HUBUNGAN ANTARA NILAI UJIAN KOMPREHENSIF AKHIR DENGAN NILAI CBT UKMPPD PERIODE FEBRUARI 2021 – NOVEMBER 2022 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.43198Keywords:
CBT UKMPPD, ujian komprehensif akhirAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan antara nilai ujian komprehensif akhir dengan Hasil Nilai CBT UKMPPD Periode Februari 2021 — November 2022 FK UMI. Metode: Rancangan penelitian Analitik Korelasional, Desain Penelitian cross sectional study, dan Teknik Penelitian total sampling. Variabel bebas yaitu nilai komperenshif akhir mahasiswa & variable terikat yaitu nilai Computer Based Test (CBT) UKMPPD FK UMI periode Februari 2021 — November 2022. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari bagian Akademik FK UMI. Proses analisis data menggunakan uji statistik chi square. Jika syarat uji chi square tidak terpenuhi, maka akan dilakukan penggabungan sel dan/atau uji fisher’s exact. Analisis data yang dilakukan menggunakan aplikasi pengolah data Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) Berdasarkan hasil penelitian dan uji statistik tersebut, terdapat 5 batch yang memiliki hubungan yang signifikan (p<0,05) antara Hasil Ujian Komprehensif Akhir terhadap Hasil CBT UKMPPD yaitu batch 1 tahun 2021, batch 3 tahun 2021, batch 4 tahun 2021, batch 1 tahun 2022, dan batch 3 tahun 2022. Sementara terdapat 3 batch yang tidak memiliki hubungan yang signifikan (p>0,05) antara Hasil ujian komprehensif akhir terhadap hasil CBT UKMPPD yaitu batch 2 tahun 2021, batch 2 tahun 2022, dan batch 4 tahun 2022. Terdapat hubungan yang signifikan pada batch tertentu sehingga mempengaruhi hasil UKMPPD.References
Aisyah, W. N., Hidayah, R. N. & Suhoyo, Y. Challenges Dnd Factors Influencing The Implementation of Clinical Skill Training as A Transition to Clerkship Course. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education 12, 30 (2023).
Arya, A. M. Hubungan Nilai Komprehensif Akhir dan Nilai Tryout AIPKI dengan Hasil CBT Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) Angkatan 2012 Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. Fakumi Medical Journal 2, 1–8 (2022).
Azmi, U., Riezky, A. K. & Andri. Hubungan Indeks Prestasi Kumulatif Dan Motivasi Belajar Terhadap Kelulusan Computer Based Test Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter. Jurnal Aceh Medika 4, 63–70 (2020).
Emilia, O., Rahayu, G. R. & Agustiningsih, D. Peraturan Penilaian Belajar Mahasiswa Program Pendidikan Dokter. (Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2019).
Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. (Rajawali Press, Depok, 2017).
Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. Clinical Education Unit (CEU) dan Prodi Profesi Dokter. FK UMI https://fk.umi.ac.id/clinical-education-unit/ (2021).
Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Fakultas Kedokteran Tahun Akademik 2014/2015. (FK Universitas Padjadjaran, Bandung, 2014).
Febrianti, W., Memah, M. F. & Manoppo, F. P. Hubungan IPK Sarjana dan Profesi dengan Nilai CBT, OSCE, dan Hasil UKMPPD di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Periode Mei dan Februari 2017. Jurnal e-Biomedik (eBm) 5, (2017).
Firdaus, Rofi, M. & Nazriati, E. Hubungan Nilai Try Out dengan Nilai Computer Based Test pada Ujian Kompetensi Mahasiswa Profesi Pendidikan Dokter. Jurnal Ilmu Kedokteran 14, 81–85 (2021).
Idrus, L. Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9, 920–935 (2019).
Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Uji Kompetensi Dokter Indonesia. IDI Dokter Indonesia. http://www.idionline.org/artikel/ujikompetensi-dokter-indonesia/ (2007).
Konsil Kedokteran Indonesia. Standar Nasional Pendidikan Profesi Dokter Indonesia (SNPPDI). (Divisi Pendidikan Konsil Kedokteran Indonesia, Indonesia, 2019).
Labatjo, A. I. S., Manoppo, F. P. & Berhimpon, S. I. E. Hubungan Nilai Ujian Try Out Lokal dengan Nilai Computer Based Test Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal e-Biomedik 7, 49–54 (2019).
Lestari, Q., Sari Puspa, D. & Desy Arya, I. F. Korelasi Nilai Komunikasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran pada OSCE Tahap Akademik dengan OSCE UKMPPD. Jurnal Sistem Kesehatan 1, 152–158 (2016).
Lisiswanti, R., Oktaria, D., Sari, M. I. & Prabowo, A. Y. Metode Small Group Learning Dalam Persiapan Ukmppd Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. LPPM Bagian Pendidikan FK Universitas Lampung (2017).
Marindra Siregar, F., Nurcahyo, G. W. & Defit, S. Prediksi Hasil Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) dengan Pendekatan ANFIS. 2, 554–559 (2018).
Mirfat, Yuhernita. Pemanfaatan progress test sebagai tolak ukur keberhasilan belajar mahasiswa. JPKI. 2014;3(3):170-6.
Munandar, R. M., Suhoyo, Yoyo. & Hadianto, Tridjoko. Mini-CEX Sebagai Metode Penilaian Keterampilan Klinis Mahasiswa Program Pendidikan Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia 1, 36–40 (2012).
Ningrum, R. K. & Ekayani, N. W. D. Gambaran Nilai Progress Test pada Mahasiswa Kedokteran. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 8, 304 (2022).
Norman, G., Neville, A., Blake, J. M. & Mueller, B. Assessment Steers Learning Down the Right Road: Impact of Progress Testing on Licensing Examination Performance. Med Teach 32, 496–499 (2010).
Panitia Nasional UKMPPD. Panduan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). (Sekretariat Panitia Nasional UKMPPD, Jakarta Pusat, 2015).
Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. Logbook Komunikasi Dosen Penasihat Akademik (PA) Dengan Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter. (FK UMI, Makassar, 2019).
Program Studi Sarjana Kedokteran FK UMI. Logbook Komunikasi Dosen Penasihat Akademik (PA) Dengan Mahasiswa Prodi Sarjana Kedokteran. (FK Universitas Muslim Indonesia, Makassar, 2019).
Pusparini, M., Imaningdyah, A., Andayani, S. H., Mahardhika, P. Z. & Dwi Miranti, D. Hubungan antara IPK Program Sarjana Kedokteran dengan Nilai UKMPPD Mahasiswa FKUY. Jurnal Kedokteran Unila 1, 235–242 (2016).
Simaremare, A. P. R. Analysis of Progress Test Results in Medical Faculty Students. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education 10, 63–74 (2021).
Soliman, M. M., Al-Shaikh, G. K. & Alnassar, S. A. Use Of Cross-Institutional Progress Test As A Predictor Of Performance In A New Medical College. Dovepress Advances in Medical Education and Practice 7, 197–200 (2016).
Utami, S., Kurniasih, I. & Afiati, A. I. Hubungan Antara Nilai Progress Test Dengan Nilai Indeks Prestasi Kumulatif Lulusan Dokter Gigi Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Insisiva Dental Journal 6, 33–39 (2017).
Yanti Puspitasari, A. Y., Saputra, O., Berawi, K. N. & Oktaria, D. Korelasi Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa terhadap Hasil Kelulusan UjI Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Periode November 2014 - Mei 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Agromedicine Unila 4, 1–6 (2017).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Abrar Naufal Hidayatullah ZA, Asrini Safitri, Andi Tenri Sanna Arifuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).