GAMBARAN PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT BHIRAWA BHAKTI MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42515Keywords:
pendaftaran online, pasien rawat jalan, sistem pendaftaranAbstract
Pelayanan pendaftaran online rawat jalan adalah pendaftaran tidak langsung yang menggunakan sistem web yang memungkinkan pasien untuk menerima informasi tentang poliklinik, jadwal, waktu latihan, dan nomor antrian dari dokter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa deskripsi layanan pendaftaran online untuk pasien rawat jalan di Rumah Sakit Bhirawa Bhakti Malang. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah pendaftaran online dan sistem pendaftaran online, dan bagaimana hambatan hambatan yang dapat timbul dari hambatan selama proses pendaftaran diterima dan dipahami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan pengamatan langsung di Rumah Sakit Bhirawa Bhakti Malang. Prosedur pendaftaran online dan sistem pendaftaran online dianalisis untuk mengenali tingkat efektivitas pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendaftaran online untuk pasien dipahami dan dipahami. Rumah Sakit Bhirawa Bhakti Malang juga menawarkan layanan pelanggan untuk membantu pasien yang memiliki masalah dengan proses pendaftaran atau memiliki pertanyaan tentang pendaftaran online. Namun, ada beberapa hambatan untuk pendaftaran online. Singkatnya, pendaftaran online di Rumah Sakit Bhirawa Bhakti Malang sudah cukup, tetapi masih ada beberapa faktor yang dapat menghambat proses yang lancar, terutama untuk pasien yang paham.References
Afdoli, A. A., & Malau, H. (2019). Efektivitas Pelayanan Pendaftaran Online Rawat Jalan Di Rsup M Djamil Kota Padang. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(1), 1–24.
Alfauzain, Wisandra, A., & Azzahra, P. S. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Testing Dan Implementasi Sistem Informasi, 1(2), 122–136.
Asep Saepulloh, C. S. (2023). Sistem Informasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Berbasis Web. Jurnal Manajemen Informatika Jayakarta, 7(2), 81–90. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta
Gultom, S. P., & Sihotang, A. (2019). Analisa Kebutuhan Tenaga Rekam Medis Wisn Di Bagian Pendaftaran Rumah Sakit Umum Haji Medan Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 4(1), 524–532.
Ikawati, F. R. (2024). Efektivitas Penggunaan Rekam Medis Elektronik Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pasien di Rumah Sakit. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(3), 282–292. https://doi.org/10.38035/rrj.v6i3.819
Kelengkapan, G., Formulir, P., Pasien, P., Rawat, O., Poliklinik, J., Di, B., Sakit, R., Dharma, U., & Sampling, S. R. (2024). Pasien Online Rawat Jalan Poliklinik Bedah. 8(1), 7–14.
Malang, M. M. (2024). Implementasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan di RSAUDr. M. Munir Malang. 4, 3245–3255.
Panjaitan, R. F., Sitio, S. P., & Siregar, R. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Rawat Inap Di Rsu. Sembiring. Jurnal Kajian Kesehatan Masyarakat, 1(2), 16. http://ejournal.delihusada.ac.id/index.php/JK2M
Rahmawati, M. A., & Sholikhah, S. M. (2022). A Sosialisasi dan Edukasi Implementasi Pendaftaran Online Rawat Jalan di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Genitri Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan, 1(2), 110–113. https://doi.org/10.36049/genitri.v1i2.69
Septian, E. (2021). Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta. Matra Pembaruan, 5(1), 53–64. https://doi.org/10.21787/mp.5.1.2021.53-64
Siskia Nur Aini Putri, F. A. (2024). Analisis Sistem pendaftaran Online dan Offline Pasien Rawat Jalan Pada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Rumah Sakit Umum Bina Sehat. 6681(7), 1412–1418.
Wahyuni, A. T., & Gunawan, E. (2024). Tinjauan Penerapan Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit X. 8(4), 2990–2995.
Widianto, H., Kuswiadji, A., & Kartika, K. (2023). Pengaruh Sistem Pendaftaran Online terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan. JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat, 4(1), 67–74. https://doi.org/10.47575/jpkm.v4i1.475
Yunisca, F., Chalimah, E., & Sitanggang, L. O. A. (2022). Implementasi Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis Terhadap Hasil Pemantauan Kesehatan Pekerja Radiasi di Kawasan Nuklir Serpong. Reaktor : Buletin Pengelolaan Reaktor Nuklir, 19(2), 34. https://doi.org/10.17146/bprn.2022.19.2.6700
Zulfa, & Hasanah Nurul. (2022). Pengaruh Kualitas Pendaftaran Online(Berbasis Web dan Aplikasi) terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Bukittinggi. ’Afiyah , 9(2), 14–18.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 rana zakaria Umar Yasin, Achmad Jaelani Rusdi, Lilik Afifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


