HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN KEMAMPUAN PRAGMATIK PADA ANAK AUTISME SPECTRUM DISORDER

Authors

  • UMI HARYATI Jurusan Terapi Wicara Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Gunawan Gunawan Jurusan Terapi Wicara Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Hafidz Triantoro Aji Pratomo Jurusan Terapi Wicara Poltekkes Kemenkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42529

Keywords:

ASD, Bahasa, Kosakata, Pragmatik, Terapi Wicara

Abstract

Seorang dengan autisme spectrum disorder seringkali menghadapi kesulitan dalam berkomunikasi secara verbal. Komunikasi yang digunakan anak autisme biasanya lebih mengandalkan bahasa tubuh dan interaksi singkat, hal tersebut tidak mengindikasikan bahwa anak-anak dengan autisme tidak mampu berkomunikasi, mereka hanya membutuhkan kosakata yang mencukupi untuk bisa berkomunikasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata dan kemampuan pragmatik pada anak Autisme Spectrume Disorder. Metode korelasional diterapkan dalam penelitian ini, yang digunakan untuk mengetahui gambaran hubungan antar variabel pada penelitian, dengan menggunakan desain penelitian Cross Sectional serta menerapkan teknik pengambilan sampel Purposive Sample dimana peneliti melakukan pengambilan data dengan memberi lembar kuesioner kepada orang tua responden yang memenuhi kriteria, kemudian data hasil kuantitatif akan dianalisis dengan pendekatan univariat dan bivariat menggunakan Spearmen Rank.  Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapatkan hasil signifikan pada tingkat kepercayaan 1% (α = 0.01). Hasil ini mengindikasikan hasil uji korelasi anatara total penguasaan kosakata dan kemampuan pragmatik, menunjukan hasil korelasi Spearman sebesar 0.940. Ini menunjukkan adanya keterkaitan yang sangat kuat dan positif antara Total Jumlah Kosakata dan Kemampuan Pragmatik Nilai korelasi Spearman sebesar 0.940. Ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang sangat kuat dan positif antara penguasan Kosakata dan Kemampuan Pragmatik. Ini menunjukkan semakin tinggi Total Jumlah Kosakata, sehingga semakin tinggi nilai Kemampuan Pragmatik.

References

Akhyar, F. (2019). Perkembangan Pragmatik Dalam Pemerolehan Bahasa Anak. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 1(1), 75–86. https://doi.org/10.52217/ksatra.v1i1.15

Bala, A. (2022). Kajian Tentang Hakikat, Tindak Tutur, Konteks, dan Muka Dalam Pragmatik. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 36–45. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v3i1.1889

Balaka, M. Y. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (D. (c) I. Ahmaddien (ed.)). Widina Bhakti Persada Bandung. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/464453-metodologi-penelitian-kuantitatif-10d6b58a.pdf

Fadilah, Sabaruddin, & Kamaluddin. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7

Fauziah, S., Septriyani, A., Buchari, T. L., Dwi, A. Z., Rafitri, N., & Hamidah, S. (2024). Kemampuan Berbahasa Pada Anak Autis dan Pengaruhnya terhadap Interaksi Sosial: Sebuah Kajian Literatur Sistematis. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2, 194–201. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i1.3117

Firman, Hastuti, H. B. P., Sukmawati, N., & Rahmawati, N. (2019). Analisis Hubungan Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen Siswa SMP di Kota Kendari. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(1), 123. https://doi.org/10.26499/rnh.v8i1.636

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Karlena, E. P., & Ansyah, E. (2023). Hubungan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas 9 MTs Ja-Alhaq Kota Bengkulu. 3(1), 1–6. http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/329%0Ahttp://repository.uinfasbengkulu.ac.id/329/1/Elza Piro Karlena.pdf

Kereszturi, É. (2023). Diversity and Classification of Genetic Variations in Autism Spectrum Disorder. International Journal of Molecular Sciences, 24(23). https://doi.org/10.3390/ijms242316768

Maulidi, R., & Zahro, nur kholifatus. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 6 Tambak Ukir Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. 6(1), 1–13. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/download/220/173

Novalina, N. (2021). Pemerolehan Bahasa Penderita Tuna Rungu Dan Tuna Wicara (Kajian Pragmatik Pada Kosakata Dan Fonetis ). Language : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 92–99. https://doi.org/10.51878/language.v1i1.455

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis. https://scholar.google.com/citations?user=SflVStsAAAAJ&hl=id&oi=sra

Nyoman, N., Dewi, A. I., Widiawati, D., Program, R., Psikologi, S., Kesehatan, I., & Sains, D. (2019). Efektivitas Applied Behavior Analysis terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Murid SLB dengan Gangguan Spektrum Autis di Bali. Jurnal Psikologi Mandala 2019, 3(2), 21–28. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/mandala/article/view/1093

Pratomo, H. T. A. (2022). Strategi Intervensi Gangguan Bahasa Perkembangan. Polkesta Press.

Putri. (2019). Pengaruh Lama Penggunaan Gadget Terhadap Pencapaian Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK dan PAUD Jogodauh Kecamatan Geger Kabupaten Madiun.

Rahim, A. R. (2023). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Piaud Stai Darul Ulum Kandangan Dalam Keterampilan Berbicara. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 414–425. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.521

Rais, L. P., Dahlan, T. H., & Baihaqi, M. (2023). Interkorelasi antara Stres Pengasuhan, Kepuasan Pernikahan, dan Kesejahteraan pada Orang Tua dengan Anak Autism Spectrum Disorder di Kota Palembang. Jurnal Psikologi Insight, 6(1), 15–24. https://doi.org/10.17509/insight.v6i1.64689

Rokmanah, S., Rakhman, P. A., & Putri, A. O. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Penguasaan Kosakata Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Rawu. Educatio,n 18(2), 281–289. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.24016

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia. https://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/16455/1/E-Book Metodologi Penelitian Syafrida.pdf

Sanulita, H. (2019). Pemanfaatan Pendekatan Pragmatik dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Pemahaman Lintas Budaya. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (Semantiks), 1(0), 286–293. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks/article/view/39026

Shipley, Kenneth G., McAfee, J. G. (2021). Assessment In Speech Language Pathology, A Resource Manual, 5th Edition. New York: Delmar Engage Learning.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43

Sulistyowati, H., Mayasari, D., & Hastining, S. D. (2022). Pemerolehan Kosa Kata Anak Autism Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3091–3099. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2374

Suryana Putri, D. F., & Nugroho, S. (2023). Hubungan Aktivitas Role Playing Dengan Kemampuan Pragmatik Pada Anak Autisme Spectrume Disorder Umur Lima Sampai Tujuh Tahun Di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. RM. Soerdjarwadi Klaten. Medical Journal of Nusantara, 2(2), 67–72. https://doi.org/10.55080/mjn.v2i2.364

Swarjana, I. K. (2022). Populasi-Sampel Teknik Sampling dan Bias Dalam Penelitian (E. Risanto (ed.)). Andi (Anggota IKAPI). https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=87J3EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Swarjana,+I.+K.+(n.d.).+Populasi-Sampel+Teknik+Sampling+dan+Bias+Dalam+Penelitian.&ots=LOFGz9YJAt&sig=JZhyvA4NeKMtrSm_tUm9cFWVCIw

Ulumudin, I. (2019). Penggunaan Media Gambar Untuk Mengembangkan Penguasaan Kosakata Pada Anak Autis Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 75–84. https://doi.org/10.21009/jiv.1401.8

Yusianti, A., Pradna, P., Departemen, P., Klinis, P., Mental, K., Universitas, P., & Abstrak, A. (2023). Peran Parenting Self-efficacy terhadap Parenting Stress Ibu dari Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA) Usia 5-12 Tahun. X. http://e-journal.unair.ac.id/BRPKM

Zahro, U. A., Noermanzah, & Syafryadin. (2020). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 187–198. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13675

Downloads

Published

2025-03-26

Issue

Section

Articles