HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN KEMAMPUAN PRAGMATIK PADA ANAK AUTISME SPECTRUM DISORDER
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42529Keywords:
ASD, Bahasa, Kosakata, Pragmatik, Terapi WicaraAbstract
Seorang dengan autisme spectrum disorder seringkali menghadapi kesulitan dalam berkomunikasi secara verbal. Komunikasi yang digunakan anak autisme biasanya lebih mengandalkan bahasa tubuh dan interaksi singkat, hal tersebut tidak mengindikasikan bahwa anak-anak dengan autisme tidak mampu berkomunikasi, mereka hanya membutuhkan kosakata yang mencukupi untuk bisa berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata dan kemampuan pragmatik pada anak Autisme Spectrume Disorder. Metode korelasional diterapkan dalam penelitian ini, yang digunakan untuk mengetahui gambaran hubungan antar variabel pada penelitian, dengan menggunakan desain penelitian Cross Sectional serta menerapkan teknik pengambilan sampel Purposive Sample dimana peneliti melakukan pengambilan data dengan memberi lembar kuesioner kepada orang tua responden yang memenuhi kriteria, kemudian data hasil kuantitatif akan dianalisis dengan pendekatan univariat dan bivariat menggunakan Spearmen Rank. Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapatkan hasil signifikan pada tingkat kepercayaan 1% (α = 0.01). Hasil ini mengindikasikan hasil uji korelasi anatara total penguasaan kosakata dan kemampuan pragmatik, menunjukan hasil korelasi Spearman sebesar 0.940. Ini menunjukkan adanya keterkaitan yang sangat kuat dan positif antara Total Jumlah Kosakata dan Kemampuan Pragmatik Nilai korelasi Spearman sebesar 0.940. Ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang sangat kuat dan positif antara penguasan Kosakata dan Kemampuan Pragmatik. Ini menunjukkan semakin tinggi Total Jumlah Kosakata, sehingga semakin tinggi nilai Kemampuan Pragmatik.References
Akhyar, F. (2019). Perkembangan Pragmatik Dalam Pemerolehan Bahasa Anak. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 1(1), 75–86. https://doi.org/10.52217/ksatra.v1i1.15
Bala, A. (2022). Kajian Tentang Hakikat, Tindak Tutur, Konteks, dan Muka Dalam Pragmatik. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 36–45. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v3i1.1889
Balaka, M. Y. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (D. (c) I. Ahmaddien (ed.)). Widina Bhakti Persada Bandung. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/464453-metodologi-penelitian-kuantitatif-10d6b58a.pdf
Fadilah, Sabaruddin, & Kamaluddin. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7
Fauziah, S., Septriyani, A., Buchari, T. L., Dwi, A. Z., Rafitri, N., & Hamidah, S. (2024). Kemampuan Berbahasa Pada Anak Autis dan Pengaruhnya terhadap Interaksi Sosial: Sebuah Kajian Literatur Sistematis. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2, 194–201. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i1.3117
Firman, Hastuti, H. B. P., Sukmawati, N., & Rahmawati, N. (2019). Analisis Hubungan Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen Siswa SMP di Kota Kendari. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(1), 123. https://doi.org/10.26499/rnh.v8i1.636
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Karlena, E. P., & Ansyah, E. (2023). Hubungan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas 9 MTs Ja-Alhaq Kota Bengkulu. 3(1), 1–6. http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/329%0Ahttp://repository.uinfasbengkulu.ac.id/329/1/Elza Piro Karlena.pdf
Kereszturi, É. (2023). Diversity and Classification of Genetic Variations in Autism Spectrum Disorder. International Journal of Molecular Sciences, 24(23). https://doi.org/10.3390/ijms242316768
Maulidi, R., & Zahro, nur kholifatus. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 6 Tambak Ukir Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. 6(1), 1–13. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/download/220/173
Novalina, N. (2021). Pemerolehan Bahasa Penderita Tuna Rungu Dan Tuna Wicara (Kajian Pragmatik Pada Kosakata Dan Fonetis ). Language : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 92–99. https://doi.org/10.51878/language.v1i1.455
Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis. https://scholar.google.com/citations?user=SflVStsAAAAJ&hl=id&oi=sra
Nyoman, N., Dewi, A. I., Widiawati, D., Program, R., Psikologi, S., Kesehatan, I., & Sains, D. (2019). Efektivitas Applied Behavior Analysis terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Murid SLB dengan Gangguan Spektrum Autis di Bali. Jurnal Psikologi Mandala 2019, 3(2), 21–28. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/mandala/article/view/1093
Pratomo, H. T. A. (2022). Strategi Intervensi Gangguan Bahasa Perkembangan. Polkesta Press.
Putri. (2019). Pengaruh Lama Penggunaan Gadget Terhadap Pencapaian Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK dan PAUD Jogodauh Kecamatan Geger Kabupaten Madiun.
Rahim, A. R. (2023). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Piaud Stai Darul Ulum Kandangan Dalam Keterampilan Berbicara. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 414–425. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.521
Rais, L. P., Dahlan, T. H., & Baihaqi, M. (2023). Interkorelasi antara Stres Pengasuhan, Kepuasan Pernikahan, dan Kesejahteraan pada Orang Tua dengan Anak Autism Spectrum Disorder di Kota Palembang. Jurnal Psikologi Insight, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.17509/insight.v6i1.64689
Rokmanah, S., Rakhman, P. A., & Putri, A. O. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Penguasaan Kosakata Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Rawu. Educatio,n 18(2), 281–289. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24016
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/16455/1/E-Book Metodologi Penelitian Syafrida.pdf
Sanulita, H. (2019). Pemanfaatan Pendekatan Pragmatik dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Pemahaman Lintas Budaya. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (Semantiks), 1(0), 286–293. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks/article/view/39026
Shipley, Kenneth G., McAfee, J. G. (2021). Assessment In Speech Language Pathology, A Resource Manual, 5th Edition. New York: Delmar Engage Learning.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43
Sulistyowati, H., Mayasari, D., & Hastining, S. D. (2022). Pemerolehan Kosa Kata Anak Autism Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3091–3099. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2374
Suryana Putri, D. F., & Nugroho, S. (2023). Hubungan Aktivitas Role Playing Dengan Kemampuan Pragmatik Pada Anak Autisme Spectrume Disorder Umur Lima Sampai Tujuh Tahun Di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. RM. Soerdjarwadi Klaten. Medical Journal of Nusantara, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.55080/mjn.v2i2.364
Swarjana, I. K. (2022). Populasi-Sampel Teknik Sampling dan Bias Dalam Penelitian (E. Risanto (ed.)). Andi (Anggota IKAPI). https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=87J3EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Swarjana,+I.+K.+(n.d.).+Populasi-Sampel+Teknik+Sampling+dan+Bias+Dalam+Penelitian.&ots=LOFGz9YJAt&sig=JZhyvA4NeKMtrSm_tUm9cFWVCIw
Ulumudin, I. (2019). Penggunaan Media Gambar Untuk Mengembangkan Penguasaan Kosakata Pada Anak Autis Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 75–84. https://doi.org/10.21009/jiv.1401.8
Yusianti, A., Pradna, P., Departemen, P., Klinis, P., Mental, K., Universitas, P., & Abstrak, A. (2023). Peran Parenting Self-efficacy terhadap Parenting Stress Ibu dari Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA) Usia 5-12 Tahun. X. http://e-journal.unair.ac.id/BRPKM
Zahro, U. A., Noermanzah, & Syafryadin. (2020). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 187–198. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13675
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 UMI HARYATI, Gunawan Gunawan, Hafidz Triantoro Aji Pratomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


