PENGARUH TERAPI TEHNIK HIPNOTIS LIMA JARI TERHADAP TINGKAT STRES PADA SISWA – SISWI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.43089Keywords:
Tingkat stres, Hipnotis lima jari, RemajaAbstract
Masa remaja merupakan periode peralihan perkembangan yang melibatkan perubahan fisik, biologis,sosio-emosional, dan kognitif, yang dapat menyebabkan stres, termasuk stres akademik. Stres ini berdampak positif atau negatif, dengan dampak positif berupa peningkatan kemampuan, namunjuga berakibat dampak negatif seperti gangguan konsentrasi, masalah memori, gangguan emosional dan penurunan prestasi. Salah satu metode untuk mengatasi stres akademik adalah dengan menggunakan tehnik hipnotis lima jari, yang dapat memberikan efek relaksasi tinggi, meningkatkan kesejahteraan emosional dan mengurangi stres. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi tehnik hipnotis lima jari terhadap tingkat stres pada siswa – siswi SMA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif quasi eksperimen pre-post test. Dengan 40 responden, terdiri dari 20 kelompok intervensi dan 20 kelompok kontrol. Menggunakan teknik consecutive sampling. Data dianalisis dengan uji marginal homogeneity dan uji mann-whitney. Hasil penelitian yang dilakukan melibatkan 40 siswa – siswi SMA yang memiliki tingkat stres sedang – berat, analisis statistik menggunakan uji marginal homogeneity mengungkapkan adanya pengaruh tehnik hipnotis lima jari pada tingkat stres siswa-siswi SMA pada kelompok perlakuan, p-value 0,001 yang berarti ada perbedaan tingkat stres pada siswa-siswi SMA antara sebelum dan setelah pemberian tehnik hipnotis lima jari. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara pemberian tehnik hipnotis lima jari dengan tingkat stres. Terapi hipnotis lima jari memberikan kondisi lebih santai, siswa – siswi mampu merilekskan kondisi otot yang tegang, mengurangi stres, dan membuat rasa nyaman untuk individu yang mengalami stres, segingga stres yang dialami menurun.References
Agustianti, R., Nussifera, L., Wahyudi, Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A. ni, Nurlaila, Q., Simarmata, N., Himawan, I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode penelitian kuantitatif & kualitatif. In Tohar Media (Issue Mi).
Amanah, S., Jauhari, R., & Sutja, A. (2023). Analisis Tingkat Stress Akademik pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4578–4581.
Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2021). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Anjani, A., & Yamasari, Y. (2023). Klasifikasi Tingkat Stres Mahasiswa Menggunakan Metode Berbasis Tree. Journal of Informatics and Computer Science, 05, 83–89.
Arvianti, K. (2021). Hubungan Pengetahuan terkait dengan Gaya Hidup sehat dikalangan Mahasiswa FKM UI. Jurnal Ilmu Keperawatan, 5, 70.
Astuti, R. T., Amin, M. K., & Purborini, N. (2020). Efektifitas Metode Hipnoterapi Lima Jari (Hp Majar) Terhadap Tingkat Stres Akademik Remaja Di Smk Muhammadiyah 2 Kabupaten Magelang. Journal of Holistic Nursing Science, 4(1), 1–9.
Barseli, M., Ifdil, I., Mudjiran, M., Efendi, Z. M., & Zola, N. (2020). Pengembangan modul bimbingan dan konseling untuk pengelolaan stres akademik siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(2), 72–78. https://doi.org/10.29210/141700
Bella Khansa Puspita, & Dewi Kumalasari. (2022). Prokrastinasi dan Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 13(2), 79–87. https://doi.org/10.29080/jpp.v13i2.818
Dekawaty, A. (2021). Pengaruh Terapi Hipnotis 5 Jari Terhadap Kecemasan Mahasiswa Menghadapi Skripsi di STIKES Muhammadiyah Palembang. Media Bina Ilmiah, 15(11), 5613–5624. http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI
Dewi, A. D. C., Sundari, R. I., & Yudono, D. T. (2021). Hubungan Mekanisme Koping dengan Tingkat Stress Kerja pada Perawat di Rumah Sakit Umum Wijaya Kusuma Kebumen. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPKM), 771–781.
Diah, A., & Kusrohmaniah, S. (2022). Uji Validitas Dan Reliabilitas Skala Depression, Anxiety, And Stress Scale-42 (Dass-42) Versi Bahasa Indonesia Pada Sampel Emerging Adulthood ARINDA DIAH A, Dra. Sri Kusrohmaniah, M.Si., Ph.D., Psikolog. 42.
Dini, M. P., Fitryasari, R., & Asmoro, C. P. (2020). Dini, M. P., Fitryasari, R., & Asmoro, C. P. (2020). Analisis Hubungan Antara Self Efficacydan Beban Kerja Akademik dengan Stres Mahasiswa Profesi Ners : Studi Literatur. Psych.Nurs. J., 2 (2). 78-91. doi: http://dx.doi.org/10.20473/pnj.v1i1.22269. Psychiatry Nursing Journal, 2(2), 78–85. http://e-journal.unair.ac.id/PNJ
Fajariyah, N. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Latihan Hipnotis Lima Jari Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Siswa Yang Akan Menjalani Ujian Di Sman-1 Dramaga Bogor. 39–50.
Fransisca, A., & Wijoyo, H. (2020). Implementasi Mettā Sutta Terhadap Metode Pembelajaran Di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddhies. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(1), 1–12.
Hutagalung, M. A. K. (2022). Analisa Pembiayaan Gadai Emas Di Pt. Bank Syari’Ah Mandiri Kcp Setia Budi. Jurnal Al-Qasd, 1, 117.
Keliat, B. A. (2023). Buku Saku Keperawatan Jiwa Edisi Ke L. Edited by S. dkk Moorhead. Jakarta: EGC.
Kurniati, I. D., Setiawan, R., Rohmani, A., Lahdji, A., Tajally, A., Ratnaningrum, K., Basuki, R., Reviewer, S., & Wahab, Z. (2020). Buku Ajar.
Nurliza, A., Sari, N. Y., Karim, D., & Sari, T. H. (2024). Hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat stres pada Remaja. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 8(2), 167–178. http://repository.trisakti.ac.id/usaktiana/index.php/home/detail/detail_koleksi/6/SKR/th_terbit/00000000000000094563/2019
Nurulita, F. P., & Handayani, L. (2022). Analisis Strategi Coping Stress Saat Pembelajran Online Selama Masa Pandemi Pada Siswa SMA Negeri 4 Pandeglang. Jurnal Cakrawala Promkes, 4(2), 79–89. https://doi.org/10.12928/promkes.v4i2.6206
Nyumirah, S., & Krishna, L. F. P. (2023). Pengaruh Pemberian Tehnik Hipnotis Lima Jari terhadap Tingkat Stres Mahasiswa di Era New Normal. Jurnal Keperawatan, 15(2), 765–772. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v15i2.860
Pradono, J., Hapsari, D., Supardi, S., & Budiarto, W. (2022). Buku Panduan Manajemen Penelitian Kuantitatif. In Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Vol. 53, Issue 9). www.journal.uta45jakarta.ac.id
Putri, R. N., Hidayah, N., & Mujidin. (2021). Penyesuaian Diri, Dukungan Sosial, dan Gaya Belajar Visual : Kontribusi terhadap Stres Akademik Siswa di Masa Pandemi. Psyche 165 Journal, 14(4), 339–345. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v14i4.136
Rahayu, N. W., & Sari, D. N. (2023). Hubungan Antara Stres Akademik dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Keperawatan. Nutrix Journal, 7(1), 7. https://doi.org/10.37771/nj.v7i1.900
Rahmawati, dwi selvi. (2024). Pengaruh pemberian skor reward dan punishment terhadap kedisiplinan siswa kelas 5 min 3 ponorogo tahun ajaran 2023/2024.
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Ramadhan, H. (2022). Gambaran tingkat stress akademik pada mahasiswa akhir yang sedang menyususn skripsi. Gambaran Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Akhir Yang Sedang Menyusun Skripsi, 4(10), 1–8. https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB
Risdiyansyah, P Harianto1, S., & Nurcahyani, N. (2020). Studi Populasi Monyet Ekor Panjang (Macaca Fascicularis) Di Pulau Condong Darat Desa Rangai Kecamatan Ketibung Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Sylva Lestari, 2(1), 41. https://doi.org/10.23960/jsl1241-48
Roihanah and Arsy. (2022). Gambaran Tingkat Stres Pada Santri Baru Di Pondok Pesantren Roudlotusysyubban Desa Tawangrejo Winong Pati. Profesi Keperawatan, 5(3), 248–253.
Saswati, N., Sutinah, S., & Dasuki, D. (2020). Pengaruh Penerapan Hipnosis Lima Jari untuk Penurunan Kecemasanpada Klien Diabetes Melitus. Jurnal Endurance, 5(1), 136. https://doi.org/10.22216/jen.v5i1.4632
Septyari, N. M., Adiputra, I. M. S., & Devhy, N. L. P. (2022). Tingkat Stres dan Mekanisme Koping Mahasiswa dalam Penyusunan Skripsi pada Masa Pandemi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 11(1), 14. https://doi.org/10.36565/jab.v11i1.403
Siregar, R., & Telaumbnu, B. S. (2024). Terapi Hipnosis Lima Jari Pasien Hipertensi Yang Mengalami Kecemasan Diwilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Gunung Sitoli. Journal of Andalas Medica, 2(1), 11–18. http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/view/537
Sujarwo. (2023). Relaksasi Dengan Teknik Hipnosis 5 Jari. RSJ Prof HB Saanin Padang, April, 2–4.
Suyono, D. (2020). Keefektifan Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidkan Humaniora, 4(2), 115–120.
Ummah, M. S. (2021). buku ajar keperawatan kesehatan jiwa dan psikososial. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Vionalita, G. (2021). Kerangka Konsep dan Definisi Operasional. Journal, 1, 8–12.
Vladimir, V. F. (2020). Indikator stres. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Wibisono, D., Ulum, F., & Megawaty, D. A. (2022). Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Kasir Terhadap Layanan Konsumen Menggunakan Metode Crisp-Dm Variabel Servqual (Studi Kasus: Studio Foto Archa). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(4), page-page. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Yuliana, A. R., Safitri, W., & Ardiyanti, Y. (2022). Penerapan Terapi Mindfulness dalam Menurunkan Tingkat Stres Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 11(2), 154. https://doi.org/10.31596/jcu.v11i2.1117
Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Akademik. Psyche 165 Journal, 13(02), 235–239. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i2.84
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Laura Hadiningrum, Betie Febriana, Wahyu Endang Setyowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


