GAMBARAN PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT BHIRAWA BHAKTI MALANG

Authors

  • rana zakaria Umar Yasin D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan, Institusi Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang
  • Achmad Jaelani Rusdi D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan, Institusi Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang
  • Lilik Afifah D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan, Institusi Teknologi Sains dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42515

Keywords:

pendaftaran online, pasien rawat jalan, sistem pendaftaran

Abstract

Pelayanan pendaftaran online rawat jalan adalah pendaftaran tidak langsung yang menggunakan sistem web yang memungkinkan pasien untuk menerima informasi tentang poliklinik, jadwal, waktu latihan, dan nomor antrian dari dokter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa deskripsi layanan pendaftaran online untuk pasien rawat jalan di Rumah Sakit Bhirawa Bhakti Malang. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah pendaftaran online dan sistem pendaftaran online, dan bagaimana hambatan hambatan yang dapat timbul dari hambatan selama proses pendaftaran diterima dan dipahami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan pengamatan langsung di Rumah Sakit Bhirawa Bhakti Malang. Prosedur pendaftaran online dan sistem pendaftaran online dianalisis untuk mengenali tingkat efektivitas pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendaftaran online untuk pasien dipahami dan dipahami. Rumah Sakit Bhirawa Bhakti Malang juga menawarkan layanan pelanggan untuk membantu pasien yang memiliki masalah dengan proses pendaftaran atau memiliki pertanyaan tentang pendaftaran online. Namun, ada beberapa hambatan untuk pendaftaran online. Singkatnya, pendaftaran online di Rumah Sakit Bhirawa Bhakti Malang sudah cukup, tetapi masih ada beberapa faktor yang dapat menghambat proses yang lancar, terutama untuk pasien yang paham.

References

Afdoli, A. A., & Malau, H. (2019). Efektivitas Pelayanan Pendaftaran Online Rawat Jalan Di Rsup M Djamil Kota Padang. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(1), 1–24.

Alfauzain, Wisandra, A., & Azzahra, P. S. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Testing Dan Implementasi Sistem Informasi, 1(2), 122–136.

Asep Saepulloh, C. S. (2023). Sistem Informasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Berbasis Web. Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta, 7(2), 81–90. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta

Gultom, S. P., & Sihotang, A. (2019). Analisa Kebutuhan Tenaga Rekam Medis Wisn Di Bagian Pendaftaran Rumah Sakit Umum Haji Medan Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 4(1), 524–532.

Ikawati, F. R. (2024). Efektivitas Penggunaan Rekam Medis Elektronik Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pasien di Rumah Sakit. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(3), 282–292. https://doi.org/10.38035/rrj.v6i3.819

Kelengkapan, G., Formulir, P., Pasien, P., Rawat, O., Poliklinik, J., Di, B., Sakit, R., Dharma, U., & Sampling, S. R. (2024). Pasien Online Rawat Jalan Poliklinik Bedah. 8(1), 7–14.

Malang, M. M. (2024). Implementasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan di RSAUDr. M. Munir Malang. 4, 3245–3255.

Panjaitan, R. F., Sitio, S. P., & Siregar, R. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Rawat Inap Di Rsu. Sembiring. Jurnal Kajian Kesehatan Masyarakat, 1(2), 16. http://ejournal.delihusada.ac.id/index.php/JK2M

Rahmawati, M. A., & Sholikhah, S. M. (2022). A Sosialisasi dan Edukasi Implementasi Pendaftaran Online Rawat Jalan di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Genitri Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan, 1(2), 110–113. https://doi.org/10.36049/genitri.v1i2.69

Septian, E. (2021). Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta. Matra Pembaruan, 5(1), 53–64. https://doi.org/10.21787/mp.5.1.2021.53-64

Siskia Nur Aini Putri, F. A. (2024). Analisis Sistem pendaftaran Online dan Offline Pasien Rawat Jalan Pada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Rumah Sakit Umum Bina Sehat. 6681(7), 1412–1418.

Wahyuni, A. T., & Gunawan, E. (2024). Tinjauan Penerapan Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit X. 8(4), 2990–2995.

Widianto, H., Kuswiadji, A., & Kartika, K. (2023). Pengaruh Sistem Pendaftaran Online terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan. JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat, 4(1), 67–74. https://doi.org/10.47575/jpkm.v4i1.475

Yunisca, F., Chalimah, E., & Sitanggang, L. O. A. (2022). Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis Terhadap Hasil Pemantauan Kesehatan Pekerja Radiasi di Kawasan Nuklir Serpong. Reaktor : Buletin Pengelolaan Reaktor Nuklir, 19(2), 34. https://doi.org/10.17146/bprn.2022.19.2.6700

Zulfa, & Hasanah Nurul. (2022). Pengaruh Kualitas Pendaftaran Online(Berbasis Web dan Aplikasi) terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Bukittinggi. ’Afiyah , 9(2), 14–18.

Downloads

Published

2025-03-24

Issue

Section

Articles