UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG PENANGANAN EPISTAKSIS PADA KELUARGA DENGAN USIA SEKOLAH

Authors

  • Arif Nandiansah Universitas harapan bangsa
  • Wasis Eko Kurniawan Universitas harapan bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42371

Keywords:

anak usia sekolah, cuping hidung, edukasi keluarga, epistaksis, mimisan, penanganan non-farmakologi

Abstract

Epistaksis (mimisan) merupakan kondisi perdarahan melalui rongga hidung yang umum terjadi pada populasi anak-anak. Meskipun jarang mengancam jiwa, kondisi ini sering menimbulkan kecemasan signifikan pada keluarga karena ketidaktahuan mengenai penanganan yang tepat. Penelitian ini bertujuan meningkatkan literasi kesehatan keluarga tentang manajemen epistaksis pada anak usia sekolah melalui intervensi edukasi terstruktur dan demonstrasi teknik non-farmakologis. Metode yang diimplementasikan adalah studi kasus deskriptif dengan pendekatan proses keperawatan sistematis meliputi pengkajian komprehensif, perumusan diagnosis, perencanaan intervensi, implementasi tindakan, dan evaluasi hasil. Penelitian dilaksanakan di Desa Purbayasa RT 01 RW 03 selama bulan Oktober 2024 dengan subjek keluarga Tn. K yang memiliki anak laki-laki berusia 11 tahun (An. R) dengan riwayat epistaksis berulang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur, observasi langsung, dan pengukuran pengetahuan pre-post intervensi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman keluarga mengenai etiologi, faktor risiko, dan penanganan awal epistaksis setelah mendapatkan edukasi dan demonstrasi teknik cuping hidung. Keterampilan keluarga dalam menerapkan teknik penekanan cuping hidung meningkat dari 70% menjadi 90% akurasi. Terdapat inisiasi modifikasi pola nutrisi dan hidrasi meskipun implementasi perubahan gaya hidup masih memerlukan dukungan berkelanjutan. Kesimpulan penelitian menekankan efektivitas pendekatan edukasi berbasis keluarga dalam meningkatkan kapasitas penanganan epistaksis, mengurangi kecemasan, dan mencegah komplikasi pada anak usia sekolah dengan riwayat mimisan berulang.

References

Caesar, E., Nanda Rezeki, I., & Sibuea, S. (2023). Penatalaksanaan Holistik Demam Berdarah Dengue Grade 1 Pada Anak Usia 2 Tahun Melalui Pendekatan Kedokteran Keluarga Di Wilayah Puskesmas Gedong Air. Majority, 11(2), 139–147. https://doi.org/10.59042/mj.v11i2.157

Çulcu, Ö., Tunçel, E., IIbasmis-Tamer, S., & Tirnaksiz, F. (2021). Journal of Gazi University Health Sciences Institute. Journal of Gazi University Health Science Institute, 2(December), 28–44.

Dewi, E. U. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Pemulung Di Tpa Wonokromo-Surabaya. Jurnal Keperawatan, 4(1), 13–20. https://doi.org/10.47560/kep.v4i1.183

Elsayed Elboraei, Y. A., Alanazi, M. M., Fawzan Almesned, B., Alanazi, W. K., Almutairi, D. N., Alanazi, I. L. N., … Fawzy, M. S. (2023). Awareness of First Aid Management of Epistaxis in Children Among Parents in Arar, Saudi Arabia. Cureus, 15(11). https://doi.org/10.7759/cureus.49557

Elslemy, M. M., Bahgat, R. S., & Baraka, N. I. (2023). Effect of Mothers’ Educational Instructions Regarding First Aid for Nosebleeds on Quality of Life of their Children with Idiopathic Epistaxis. Effect of Implementing Educational Intervention on Mother’s Knowledge and Practices Regarding Respiratory Problems for Children with Cerebral Palsy, 28(1), 12–30.

Emilda, Hidayah Muslihatul, & Heriyati. (2017). Analisis Pengetahuan Masyarakat Tentang Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Studi Kasus Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat). Analisis Pengetahuan, 14(1), 11–21. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/

Haseena, N., & Ganai, N. (2023). Family-Centered Care in Pediatric Nursing. 6(1), 1–3.

Lie, M., & Ali, S. (2019). Impact of Health Education on Epistaxis First Aid Knowledge among Primary School Teacher in Penjaringan District. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 120–129. https://doi.org/10.25170/mitra.v3i2.378

Lubis, B., & Saragih, R. A. C. (2016). Tata Laksana Epistaksis Berulang pada Anak. Sari Pediatri, 9(2), 75. https://doi.org/10.14238/sp9.2.2007.75-9

Marbun, E. M., Pengajar, S., Telinga, B., Tenggorokan, H., & Kedokteran, F. (2017). Tinjauan Pustaka Etiologi, Gejala dan Penatalaksanaan Epistaksis. J. Kedokt Meditek, 23(62), 71–76.

Min, H. J., Kang, H., Choi, G. J., & Kim, K. S. (2017). Association between Hypertension and Epistaxis: Systematic Review and Meta-analysis. Otolaryngology--Head and Neck Surgery : Official Journal of American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery, 157(6), 921–927. https://doi.org/10.1177/0194599817721445

Mujriah, S., & Alqifari, M. (2022). Pelatihan Pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Dalam Meningkatkan Pengelolaan Uks Mandiri Di Sdn 02 Desa Jelantik Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada …, 3(2), 148–153. Retrieved from https://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/abdimandalika/article/view/1241%0Ahttps://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/abdimandalika/article/download/1241/1022

Mussi, N., Forestiero, R., Zambelli, G., Rossi, L., Caramia, M. R., Fainardi, V., & Esposito, S. (2023). The First-Line Approach in Children with Obstructive Sleep Apnea Syndrome (OSA). Journal of Clinical Medicine, 12(22). https://doi.org/10.3390/jcm12227092

Napodano, S., Rigante, D., Pulitanò, S., Covino, M., Mancino, A., Barelli, A., … Tortorolo, L. (2015). Acute intoxication and poisoning in children: The experience of a tertiary-care hospital from 2001–2012. Signa Vitae, 10(2), 33–53. https://doi.org/10.22514/SV102.122015.3

Nithyasundar, A., Narayanan, D. S., & Rajasekar, M. K. (2021). Aetiopathological And Demographic Evaluation Of Epistaxis And Management. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 25(1), 2980–2997.

Oktaviani, E., Feri, J., & Susmini. (2020). Pelatihan Pertolongan Pertama Kasus Kegawatdaruratan Di Sekolah Dengan Metode Simulasi. JCES (Journal of Character Education Society), 3(2), 403–413.

Patel, N., Maddalozzo, J., & Billings, K. R. (2014). An update on management of pediatric epistaxis. International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology, 78(8), 1400–1404. https://doi.org/10.1016/j.ijporl.2014.06.009

Permatananda, P. A. N. K., Aryastuti, A. A. S. A., & Cahyawati, P. N. (2020). Gerakan Keluarga Sadar Obat pada Kelompok Darma Wanita dengan Pendekatan Belajar Aktif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 6(1), 56. https://doi.org/10.22146/jpkm.42305

Sebastiani, G., Patel, K., Ratziu, V., Feld, J. J., Neuschwander-Tetri, B. A., Pinzani, M., … Ramji, A. (2022). Current considerations for clinical management and care of non-alcoholic fatty liver disease: Insights from the 1st International Workshop of the Canadian NASH Network (CanNASH). Canadian Liver Journal, 5(1), 61–90. https://doi.org/10.3138/canlivj-2021-0030

Sowerby, L., Rajakumar, C., Davis, M., & Rotenberg, B. (2021). Epistaxis first-aid management: a needs assessment among healthcare providers. Journal of Otolaryngology - Head and Neck Surgery, 50(1), 1–5. https://doi.org/10.1186/s40463-020-00485-8

Svider, P., Arianpour, K., & Mutchnick, S. (2018). Management of Epistaxis in Children and Adolescents: Avoiding a Chaotic Approach. Pediatric Clinics of North America, 65, 607–621. https://doi.org/10.1016/j.pcl.2018.02.007

Tauran, I., & Tunny, H. (2023). Penyusunan Standar Asuhan Keperawatan Dan Panduan AsuhanKeperawatan Sebagai Standar Penerapan Asuhan KeperawatanBerbasis SDKI, SLKI Dan SIKI Di Rumkit TK. IIProf. Dr. J.A. Latumeten Ambon. Jurnal Mahasiswa Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, Vol.1(3), 249–256.

Trifianingsih, D. (2024). Optimalisasi Kader Usaha Kesehatan Sekolah dalam Penanganan Kegawatdaruratan di Sekolah. 9(10), 1948–1955.

Tunkel, D. E., Anne, S., Payne, S. C., Ishman, S. L., Rosenfeld, R. M., Abramson, P. J., … Monjur, T. M. (2020). Clinical Practice Guideline: Nosebleed (Epistaxis). Otolaryngology - Head and Neck Surgery (United States), 162(1_suppl), S1–S38. https://doi.org/10.1177/0194599819890327

Younis, J. R., & El-Abassy, A. (2015). Primary teachers’ first aid management of children’s school day accidents: Video-assisted teaching method versus lecture method. Journal of Nursing Education and Practice, 5(10). https://doi.org/10.5430/jnep.v5n10p60

Downloads

Published

2025-03-25

Issue

Section

Articles