FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEIKUTSERTAAN KELAS IBU HAMIL DI DESA PLAWANGAN KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2024

Authors

  • Desi Kartini Departement of Midwifery, Faculty of Health Sciences, Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Cirebon, Cirebon City, Indonesia
  • Siti Difta Rahmatika Departement of Midwifery, Faculty of Health Sciences, Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Cirebon, Cirebon City, Indonesia
  • Diyanah Kumalasary Departement of Midwifery, Faculty of Health Sciences, Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Cirebon, Cirebon City, Indonesia1Departement of Midwifery, Faculty of Health Sciences, Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Cirebon, Cirebon City, Indonesia
  • Fika Nurul Hidayah Departement of Midwifery, Faculty of Health Sciences, Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Cirebon, Cirebon City, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.41778

Keywords:

kelas ibu hamil, pekerjaan, pendidikan, pengetahuan, paparan informasi

Abstract

Kelas Ibu Hamil adalah kelompok studi untuk ibu hamil dengan usia kehamilan antara 4 minggu hingga 36 minggu (sebelum melahirkan) dengan jumlah peserta maksimal 10 orang. Dalam kelas ini, ibu hamil akan belajar bersama, berdiskusi dan bertukar pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak (KIA) secara keseluruhan dan sistematis serta dapat dilaksanakan secara terjadwal dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor terkait partisipasi ibu dalam kelas ibu hamil di Desa Plawangan pada Tahun 2024. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectinonal, dengan uji pengolahan data Uji Chi Square Penelitian ini akan dilakukan di Desa Prollangan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2024, dengan total 34 ibu hamil sebagai responden. Hasil uji Chi Square menghasilkan nilai p = 0,000> α = 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pekerjaan dengan partisipasi kelas ibu hamil, hasil Uji Fisher’s Exact memperoleh nilai signifikansi 0,016 (p-value <0,05) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara paparan informasi dengan partisipasi kelas ibu hamil. Terdapat hubungan antara karya ibu hamil dengan partisipasi ibu hamil di kelas dengan tingkat signifikansi P-value 0,000, terdapat hubungan antara paparan informasi dengan partisipasi ibu hamil di kelas dengan nilai signifikansi 0,016.

References

Afranika, A., & Pratama, R. M. K. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Muaro Tembesi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 12(1), 156. https://doi.org/10.36565/jab.v12i1.622

Aminah, S., Saam, Z., Priwahyuni, Y., Rany, N., & Megasari, M. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Kunjungan Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Balai Makam Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis Tahun 2020. Menara Ilmu, 16(1), 135–147. https://doi.org/10.31869/mi.v16i1.3348

Dewi, S. (2016). Kewajiban Bidan Dalam Menanggulangi Kematian Ibu Dan Kematian Bayi Di Hubungkan Dengan Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan Juncto Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 441.8/Kep.1076-Dinkes/2014 Tentang Tim Koordinasi Program Penye. Justisi Jurnal Ilmu Hukum, 1(1), 95–117. https://doi.org/10.36805/jjih.v1i1.111

Kemenkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2018 Kemenkes RI. In Health Statistics. https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/profil-kesehatan-indonesia-2018.pdf

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf (p. 674).

Lestari, T. R. P. (2020). Achievement of Mother and Baby Health Status As One of the Successes of Mother and Child Health Programs. Kajian, 25(1), 75–89. https://www.guesehat.com/polemik-kesehatan-

Melyani, & Alexander. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Keikutsertaan Pada Kelas Ibu Akademi Kebidanan Panca Bhakti Pontianak Email korespondensi : [email protected] Pendahuluan Kelas hamil adalah salah satu upaya Percepatan Penurunan Ang. Jurnal Kebidanan, 10(1), 502–509.

Nasution, R. S., & Harahap, H. P. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jurnal Ilmiah Kebidanan Indonesia, 10(01), 19–27. https://doi.org/10.33221/jiki.v10i01.427

Prajayanti, H., & Artanti, S. (2022). Kelas Ibu Hamil untuk Meningkatkan Kesejahteraan Ibu dan Janin di Posyandu. Jurnal ABDIMAS-HIP Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 101–105. https://doi.org/10.37402/abdimaship.vol3.iss2.193

Purborini, S. F. A., & Rumaropen, N. S. (2023). Hubungan Usia, Paritas, dan Tingkat Pendidikan dengan Kehamilan Tidak Diinginkan Pada Pasangan Usia Subur di Surabaya. Media Gizi Kesmas, 12(1), 207–211. https://doi.org/10.20473/mgk.v12i1.2023.207-211

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rahmawati, D. (2023). Pengaruh Kelas Ibu Hamil Terhadap Kepuasan Informasi Dan Kecemasan Persalinan Di Desa Tanjung Harapan. Electronic Journal Scientific of Environmental Health And Disease, 4(1), 37–43. https://doi.org/10.22437/esehad.v4i1.29095

Ratnaningtyas, M., & Indrawati, F. (2023). Karakteristik Ibu Hamil dengan Kejadian Kehamilan Risiko Tinggi. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 7(3), 334–344.

RI, K. K. (2009). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://doi.org/10.5056/jnm14109

Sarwono Prawirohardjo. (2011). Ilmu Kandungan Edisi Ketiga. In Prof. dr. Mochamad Anwar (Ed.), Perpustakaan Nasional : Katalog Dalam Terbitan (KDT) (p. 604 hlm). Pt Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo Jakarta.

Sukawati, H., & Futriani, elfira sri. (2024). Efektivitas Kelas Ibu Hamil Terhadap Kesiapan Ibu Menghadapi Persalinan Di Puskesmas Teluk Pucung. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 6(3), 968–974.

Yusmaharani, Nurmaliza, & Ratih, R. H. (2021). Bekerja Dengan Pemanfaatan Kelas Ibu Hamil. MJ (Midwifery Journal), 1(4), 183–187.

Downloads

Published

2025-03-15

Issue

Section

Articles