jmk.v6i2.1516
Mulhayat, N., Budhiarta, I., Si, S., Si, M., & Mt, M. (2019). Strategi Komunikasi Bpjs Ketenagakerjaan Kantor Cabang Banda Aceh Dalam Mensosialisasikan Program Jaminan Pensiun. Journal of Economics Science, 5(2), 90–97.
Prihananto, D. P. (2024). Analysis Of The Implementation Of Law N0 . 24 Year 2011 Concerning BPJS Employment In Protecting Workers In Indonesia. 1(4), 69–83.
Puspita, O., & Mursyidah, L. (2022). Implementation of The Manpower BPJS Policy in Sidoarjo District. Academia Open, 6, 1–10. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1448
Putri, M. A., Nur, T., & Meigawati, D. (2023). Implementasi Layanan Jamsostek Mobile dalam Pengajuan Klaim Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 9(3), 411–430.
Rahmadani, A. (2024). Pengaruh Pelayanan, fasilitas, dan kepuasan terhadap peserta BPJS Keternagakerjaan di cabang kota medan utara.
Rahmayanie, E., Jovial Kevin Ondian Sianturi, Yessica, Y., & La Mani. (2024). Pengaruh Content Marketing, Layanan, Dan Kepuasan Terhadap Kepesertaan Aktif Yang Berlanjut Pada Bpjs Ketenagakerjaan. Media Bina Ilmiah, 18(9), 2341–2348. https://doi.org/10.33758/mbi.v18i9.690
Roring, C., Kawung, G. M. V, Wauran, P. C., Pembangunan, J. E., Ekonomi, F., & Ratulangi, U. S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Kepesertaan Aktif BPJS Ketenagakerjaan Indonesia. 19(01), 78–87.
Salsabila, S., Syafina, L., Islam, U., & Sumatera, N. (2022). Analisis Sistem Klaim Jaminan Hari Tua Pada Badan. 3(2), 99–106.
Soniya Auliya Sabilah Hakiki, & Acep Samsudin. (2024). Pemanfaatan Aplikasi JMO untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Program JHT di BPJS Ketenagakerjaan Karimunjawa Cabang Surabaya. Economics And Business Management Journal( EBMJ ), 34(2), 174–181.
Syahputra, F. (2023). Implementasi Kebijakan Program Jaminan Hari Tua (JHT) Oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) Ketenagakerjaan Kota Medan.
Syahrullah, M. A., & Zuhri, S. (2024). Strategi Komunikasi Bidang Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Karimunjawa dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Bukan Penerima Upah (BPU). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3013–3022. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4094
Titiek Herwanti, Irwan, M., & Maryam, S. (2021). Analisis Kualitas Sumber Daya Insani Pekerja Lokal Pada Sektor Formal Dan Informal Di Kota Mataram. Journal of Economics and Business, 7(2), 251–274. https://doi.org/10.29303/ekonobis.v7i2.82
Wahyudi, N., & Mahyuzar. (2018). Strategi Komunikasi Bpjs Ketenagakerjaan Dalam Meningkatkan Jumlah Pengguna Jasa Program BPJS Ketenagakerjaan Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 3(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutiara Simamora, Dwi Noerjoedianto, Hubaybah Hubaybah, Andy Amir, Adila Solida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


