HUBUNGAN ANTARA WORKING MEMORY DENGAN PEMAHAMAN PERINTAH SEDERHANA PADA ANAK DEVELOPMENT LANGUAGE DISORDER DI SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.41968Keywords:
Development language disorder, perintah sederhana, working memoryAbstract
Working memory adalah sistem kognitif yang secara aktif menyimpan informasi dan sangat penting untuk perkembangan anak. Anak dengan Development Language Disorder (DLD) memiliki beberapa hambatan salah satunya pemahaman. Perkembangan kognitif, keterampilan penalaran pada anak meningkat ketika kapasitas working memory meningkat. Sebaliknya, anak-anak dengan gangguan working memory akan merasa lebih sulit untuk memahami dan mematuhi instruksi (perintah sederhana). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah ada hubungan antara working memory dengan pemahaman perintah sederhana pada anak development language disorder. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional design dan analitik observasional sebagai desain penelitiannya. Teknik sampling menggunakan total sampling dan melibatkan 30 responden. Data yang dikumpulkan dijadikan analisis bivariat menggunakan uji korelasi spearman rank dan analisis univariat untuk mengkarakterisasi variabel. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara working memory dengan pemahaman perintah sederhana pada anak development language disorder, dengan p (sig) 0,003 dimana p<0,05 yang berarti Ha diterima. Selain itu, diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,529 (cukup). Semakin tinggi kemampuan working memory yang dimiliki oleh anak maka akan semakin baik pemahaman perintah sederhananya.References
Cahyani, N., Ramadhani, F. S., Hevanza, H., Putri, G. R. E., Frista, R. A. M., Purnama, C. Y., & Srisayekti, W. (2023). Pengaruh Pemberian Kata Yang Mengandung Emosi Terhadap Working Memory: Visuospatial Sketchpad. Jurnal Psikologi, 16(2), 353–363.
Fauziah, N., Amanda, S., Tria, A., & Zhani, V. U. (2023). Permasalahan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 406–414.
Kaligis, F., Wiguna, T., Agung, A., Agung, A., Ilmu, D., Jiwa, K., Kedokteran, F., Indonesia, U., Kaligis, F., Wiguna, T., Agung, A., & Agung, A. (2021). Gangguan Memori Kerja pada Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas: Suatu Studi Komparatif. 23(2), 88–94.
Khosibah, S. A., & Dimyati. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869.
Kurniastuti, I., Evanjeli, L. A., Adimassana, Y. B., Wahyuningrum, C. T., & Bei, S. (2023). MENGENAL FUNGSI EKSEKUTIF DAN PEMBELAJARAN BAHASA ANAK TULI.
Larson, C., & Weismer, S. E. (2022). Working Memory Performance in Children With Developmental Language Disorder: The Role of Domain. Journal of Speech, Language, and Hearing Research, 65(5), 1906–1920.
Lilis, Maddatuang, & Suprapta. (2020). PENGGUNAAN LAHAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA PURWOSARI KECAMATAN TOMONI TIMUR KECAMATAN LUWU KABUPATEN TIMUR (STUDI KASUS KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL)). 3.
Maulana, D. (2019). Analisis Kalimat Perintah (Amr) Pada Surah Yāsīn Dalam Terjemahan Al-Qur’an Bacaan Mulia Hbj. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 2(1), 1–14.
Pratomo, H. T. A. (2022). Strategi Intervensi Gangguan Bahasa Perkembangan. Polkesta Press.
Rahayu, Y., Apipudin, A., & Hotimatul, D. (2021). MOTHER’S KNOWLEDGE ABOUT STIMULATION WITH THE DEVELOPMENT OF CHILDREN’S LANGUAGE TOODLER AGE. JURNAL KESEHATAN STIKes MUHAMMADIYAH CIAMIS, 7(2), 22–31.
Shipley, K. G., & McAfee, J. G. (2021). Assessment Pathology in Speech-Language Pathology (Sixth Edit). Plural Publishing, Inc.
Silviana, M., Tahlil, T., & R, E. M. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Gangguan Perkembangan Verbal Anak Usia 5 Tahun. Serambi Saintia Jurnal SilvianaSains Dan Aplikasi, IX(2), 2337–9952.
Siswanto, A., & Pratomo, H. T. A. (2022). Model of Managing Developmental Language Disorder in Central Java. Interest : Jurnal Ilmu Kesehatan, 11(2), 220–228.
Spencer, J. P. (2020). The Development of Working Memory. Current Directions in Psychological Science, 29(6), 545–553.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Assyifa Titania Syaharani, Windiarti Dwi Purnaningrum, Anggi Resina Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).