ANALISIS PERBANDINGAN MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP BEBERAPA MEREK HERBAL MASUK ANGIN DI APOTEK 28 MEJASEM

Authors

  • wulandari mutia pradika Jurusan Farmasi – Politeknik Harapan Bersama

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.43083

Keywords:

Minat Beli, produk herbal, di Apotek 28

Abstract

Minat membeli adalah keinginan untuk memiliki suatu produk; minat beli muncul ketika informasi mengenai suatu produk diperoleh dipengaruhi oleh kualitas, misalnya harga, keunggulan suatu produk dibandingkan merek lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk Tolak angin, Antangin, dan Bejo Jahe Merah. Metode penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada 100  responden di Apotek 28 Mejasem yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengmpulan data menggunakan kuisoner melalui media Goggle Form Analisis data uji bivariate menggunakan uji Chi – Square. Hasil Penelitian menunjukan bahwa nilai Sig ( 2-tailed ) sebesar 0,000 yang kurang dari taraf signifikansi ( < 0,05 ). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulakn bahwa adanya peningkatan daya beli pada produk herbal masuk angina pada masing – masing konsumen di Apotek 28 Mejasem.

References

Afrianty, N. (2020). Pengaruh Islamic Branding dan Product Ingredients Terhadap Minat Beli Produk PT.HNI HPAI Kota Bengkulu. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 1(2), 121. https://doi.org/10.47700/jiefes.v1i2.2057

Atmaja, R., & Maryani, M. (2021). Analisa Perilaku Konsumtif dan Daya Beli Konsumen terhadap Penjualan Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Terapan Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 88–109.

Hanifah, A., Octaviani, T., Riono, S. B., Syaifulloh, M., Ikhwan, S., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Setiabudi, U. M. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek , Asosiasi Merek , Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Jamu Tolak Angin Cair Di Toko Nirmala Brebes. 1(4).

Komar, K. (2022). Pengaruh Health consciousness, Product Knowledge dan Brand Trust terhadap keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Tolak Angin Di Kabupaten Kebumen). Lib Universitas Putera Bangsa, 1(1), 1–14.

Lauluw, B. R. G., & Andalas, P. R. (2023). Analisis Perseptif Atas Penentu Keputusan Konsumen Untuk Membeli Produk Jamu Tolak Angin Sido Muncul ( Studi Pada Konsumen Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 65. https://doi.org/10.21460/jrmb.2023.181.463

Oktaviani, A. R., Takwiman, A., Santoso, D. A. T., Hanaratri, E. O., Damayanti, E., Maghfiroh, L., Putri, M. M., Maharani, N. A., Maulida, R., Oktadela, V. A., & Yuda, A. (2020). Pengetahuan Dan Pemilihan Obat Tradisional Oleh Ibu-Ibu Di Surabaya. Jurnal Farmasi Komunitas, 8(1), 1. https://doi.org/10.20473/jfk.v8i1.21912

Perdana Putri, S. R., & Harahap, J. (2023). Pengetahuan Generasi Z tentang Penyakit Masuk Angin. Aceh Anthropological Journal, 7(2), 274. https://doi.org/10.29103/aaj.v7i2.12452

Rahma, A. D., & Yunita, F. (2023). Gambaran Tingkat Pengetahuan Pengobatan Tradisional Terhadap Masuk Angin Pada Masyarakat Desa Kota Agung. Jurnal Medika Nusantara, 1(3), 122–133.

Trisnianti, D., & Setyawan, B. W. (2023). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan “History of Tolak Angin” Dalam Bahasa Daerah Jawa. MEMACE: Jurnal Linguistik, Pendidikan Bahasa Indonesia, Dan Asing, 1(3), 85–90. https://doi.org/10.55681/memace.v1i3.1120

Downloads

Published

2025-03-18

Issue

Section

Articles