HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PESERTA BPJS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD TENGKU RAFIAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.42737Keywords:
BPJS, Kepuasan, Mutu PelayananAbstract
Mutu pelayanan dalam sebuah rumah sakit sangat dipengaruhi oleh pelayanan bidang keperawatan. Hal ini menjadi perhatian pihak manajemen dalam menjaga kualitas dan mutu pelayanan keperawatan di rumah sakit. Salah satu indicator mutu pelayanan rumah sakit adalah kepuasan pasien. Kepuasan yang dirasakan pasien merupakan bentuk cerminan dari baik dan buruknya pelayanan keperawatan yang telah diberikan. Kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan dapat dipengaruhi oleh jaminan kesehatan seperti BPJS kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan peserta BPJS dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Tengku Rafian. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di ruang rawat inap RSUD Tengku Rafian dengan populasi sebanyak 910 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling yaitu 100 orang dengan kriteria inklusi: pasien rawat inap selain ICU dan Perinatologi yang menggunakan jaminan kesehatan BPJS, pasien yang telah menjalani hari rawatan minimal 3 hari. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dan hasil penelitian diolah menggunakan Chi-square test. Adapun hasil dalam penelitian ini didapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Tengku Rafian (p-value = 0,000). Terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan peserta BPJS dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Tengku Rafian.References
Astari, D. W., Noviantani, A., & Simanjuntak, R. (2021). Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Era Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Mata Cicendo. Journal of Hospital Accreditation, 03(1), 34–38. http://jha.mutupelayanankesehatan.net/index.php/JHA/article/view/79
Badri, A. Z., Wahyuni, K. I., & Anindita, P. R. (2021). Analysis of BPJS patient satisfaction levels against pharmaceutical services in outpatient pharmacy installation of Anwar Medika Hospital. Farmasains: Jurnal Farmasi Dan Ilmu Kesehatan, (2017), 0–6. https://doi.org/10.22219/farmasains.v6i2.13862
Bustamin, (2015). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya ciracas, jakarta: Penerbit Erlangga
Frida, E. M., & Putri, H. (2019). Hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien bpjs rawat inap dirumah sakit umum herna medan. Jurnal Darma Agung Husada, VI(2), 117–123.
Jamal, A., & Usman, S. (2018). Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD DR. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1).
Kementrian Kesehatan Indonesia. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. Indonesia: Kementrian Kesehatan Indonesia
Kim, H., & Seo, K. (2021). Impact of job engagement on the quality of nursing services: The effect of person-centered nursing in South Korean nurses. Healthcare (Switzerland), 9(7), 1–11. https://doi.org/10.3390/healthcare9070826
Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Nababan, M. C., Listiawaty, R., Berliana, N. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Pasien di Puskesmas X Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi (JKMJ), 4(2), 6–16. https://online-journal.unja.ac.id/jkmj/article/view/10565
Pohan, I. (2018). Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan: Dasar-dasar pengertian dan Penerapan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Rahmadani, Indar, & Jam’an, A. (2021). Analisis tingkat kepuasan pasien BPJS non PBI pada Rumah Sakit Pemerintah di Kota Makassar. Competitiveness, 10(1), 83–97.
Rahmaniah, A., Hilda, & Nulhakim, L. (2019). Hubungan Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Poli Ibu Hamil Puskesmas Temindung Kota Samarinda. Jurnal Poltekes Kemenkes Kalimantan Timur, 5(2).
Satrinegara, F. (2014). Organisasi Dan Manajemen Pelayanan Kesehatan:Teori Dan Aplikasi Dalam Pelayanan Puskesmas Dan Rumah Sakit . Jakarta: Salemba Medika.
Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2), 116–126. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.317
Simanjorang, D., Susan, R., Hasan, B., Silaen, M., & Girsang, E. (2019). The Analysis of Quality of Health Services Effect against Patient Satisfaction Patients at Royal Prima Medan Hospital. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit), 8(2), 90–97. https://doi.org/https://doi.org/10.18196/jmmr.8293
Sofiana, M., Wahyuni, R., & Supriyadi, E. (2020). Studi Komparasi Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 93–110. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.797
Sukri, M., Roesmono, B., & Hajriana. (2017). Hubungan Pelayanan Tenaga Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Bpjs. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah, 6, 1–6.
Supandri, O., Ketaren, O., & Veronika, L. R. (2019). Perbedaan Kualitas Pelayanan pada Pasien BPJS dan Pasien Umum Rawat Inap di Rumah Sakit Muhammadiyah Medan Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(3), 48–60. https://simantek.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/view/71
Tome, P. L., Nurhayani, N., Darmawansyah, D. (2019). Analysis of Health Service Quality on Patient Satisfaction in Malimongan. Indian Journal of Public Health Research & Development, 10(7), 1125–1129. https://doi.org/10.5958/0976- 5506.2019.01734.0
Wiguna, A. S. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Bpjs Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS di Insatalasi Rawat Inap kelas II di RSU Imelda Medan. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 2(1), 207–218.
Yanuarti, R., Oktavidiati, E., Febriawati, H., & Oktarianita, O. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Pasien Umum. Jurnal Kesmas Asclepius, 3, 1–8.
Zumria, Z., Narmi, N., & Tahiruddin, T. (2020). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS terhadap Mutu Pelayanan di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Karya Kesehatan, 1(1), 76–83. https://stikesks-kendari.e- journal.id/JIKK/article/view/465
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Imron Rosyadi, Nanda Wilda Lestari, Selpa Selpa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


