KENDALA DALAM PENERAPAN PERAN CASE MANAGER DI RUMAH SAKIT : LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.43313Keywords:
hambatan manajer pelayanan pasien, peran manajer pelayanan pasien, rumah sakit, tugas dan fungsi manajer pelayanan pasien, case manager barriers, case manager duties and functions, case manager role, hospitalAbstract
Rumah sakit berperan penting dalam memberikan upaya pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023. Salah satu metode untuk memastikan kontinuitas dan kualitas pelayanan adalah case manager atau Manajer Pelayanan Pasien (MPP). Namun, sejak manajer kasus pertama diperkenalkan oleh KARS hingga saat ini, layanan tersebut dinilai masih belum optimal dalam menjalankan peran dan fungsinya. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu literature review. Pencarian artikel dilakukan melalui PubMed dan Google Scholar dengan kata kunci “peran case manager”, “tugas dan fungsi case manager”, “hambatan case manager”, dan “rumah sakit”. Penulis menemukan hambatan internal dan eksternal dalam penerapan peran case manager. Faktor internal meliputi kurangnya komunikasi dan koordinasi internal, pengembangan kompetensi dan pelatihan yang tidak memadai, masalah dalam dokumentasi dan alat bantu, pengendalian dan monitoring yang lemah, fungsi pengarahan yang belum optimal, kurangnya reward dan motivasi, serta kurangnya sumber daya manusia yang memadai. Faktor eksternal mencakup kurangnya interaksi dengan pasien dan keluarga, kompleksitas aturan regulasi, tekanan dari organisasi manajemen perawatan, kendala dalam kolaborasi antar profesi, serta perbedaan fokus antara penyedia layanan dan pasien. Faktor internal yang paling dominan adalah kurangnya kompetensi yang dimiliki case manager dan faktor eksternal yang paling dominan adalah kurangnya koordinasi dan komunikasi.References
Auladi, S. (2022). Efektivitas Case Manager dalam Upaya Kendali Mutu dan Kendali Biaya Pelayanan Kesehatan Di RSUP Dr. Hasan Sadikin. Jurnal Jaminan Kesehatan Nasional, 2(1). https://doi.org/10.53756/jjkn.v2i1.49
Avia, I., Handiyani, H., & Nurdiana. (2019). Analisis Kompetensi Case Manager Pada Rumah Sakit Di Jakarta: Studi Kasus. Dalam Jurnal Perawat Indonesia (Vol. 3, Nomor 1).
Fitri Maya Sari Panjaitan, Kasim, F., & Br Ginting Munthe, N. (2023). Analysis Of Case Manager Functions In Improving Quality Control And Cost Control Of Inpatient (Case Study) At Grandmed Hospital Lubuk Pakam. Jurnal Kesmas Dan Gizi (JKG), 6(1), 15–22. https://doi.org/10.35451/jkg.v6i1.1783
Hastutik, M. (2022). Peran dan Fungsi Case Manager di RS Palang Biru Kutoarjo: Studi Fenomenologi. Skripsi, 1–41.
Herlina, R., Sinaga, J. P., Dasril, M., Institut, S., Deli, K., & Deli Tua, H. (2020). The Role Of Case Manager In Efforts To Improve The Image Of General Hospital Rokan Hulu’s Services At 2020. Dalam Jurnal Inovasi Kesehatan Masyarakat (Vol. 2). http://ejournal.delihusada.ac.id/index.php/JIKM
Indrian, R. (2019). Implementation of Case Management in Improving Quality of Service in Islamic Hospital Purwokerto (Case Study Patient DM Type II). Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 7(2). https://doi.org/10.18196/jmmr.7267
Mardean, Y., Rahman, L. O. A., Handiyani, H., & Rayatin, L. (2021). Optimalisasi Pendokumentasian Case Manager Rumah Sakit Tipe A Di Jakarta. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, 4(1). https://doi.org/10.32584/jkmk.v4i1.865
Perera, S., & Dabney, B. W. (2020). Case management service quality and patient-centered care. Journal of Health Organization and Management, 34(5), 551–568. https://doi.org/10.1108/JHOM-12-2019-0347
Safar, A., Gani, A., Studi, P., Administrasi, K., Sakit, R., Masyarakat, K., Indonesia, U., Administrasi, D., Kesehatan, K., Lantai, G. F., & Kesehatan, F. (2022). Hambatan Dalam Menerapkan Peran Case Manager Di Indonesia: Literature Review. http://jurnalmedikahutama.com
Widya Santi, S., Ginting, D., & Silitonga, E. M. (2019). Analisis Fungsi-Tugas Case Manager Dalam Mengelola Kasus Pasien Rawat Inap (Studi Kasus) Di Rsud Deli Serdang Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(3), 131–145.
Wulan Hardian Noviani, R., Hadi, M., Haryanto, R., Magister Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan, P., & Muhammadiyah Jakarta, U. (2021). Efektifitas Peran Dan Fungsi Case Manager Dalam Meningkatkan Mutu Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rsu Mk Dan RSU KB. Jurnal Ilmiah Humantech, 01(01), 81–88.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Deya Shinta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


