HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DAN INTERAKSI SOSIAL PADA MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.43124Keywords:
Tingkat Stres, Interaksi Sosial, MahasiswaAbstract
Stres merupakan kondisi yang umum dialami mahasiswa akibat berbagai tuntutan akademik dan sosial. Tingkat stres yang tinggi dapat mempengaruhi aspek psikologis, emosional, serta interaksi sosial mahasiswa. Stres yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan mahasiswa menarik diri dari lingkungan sosial, sehingga berdampak pada kualitas hubungan interpersonal mereka. Sebaliknya, interaksi sosial yang baik dapat menjadi faktor protektif dalam menghadapi stres. Interaksi sosial yang baik jugaberperan penting dalam kesejahteraan psikososial individu dan dapat membantu dalam mengurangi dampak negatif stres. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat stres dan interaksi sosial pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner pada 120 responden yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi gamma untuk melihat hubungan antara tingkat stres dan interaksi sosial mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden mengalami stres berat (40,8%) dan sedang (28,3%). Selain itu, sebanyak 72,5% mahasiswa memiliki interaksi sosial yang buruk. Uji korelasi Gamma menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat stres dan interaksi sosial dengan nilai p-value 0,000 (p < 0,05) dan koefisien korelasi (r = -0,918). Korelasi negatif ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat stres, semakin buruk interaksi sosial mahasiswa. Maka terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stres dan interaksi sosial pada mahasiswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya upaya untuk mengelola stres guna meningkatkan kualitas interaksi sosial mahasiswa.References
Agung, A., Shita, I., Agung, A., Lila, A., & Tirta, I. G. R. (2022). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Karakteristik Mahasiswa Semester Awal Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa. Aesculapius Medical Journal, 2(2), 97–104.
Kamaruzzaman, K., Sulistiawan, H., & Aliwanto, A. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Hubungan Sosial Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP-PGRI Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(2), 255. https://doi.org/10.31571/sosial.v5i2.981
Malentika, N., Itryah, & Mawardah, M. (2018). Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Suasana Hati Pada Mahasiswa. Psyche, 11(2), 97–106.
Mentari, D. O. (2018). Hubungan stres akademik dengan indeks prestasi mahasiswa tahun pertama di Fakultas Keperawatan Universitas Jember. 113. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85257?show=full
Nelis, S. (2018). Mengatasi Masalah Hubungan Sosial Mahasiswa Melalui Konseling Teman Sebaya. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(2), 150–178. https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.112
Ningrum, M. S., Khusniyati, A., & Ni’mah, M. I. (2022). Meningkatkan Kepedulian Terhadap Gangguan Kesehatan Mental Pada Remaja. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1174–1178. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5642
Pangemanan, V. O., Manery, D. E., Ukratalo, A. M., Nanere, B. E., Embisa, Y. A., & Assagaf, A. R. (2024). Hubungan Self-Efficacy Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa S1 Biologi FMIPA Universitas Pattimura Dalam Proses Penyusunan Skripsi. Jurnal Anestesi, 2(3), 31–38. https://doi.org/10.59680/anestesi.v2i3.1103
Radja, Y. L., Limbu, R., Bunga, E. Z. H., Weraman, P., Masyarakat, K., Masyarakat, F. K., Nusa, U., & Kupang, K. (2024). Analisis Hubungan Smartphone Addiction , Kecemasan , dan Stres Terhadap Kejadian Insomnia pada Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Nusa Cendana Kupang. 3(4), 798–813. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v3i4.4169
Setiawan, R., & Halim, S. (2023). Hubungan Aktivitas Fisik dan Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara. Jurnal Kesehatan Dan Kedokteran Tarumanegara, 2(1), 16–22.
Wuryaningsih, E. W., Zuhro, Z. L., & S, J. H. (2023). Studi Kasus pada Penderita Bipolar Disorder Menggunakan Pendekataan Model Keperawatan Stuart Stress Adaptation di Probolinggo ( Case Study of Bipolar Disorder Patients using Nursing Model Approach Stuart Stress Adaptation in Probolinggo ). 11(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ibyah Hariyani, Betie Febriana, Wahyu Endang Setyowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


