HUBUNGAN FLAT FOOT TERHADAP KESEIMBANGAN STATIS DAN DINAMIS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Yoni Rustiana Jurusan Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Yoni Rustiana Kusumawati Jurusan Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42470

Keywords:

Flat foot, static balance, dynamic balance

Abstract

Flat foot merupakan kelainan bentuk telapak kaki yang ditandai dengan hilangnya lengkungan longitudinal medial kaki sehingga kaki menjadi bersentuhan atau hamper menyentuh tanah. Lengkungan kaki bertanggung jawab terhadap keseimbangan, menyangga tekanan, benturan, dan berguna untuk stabilisasi fungsional baik dalam keadaan statis maupun dinamis tubuh pada saat berjalan. Prevalensi flat foot diperkirakan mencapai 20 hingga 37% pada populasi dunia, yang mana dalam jangka panjang flat foot dapat mengakibatkan ketidaknyamanan pada telapak kaki, cedera akut berulang, deformitas, hingga gangguan keseimbangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara flat foot terhadap keseimbangan statis dan dinamis pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan subjek berjumlah 265 siswa Sekolah Menengah Pertama yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen yang digunakan berupa foot print test untuk mengukur derajad flat foot, stand stork test untuk mengukur keseimbangan statis, dan balance beam test untuk mengukur keseimbangan dinamis. Uji kolerasi yang dipakai untuk menguji antar variabel adalah uji Rank-spearman. Hasil penelitian diperoleh nilai p< 0,05 untuk keseimbangan statis pada kaki kanan dan kaki kiri, sedangkan untuk keseimbangan dinamis diperoleh nilai p< 0,05. Terdapat hubungan yang signifikan antara flat foot terhadap keseimbangan statis dan dinamis pada siswa sekolah menengah pertama.

References

Aboelnasr, E. A., Hegazy, F. A., Zaghloul, A. A., El-Talawy, H. A., & Abdelazim, F. H. (2018). Validation of normalized truncated navicular height as a clinical assessment measure of static foot posture to determine flatfoot in children and adolescents: A cross sectional study. Foot, 37, 85–90. https://doi.org/10.1016/j.foot.2018.05.001

Antara, K. A., Adiputra, I. N., & Sugiritama, I. W. (2017). The Correlation Between Flat Foot With Static and Dynamic Balance in Elementary School Children 4 Tonja Denpasar City. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, 5(3), 23–26.

Birhanu, A., Nagarchi, K., Getahun, F., Gebremichael, M. A., & Wondmagegn, H. (2023). Magnitude of flat foot and its associated factors among school-aged children in Southern Ethiopia: an institution-based cross-sectional study. BMC Musculoskeletal Disorders, 24(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12891-023-07082-6

Huang, Y. P., Peng, H. Te, Wang, X., Chen, Z. R., & Song, C. Y. (2020). The arch support insoles show benefits to people with flatfoot on stance time, cadence, plantar pressure and contact area. PLoS ONE, 15(8 August), 1–12. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0237382

Kodithuwakku Arachchige, S. N. K., Chander, H., & Knight, A. (2019). Flat feet: Biomechanical implications, assessment and management. Foot, 38(October 2018), 81–85. https://doi.org/10.1016/j.foot.2019.02.004

Latifah, Y., Naufal, A. F., Nafi’ah, D., & Astari, R. W. (2021). Hubungan Antara Postur Flat Foot Dengan Keseimbangan Statis Pada Anak Usia 12 Tahun. FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.23917/fisiomu.v2i1.10039

Latorre-Román, P. A., Martínez-Redondo, M., Párraga-Montilla, J. A., Lucena-Zurita, M., Manjón-Pozas, D., González, P. J. C., Robles-Fuentes, A., Cardona-Linares, A. J., Keating, C. J., & Salas-Sánchez, J. (2021). Analysis of dynamic balance in preschool children through the balance beam test: A cross-sectional study providing reference values. Gait and Posture, 83(October 2020), 294–299. https://doi.org/10.1016/j.gaitpost.2020.11.004

Mien, V. A., Mayasari, W., & Chaidir, M. R. (2017). Gambaran Faktor Risiko Flat Foot pada Anak Umur Enam sampai Sepuluh Tahun di Kecamatan Sukajadi. Jurnal Sistem Kesehatan, 3(2), 97–102. https://doi.org/10.24198/jsk.v3i2.15010

Sativani, Z., & Pahlawi, R. (2020). Foot Strengthening Exercise on Postural Balance and Functional Ability of Foot on Children 6-10 Years Old with Flexible Flatfoot. Jurnal Ilmiah Kesehatan (JIKA), 2(3), 99–107. https://doi.org/10.36590/jika.v2i3.69

Tong, J. W. K., & Kong, P. W. (2016). Medial longitudinal arch development of children aged 7 to 9 years: Longitudinal investigation. Physical Therapy, 96(8), 1216–1224. https://doi.org/10.2522/ptj.20150192

Wiriawan, O. (2017). Panduan Pelaksanaan Tes & Pengukuran Olahragawan.

Yasmasitha, Z., & Sidarta, N. (2020). Hubungan pes planus dan keseimbangan statis pada anak sekolah dasar. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(2), 84–89. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2020.v3.84-89

Downloads

Published

2025-03-19

Issue

Section

Articles