KEEFEKTIFAN METODE PRETEND PLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK AUTISME SPECTRUM DISORDER (ASD) DI KARASIDENAN SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.43374Keywords:
anak ASD, bermain pura-pura, terapi wicaraAbstract
Autisme Spectrum Disorder (ASD) merupakan gangguan perkembangan saraf yang mempengaruhi kemampuan komunikasi, interaksi sosial, serta pola perilaku yang terbatas dan berulang. Anak dengan ASD sering mengalami kesulitan dalam perkembangan kognitifnya. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak ASD adalah metode pretend play. Metode ini melibatkan permainan imajinatif yang memungkinkan anak untuk mengeksplorasi peran dan situasi tertentu guna meningkatkan pemahaman mereka terhadap dunia sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas metode pretend play dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak ASD di Karisidenan Surakarta. Penelitian ini menggunakan desain quasi-experimental dengan rancangan pre-test dan post-test pada kelompok intervensi dan kontrol. Sampel penelitian terdiri dari anak-anak dengan ASD yang mengikuti terapi wicara dan bahasa di beberapa klinik dan sekolah luar biasa (SLB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan kognitif anak-anak yang diberikan intervensi pretend play dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan intervensi tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa pretend play merupakan metode yang efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak ASD, khususnya dalam aspek pemrosesan informasi, memori, dan pemahaman sosial. Dengan demikian, metode pretend play dapat dipertimbangkan sebagai pendekatan terapeutik yang dapat digunakan dalam program intervensi bagi anak ASD untuk mendukung perkembangan kognitif mereka secara optimal.References
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. 2(2).
Amanullah, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: TunaGrahita,Down Syndrom Dan Autisme. Jurnal Almurtaja: Jurnal PendidikanIslamAnak Usia Dini, 1(1), 1–14. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/1793/1113
Amin, N. F., Garancang, S., Abunawas, K., Makassar, M., Negeri, I., & Makassar, A. (2023). PENDAHULUAN Penelitian merupakan proses kreatif untuk mengungkapkan suatu gejala melalui cara tersendiri sehingga diperoleh suatu informasi . Pada dasarnya , informasi tersebut merupakan jawaban atas masalah-masalah yang dipertanyakan sebelumnya . Oleh ka. 14(1), 15–31.
Aziz, A. (2020). Pengaruh Bermain Peran (Pretend Play) Pada Anak Dengan Gangguan Spektrum Autis Terhadap Kemampuan Sosialisasi. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 8(1), 4–13. https://doi.org/10.32534/jjb.v8i1.1076
Esaputri, I. M., Putri, A. R., & Gunawan. (2022). The Relationship of Mother Language Activities With Reading Fluency Ability in Children With Autism Spectrum Disorder At Gentaralam Special School , Palembang City. Medical Journal of Nusantara, 1(1), 26–34.
Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian : Literature Review General Sampling Techniques in Research Methodology : Literature Review. 1(2), 85–114.
Frahsek, S., Mack, W., Mack, C., Pfalz-blezinger, C., Knopf, M., & Goethe-universita, J. W. (2010). Copyright © The British Psychological Society Assessing different aspects of pretend play within a play setting : Towards a standardized assessment of pretend play in young children Copyright © The British Psychological Society. 331–345. https://doi.org/10.1348/026151009X413666
Handayani, N., & Pangestu, M. (2023). Studi Q-EEG: Analisis Konektivitas Fungsional Otak Pada Anak Autism Spectrum Disorder (ASD). Lontar Physics Today, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.26877/lpt.v2i1.14784
Harahap, N. H. A., Milfyetty, S., & Fadilah, R. (2021). Efektivitas Neurofeedback Training Terhadap Kognitif dan Perilaku Pada Anak Autis Di Pusat Kajian Psikologi Magister Psikologi Pascasarjana Universitas Medan Area. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 3(1), 41–56. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v3i1.424
Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. 4.
Irfan Abraham, Y. S. (2022). DESAIN KUASI EKSPERIMEN DALAM PENDIDIKAN : LITERATUR. 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/http
Katilik, A. N., & Djie, J. A. (2022). Penerapan Pendekatan Orff-Schulwerk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Autism Spectrum Disorder ( ASD ) dalam Pembelajaran Instrumen Ritmis Sederhana. Seni Musik, 12(1), 91–109.
Kesumaningsari, N. P. A. (2020). Profil Gaya Kognitif Empathizing-Systemizing pada Anak Indonesia. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(2), 108–121. https://doi.org/10.24123/soshum.v1i2.3100
Lestari, P. R., Saqila, S., & Ulya, R. (2024). Analisis Perkembangan Kognitif Pada Anak Autis di Flexi School Banda Aceh. 2(2), 84–91.
Mardi Fitri, D. G. R. K. Z. P. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 40. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i2.10424
Mendelson, G. (1995). Diagnostic and statistical manual of mental disorders, fourth edition (DSM-IV). In Australasian Psychiatry (Vol. 29, Issue 3). https://doi.org/10.3109/00048679509064964
Metode, P., Pretend, B. P., Murdianti, D., Veronika, D., & Kaloeti, S. (2019). TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI kali lipat selama kurang dari satu tahun , kemudian terdapat pula pengurangan jaringan secara simbolis , bahasa yang sistematis , dan imitasi . Semua proses tersebut menunjukkan bahwa anak. 8, 221–227.
Puji Utami. (2012). Program studi s1 keperawatan fakultas ilmu keperawatan dan kesehatan universitas muhammadiyah semarang 2012. 46, 56.
Purnama, O. A., Lestari, N. E., Anindya, I., & Rokhmiati, E. (2024). Hubungan Kecemasan dengan Gangguan Tidur pada Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) di Peduli ASD Research Center Tahun 2022. 1149–1154. https://doi.org/10.53801/oajjhs.v3i3.237
Purwanti, D., & Yus, A. (2023). The Influence of Playdough Media on the Achievement of Cognitive Development of Children Aged 4-5 Years in TK Negeri 2 Pembina Medan Pengaruh Media Playdough Terhadap Capaian Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri 2 Pembina Medan. 2(3), 381–392.
Rayhani, R., Widyorini, E., & Roswita, M. Y. (2021). Pretend Play pada Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) ditinjau dari Secure Attachment. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 5(2), 263. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v5i2.3412
Richard, S., Clerc-Georgy, A., & Gentaz, E. (2023). Pretend play-based training improves some socio-emotional competences in 5–6-year-old children: A large-scale study assessing implementation. Acta Psychologica, 238(June), 103961. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2023.103961
Senjaya, S., Sriati, A., & Maulana, I. (2022). 1,2,3,4. 2(3), 1003–1010.
Setyawan, D. A. (2022). BUKU AJAR STATISTIKA KESEHATAN : Analisis Bivariat pada Hipotesis Penelitian (Issue July).
Shipley, Kenneth G., McAfee, J. G. (2021). Assessment Pathology in.
Wijayanti, F., & Oktarina, N. D. (2023). Efektifitas Pretend Play Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Dengan Retardasi Mental. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 12(2), 149. https://doi.org/10.31596/jcu.v12i2.1557
Yusuf, R. N., & Helmi, H. (2022). Perkembangan Otak dan Fungsi Kognitif Anak: Peran Nutrisi dan Sistem Imun pada Awal Kehidupan. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 1036. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.6289
Zakiah, Z., & Khairi, F. (2019). Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Gugus 01 Kecamatan Selaparang. El Midad, 11(1), 85–100. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1906
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Risma Rahayu, Nadya Susanti, Dodiet Aditya Setyawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


