HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU KEKERASAN PADA REMAJA SMA

Authors

  • Vika Akhda Elisya Ilmu Keperawatan, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Betie Febriana Ilmu Keperawatan, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Wahyu Endang Setyowati Ilmu Keperawatan, Universitas Islam Sultan Agung Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.43305

Keywords:

Remaja SMA, Kecanduan Game Online, Perilaku Kekerasan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat pada tahun 2023 telah memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi manusia, salah satunya adalah game online, yang menjadi kegiatan yang populer di kalangan remaja SMA. Game online dapat memberikan dampak positif, seperti pengembangan keterampilan sosial, namun juga dapat memberikan dampak negatif seperti perilaku kekerasan dan kecanduan pada remaja. Paparan terhadap konten kekerasan dalam game, dapat meningkatkan perilaku agresif pada remaja, dan semakin lama durasi bermain game online, semakin besar potensi kecanduan. Penggunaan game online oleh remaja SMA, juga menimbulkan kekhawatiran terkait dengan pengaruhnya terhadap aktivitas belajar dan kualitas tidur remaja. Penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah siswi SMA N 10 Semarang . Teknik yang digunakan adalah simple random sampling sebanyak 192 responden. Uji korelasi yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Gamma. Hasil penelitian didapatkan nilai signifikan yaitu 0,000 (p<0,05) yang artinya adanya hubungan antara kecanduan game online dengan perilaku kekersan pada remaja SMA adalah bermakna. Nilai Corelation coefficient sebesar 0,717 menunjukkan bahwa kekuatan korelasi kuat dan positif yang berarti semakin berat angka kecanduan game online maka semakin berat juga angka perilaku kekerasan. Kesimpulan yaitu terdapat keeratan hubungan anatara kecanduan game online dengan perilaku kekrasan pada remaja SMA (p value 0,000).

References

Andrew, Maurice. 2017. “Pengaruh Kecanduan Game online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar”. Jurnal Jaffray

Aran, A., & Elwindra, E. (2021). Hubungan Kecanduan Game online Dengan Perilaku Agresif Pada Mahasiswa Di STIKES Persada Husada Indonesia Tahun 2021. Jurnal Persada Husada Indonesia, 8(31), 1-11.

Azizah Latifatul (2018). Hubunugan Kebiasan Bermain Game online Dengan Kualitas Tidur Remaja Pada kelas X Di SMK Dwija Bhakti 2 Jombang. Skripsi.Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang

Fraldy Robert Mais, Sefti S. J. Rompas, Lenny Gannika, (2020), Kecanduan Game online dengan Insomnia pada Remaja,"Jurnal Keperawatan", vol.8, no.2, 2020, https://unsrat.ac.id

Isnaini, I. et al. (2021) ‘Intensitas Bermain Game online Berhubungan dengan Perilaku Agresif Verbal Remaja’, Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(1), pp. 235–242.

Kartini, H. (2016). Hubungan antara konformitas teman sebaya dan intensitas bermain game online dengan intensi berperilaku agresif pada siswa. Psikoborneo, 4(4), 482–489.

Khaerullah, U., Widianti, E., & Sumarni, N. (2020). Tingkat Agresivitas Mahasiswa Universitas Padjadjaran Kampus Garut Yang Mengalami Kecanduan Game Online. Itnow, 50(4), 8–10.

Lestari, M. A., Rosyidah, I., & HR, I. M. (2019). Hubungan kecanduan game online dengan perilaku agresif pada remaja. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang.

Nasution, M. A., Januri, M. R., & Shodikin, M. A. (2022). Dampak Game online Terhadap Perilaku Sosial Siswa Smpn 1 Puncak Sorik Marapi: Sebuah Analisis Fenomenologis [Impact Of Online Games On Social Behavior Of Smpn 1 Puncak Sorik Marapi Students: A Phenomenological Analysis]. Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research and Applications, 2(2), 71-86.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402

Oktalia, P. (2019). Hubungan Kecanduan Game online Dengan Perilaku Agresif Siswa Di Smp Negeri 4 Ungaran. Skripsi.

Reza Indra Wiguna, H. M. 2020. Hubungan Kecanduan Game online Dengan Motivasi Belajar Pada Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Surya Muda. 2(1) 72-79.

Surjaya, A. (2021). 2 Remaja Bekasi Gangguan Jiwa Akibat Kecanduan Bermain Game di Ponsel. Sindonews.Com. https://megapolitan.okezone.com/read/2021/03/18/338/2379910/kecanduan-game-online-2-pelajar-smp-di-bekasi-dirawat-di-panti-rehabilitasi#amp_tf=Dari %251%24s&aoh=16559477732196&csi=1&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com

Tanjung, V. P. (2016). Game online Dan Agresivitas Anak Usia Smp Di Sidoarjo. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 63. https://doi.org/10.21070/kanal.v4i1.315

Ulfiyah, Ulya. (2020). Pengaruh Intensitas Game Online Di Rumah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian Kelas XI IPS di SMA Al-Islam Kecamatan Cibiru Kabupaten Bandung).Skripsi tidak dipublikasikan. UIN Sunan Gunung Djati

Warsono, A. (2019). Di Bekasi, 2 Remaja Disebut Gangguan Jiwa Karena Kecanduan Ponsel. Metro.Tempo.Com. https://metro.tempo.co/amp/1262240/di-bekasi-2-remaja-disebut-gangguan-jiwa-karena-kecanduan-ponsel#amp_tf=Dari %251%24s&aoh=16559484022631&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com

Yusnilaningsih, R. (2019, April 8). No Title. PikiranRakyat.Com. https://www.pikiran-rakyat.com/jawabarat/pr-01309812/online-game-picukasus-kekerasan-anak-di-bekasi

Downloads

Published

2025-03-26

Issue

Section

Articles