GAMBARAN WAKTU TUNGGU PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT X
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42513Keywords:
waktu tunggu, pelayanan rawat jalan, pasienAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh studi pendahuluan waktu tunggu pasien rawat jalan di rumah sakit x tujuannya untuk mengetahui waktu tunggu rumah sakit x sudah memenuhi standar pelayanan minimal yang di tetapkan oleh permenkes Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 yaitu kurang dari 60 menit. Waktu tunggu pasien rawat jalan untuk mendapatkan pelayanan mulai pasien melakukan pendaftaran sampai pasien diterima/dilayani oleh dokter spesialis. Waktu tunggu bagian penting dari sistem psselayanan kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan. Metode penelitian ini kuantitatif deskriptif dengan populasi sebanyak 6.750 pasien dan sampel sebanyak 98 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian 98 responden bahwa pasien dengan waktu tunggu kurang dari 60 menit sebanyakt 35 responden (35,7%), waktu tunggu dengan pas 60 menit sebanyak 3 responden (3,06%), waktu tunggu lebih dari 60 menit sebanyak 60 responden (61,2%) dan rata-rata waktu tunggu untuk pelayanan pasien rawat jalan 78,87 %. Kesimpulan pada penelitian ini bawah waktu tunggu di rumah sakit x belum memeruhi indikator nasional mutu pelayanan kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, yaitu standar pelayanan tidak lebih dari 60 menit. waktu tunggu pasien yang kurang dari 60 menit lebih sedikit dibandingkan dengan waktu tunggu pasien yang lebih dari 60 menit.References
Agustina, R. (2020). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran dengan Kepuasaan Pasien di tempat Pendaftaran Pasien rawat jalan di Puskesmas Perawatan satui. Jurnal Administrasi Publik, 1–9.
Bambang Sulistyo, & Dety Mulyanti. (2023). Strategi Manajemen Kesehatan di Rumah Sakit: Memaksimalkan Pelayanan Pasien dan Efisiensi Operasional. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 7(1), 09–19. https://doi.org/10.57214/jusika.v7i1.273
Dewi, S., Machmud, R., & Lestari, Y. (2020). Analisis Waktu Tunggu Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Achmad Darwis Suliki Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(4), 175–184. https://doi.org/10.25077/jka.v8i4.1137
Dwi, M. A., Paganini, R., Limisran, L., & Yulianto, N. (2024). Tinjauan Waktu Tunggu Pelayanan Pasien BPJS di Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang.
Fingky Rizki Wulandari, Puteri Fannya, Deasy Rosmala Dewi, & Daniel Happy Putra. (2023). Tinjauan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Poli Jantung di Rumah Sakit Angkatan Laut Marinir Cilandak Tahun 2022. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 27–40. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1548
Haryanto, E., Hadiati, A., & Purwanti, L. S. (2019). Kepuasan Pasien Berdasarkan Waktu Tunggu Pelayanan di Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung. Jurnal Ilmiah JKA (Jurnal Kesehatan Aeromedika), 5(2), 25–35. https://doi.org/10.58550/jka.v5i2.83
Medis, R., Dan, I., & Ganesha, P. P. (2024). Kesehatan Di RSUD Majalaya. 8, 3704–3710.
MENKES. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfu. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 879, 2004–2006.
Pelayanan, K., Jalan, R., & Rumah, D. I. (2024). 1 , 2 1,2. 18(1978), 2873–2880.
Permenkes No. 24. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 24 tahun 2022 tentang Rekam Medis. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022, 151(2), 1–19.
RI, M. (2008). Kepmenkes No 129 Tahun 2008 Standar Pelayanan Minimal Rs. 69–73. https://www.slideshare.net/f1smed/kepmenkes-no129tahun2008standarpelayananminimalrs
Sasmita, A. (2024). Gambaran Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi. 3, 1–8.
Simarmata, M., Wasliati, B. W., Kasim, F., & Cahyani Saragih, I. (2021). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (Tpprj). Jurnal Kesmas Dan Gizi (Jkg), 3(2), 245–252. https://doi.org/10.35451/jkg.v3i2.695
Tetty, V., & Bone, A. T. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Lama Waktu Tunggu Pasien Bpjs Di Poli Umum Unit Rawat Jalan Rumah Sakit X. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 2(1), 29–35. https://doi.org/10.52841/jkd.v2i1.134
Wowor, A. Y., & Siswati, S. (2022). Tinjauan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Bpjs Rawat Jalan Klinik Saraf. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(1), 120–126. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i1.3823
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ariski Yantika Suhairi, Achmad Jaelani Rusdi, Untung Slamet Suhariyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


