ANALISIS MLU DAN WPS DALAM PRODUKSI KALIMAT ANAK USIA PRASEKOLAH : STUDI KASUS DI SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42282Keywords:
aspek bahasa, MLU, produksi kalimat, word per sentenceAbstract
Bahasa memiliki banyak aspek dan komponen yang sangat kompleks terutama dalam penggunaannya saat berkomunikasi pada kehidupan sehari-hari. Perkembangan kemampuan bahasa pada anak dapat diprediksi melalui aspek morfologi dan aspek sintaksis. Luaran kemampuan bahasa memungkinkan anak menggunakan struktur kalimat dalam bersososialisasi sehingga aspek morfologi dan sintaksis anak perlu diperhatikan agar mengetahui perkembangan bahasa anak. Salah satu prediktor kemampuan bahasa anak adalah dengan mengetahui berapa rata-rata Panjang ujaran yang dihasilkan oleh anak dan berapa rata-rata kata yang diucapkan anak dalam satu ujaran serta bagaimana kelengkapan kalimat yang dihasilkan oleh anak. Penelitian ini bertujuan menganalisis rata-rata panjang ujaran yang juga dikenal dengan mean length utterance (MLU) dan kata pada setiap kalimat atau word per sentence (WPS) yang dihasilkan dengan kelengkapan produksi kalimat anak di kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional melibatkan 65 anak usia prasekolah (3–6 tahun) yang dipilih melalui simple random sampling. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji Spearman rank (bivariat) dan regresi linear (multivariat). Hasil temuan dari penelitian ini adalah jumlah kata sangat berpengaruh dalam produksi kalimat, dimana semakin banyak kata yang diucapkan maka kalimat yang dihasilkan akan semakin lengkap. Hasil analisis menunjukkan hubungan kuat secara bivariat antara rata-rata panjang ujaran (MLU) dan kata pada setiap kalimat (WPS) dengan kelengkapan produksi kalimat, serta secara multivariat terdapat hubungan yang signifikan antara WPS dan kelengkapan produksi kalimat, sehingga disarankan untuk mempertimbangkan faktor ini dalam pengembangan kemampuan bahasa anak.References
Aeni, I. D. A. N. U. R. (2021). Kompleksitas gramatikal pada ujaran anak. 18–30.
Astuti, D., & Setiawan, H. (2023). Analisis Pemerolehan Bahasa Berdasarkan MLU pada Anak Usia 1 Tahun 10 Bulan dalam Aspek Sintaksis dan Fonologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 880–885. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4815
Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan siswa sekolah dasar: tinjauan dari aspek bahasa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105. https://doi.org/10.29210/3003910000
Dinda Ardiyanti, & Setiawan, H. (2022). Pemerolehan Bahasa (Mean Length of Utterence ‘Mlu’) Rafatar Malik Ahmad Pada Usia Tiga Tahun Dari Segi Sintaksis. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.150
Ferreira, V. S. (2009). Sentence Production. In L. R. Squire (Ed.), Encyclopedia of Neuroscience (pp. 687–693). Elsevier Ltd.
Filailatil Fitriyah, R. (2024). Hakikat Pemerolehan Dan Pembelajaran Bahasa Pada Anak. Jip, 2(7), 1011– 1019.
Frizelle, P., Thompson, P. A., McDonald, D., & Bishop, D. V. M. (2018). Growth in syntactic complexity between four years and adulthood: Evidence from a narrative task. Journal of Child Language, 45(5), 1174–1197. https://doi.org/10.1017/S0305000918000144
Güven, S., & Leonard, L. (2021). Verb morphology in Turkish-speaking children with and without DLD: the role of morphophonology. Clinical Linguistics & Phonetics, 1–25. https://doi.org/10.1080/02699206.2021.2012836
Komite Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional Kementerian Kesehatan RI. (2021). Pedoman Dan Standar Etik Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Nasional. In The Indonesian Journal of Health Science (Vol. 10, Issue 1). www.litbang.kemenkes.go.id
Lestari, N. D. (2020). Kesenyapan dan Kekeliruan Wicara Public Speaking dalam Produksi Kalimat serta Hubungannya dengan Pemakaian Memori. MEDIAKITA.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Pratama, R. Y., Suhermita Sihombing, & Ika Febriana. (2023). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun dalam Kajian Morfologi. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(3).
Pratomo, H. T. A. (2022). Strategi Intervensi Gangguan Bahasa Perkembangan. Polkesta press.
Rahmaningtyas, A. S., & Pratomo, H. T. A. (2023). Penelitian Asli Pengaruh Panjang Rata-rata Ucapan Terhadap Kompleksitas Struktur Sintaksis Anak Usia 4-6 Tahun. 12(November), 75–83.
Rokhmaningtyas, K. N., & Suhartono, M. P. (2021). Kompleksitas Kalimat Pada Cerpen Karya Anak Dan Cerpen Karya Remaja. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 8, 109–121. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/41614%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/ index.php/bapala/article/view/41614/35821
Safitri, U., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Pengaruh Perkembangan Bahasa dan Perkembangan Emosional Pada Psiko-Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 2590–2595. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1250%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/ jptam/article/download/1250/1115
Sansavini, A., Favilla, M. E., Guasti, M. T., Marini, A., Millepiedi, S., Di Martino, M. V., Vecchi, S., Battajon, N., Bertolo, L., Capirci, O., Carretti, B., Colatei, M. P., Frioni, C., Marotta, L., Massa, S., Michelazzo, L., Pecini, C., Piazzalunga, S., Pieretti, M., … Lorusso, M. L. (2021). Developmental language disorder: Early predictors, age for the diagnosis, and diagnostic tools. A scoping review. Brain Sciences, 11(5), 1–38. https://doi.org/10.3390/brainsci11050654
Sari, D. K., & Rasyimah, M. (2021). Neurolinguistik: Teori Linguistik Dan Pemerolehan Bahasa Pada Anak. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 74–77. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.4100
Shipley, Kenneth G., McAfee, J. G. (2021). Assessment Pathology in.
Tuti, P., Dewi, A. C., & Sulianto, J. (2021). Analisis Perkembangan Semantik Dan Sintaksis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 289–300. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9244
Venkatraman, K., & Thiruvalluvan, V. (2021). Development of narratives in Tamil-speaking preschool children: A task comparison study. Heliyon, 7(7), e07641. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07641
Westerveld, M. F. (2019). Language Sampling. The SAGE Encyclopedia of Human Communication Sciences and Disorders, March. https://doi.org/10.4135/9781483380810.n339
Zahro, U. A., & Dkk. (2020). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 187–198. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13675
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Huriyah Indriani Asyam, Hafidz Triantoro Aji Pratomo, Setyadi Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


