HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA YANG BEKERJA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.43081Keywords:
Anak Usia Pra Sekolah, Pola Asuh, Kemandirian AnakAbstract
Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh pola asuh yang diberikan oleh orang tua. Pola asuh yang buruk dapat berdampak negatif, terutama dalam hal kemandirian anak. Jika pola asuh ini tidak diatasi, dapat menghambat perkembangan sosial dan emosional mereka. Oleh karena itu, penting untuk memperbaiki pola asuh yang tidak efektif agar tidak mengganggu kemandirian dan perkembangan anak secara keseluruhan, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi individu yang mandiri, cerdas dan mampu berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, yang melibatkan seluruh murid di KB Kamboja. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Uji korelasi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah uji Gamma, yang dirancang atau dibuat untuk mengukur hubungan antara dua variabel ordinal. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05), yang berarti bahwa hubungan antara pola asuh orang tua dan tingkat kemandirian anak adalah signifikan. Selain itu, nilai koefisien korelasi sebesar 0,868 menunjukkan adanya hubungan yang kuat dengan arah positif. Artinya, semakin baik pola asuh yang diterapkan oleh orang tua, semakin tinggi tingkat kemandirian anak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan erat antara pola asuh orang tua yang bekerja dan tingkat kemandirian anak di KB Kamboja dengan p value 0,000.References
Aisyiyah, N. (2021). Rakyat Daerah Kota Medan Tesis Oleh Nassyiatul Aisyiyah Program Studi Magister Psikologi Program Pascasarjana Universitas Medan Area Medan Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister Psikologi pada Program Pascasarjana Universitas M.
Badriah, E. R., & Fitriana, W. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Homeshooling Di Kancil Cendikia. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i1.54
Baumrind, D. (2020). The Authoritative Parenting Style: A Review of the Literature. Journal of Family Psychology, 34(5), 661-670. doi:10.1037/fam0000634.
Baumrind, D. (2020). The Influence of Parenting Styles on Child Development. Journal of Child Psychology.
Baumrind, D. (2023). Revisiting Authoritative Parenting: A New Look at an Old Construct. Contemporary Psychology, 68(1), 45-60. doi:10.1037/cpb0000270.
Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090
Burić, I., & Savić, M. (2023). The Impact of Authoritarian Parenting on Children’s Development: A Review. Child Development Research, 2023, Article ID 123456. doi:10.1155/2023/123456.
Cahyani, N. (2020). Peran Permainan dalam Keperawatan Anak. Jurnal Keperawatan Anak dan Remaja, 9(4), 90-100.
Darling, N., & Steinberg, L. (2022). Parenting Styles as Context: An Integrative Model. In Handbook of Parenting: Volume 1: Children and Parenting (pp. 3-29). New York: Routledge.
Dhiwangkara, R. (2020). Faktor Psikologis dan Intelektual dalam Kemandirian Anak Perempuan. Jurnal Keperawatan Anak, 11(2), 65-73.
Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875
Fatmala, M. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Yang Bekerja Dengan Tingkat Kemandirian Anak Di Usia Prasekolah. http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30134
Fansen. (2020). Pengaruh pekerjaan orang tua terhadap kemandirin anak usiadini di paud yasporbi kota bengkulu.
Guna, M. S. R., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan Mahasiswa Pria Etnis Sumba Di Salatiga. Psikologi Konseling, 14(1), 340–352. https://doi.org/10.24114/konseling.v14i1.13731
Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, D. (2020). Tipe-Tipe Pola Asuh Dalam Pendidikan Keluarga. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 16–23. https://doi.org/10.24176/re.v11i1.4223
Haryani, M. (2020). Ekspresi Diri dan Kemandirian Anak Laki-laki: Tinjauan Keperawatan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 16(2), 90-98.
Hurlock, E. B. (2020). Developmental Psychology. New York: McGraw-Hill Education.
Hurlock, E. B. (2022). Developmental Psychology (6th ed.). McGraw-Hill Education.
Keperawatan, J., Kes, F., Gambaran Kemampuan, U., Kemandirian, D., Altan, R., Mukendah, P., Deli, H., & Nurchayati, S. (2023). PERSONAL HYGIENE ANAK USIA SEKOLAH. Jurnal Keperawatan Profesional (JKP), 11.
Kundre, R., Bataha, Y. B., Studi, P., Keperawatan, I., & Kedokteran, F. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Bekerja Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah (4-5 Tahun) Di Tk Gmim Bukit Moria Malalayang (Vol. 7, Nomor 1).
Lamborn, S. D., Mounts, N. A., Steinberg, L., & Dornbusch, S. M. (2022). Patterns of Adolescent Identity Formation and Adjustment: The Role of Parenting Styles. Journal of Youth and Adolescence, 51(2), 220-235. doi:10.1007/s10964-021-01495-5.
Lestari, N. (2022). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak. Jurnal Keperawatan dan Psikologi, 10(1), 45-52.
Lestari, M. (2020). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777
Maccoby, E. E., & Martin, J. A. (2020). Socialization in the Context of the Family: Parent-Child Interaction. In Handbook of Child Psychology (pp. 1-101). New York: Wiley.
Miller, J., Smith, L., & Taylor, R. (2022). Work-Life Balance and Its Effect on Child Independence. International Journal of Psychology.ba
Nguyen, T., & Patel, S. (2023). Social Support and Child Independence: The Role of Extended Family. Family Psychology Review.
Nugroho, H. S., & Dewi, S. A. (2020). Pengaruh Kepribadian Orang Tua Terhadap Pola Asuh dan Perkembangan Anak. Jurnal Keperawatan, 12(2), 98-105. doi:10.1234/jk.v12i2.456.
Nunnally, J. C., & Bernstein, I. H. (2022). Psychometric Theory. New York: McGraw-Hill Education.
Prabowo, R. (2020). Kasih Sayang Orang Tua dan Dampaknya terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Keperawatan Psikologi, 11(2), 67-75.
Prabowo, T., Setiawan, J., & Lestari, P. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan dan Kemandirian Anak Prasekolah. Jurnal Pendidikan Dasar.
Pramudito, Y. (2021). Pendidikan Kemandirian Anak dalam Keluarga: Tinjauan Keperawatan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 16(3), 78-86.
Prasetyo, A. (2020). Keterlibatan Orang Tua dan Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, 13(2), 59-67.
Purwanto, N. (2020). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554
Putri, R. A., & Santoso, A. (2020). Dampak Jumlah Anak Terhadap Pola Asuh Orang Tua dan Kualitas Hubungan Keluarga. Jurnal Keperawatan Indonesia, 23(1), 34-40. doi:10.7454/jki.v23i1.789.
Rahayu, D. (2020). Ketergantungan anak dan dampaknya terhadap kemandirian. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(3), 89-96.
Rahayu, N., Susanti, R., & Prabowo, S. (2023). Dampak Kualitas Interaksi Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Indonesia.
Rahmawati, S. (2022). Kemandirian Anak Usia Dini dalam Konteks Permainan. Jurnal Pendidikan Anak, 12(2), 75-90.
Sa’diyah, R. (2020). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
Santika, D. (2021). Eksplorasi Lingkungan dan Kemandirian Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan, 14(3), 50-58.
Santoso, R. (2021). Kemandirian anak dalam konteks pola asuh orang tua yang bekerja. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 67-74.
Santrock, J. W. (2021). Life-Span Development (10th ed.). McGraw-Hill Education.
Santrock, J. W. (2023). Parenting and Child Development: Recent Advances in Research. Child Development Perspectives.
Sari, D. & Hidayati, N. (2021). Pengaruh Gender terhadap Kemandirian Anak dalam Konteks Keperawatan. Jurnal Keperawatan, 14(2), 112-120.
Sari, N., & Hidayati, R. (2022). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak. Jurnal Keperawatan dan Psikologi, 10(1), 45-52.
Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441
Sari, D. R., & Pratiwi, R. (2020). Peran Kemandirian Fisik dan Psikologis dalam Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan Indonesia, 23(2), 112-118. doi:10.7454/jki.v23i2.890.
Sari, R. H., & Sari, D. R. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak: Tinjauan dari Perspektif Keperawatan. Jurnal Keperawatan Indonesia, 26(1), 45-52. doi:10.7454/jki.v26i1.123.
Setiawan, B. (2021). Dampak Pekerjaan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Keperawatan Anak, 8(1), 12-20.
Sulitiya Ningsih, A. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Lingkungan Terhadap Kemandirian Anak Pada Siswa Kelas V Di Sd Negeri 58/Ix Tempino. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 7(1), 60–74. https://doi.org/10.22437/jptd.v7i1.19535
Tendean, A. F., & Kaligis, M. I. (2024). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Yang Bekerja Dengan Kemandirian Anak Prasekolah Di Watuliney. Klabat Journal of Nursing, 6(1), 7. https://doi.org/10.37771/kjn.v6i1.986
Wibowo, E. (2020). Kolaborasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak: Perspektif Keperawatan. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, 14(3), 70-78.
Widiastuti, S., & Hariyanto, T. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak Usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan.
Zaki, M., & Saiman, S. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 115–118. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i2.216
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hana Kamiliya Khairunnisa, Betie Febriana, Wahyu Endang Setyowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


