ANALISIS PERBANDINGAN MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP BEBERAPA MEREK HERBAL MASUK ANGIN DI APOTEK 28 MEJASEM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.43083Keywords:
Minat Beli, produk herbal, di Apotek 28Abstract
Minat membeli adalah keinginan untuk memiliki suatu produk; minat beli muncul ketika informasi mengenai suatu produk diperoleh dipengaruhi oleh kualitas, misalnya harga, keunggulan suatu produk dibandingkan merek lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk Tolak angin, Antangin, dan Bejo Jahe Merah. Metode penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada 100 responden di Apotek 28 Mejasem yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengmpulan data menggunakan kuisoner melalui media Goggle Form Analisis data uji bivariate menggunakan uji Chi – Square. Hasil Penelitian menunjukan bahwa nilai Sig ( 2-tailed ) sebesar 0,000 yang kurang dari taraf signifikansi ( < 0,05 ). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulakn bahwa adanya peningkatan daya beli pada produk herbal masuk angina pada masing – masing konsumen di Apotek 28 Mejasem.References
Afrianty, N. (2020). Pengaruh Islamic Branding dan Product Ingredients Terhadap Minat Beli Produk PT.HNI HPAI Kota Bengkulu. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 1(2), 121. https://doi.org/10.47700/jiefes.v1i2.2057
Atmaja, R., & Maryani, M. (2021). Analisa Perilaku Konsumtif dan Daya Beli Konsumen terhadap Penjualan Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Terapan Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 88–109.
Hanifah, A., Octaviani, T., Riono, S. B., Syaifulloh, M., Ikhwan, S., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Setiabudi, U. M. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek , Asosiasi Merek , Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Jamu Tolak Angin Cair Di Toko Nirmala Brebes. 1(4).
Komar, K. (2022). Pengaruh Health consciousness, Product Knowledge dan Brand Trust terhadap keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Tolak Angin Di Kabupaten Kebumen). Lib Universitas Putera Bangsa, 1(1), 1–14.
Lauluw, B. R. G., & Andalas, P. R. (2023). Analisis Perseptif Atas Penentu Keputusan Konsumen Untuk Membeli Produk Jamu Tolak Angin Sido Muncul ( Studi Pada Konsumen Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 65. https://doi.org/10.21460/jrmb.2023.181.463
Oktaviani, A. R., Takwiman, A., Santoso, D. A. T., Hanaratri, E. O., Damayanti, E., Maghfiroh, L., Putri, M. M., Maharani, N. A., Maulida, R., Oktadela, V. A., & Yuda, A. (2020). Pengetahuan Dan Pemilihan Obat Tradisional Oleh Ibu-Ibu Di Surabaya. Jurnal Farmasi Komunitas, 8(1), 1. https://doi.org/10.20473/jfk.v8i1.21912
Perdana Putri, S. R., & Harahap, J. (2023). Pengetahuan Generasi Z tentang Penyakit Masuk Angin. Aceh Anthropological Journal, 7(2), 274. https://doi.org/10.29103/aaj.v7i2.12452
Rahma, A. D., & Yunita, F. (2023). Gambaran Tingkat Pengetahuan Pengobatan Tradisional Terhadap Masuk Angin Pada Masyarakat Desa Kota Agung. Jurnal Medika Nusantara, 1(3), 122–133.
Trisnianti, D., & Setyawan, B. W. (2023). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan “History of Tolak Angin” Dalam Bahasa Daerah Jawa. MEMACE: Jurnal Linguistik, Pendidikan Bahasa Indonesia, Dan Asing, 1(3), 85–90. https://doi.org/10.55681/memace.v1i3.1120
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 wulandari mutia pradika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


