GAMBARAN WAKTU TUNGGU PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT X

Authors

  • Ariski Yantika Suhairi Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Rumah Sakit dr. Soepraoen Kesdam V/Brawijaya Malang
  • Achmad Jaelani Rusdi Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Rumah Sakit dr. Soepraoen Kesdam V/Brawijaya Malang
  • Untung Slamet Suhariyono Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Rumah Sakit dr. Soepraoen Kesdam V/Brawijaya Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42513

Keywords:

waktu tunggu, pelayanan rawat jalan, pasien

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh studi pendahuluan waktu tunggu pasien rawat jalan di rumah sakit x tujuannya untuk mengetahui waktu tunggu rumah sakit x sudah memenuhi standar pelayanan minimal yang di tetapkan oleh permenkes Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 yaitu kurang dari 60 menit. Waktu tunggu pasien rawat jalan untuk mendapatkan pelayanan mulai pasien melakukan pendaftaran sampai pasien diterima/dilayani oleh dokter spesialis. Waktu tunggu bagian penting dari sistem psselayanan kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan. Metode penelitian ini kuantitatif deskriptif dengan populasi sebanyak 6.750 pasien dan sampel sebanyak 98 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian 98 responden bahwa pasien dengan waktu tunggu  kurang dari 60 menit sebanyakt 35 responden  (35,7%), waktu tunggu dengan pas 60 menit  sebanyak 3 responden (3,06%), waktu tunggu lebih dari 60 menit sebanyak 60 responden (61,2%)  dan rata-rata waktu tunggu untuk pelayanan pasien rawat jalan 78,87 %. Kesimpulan pada penelitian ini bawah waktu tunggu di rumah sakit x belum memeruhi indikator nasional mutu pelayanan kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, yaitu standar pelayanan tidak lebih dari 60 menit. waktu tunggu pasien yang kurang dari 60 menit lebih sedikit dibandingkan dengan waktu tunggu pasien yang lebih dari 60 menit.  

References

Agustina, R. (2020). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran dengan Kepuasaan Pasien di tempat Pendaftaran Pasien rawat jalan di Puskesmas Perawatan satui. Jurnal Administrasi Publik, 1–9.

Bambang Sulistyo, & Dety Mulyanti. (2023). Strategi Manajemen Kesehatan di Rumah Sakit: Memaksimalkan Pelayanan Pasien dan Efisiensi Operasional. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 7(1), 09–19. https://doi.org/10.57214/jusika.v7i1.273

Dewi, S., Machmud, R., & Lestari, Y. (2020). Analisis Waktu Tunggu Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Achmad Darwis Suliki Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(4), 175–184. https://doi.org/10.25077/jka.v8i4.1137

Dwi, M. A., Paganini, R., Limisran, L., & Yulianto, N. (2024). Tinjauan Waktu Tunggu Pelayanan Pasien BPJS di Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang.

Fingky Rizki Wulandari, Puteri Fannya, Deasy Rosmala Dewi, & Daniel Happy Putra. (2023). Tinjauan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Poli Jantung di Rumah Sakit Angkatan Laut Marinir Cilandak Tahun 2022. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 27–40. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1548

Haryanto, E., Hadiati, A., & Purwanti, L. S. (2019). Kepuasan Pasien Berdasarkan Waktu Tunggu Pelayanan di Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung. Jurnal Ilmiah JKA (Jurnal Kesehatan Aeromedika), 5(2), 25–35. https://doi.org/10.58550/jka.v5i2.83

Medis, R., Dan, I., & Ganesha, P. P. (2024). Kesehatan Di RSUD Majalaya. 8, 3704–3710.

MENKES. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfu. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 879, 2004–2006.

Pelayanan, K., Jalan, R., & Rumah, D. I. (2024). 1 , 2 1,2. 18(1978), 2873–2880.

Permenkes No. 24. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022, 151(2), 1–19.

RI, M. (2008). Kepmenkes No 129 Tahun 2008 Standar Pelayanan Minimal Rs. 69–73. https://www.slideshare.net/f1smed/kepmenkes-no129tahun2008standarpelayananminimalrs

Sasmita, A. (2024). Gambaran Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi. 3, 1–8.

Simarmata, M., Wasliati, B. W., Kasim, F., & Cahyani Saragih, I. (2021). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (Tpprj). Jurnal Kesmas Dan Gizi (Jkg), 3(2), 245–252. https://doi.org/10.35451/jkg.v3i2.695

Tetty, V., & Bone, A. T. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Lama Waktu Tunggu Pasien Bpjs Di Poli Umum Unit Rawat Jalan Rumah Sakit X. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 2(1), 29–35. https://doi.org/10.52841/jkd.v2i1.134

Wowor, A. Y., & Siswati, S. (2022). Tinjauan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Bpjs Rawat Jalan Klinik Saraf. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(1), 120–126. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i1.3823

Downloads

Published

2025-03-26

Issue

Section

Articles