TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE JKN RS LAVALETTE MALANG

Authors

  • Aurelia Rizky Ananda Program Studi D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Kesdam V/BRW Malang
  • Fita Rusdian Ikawati Program Studi D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Kesdam V/BRW Malang
  • Agus Syukron Ma’ruf Program Studi D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Kesdam V/BRW Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42576

Keywords:

EUCS, Kepuasan, Mobile JKN

Abstract

Perkembangan teknologi dalam layanan kesehatan mendorong BPJS Kesehatan untuk mengembangkan layanan digital melalui aplikasi Mobile JKN, yang bertujuan meningkatkan efisiensi dan aksebilitas layanan kesehatan bagi peserta, akan tetapi terdapat permasalahan yang ditemukan seperti banyak pengguna mengalami kesulitan dan masalah teknik error dalam menggunakan aplikasi mobile JKN. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap penggunaan Aplikasi Mobile JKN di unit rawat jalan RS Lavalatte Malang, menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 100 orang. Variabel tunggal penelitian adalah tingkat kepuasan pasien terhadap aplikasi Mobile JKN yang diukur dengan metode EUCS. Penelitian ini diambil di unit rawat jalan RS Lavalatte Malang dengan cara membagikan kuesioner secara google form. Analisis data dilakukan secara statistik deskriptif berdasarkan lima indikator EUCS, yaitu content (isi), accuracy (keakuratan), format (tampilan), ease of use (kemudahan pengguna), dan timeliness (ketepatan waktu). Hasil penelitian menunjukkan nilai mean kepuasan pengguna dari aspek content sebesar 4.0, aspek accuracy sebesar 3.88, aspek format sebesar 4.09, aspek ease of use sebesar 4.12, aspek timeliness sebesar 4.02. Berdasarkan hasil deskriptif dapat disimpulkan bahwa bahwa mayoritas pengguna SIMRS berada pada kriteria “puas”. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini yaitu diperlukan perbaikan teknis untuk meningkatkan keandalan sistem dan mengoptimalkan fungsionalitas aplikasi guna meningkatkan kepuasan pengguna.

References

Adrianti, H., & Usman, H. (2018). Pengaruh Faktor End User Computing Satisfaction (EUCS) Terhadap Manfaat Nyata Pengguna Sistem Informasi Elektronik (E-Puskesmas) di Puskesmas Sawah Besar Jakarta. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 6(2), 63-69.

Aini, F., Muttakin, F., Ahsyar, T. K., & Saputra, E. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi DANA Menggunakan Metode TAM dan EUCS. Jurnal Sistem Cerdas, 6(1), 65-76.

Aji, L. W., & Kusasih, I. A. K. R. (2021). Penilaian Kepuasan Dengan Model End User Computing Satisfaction Bagi Pengguna Aplikasi Financial Technology (Studi Kasus Bagi Pengguna Aplikasi LinkAja). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(3), 620-631.

Alfiansyah, G., Fajeri, A. S. I., Santi, M. W., & Swari, S. J. (2020). Evaluasi Kepuasan Pengguna Electronic Health Record (EHR) Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) di Unit Rekam Medis Pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Jurnal Penelitian Kesehatan" Suara Forikes"(Journal of Health Research" Forikes Voice"), 11(3), 258-263.

Angelita, M., Lukman, S., & Tahir, M. I. (2021). Inovasi dan efektivitas pelayanan melalui Mobile JKN pada BPJS Kesehatan di Jakarta Selatan. Medium, 9(2), 292-305.

Angga, J., & Adrianti, R. (2020). Analisis rekam medis elektronik pada puskesmas kecamatan pasar rebo dengan metode PIECES. Jurnal Ilmiah Komputasi, 19(4), 455-468.

Arisoemaryo, B. S., & Prasetio, R. T. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Jamsostek Mobile Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika, 4(1), 110-117.

Dalimunthe, N., & Ismiati, C. (2016). Analisis tingkat kepuasan pengguna online public access catalog (opac) dengan metode eucs (studi kasus: Perpustakaan uin suska riau). Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 71-75.

Doll, W.J., dan Torkzadeh, G. (1998). “The Measurement of End-User Computing Satisfaction”, Management Information System Quarterly 12 (2), June 1998.

Himawan, D. B., & Ikrimach, I. (2025). Optimalisasi Pelayanan Pasien Melalui Aplikasi Antrian Berbasis Mobile Mengunakan Metode Agile: Optimalisasi Pelayanan Pasien Melalui Aplikasi Antrian Berbasis Mobile Mengunakan Metode Agile. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 5(1), 273-282.

Izzati, V. A. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Kesehatan Halodoc Melalui Model End User Computing Satisfaction Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2).

Jannah, A. N., Susanto, I., & Rakhmadani, D. P. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Mobile JKN dengan Metode EUCS. REMIK: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(3), 1491-1502.

Kusumaratna, R., & Suyanto, J. (2024). Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Pemerintah Elektronik (e-Government) dan Implikasinya terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Masyarakat. Wellness Jurnal Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat, 1(1), 26-32.

Muslimah, S. J. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Website Pendaftaran Online Rawat Jalan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) Di Rsud Singaparna Medika Citrautama (Smc) (Doctoral dissertation, Politeknik Kesehatan Tasikmalaya).

Prasetiyo, R. A., & Safuan, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Dalam Mengurangi Antrian. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 971-979.

Purba, P. P. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pendaftaran Rawat Jalan Online di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan, 12(1), 44-48.

Putra, J., Indah, D. R., & Firdaus, M. A. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Pada E-Learning menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 12(1), 45-52.

Roja, E. N. I. (2024). Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pengguna Aplikasi Mobile Jkn Dengan Metode End User Computing Satisfaction Di Rsu Syifa Medina (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).

Rusdi, A. J., Putri, F., & Wulan, N. A. T. D. M. (2024). Implementasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan di RSAU Dr. M. Munir Malang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 3245-3255.

Saputra, A., & Kurniadi, D. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(3), 58-66.

Setyoningrum, N. R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Applied Informatics and Computing, 4(1), 17-21.

Sucantika, A. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Rekam Medis Elekteonik di RSUD HJ. Anna Lasmanah Banjarnegara Menggunakan metode EUCS. karya tulis ilimiah: DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.

Sulistiana, E., Purbobinuko, Z. K., & Dewi, T. S. (2024). Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Sistem Pendaftaran Rawat Jalan Berbasis Online Menggunakan Metode EUCS di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul Yogyakarta. Jurnal Indonesia Sehat, 3(1), 30-39.

Syapitri, H., Amilia., & Aritonang, J. (2021). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Cet.1. Malang: Ahli Media Press.

Taswin, I., & Hamrul, H. (2022). Implementasi metode end-user computing satisfaction untuk mengukur tingkat keefektifan dan kepuasan pengguna sistem e-learning. JCIS (Journal of Computer and Information Systems), 5 (1), 13–24. J. Comput. Inf. Syst.(J-CIS), 5(1), 13-24

Wigatie, R. A., & Zainafree, I. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Mobile JKN di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Magelang. Health Information: Jurnal Penelitian, e1321-e1321.

Downloads

Published

2025-03-26

Issue

Section

Articles