PERSEPSI TERAPIS WICARA PADA PENGGUNAAN BAHASA ISYARAT DALAM SESI TERAPI DENGAN ANAK GANGGUAN PENDENGARAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42286Keywords:
anak gangguan pendengaran , bahasa isyarat, persepsi, terapis wicaraAbstract
Salah satu bentuk penyandang disabilitas adalah disabilitas pendengaran atau disabilitas sensorik yaitu anak yang mengalami gangguan pendengaran, baik sebagian ataupun menyeluruh, dan biasanya memiliki hambatan dalam berbahasa dan berbicara. Dalam berkomunikasi dengan orang lain pada umumnya penyandang disabilitas dengan gangguan pendengaran menggunakan bahasa isyarat. Namun disisi lain beberapa orang terkesan memaksa agar anak tunarungu berkomunikasi dengan bahasa lisan atau verbal sebagaimana yang penulis dapatkan dibeberapa tempat seperti sekolah luar biasa dan salah satu lahan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi terapis wicara pada penggunaan bahasa isyarat dalam sesi terapi engan anak gangguan pendengran. Penelitian ini merupakan penelitian mixed Methods dengan desain Model Concurrent. Penelitian yang menggabungkan data kuantitatif dengan kualitatif agar diperoleh hasil yang komprehensif dengan memperoleh pengetahuan dan hasil validasi data penelitian yang tinggi. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah persepsi terapis wicara pada penggunaan bahasa isyarat dalam sesi terapi dengan anak gangguan pendengaran dominan setuju. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis yang didapat 3.39 pada indikator pengetahuan tentang bahasa isyarat, dan 3.15 pada persepsi terapis wicara pada penggunaan bahasa isyarat dalam sesi terapi dengan anak gangguan pendengaran. Persepsi terapis wicara pada penggunaan bahasa isyarat dalam sesi terapi dengan anak gangguan pendengaran dominan setuju.References
Aisyah Muhammad Amin, N., Pribadi, F., & Kunci, K. (2022). Urgensi Bahasa
Isyarat dalam Pendidikan Formal sebagai Media Komunikasi dan Transmisi
Informasi Penyandang Disabilitas Rungu dan Wicara. Jurnal Hasil Pemikiran,
Penelitian, Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 9(1), 77–86.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Populasi dalam penelitian
merupakan suatu hal yang sangt penting, karena ia merupakan sumber informasi.
Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Anugerah, S., Ulfa, S., & Husna, A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran
Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) Untuk Siswa Tunarungu Di Sekolah Dasar.
JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset
Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 76–85.
https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p076
Azhari, D. S., Afif, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Mixed
Method Research untuk Disertasi. INNOVATIVE: Journal Social Science
Research, 3(2), 8010–8025.
Azizah, E. N., Resmi, M. G., & Alam, S. (2023). Penerapan Metode Design Thinking
Pada Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Pengenalan Bahasa Isyarat
Indonesia. 6(1), 71–76.
Firdaus, M. (2010). Intrumen Penelitian. Metodelogi Penelitian, 15–20.
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam
Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik
(JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Hakim, F. B., Eka, P., & Supriyadi, D. (n.d.). Persepsi , Pengambilan Keputusan ,
Konsep diri dan.
Hikmah, J. (2020). Paradigm. Computer Graphics Forum, 39(1), 672–673.
https://doi.org/10.1111/cgf.13898
Indrayani, C., Triola, S., Ayu Hamama Pitra, D., & Ashan, H. (2023). Otitis Media
Supuratif Kronik (OMSK) Sebagai Penyebab Gangguan Pendengaran. Scientific
Journal, 2(2), 83–95. https://doi.org/10.56260/sciena.v2i2.94
Kemenkes RI. (2017). Pedoman & Standar Etik KEPPKN. Pedoman Dan Standar
Etik Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Nasional, 45–46, 75–76.
Madura, U. T. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan
Universitas Trunojoyo Madura Fitri Jayanti, Nanda Tika Arista Universitas
Trunojoyo Madura. 12, 205–223.
Maemunah, S., Lisnayani, D., & Setyowati, H. (2024). Sentra Cendekia Flashcard
Sebagai Media Terapi Wicara Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas B RA
Inklusi Zidni Ilma Sukoharjo. 5(2), 48–54.
Mahmuddin, H. F. (2022). Hal – hal yang ada hubungan dengan Gangguan
pendengaran akibat bising (noise induced hearing loss) pada pekerja Di
beberapa lokasi di wilayah indonesia Periode tahun 2014 sampai dengan tahun
2021. 1(1), 8.
Mandasari, R., & Winduwati, S. (2022). Upaya Public Relations Pusbisindo dalam
Mengampanyekan Penggunaan Bahasa Isyarat Indonesia di Kalangan
Masyarakat. Prologia, 6(2), 355–361. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.15572
Mariah Ulfah dan Siti Ubaidah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, S. (2023).
Penerapan Bahasa Isyarat dalam Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Tuna Rungu. Journal of Disability Studies and Research, 2(1), 29–42.
Nugraheni, A. S., Husain, A. P., & Unayah, H. (2023). Optimalisasi Penggunaan
Bahasa Isyarat Dengan Sibi Dan Bisindo Pada Mahasiswa Difabel Tunarungu Di
Prodi Pgmi Uin Sunan Kalijaga. Jurnal Holistika, 5(1), 28.
https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.28-33
Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115,
196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554
Putri, N. L. (2012). Penggunaan Metode Bahasa Lisan yang Dikombinasikan dengan
Metode Bahasa Isyarat Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan
Berkomunikasi Anak Usia Dini Tunaganda 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran, 19(1), 77–85. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-danpembelajaran/article/view/3126/552
Restiyono, A. (2016). Analisis Faktor yang Berpengaruh dalam Swamedikasi
Antibiotik pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Kajen Kebupaten Pekalongan.
Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 11(1), 14.
https://doi.org/10.14710/jpki.11.1.14-27
Rohmah, A. S., & Sukirno, S. (2021). Penggunaan Bahasa Isyarat Berbantuan Kartu
Bergambar Dalam Pembelajaran Penguasaan Kosakata Pada Kelas II Tunarungu
SLB Negeri Cilacap. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1),
1. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9738
Saputro, W., & Sumantri, D. B. (2022). Klasifikasi Citra Dalam Gerak Tangan
Bahasa Isyarat Sibi Menggunakan Algoritma K-NN. INTECOMS: Journal of
Information Technology and Computer Science, 5(2), 180–188.
https://doi.org/10.31539/intecoms.v5i2.4446
Silpia, E., & Sari, R. M. (2023). Implementasi Komunikasi Bahasa Isyarat Anak
Tunarungu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 529–535.
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1413
Susanti, R. (2019). Sampling Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 16,
187208.https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.543
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad hidayatullah, Setyadi Nugroho, Windiarti Dwi Purnaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).