HUBUNGAN ANTARA WORKING MEMORY DENGAN PEMAHAMAN PERINTAH SEDERHANA PADA ANAK DEVELOPMENT LANGUAGE DISORDER DI SURAKARTA

Authors

  • Assyifa Titania Syaharani Jurusan Terapi Wicara dan Bahasa, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta
  • Windiarti Dwi Purnaningrum Jurusan Terapi Wicara dan Bahasa, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta
  • Anggi Resina Putri Jurusan Terapi Wicara dan Bahasa, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.41968

Keywords:

Development language disorder, perintah sederhana, working memory

Abstract

Working memory adalah sistem kognitif yang secara aktif menyimpan informasi dan sangat penting untuk perkembangan anak. Anak dengan Development Language Disorder (DLD) memiliki beberapa hambatan salah satunya pemahaman. Perkembangan kognitif, keterampilan penalaran pada anak meningkat ketika kapasitas working memory meningkat. Sebaliknya, anak-anak dengan gangguan working memory akan merasa lebih sulit untuk memahami dan mematuhi instruksi (perintah sederhana). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah ada hubungan antara working memory dengan pemahaman perintah sederhana pada anak development language disorder. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional design dan analitik observasional sebagai desain penelitiannya. Teknik sampling menggunakan total sampling dan melibatkan 30 responden. Data yang dikumpulkan dijadikan analisis bivariat menggunakan uji korelasi spearman rank dan analisis univariat untuk mengkarakterisasi variabel. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara working memory dengan pemahaman perintah sederhana pada anak development language disorder, dengan p (sig) 0,003 dimana p<0,05 yang berarti Ha diterima. Selain itu, diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,529 (cukup). Semakin tinggi kemampuan working memory yang dimiliki oleh anak maka akan semakin baik pemahaman perintah sederhananya.

References

Cahyani, N., Ramadhani, F. S., Hevanza, H., Putri, G. R. E., Frista, R. A. M., Purnama, C. Y., & Srisayekti, W. (2023). Pengaruh Pemberian Kata Yang Mengandung Emosi Terhadap Working Memory: Visuospatial Sketchpad. Jurnal Psikologi, 16(2), 353–363.

Fauziah, N., Amanda, S., Tria, A., & Zhani, V. U. (2023). Permasalahan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 406–414.

Kaligis, F., Wiguna, T., Agung, A., Agung, A., Ilmu, D., Jiwa, K., Kedokteran, F., Indonesia, U., Kaligis, F., Wiguna, T., Agung, A., & Agung, A. (2021). Gangguan Memori Kerja pada Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas: Suatu Studi Komparatif. 23(2), 88–94.

Khosibah, S. A., & Dimyati. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869.

Kurniastuti, I., Evanjeli, L. A., Adimassana, Y. B., Wahyuningrum, C. T., & Bei, S. (2023). MENGENAL FUNGSI EKSEKUTIF DAN PEMBELAJARAN BAHASA ANAK TULI.

Larson, C., & Weismer, S. E. (2022). Working Memory Performance in Children With Developmental Language Disorder: The Role of Domain. Journal of Speech, Language, and Hearing Research, 65(5), 1906–1920.

Lilis, Maddatuang, & Suprapta. (2020). PENGGUNAAN LAHAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA DI DESA PURWOSARI KECAMATAN TOMONI TIMUR KECAMATAN LUWU KABUPATEN TIMUR (STUDI KASUS KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL)). 3.

Maulana, D. (2019). Analisis Kalimat Perintah (Amr) Pada Surah Yāsīn Dalam Terjemahan Al-Qur’an Bacaan Mulia Hbj. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 2(1), 1–14.

Pratomo, H. T. A. (2022). Strategi Intervensi Gangguan Bahasa Perkembangan. Polkesta Press.

Rahayu, Y., Apipudin, A., & Hotimatul, D. (2021). MOTHER’S KNOWLEDGE ABOUT STIMULATION WITH THE DEVELOPMENT OF CHILDREN’S LANGUAGE TOODLER AGE. JURNAL KESEHATAN STIKes MUHAMMADIYAH CIAMIS, 7(2), 22–31.

Shipley, K. G., & McAfee, J. G. (2021). Assessment Pathology in Speech-Language Pathology (Sixth Edit). Plural Publishing, Inc.

Silviana, M., Tahlil, T., & R, E. M. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Gangguan Perkembangan Verbal Anak Usia 5 Tahun. Serambi Saintia Jurnal SilvianaSains Dan Aplikasi, IX(2), 2337–9952.

Siswanto, A., & Pratomo, H. T. A. (2022). Model of Managing Developmental Language Disorder in Central Java. Interest : Jurnal Ilmu Kesehatan, 11(2), 220–228.

Spencer, J. P. (2020). The Development of Working Memory. Current Directions in Psychological Science, 29(6), 545–553.

Downloads

Published

2025-03-16

Issue

Section

Articles