VERBAL WORKING MEMORY MEAN LENGTH UTTERANCE : FAKTOR PENENTU KEMAMPUAN BERBAHASA

Authors

  • Annastasya Sahlaa Syahida D4 Terapi Wicara Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Hafidz Triantoro Aji Pratomo Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Setyadi Nugroho Poltekkes Kemenkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42538

Keywords:

verbal working memory, mean length utterance (MLU), produksi kata, anak usia prasekolah, perkembangan bahasa

Abstract

Perkembangan bahasa terkait dengan perkembangan kognitif, yang berarti bahwa faktor kecerdasan sangat mempengaruhi perkembangan keterampilan bahasa. Tidak menguasai atau kurang kemampuan bahasa adalah salah satu masalah perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara verbal working memory, mean length utterance (MLU) dan produksi kata pada anak usia prasekolah di Surakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak prasekolah berusia 18 – 72 bulan di Surakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling (random sampling) dengan sampel 81 anak. Hasil uji statistik regresi logistik memperoleh nilai OR 10.800, yang berarti (OR > 1), yang mengindikasikan bahwa semakin tinggi ucapan panjang rata-rata, semakin besar kemungkinan anak memiliki jumlah kata yang lebih bervariasi dibandingkan dengan anak yang memiliki ucapan panjang rata-rata yang lebih rendah. Selain itu, hasil analisis data menggunakan uji spearman rank ini menunjukkan hubungan kuat antara ucapan panjang rata-rata dengan produksi kata. Jika mean length utterance anak semakin meningkat, konstruksi ujaran yang dihasilkan juga akan menjadi lebih kompleks. Sementara, memori kerja verbal memiliki hubungan yang lebih lemah dengan jumlah produksi kata yang diucapkan seorang anak. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mempertimbangkan faktor-faktor ini secara menyeluruh dalam perkembangan kemampuan berbahasa anak, agar dapat mencapai hasil yang optimal. 

References

Acheson, D. J., Hamidi, M., Binder, J. R., & Postle, B. R. (2011). A common neural substrate for language production and verbal working memory. Journal of Cognitive Neuroscience, 23(6), 1358–1367. https://doi.org/10.1162/jocn.2010.21519

Adams, E. J., Nguyen, A. T., & Cowan, N. (2018). Theories of working memory: Differences in definition, degree of modularity, role of attention, and purpose. Language, Speech, and Hearing Services in Schools, 49(3), 340–355. https://doi.org/10.1044/2018_LSHSS-17-0114

Astuti, D., & Setiawan, H. (2023). Analisis Pemerolehan Bahasa Berdasarkan MLU pada Anak Usia 1 Tahun 10 Bulan dalam Aspek Sintaksis dan Fonologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 880–885. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4815

Indriyani, I., Muhyidin, A., & Tisnasari, S. (2022). 4 Sampai Dengan 5 Tahun Dengan Berlatar Belakang Orang Tua Berbeda Bahasa Ibu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 9, 21–30.

Komite Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Naional Kementerian Kesehatan RI. (2021). pedoman dan standar etik penelitian dan pengembangan kesehatan nasional. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Lutfiyana, A. (2022). Panjang Rata-Rata Tuturan Pada Anak Usia 2 Tahun 3 Bulan Berdasarkan Teori Brown: Aspek Fonologi. Pena Literasi, 5(1), 9–17. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/view/11706

Mardison, S. (2016). Perkembangan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Revista EIA, 5(1), 349. http://bdigital.unal.edu.co/56221/1/80255551.2017.pdf%0Ahttp://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S106345

Nóro, L. A., & Mota, H. B. (2019). Relationship between mean length of utterance and vocabulary in children with typical language development. Revista CEFAC, 21(6), 1–7. https://doi.org/10.1590/1982-0216/20192164419

Potratz, J. R., Gildersleeve-Neumann, C., & Redford, M. A. (2022). Measurement Properties of Mean Length of Utterance in School-Age Children. Language, Speech, and Hearing Services in Schools, 53(4), 1088–1100. https://doi.org/10.1044/2022_LSHSS-21-00115

Pratomo, H. T. A. (2022). Strategi Intervensi Gangguan Bahasa Perkembangan (1st ed.). Polkesta Press.

Putra, S. P., & Muryanti, M. (2023). Hubungan Working Memory Dan Literacy Dengan Kemampuan Pragmatik Anak Usia Prasekolah Di Surakarta. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 1035–1042. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i4.1737

Rahayu, S. S., & Setiawan, H. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun 1 Bulan (Kajian Psikolinguistik). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 109. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5790

Rahmaningtyas, A. S., & Pratomo, H. T. A. (2023). The Effect Of Mean Length Utterance On The Complexity Of Syntactic Structure In 4-6 Year Old Children. 12(2), 75–83.

Safitri, J. (2019). Penyuluhan Tentang Perkembangan Wicara Dan Hambatan , Serta Penanganan Speech Delay. Prosiding Temilnas XI IPPI, September, 20–21. https://psychologyforum.umm.ac.id/files/file/Prosiding IPPI 2019/38_ Naskah 325-331.pdf

Schwering, S. C., & MacDonald, M. C. (2020). Verbal Working Memory as Emergent from Language Comprehension and Production. Frontiers in Human Neuroscience, 14(March), 1–20. https://doi.org/10.3389/fnhum.2020.00068

Septiani, D. A., & Setiawan, H. (2022). Analisis Pemerolehan Bahasa dengan Teknik Kajian Mean Length Utterennce (MLU) dan Aspek Fonologi pada Anak Usia 2 Tahun 11 Bulan. Lingua Rima, 11(2), 221–227.

Setyawan, D. A. (2022). Buku Statistika Kesehatan Analisis Bivariat Pada Hipotesis Kesehatan. In Tahta Media Group.

Sholeha, M., Nuryani, N., & Hudaa, S. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Rata-Rata Panjang Ujaran Anak (Suatu Tinjauan Psikolinguistik). Aksara, 34(2), 254. https://doi.org/10.29255/aksara.v34i2.657.254--263

Tampil, Y., Komaliq, H., & Langi, Y. (2017). Analisis Regresi Logistik Untuk Menentukan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa FMIPA Universitas Sam Ratulangi Manado. D’CARTESIAN, 6(2), 56. https://doi.org/10.35799/dc.6.2.2017.17023

Downloads

Published

2025-03-14

Issue

Section

Articles