FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WAKTU TUNGGU PELAYANAN UNIT FARMASI RAWAT JALAN : LITERATUR REVIEW

Authors

  • Habibatul Ummah Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.42070

Keywords:

Waktu tunggu, pelayanan, Farmasi

Abstract

Waktu tunggu pelayanan farmasi di rumah sakit merupakan indikator utama dalam menilai kualitas layanan dan kepuasan pasien. Waktu tunggu yang melebihi standar pelayanan minimal dapat menyebabkan ketidakpuasan pasien serta menurunkan efisiensi pelayanan farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi waktu tunggu pelayanan resep di unit farmasi rawat jalan. Penelitian ini menggunakan metode literatur review dengan sumber data dari database Garuda dan Google Scholar. Dari hasil pencarian, ditemukan 608 artikel yang kemudian disaring menjadi 4 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang berkontribusi terhadap panjangnya waktu tunggu meliputi keterbatasan jumlah dan kompetensi sumber daya manusia (SDM), ketidakefisienan alur proses layanan, kelengkapan standar operasional prosedur (SOP), serta keterbatasan fasilitas dan sarana prasarana pendukung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa faktor internal maupun eksternal memiliki pengaruh terhadap waktu tunggu pelayanan farmasi. Oleh karena itu, diperlukan strategi peningkatan kualitas layanan, seperti penambahan jumlah dan peningkatan kompetensi tenaga kefarmasian, optimalisasi alur pelayanan, serta pengadaan fasilitas yang lebih memadai. Implementasi teknologi dalam sistem antrean dan pencatatan resep juga menjadi solusi efektif dalam mengurangi waktu tunggu pelayanan farmasi.

References

Amiruddin, E. E., & Alfreda, V. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan di Puskesmas Betoambari. Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO), 4(2), 144-150.

Dewi, A., Eravianti, E., & Putri, D. K. (2021, February). Hubungan lama waktu tunggu pasien dengan kepuasan pasien di Puskesmas Lubuk Begalung. In Prosiding Seminar Nasional Stikes Syedza Saintika (Vol. 1, No. 1).

Huvaid, S. U., Adhyka, N., & Antika, E. (2023). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan di Instalasi Farmasi Pada Pasien Rawat Jalan Di Rsi Siti Rahmah. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 19(2), 165-172

Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2013 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.

Makinggung, C. A. J., Lolo, W. A., & Jayanto, I. (2023). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bhayangkara Manado. Jurnal Lentera Farma, 2(1), 41-47.

Melina, Dwi Evi. 2011. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Waktu Tunggu Pasien Instalasi Rawat Jalan Di Lima Poliklinik RSUD Pasar Rebo Tahun 2011, Universitas Indonesia.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan menteri Kesehatan Republik Indonesia No 1691/MENKES/PER/VIII/2011. Jakarta.2011.

Mulya, A., Ennimay, E., & Devis, Y. (2023). Analisa Faktor Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Rumah Sakit Pekanbaru Medical Center. JFIOnline| Print ISSN 1412-1107| e-ISSN 2355-696X, 15(1), 11-22.

Purwanto, H., Indiati, I., & Hidayat, T. (2015). Faktor Penyebab Waktu Tunggu Lama di Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Blambangan. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 28(2), 159-162.

Republik Indonesia, 2008, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129/MENKES/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, Jakarta.

Republik Indonesia, 2016, Peraturan Meteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit, Jakarta.

Sulo, H. R. (2020). Hubungan Pemberian Informasi Obat dan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X Kota Samarinda. Sainstech Farma: Jurnal Ilmu Kefarmasian, 13(2), 73-79.

Downloads

Published

2025-03-19

Issue

Section

Articles