IMPLEMENTASI TEORI PEMBELAJARAN SOSIAL DALAM PROGRAM KASIH UNTUK PENCEGAHAN HIPERTENSI DI KERTOSARI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.42651Keywords:
Edukasi Kesehatan, HIPERTENSI, Pencegahan, Pengabdian MasyarakatAbstract
Dari hasil pengukuran tekanan darah tahun 2021 di Ponorogo terdapat 141.967 laki-laki dan 144.135 perempuan penderita hipertensi berusia >15 tahun. Jumlah penderita hipertensi di Desa Kertosari selalu meningkat pada bulan Juni sampai Juli selama 3 tahun berturut-turut yaitu tahun 2021 sampai dengan tahun 2023. Tujuan dari penelitian ini, yaitu mendeskripsikan Implementasi Teori Pembelajaran Sosial pada Program “KASIH” Terkait Pencegahan Hipertensi di Desa Kertosari. Masyarakat Kecamatan Kertosari, Ponorogo, Jawa Timur. Metode yang digunakan, yaitu observasi disertai catatan mengenai kondisi atau perilaku objek sasaran. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang yang berusia 15 – 59 tahun. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa program “KASIH” merupakan program pencegahan hipertensi yang terdiri dari tiga kegiatan utama yaitu “GAGAH” atau sosialisasi aksi anti hipertensi, “HIPER” atau Hidangan Khusus Pencegah Hipertensi, dan “LEMBAR KERTAS” ATAU Leaflet Resep Masakan Bebas Hipertensi. . Berdasarkan aspek perhatian, retensi, produksi, dan motivasi dalam Teori Pembelajaran Sosial ditemukan bahwa sasaran program tertarik dengan pendidikan yang diberikan. Peneliti memberikan pengulangan pada saat edukasi dengan memberikan pertanyaan kepada sasaran dan menggunakan media demonstrasi berupa penyumbatan pembuluh darah. Peneliti juga memotivasi masyarakat untuk menjaga pola makan dan rutin berolahraga dibantu oleh Tenaga Kesehatan di Kertosari. Namun aspek produksi belum dapat terpenuhi dalam kegiatan “HIPER” sehingga peneliti hanya memaksimalkan pendistribusian Leaflet Resep Masakan Bebas Hipertensi atau “LEMBAR KERTAS” kepada masyarakat. Kesimpulannya implementasi teori pembelajaran sosial pada program “KASIH” terdiri dari aspek perhatian, retensi, dan motivasi. Namun aspek produksi belum bisa terpenuhi karena keterbatasan waktu.References
Akers, R. L., & Jennings, W. G. (2015). Social learning theory. The handbook of criminological theory, 230-240.
Alfitri, A. (2023). Pengukuran Modal Sosial. Idea Press Yogyakarta. https://repository.unsri.ac.id/103595/1/18.%20Buku%20%3B%20PENGUKURAN%20MODAL%20SOSIAL.pdf
Amalia, S. (2024). Pengolahan Makanan Berbasis Pangan Lokal: Demo Masak Pangan Lokal. Jurnal Abdimas Universitas Insan Pembangunan Indoneisa, 2(1).
Andayani, N. D., Suciptaningsih, O. A., & Mas' ula, S. (2025). Pengembangan Modul Ajar Materi Panca Indra Berbasis TPACK untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(4), 4517-4527.
Ariesta, F. W. (2021). Implementasi Teori Belajar Sosial Dalam Pandangan Albert Bandura dan Lev Vygotsky. Binus University, Juli, 8.
Dhian, A. (2011). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Metode Ceramah dengan Audiovisual terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Menopouse di Dukuh Girimulyo, Kelurahan Gergunung, Kecamatan Klaten Utara. Skripsi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social Learning Theory: Cognitive and Behavioral Approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 297–324. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i3.2317
Jannah, Maulida Zahrotul (2023) Hubungan antara Obesitas dengan Kejadian Hipertensi pada Lanjut Usia di Posyandu Lansia Desa Ngampel, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Lestari, P. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Di Puskesmas Kabupaten Magelang (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Jatmika, S. E. D., & Safrilia, F. E. (2019). Perbedaan Edukasi Konsumsi Sayur Dan Buah Pada Anak Sd Menggunakan Metode Ceramah Dengan Alat Peraga Dan Media Audiovisual. Gizi Indonesia, 42(1), 53-60.
Marsella, A., & Wiyatmo, Y. (2017). Efektivitas alat peraga dengan media audio visual dan alat peraga riil terhadap peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik SMA N 3 Klaten materi fluida dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(5), 401-408.
Mayer, R. E. (2014). The Cambridge handbook of multimedia learning, second edition. In The Cambridge Handbook of Multimedia Learning, Second Edition. https://doi.org/10.1017/CBO9781139547369
McLeod, S. (2024). Albert bandura’s Social Learning Theory. [online] Simply Psychology. Available at: https://www.simplypsychology.org/bandura.html.
Muhaimin, A. (2018). Implementasi Social Learning Theory Albert Bandura Dalam Pembelajaran Fikih di MTs. DDI Paria Kabupaten Wajo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Jurusan Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Alauddin. Makassar.
Mulyaningsih, I. (2017). Alternatif Model Pembelajaran Dengan Social Learning Bandura. https://doi.org/10.31219/osf.io/3zev6
Nugroho, A. W., & Masrika, N. U. E. (2023). Implementasi Studi TENSI sebagai Upaya Pencegahan Peningkatan Kejadian Hipertensi Masyarakat Pesisir Kota Ternate. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 37-42.
Pratama, A. M., Hermawan, N. S. A., & Novariana, N. (2025). Hubungan Gaya Hidup dengan Kejadian Hipertensi di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Kenali Lampung Barat. Malahayati Nursing Journal, 7(2), 692-707.
Pinem, M. (2016). Pengaruh pendidikan dan status sosial ekonomi kepala keluarga bagi kesehatan lingkungan masyarakat. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political UMA), 4(1), 97-106.
Puskesmas Babatan. (2023). Profil Puskesmas Babatan tahun 2023. Ponorogo.
Sukraniti, Taufiqurrahman, Iwan. (2018). Buku Ajar Konseling Gizi. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Triyanto, E. (2017). Pelayanan Keperawatan bagi Penderita Hipertensi Secara Terpadu. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tunjera, N., & Chigona, A. (2020). Teacher Educators’ Appropriation of TPACK-SAMR Models for 21st Century Pre-Service Teacher Preparation. International Journal of Information and Communication Technology Education. https://doi.org/10.4018/IJICTE.2020070110
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ernadila Diasmarani Hargiyanto, Lala Citra Susanti, Nabila Putri Dewitasari, dan Damai Arum Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


