ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN PILIHAN PASIEN PADA PELAYANAN RAWAT JALAN RS X PEKANBARU

Authors

  • Syamriana dewi Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42602

Keywords:

Kata kunci: pelayanan kesehatan, persepsi pasien, rumah sakit

Abstract

Guna meningkatkan pelayanan pasien maka Rumah Sakit harus mampu menampilkan dan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan bermutu sehingga mampu memberikan kepuasan pasien  Mutu pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan pada pelanggan dan pelanggan akan memanfaatkan ulang dan merekomendasikan pelayanan kesehatan tersebut pada orang di sekitarnya  Sehingga mempengaruhi Preferensi pasien yang nantinya akan mempengaruhi konsumen dalam memilih pelayanan yang diberikan Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis faktor yang mempengaruhi kecenderungan pilihan pasien pada pelayanan rawat jalan RS X Pekanbaru  Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan Cross sectional  Populasi dalam  penelitian  ini  yaitu 2 649, sampel penelitian  ini  sebanyak  93  Data dianalisis menggunakan  teknik analisis univariat, bivariat dan  multivariat  Penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kecenderungan pilihan pasien pada pelayanan rawat jalan RS X adalah Persepsi pasien (0,014<0,05), Pekerjaan (0,002<0,05), Pendapatan (0,014<0,05) dan Jarak (0,021<0,05) dan faktor yang tidak memiliki hubungan adalah Pendidikan (0,184>0,05)  Berdasarkan hasis analisis multivariat diketahui variabel yang paling dominan yaitu Persepsi Pasien dengan nilai  exp  (B)  sebesar  31,520 kali  lebih  berpengaruh  terhadap  Kecenderungan pilihan pasien  Terdapat hubungan antara faktor persepsi pasien, faktor pekerjaan, faktor pendapatan dan faktor jarak terhadap kecenderungan pilihan pasien pada pelayanan rawat jalan, tidak terdapat hubungan antara daktor pendidikan dengan kecenderungan pilihan pasien dan terdapat pengaruh yang paling dominan dengan kecenderungan pilihan pasien pada pelayanan rawat jalan di RS X Pekanbaru yaitu faktor Persepsi Pasien.

References

Andini, S. N., Darmawan, E. S., Masyarakat, F. K., Indonesia, U., Cimahi, K., Bandung, K., Bandung, K., & Syariah, R. S. (2019). Analisis Faktor Preferensi Masyarakat Bandung Raya Terhadap Rumah Sakit Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(30), 787–801.

Ariga, R. A. (2020). Buku Ajar Implementasi Manajemen Pelayanan Kesehatan dalam Keperawatan. Deepublihs Pubhlisher.

Hasibuan, M. M., Fitriani, A. D., & Theo, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Rumah Sakit Umum Dr. Ferdinand Lumban Tobing Kota Sibolga Tahun 2019. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 4(2), 144–154. https://doi.org/10.52643/marsi.v4i2.1029

Irawan, B., & Ainy, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Wilayah Kerja Puskesmas Payakabung, Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(3), 189–197. https://doi.org/10.26553/jikm.v9i3.311

Napirah, M. R., Rahman, A., & Tony, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso. Jurnal Pengembangan Kota, 4(1), 29. https://doi.org/10.14710/jpk.4.1.29-39

Nusantari, Vitasya, D. (2016). PREFERENSI PASIEN SEBAGAI MEDIA MENUJU LOYALITAS, DAMPAK DARI IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING. Jurnal Health Sains, 75(17), 399–405.

Rachmawati, W. C. (2019). Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. In Jakarta: Rineka Cipta.

Silfa, A. B., Hardisman, H., & Pabuti, A. (2018). Analisis Hubungan Pengetahuan dan Persepsi Pasien dengan Partisipasi Pasien di Instalasi Paviliun Ambun Pagi RSUP DR. M. Djamil Padang Ditinjau dari Aspek Hukum Keselamatan Pasien. Jurnal Kesehatan Andalas, 7(2), 160. https://doi.org/10.25077/jka.v7i2.796

Yulisetyaningrum, Hidayah, N., & Yuliarti, R. (2019). Hubungan Jarak Rumah Dengan Kepatuhan Minum Obat. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 248–255.

Downloads

Published

2025-03-19

Issue

Section

Articles