ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECENDERUNGAN PILIHAN PASIEN PADA PELAYANAN RAWAT JALAN RS X PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42602Keywords:
Kata kunci: pelayanan kesehatan, persepsi pasien, rumah sakitAbstract
Guna meningkatkan pelayanan pasien maka Rumah Sakit harus mampu menampilkan dan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan bermutu sehingga mampu memberikan kepuasan pasien Mutu pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan pada pelanggan dan pelanggan akan memanfaatkan ulang dan merekomendasikan pelayanan kesehatan tersebut pada orang di sekitarnya Sehingga mempengaruhi Preferensi pasien yang nantinya akan mempengaruhi konsumen dalam memilih pelayanan yang diberikan Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis faktor yang mempengaruhi kecenderungan pilihan pasien pada pelayanan rawat jalan RS X Pekanbaru Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan Cross sectional Populasi dalam penelitian ini yaitu 2 649, sampel penelitian ini sebanyak 93 Data dianalisis menggunakan teknik analisis univariat, bivariat dan multivariat Penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kecenderungan pilihan pasien pada pelayanan rawat jalan RS X adalah Persepsi pasien (0,014<0,05), Pekerjaan (0,002<0,05), Pendapatan (0,014<0,05) dan Jarak (0,021<0,05) dan faktor yang tidak memiliki hubungan adalah Pendidikan (0,184>0,05) Berdasarkan hasis analisis multivariat diketahui variabel yang paling dominan yaitu Persepsi Pasien dengan nilai exp (B) sebesar 31,520 kali lebih berpengaruh terhadap Kecenderungan pilihan pasien Terdapat hubungan antara faktor persepsi pasien, faktor pekerjaan, faktor pendapatan dan faktor jarak terhadap kecenderungan pilihan pasien pada pelayanan rawat jalan, tidak terdapat hubungan antara daktor pendidikan dengan kecenderungan pilihan pasien dan terdapat pengaruh yang paling dominan dengan kecenderungan pilihan pasien pada pelayanan rawat jalan di RS X Pekanbaru yaitu faktor Persepsi Pasien.References
Andini, S. N., Darmawan, E. S., Masyarakat, F. K., Indonesia, U., Cimahi, K., Bandung, K., Bandung, K., & Syariah, R. S. (2019). Analisis Faktor Preferensi Masyarakat Bandung Raya Terhadap Rumah Sakit Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(30), 787–801.
Ariga, R. A. (2020). Buku Ajar Implementasi Manajemen Pelayanan Kesehatan dalam Keperawatan. Deepublihs Pubhlisher.
Hasibuan, M. M., Fitriani, A. D., & Theo, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Rumah Sakit Umum Dr. Ferdinand Lumban Tobing Kota Sibolga Tahun 2019. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 4(2), 144–154. https://doi.org/10.52643/marsi.v4i2.1029
Irawan, B., & Ainy, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Wilayah Kerja Puskesmas Payakabung, Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 9(3), 189–197. https://doi.org/10.26553/jikm.v9i3.311
Napirah, M. R., Rahman, A., & Tony, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso. Jurnal Pengembangan Kota, 4(1), 29. https://doi.org/10.14710/jpk.4.1.29-39
Nusantari, Vitasya, D. (2016). PREFERENSI PASIEN SEBAGAI MEDIA MENUJU LOYALITAS, DAMPAK DARI IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING. Jurnal Health Sains, 75(17), 399–405.
Rachmawati, W. C. (2019). Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. In Jakarta: Rineka Cipta.
Silfa, A. B., Hardisman, H., & Pabuti, A. (2018). Analisis Hubungan Pengetahuan dan Persepsi Pasien dengan Partisipasi Pasien di Instalasi Paviliun Ambun Pagi RSUP DR. M. Djamil Padang Ditinjau dari Aspek Hukum Keselamatan Pasien. Jurnal Kesehatan Andalas, 7(2), 160. https://doi.org/10.25077/jka.v7i2.796
Yulisetyaningrum, Hidayah, N., & Yuliarti, R. (2019). Hubungan Jarak Rumah Dengan Kepatuhan Minum Obat. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 248–255.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syamriana dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


