VERBAL WORKING MEMORY MEAN LENGTH UTTERANCE : FAKTOR PENENTU KEMAMPUAN BERBAHASA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42538Keywords:
verbal working memory, mean length utterance (MLU), produksi kata, anak usia prasekolah, perkembangan bahasaAbstract
Perkembangan bahasa terkait dengan perkembangan kognitif, yang berarti bahwa faktor kecerdasan sangat mempengaruhi perkembangan keterampilan bahasa. Tidak menguasai atau kurang kemampuan bahasa adalah salah satu masalah perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara verbal working memory, mean length utterance (MLU) dan produksi kata pada anak usia prasekolah di Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak prasekolah berusia 18 – 72 bulan di Surakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling (random sampling) dengan sampel 81 anak. Hasil uji statistik regresi logistik memperoleh nilai OR 10.800, yang berarti (OR > 1), yang mengindikasikan bahwa semakin tinggi ucapan panjang rata-rata, semakin besar kemungkinan anak memiliki jumlah kata yang lebih bervariasi dibandingkan dengan anak yang memiliki ucapan panjang rata-rata yang lebih rendah. Selain itu, hasil analisis data menggunakan uji spearman rank ini menunjukkan hubungan kuat antara ucapan panjang rata-rata dengan produksi kata. Jika mean length utterance anak semakin meningkat, konstruksi ujaran yang dihasilkan juga akan menjadi lebih kompleks. Sementara, memori kerja verbal memiliki hubungan yang lebih lemah dengan jumlah produksi kata yang diucapkan seorang anak. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini secara menyeluruh dalam perkembangan kemampuan berbahasa anak, agar dapat mencapai hasil yang optimal.References
Acheson, D. J., Hamidi, M., Binder, J. R., & Postle, B. R. (2011). A common neural substrate for language production and verbal working memory. Journal of Cognitive Neuroscience, 23(6), 1358–1367. https://doi.org/10.1162/jocn.2010.21519
Adams, E. J., Nguyen, A. T., & Cowan, N. (2018). Theories of working memory: Differences in definition, degree of modularity, role of attention, and purpose. Language, Speech, and Hearing Services in Schools, 49(3), 340–355. https://doi.org/10.1044/2018_LSHSS-17-0114
Astuti, D., & Setiawan, H. (2023). Analisis Pemerolehan Bahasa Berdasarkan MLU pada Anak Usia 1 Tahun 10 Bulan dalam Aspek Sintaksis dan Fonologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 880–885. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4815
Indriyani, I., Muhyidin, A., & Tisnasari, S. (2022). 4 Sampai Dengan 5 Tahun Dengan Berlatar Belakang Orang Tua Berbeda Bahasa Ibu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 9, 21–30.
Komite Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Naional Kementerian Kesehatan RI. (2021). pedoman dan standar etik penelitian dan pengembangan kesehatan nasional. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Lutfiyana, A. (2022). Panjang Rata-Rata Tuturan Pada Anak Usia 2 Tahun 3 Bulan Berdasarkan Teori Brown: Aspek Fonologi. Pena Literasi, 5(1), 9–17. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/view/11706
Mardison, S. (2016). Perkembangan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Revista EIA, 5(1), 349. http://bdigital.unal.edu.co/56221/1/80255551.2017.pdf%0Ahttp://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S106345
Nóro, L. A., & Mota, H. B. (2019). Relationship between mean length of utterance and vocabulary in children with typical language development. Revista CEFAC, 21(6), 1–7. https://doi.org/10.1590/1982-0216/20192164419
Potratz, J. R., Gildersleeve-Neumann, C., & Redford, M. A. (2022). Measurement Properties of Mean Length of Utterance in School-Age Children. Language, Speech, and Hearing Services in Schools, 53(4), 1088–1100. https://doi.org/10.1044/2022_LSHSS-21-00115
Pratomo, H. T. A. (2022). Strategi Intervensi Gangguan Bahasa Perkembangan (1st ed.). Polkesta Press.
Putra, S. P., & Muryanti, M. (2023). Hubungan Working Memory Dan Literacy Dengan Kemampuan Pragmatik Anak Usia Prasekolah Di Surakarta. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 1035–1042. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i4.1737
Rahayu, S. S., & Setiawan, H. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun 1 Bulan (Kajian Psikolinguistik). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 109. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5790
Rahmaningtyas, A. S., & Pratomo, H. T. A. (2023). The Effect Of Mean Length Utterance On The Complexity Of Syntactic Structure In 4-6 Year Old Children. 12(2), 75–83.
Safitri, J. (2019). Penyuluhan Tentang Perkembangan Wicara Dan Hambatan , Serta Penanganan Speech Delay. Prosiding Temilnas XI IPPI, September, 20–21. https://psychologyforum.umm.ac.id/files/file/Prosiding IPPI 2019/38_ Naskah 325-331.pdf
Schwering, S. C., & MacDonald, M. C. (2020). Verbal Working Memory as Emergent from Language Comprehension and Production. Frontiers in Human Neuroscience, 14(March), 1–20. https://doi.org/10.3389/fnhum.2020.00068
Septiani, D. A., & Setiawan, H. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa dengan Teknik Kajian Mean Length Utterennce (MLU) dan Aspek Fonologi pada Anak Usia 2 Tahun 11 Bulan. Lingua Rima, 11(2), 221–227.
Setyawan, D. A. (2022). Buku Statistika Kesehatan Analisis Bivariat Pada Hipotesis Kesehatan. In Tahta Media Group.
Sholeha, M., Nuryani, N., & Hudaa, S. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Rata-Rata Panjang Ujaran Anak (Suatu Tinjauan Psikolinguistik). Aksara, 34(2), 254. https://doi.org/10.29255/aksara.v34i2.657.254--263
Tampil, Y., Komaliq, H., & Langi, Y. (2017). Analisis Regresi Logistik Untuk Menentukan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa FMIPA Universitas Sam Ratulangi Manado. D’CARTESIAN, 6(2), 56. https://doi.org/10.35799/dc.6.2.2017.17023
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annastasya Sahlaa Syahida, Hafidz Triantoro Aji Pratomo, Setyadi Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


