ANALISIS MLU DAN WPS DALAM PRODUKSI KALIMAT ANAK USIA PRASEKOLAH : STUDI KASUS DI SURAKARTA

Authors

  • Huriyah Indriani Asyam Terapi Wicara dan Bahasa Program Sarjana Terapan, Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Hafidz Triantoro Aji Pratomo Terapi Wicara dan Bahasa Program Sarjana Terapan, Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Setyadi Nugroho Terapi Wicara dan Bahasa Program Sarjana Terapan, Poltekkes Kemenkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42282

Keywords:

aspek bahasa, MLU, produksi kalimat, word per sentence

Abstract

Bahasa memiliki banyak aspek dan komponen yang sangat kompleks terutama dalam penggunaannya saat berkomunikasi pada kehidupan sehari-hari. Perkembangan kemampuan bahasa pada anak dapat diprediksi melalui aspek morfologi dan aspek sintaksis. Luaran kemampuan bahasa memungkinkan anak menggunakan struktur kalimat dalam bersososialisasi sehingga aspek morfologi dan sintaksis anak perlu diperhatikan agar mengetahui perkembangan bahasa anak. Salah satu prediktor kemampuan bahasa anak adalah dengan mengetahui berapa rata-rata Panjang ujaran yang dihasilkan oleh anak dan berapa rata-rata kata yang diucapkan anak dalam satu ujaran serta bagaimana kelengkapan kalimat yang dihasilkan oleh anak. Penelitian ini bertujuan menganalisis rata-rata panjang ujaran yang juga dikenal dengan mean length utterance (MLU) dan kata pada setiap kalimat atau word per sentence (WPS) yang dihasilkan dengan kelengkapan produksi kalimat anak di kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional melibatkan 65 anak usia prasekolah (3–6 tahun) yang dipilih melalui simple random sampling. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji Spearman rank (bivariat) dan regresi linear (multivariat). Hasil temuan dari penelitian ini adalah jumlah kata sangat berpengaruh dalam produksi kalimat, dimana semakin banyak kata yang diucapkan maka kalimat yang dihasilkan akan semakin lengkap. Hasil analisis menunjukkan hubungan kuat secara bivariat antara rata-rata panjang ujaran (MLU) dan kata pada setiap kalimat (WPS) dengan kelengkapan produksi kalimat, serta secara multivariat terdapat hubungan yang signifikan antara WPS dan kelengkapan produksi kalimat, sehingga disarankan untuk mempertimbangkan faktor ini dalam pengembangan kemampuan bahasa anak.

References

Aeni, I. D. A. N. U. R. (2021). Kompleksitas gramatikal pada ujaran anak. 18–30.

Astuti, D., & Setiawan, H. (2023). Analisis Pemerolehan Bahasa Berdasarkan MLU pada Anak Usia 1 Tahun 10 Bulan dalam Aspek Sintaksis dan Fonologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 880–885. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4815

Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan siswa sekolah dasar: tinjauan dari aspek bahasa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105. https://doi.org/10.29210/3003910000

Dinda Ardiyanti, & Setiawan, H. (2022). Pemerolehan Bahasa (Mean Length of Utterence ‘Mlu’) Rafatar Malik Ahmad Pada Usia Tiga Tahun Dari Segi Sintaksis. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.31943/bi.v7i1.150

Ferreira, V. S. (2009). Sentence Production. In L. R. Squire (Ed.), Encyclopedia of Neuroscience (pp. 687–693). Elsevier Ltd.

Filailatil Fitriyah, R. (2024). Hakikat Pemerolehan Dan Pembelajaran Bahasa Pada Anak. Jip, 2(7), 1011– 1019.

Frizelle, P., Thompson, P. A., McDonald, D., & Bishop, D. V. M. (2018). Growth in syntactic complexity between four years and adulthood: Evidence from a narrative task. Journal of Child Language, 45(5), 1174–1197. https://doi.org/10.1017/S0305000918000144

Güven, S., & Leonard, L. (2021). Verb morphology in Turkish-speaking children with and without DLD: the role of morphophonology. Clinical Linguistics & Phonetics, 1–25. https://doi.org/10.1080/02699206.2021.2012836

Komite Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional Kementerian Kesehatan RI. (2021). Pedoman Dan Standar Etik Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Nasional. In The Indonesian Journal of Health Science (Vol. 10, Issue 1). www.litbang.kemenkes.go.id

Lestari, N. D. (2020). Kesenyapan dan Kekeliruan Wicara Public Speaking dalam Produksi Kalimat serta Hubungannya dengan Pemakaian Memori. MEDIAKITA.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Pratama, R. Y., Suhermita Sihombing, & Ika Febriana. (2023). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun dalam Kajian Morfologi. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(3).

Pratomo, H. T. A. (2022). Strategi Intervensi Gangguan Bahasa Perkembangan. Polkesta press.

Rahmaningtyas, A. S., & Pratomo, H. T. A. (2023). Penelitian Asli Pengaruh Panjang Rata-rata Ucapan Terhadap Kompleksitas Struktur Sintaksis Anak Usia 4-6 Tahun. 12(November), 75–83.

Rokhmaningtyas, K. N., & Suhartono, M. P. (2021). Kompleksitas Kalimat Pada Cerpen Karya Anak Dan Cerpen Karya Remaja. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 8, 109–121. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/41614%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/ index.php/bapala/article/view/41614/35821

Safitri, U., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Pengaruh Perkembangan Bahasa dan Perkembangan Emosional Pada Psiko-Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 2590–2595. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1250%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/ jptam/article/download/1250/1115

Sansavini, A., Favilla, M. E., Guasti, M. T., Marini, A., Millepiedi, S., Di Martino, M. V., Vecchi, S., Battajon, N., Bertolo, L., Capirci, O., Carretti, B., Colatei, M. P., Frioni, C., Marotta, L., Massa, S., Michelazzo, L., Pecini, C., Piazzalunga, S., Pieretti, M., … Lorusso, M. L. (2021). Developmental language disorder: Early predictors, age for the diagnosis, and diagnostic tools. A scoping review. Brain Sciences, 11(5), 1–38. https://doi.org/10.3390/brainsci11050654

Sari, D. K., & Rasyimah, M. (2021). Neurolinguistik: Teori Linguistik Dan Pemerolehan Bahasa Pada Anak. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 74–77. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.4100

Shipley, Kenneth G., McAfee, J. G. (2021). Assessment Pathology in.

Tuti, P., Dewi, A. C., & Sulianto, J. (2021). Analisis Perkembangan Semantik Dan Sintaksis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 289–300. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9244

Venkatraman, K., & Thiruvalluvan, V. (2021). Development of narratives in Tamil-speaking preschool children: A task comparison study. Heliyon, 7(7), e07641. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07641

Westerveld, M. F. (2019). Language Sampling. The SAGE Encyclopedia of Human Communication Sciences and Disorders, March. https://doi.org/10.4135/9781483380810.n339

Zahro, U. A., & Dkk. (2020). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 187–198. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13675

Downloads

Published

2025-02-20

Issue

Section

Articles