KENDALA DALAM PENERAPAN PERAN CASE MANAGER DI RUMAH SAKIT : LITERATURE REVIEW

Authors

  • Deya Shinta Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.43313

Keywords:

hambatan manajer pelayanan pasien, peran manajer pelayanan pasien, rumah sakit, tugas dan fungsi manajer pelayanan pasien, case manager barriers, case manager duties and functions, case manager role, hospital

Abstract

Rumah sakit berperan penting dalam memberikan upaya pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023. Salah satu metode untuk memastikan kontinuitas dan kualitas pelayanan adalah case manager atau Manajer Pelayanan Pasien (MPP). Namun, sejak manajer kasus pertama diperkenalkan oleh KARS hingga saat ini, layanan tersebut dinilai masih belum optimal dalam menjalankan peran dan fungsinya. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu literature review. Pencarian artikel dilakukan melalui PubMed dan Google Scholar dengan kata kunci “peran case manager”, “tugas dan fungsi case manager”, “hambatan case manager”, dan “rumah sakit”. Penulis menemukan hambatan internal dan eksternal dalam penerapan peran case manager. Faktor internal meliputi kurangnya komunikasi dan koordinasi internal, pengembangan kompetensi dan pelatihan yang tidak memadai, masalah dalam dokumentasi dan alat bantu, pengendalian dan monitoring yang lemah, fungsi pengarahan yang belum optimal, kurangnya reward dan motivasi, serta kurangnya sumber daya manusia yang memadai. Faktor eksternal mencakup kurangnya interaksi dengan pasien dan keluarga, kompleksitas aturan regulasi, tekanan dari organisasi manajemen perawatan, kendala dalam kolaborasi antar profesi, serta perbedaan fokus antara penyedia layanan dan pasien. Faktor internal yang paling dominan adalah kurangnya kompetensi yang dimiliki case manager dan faktor eksternal yang paling dominan adalah kurangnya koordinasi dan komunikasi.  

References

Auladi, S. (2022). Efektivitas Case Manager dalam Upaya Kendali Mutu dan Kendali Biaya Pelayanan Kesehatan Di RSUP Dr. Hasan Sadikin. Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional, 2(1). https://doi.org/10.53756/jjkn.v2i1.49

Avia, I., Handiyani, H., & Nurdiana. (2019). Analisis Kompetensi Case Manager Pada Rumah Sakit Di Jakarta: Studi Kasus. Dalam Jurnal Perawat Indonesia (Vol. 3, Nomor 1).

Fitri Maya Sari Panjaitan, Kasim, F., & Br Ginting Munthe, N. (2023). Analysis Of Case Manager Functions In Improving Quality Control And Cost Control Of Inpatient (Case Study) At Grandmed Hospital Lubuk Pakam. Jurnal Kesmas Dan Gizi (JKG), 6(1), 15–22. https://doi.org/10.35451/jkg.v6i1.1783

Hastutik, M. (2022). Peran dan Fungsi Case Manager di RS Palang Biru Kutoarjo: Studi Fenomenologi. Skripsi, 1–41.

Herlina, R., Sinaga, J. P., Dasril, M., Institut, S., Deli, K., & Deli Tua, H. (2020). The Role Of Case Manager In Efforts To Improve The Image Of General Hospital Rokan Hulu’s Services At 2020. Dalam Jurnal Inovasi Kesehatan Masyarakat (Vol. 2). http://ejournal.delihusada.ac.id/index.php/JIKM

Indrian, R. (2019). Implementation of Case Management in Improving Quality of Service in Islamic Hospital Purwokerto (Case Study Patient DM Type II). Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 7(2). https://doi.org/10.18196/jmmr.7267

Mardean, Y., Rahman, L. O. A., Handiyani, H., & Rayatin, L. (2021). Optimalisasi Pendokumentasian Case Manager Rumah Sakit Tipe A Di Jakarta. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, 4(1). https://doi.org/10.32584/jkmk.v4i1.865

Perera, S., & Dabney, B. W. (2020). Case management service quality and patient-centered care. Journal of Health Organization and Management, 34(5), 551–568. https://doi.org/10.1108/JHOM-12-2019-0347

Safar, A., Gani, A., Studi, P., Administrasi, K., Sakit, R., Masyarakat, K., Indonesia, U., Administrasi, D., Kesehatan, K., Lantai, G. F., & Kesehatan, F. (2022). Hambatan Dalam Menerapkan Peran Case Manager Di Indonesia: Literature Review. http://jurnalmedikahutama.com

Widya Santi, S., Ginting, D., & Silitonga, E. M. (2019). Analisis Fungsi-Tugas Case Manager Dalam Mengelola Kasus Pasien Rawat Inap (Studi Kasus) Di Rsud Deli Serdang Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(3), 131–145.

Wulan Hardian Noviani, R., Hadi, M., Haryanto, R., Magister Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan, P., & Muhammadiyah Jakarta, U. (2021). Efektifitas Peran Dan Fungsi Case Manager Dalam Meningkatkan Mutu Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rsu Mk Dan RSU KB. Jurnal Ilmiah Humantech, 01(01), 81–88.

Downloads

Published

2025-03-24

Issue

Section

Articles