PENGARUH METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN SINTAKSIS ANAK UMUR 5–6 TAHUN DI SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.41844Keywords:
bahasa, boneka tangan, metode bercerita, sintaksisAbstract
Pemerolehan sintaksis pada anak usia dini tidak terfokus langsung pada tataran sintaksis kompleks melainkan melalui tahap satu kata, yaitu dari tahap kalimat sederhana hingga tahap kalimat majemuk. Sintaksis adalah aturan tata bahasa untuk mengatur dan menghubungkan kata-kata untuk membentuk frasa, klausa, dan kalimat. Bercerita dapat membantu anak mengembangkan bahasa, termasuk sintaksis. Salah satu alat atau media bercerita untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak yaitu dengan digunakannya boneka tangan. Anak-anak pada umumnya memiliki ketertarikan terhadap boneka. Penggunaan boneka tangan sebagai media dapat meningkatkan perhatian dan minat mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat "Pengaruh Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Sintaksis Anak Usia 5-6 Tahun di Surakarta". Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre - Experimental, yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Uji normalitas dengan Shapiro-Wilk menunjukkan data berdistribusi normal. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji Paired Sample T-Test, yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0.000 (p < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap kemampuan sintaksis anak usia 5-6 tahun di Surakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode bercerita dengan boneka tangan memberikan pengaruh pada kemampuan sintaksis anak umur 5 – 6 tahun di Surakarta.References
Atika Gusriani, Zherry Putria Yanti, L. Y. (2022). View of Fungsi, Kategori, dan Peran SintaksisMenggunakan Teori RRG dalam Acara “Indonesia Lowyers Club”.pdf. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 3, 3.
Aulia, R., Na’imah, N., & Diana, R. R. (2021). Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 106.
Darwin, D., Anwar, M., & munir, misbahul. (2021). Paradigma Strukturalisme Bahasa: Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan Semantik Paradigm. Jurnal IImiah SEMANTIKA, 2(02), 172–175.
Dwi, H., Purwantini, L., & Hanoum, M. (2023). Pelatihan metode bercerita kemampuan berbicara anak. 2, 83–90.
Fitriyah, T., & Firdausah, I. (2023). Pemerolehan Sintaksis Pada Anak Usia Dini. LINGUISTIK : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(4), 718.
Idris, M. H. (2022). Karakteristik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 37–43.
Khairiah, K., & Jumanti, O. (2022). Analisis Problematika Pendidikan Anak Usia Dini “Metode Bercerita, Demonstrasi Dan Sosiodrama.” Al-Khair Journal : Management, Education, And Law, 2(2), 60.
Lenhart, D. (2020). Sudi Pelaksanaan Metode Bercerita Pada Anak Kelompok A. Jurnal Kumara Cendekia, 10(1), 34.
Maghfiroh, N. (2022). Bahasa Indonesia sebagai Alat Komunikasi Masyrakat dalam Kehidupan Sehari-Hari. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(2), 102–107.
Nuraisyah Maskur, N., Mahmud, N., & Alhadad, B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melaui Media Boneka Tangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelas B2 Di TK Al-Khairat Bastiong Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 15–24.
Rahmawati, Kurniawati, W., & Novianto, E. (2023). Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. Tarbiyah Jurnal: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Rohayati, E. (2019). Metode Pengembangan Keterampilan Bercerita Yang Berkarakter Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
Sari, N. (2020). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Menggunakan Boneka Tangan (Hand Puppet) Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B Tk Islam Terpadu Ibu Harapan Bengkalis. SELL Journal, 5(1), 55.
Tuti, P., Dewi, A. C., & Sulianto, J. (2021). Analisis Perkembangan Semantik Dan Sintaksis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 289–300.
Widyantari, N. W. T., & Nugroho, S. (2024). Hubungan Antara Short Term Memory dengan Kemampuan Sintaksis pada Anak Prasekolah Usia 3-5 Tahun di TK IV dan KB IV Saraswati Denpasar. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 2(2), 822–829.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rhea Zaha Yuniandra, Anisyah Dewi Syah Fitri, Sinar Perdana Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


