HUBUNGAN FLAT FOOT TERHADAP KESEIMBANGAN STATIS DAN DINAMIS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42470Keywords:
Flat foot, static balance, dynamic balanceAbstract
Flat foot merupakan kelainan bentuk telapak kaki yang ditandai dengan hilangnya lengkungan longitudinal medial kaki sehingga kaki menjadi bersentuhan atau hamper menyentuh tanah. Lengkungan kaki bertanggung jawab terhadap keseimbangan, menyangga tekanan, benturan, dan berguna untuk stabilisasi fungsional baik dalam keadaan statis maupun dinamis tubuh pada saat berjalan. Prevalensi flat foot diperkirakan mencapai 20 hingga 37% pada populasi dunia, yang mana dalam jangka panjang flat foot dapat mengakibatkan ketidaknyamanan pada telapak kaki, cedera akut berulang, deformitas, hingga gangguan keseimbangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara flat foot terhadap keseimbangan statis dan dinamis pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan subjek berjumlah 265 siswa Sekolah Menengah Pertama yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen yang digunakan berupa foot print test untuk mengukur derajad flat foot, stand stork test untuk mengukur keseimbangan statis, dan balance beam test untuk mengukur keseimbangan dinamis. Uji kolerasi yang dipakai untuk menguji antar variabel adalah uji Rank-spearman. Hasil penelitian diperoleh nilai p< 0,05 untuk keseimbangan statis pada kaki kanan dan kaki kiri, sedangkan untuk keseimbangan dinamis diperoleh nilai p< 0,05. Terdapat hubungan yang signifikan antara flat foot terhadap keseimbangan statis dan dinamis pada siswa sekolah menengah pertama.References
Aboelnasr, E. A., Hegazy, F. A., Zaghloul, A. A., El-Talawy, H. A., & Abdelazim, F. H. (2018). Validation of normalized truncated navicular height as a clinical assessment measure of static foot posture to determine flatfoot in children and adolescents: A cross sectional study. Foot, 37, 85–90. https://doi.org/10.1016/j.foot.2018.05.001
Antara, K. A., Adiputra, I. N., & Sugiritama, I. W. (2017). The Correlation Between Flat Foot With Static and Dynamic Balance in Elementary School Children 4 Tonja Denpasar City. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, 5(3), 23–26.
Birhanu, A., Nagarchi, K., Getahun, F., Gebremichael, M. A., & Wondmagegn, H. (2023). Magnitude of flat foot and its associated factors among school-aged children in Southern Ethiopia: an institution-based cross-sectional study. BMC Musculoskeletal Disorders, 24(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12891-023-07082-6
Huang, Y. P., Peng, H. Te, Wang, X., Chen, Z. R., & Song, C. Y. (2020). The arch support insoles show benefits to people with flatfoot on stance time, cadence, plantar pressure and contact area. PLoS ONE, 15(8 August), 1–12. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0237382
Kodithuwakku Arachchige, S. N. K., Chander, H., & Knight, A. (2019). Flat feet: Biomechanical implications, assessment and management. Foot, 38(October 2018), 81–85. https://doi.org/10.1016/j.foot.2019.02.004
Latifah, Y., Naufal, A. F., Nafi’ah, D., & Astari, R. W. (2021). Hubungan Antara Postur Flat Foot Dengan Keseimbangan Statis Pada Anak Usia 12 Tahun. FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.23917/fisiomu.v2i1.10039
Latorre-Román, P. A., Martínez-Redondo, M., Párraga-Montilla, J. A., Lucena-Zurita, M., Manjón-Pozas, D., González, P. J. C., Robles-Fuentes, A., Cardona-Linares, A. J., Keating, C. J., & Salas-Sánchez, J. (2021). Analysis of dynamic balance in preschool children through the balance beam test: A cross-sectional study providing reference values. Gait and Posture, 83(October 2020), 294–299. https://doi.org/10.1016/j.gaitpost.2020.11.004
Mien, V. A., Mayasari, W., & Chaidir, M. R. (2017). Gambaran Faktor Risiko Flat Foot pada Anak Umur Enam sampai Sepuluh Tahun di Kecamatan Sukajadi. Jurnal Sistem Kesehatan, 3(2), 97–102. https://doi.org/10.24198/jsk.v3i2.15010
Sativani, Z., & Pahlawi, R. (2020). Foot Strengthening Exercise on Postural Balance and Functional Ability of Foot on Children 6-10 Years Old with Flexible Flatfoot. Jurnal Ilmiah Kesehatan (JIKA), 2(3), 99–107. https://doi.org/10.36590/jika.v2i3.69
Tong, J. W. K., & Kong, P. W. (2016). Medial longitudinal arch development of children aged 7 to 9 years: Longitudinal investigation. Physical Therapy, 96(8), 1216–1224. https://doi.org/10.2522/ptj.20150192
Wiriawan, O. (2017). Panduan Pelaksanaan Tes & Pengukuran Olahragawan.
Yasmasitha, Z., & Sidarta, N. (2020). Hubungan pes planus dan keseimbangan statis pada anak sekolah dasar. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(2), 84–89. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2020.v3.84-89
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yoni Rustiana, Yoni Rustiana Kusumawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


