FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEIKUTSERTAAN KELAS IBU HAMIL DI DESA PLAWANGAN KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.41778Keywords:
kelas ibu hamil, pekerjaan, pendidikan, pengetahuan, paparan informasiAbstract
Kelas Ibu Hamil adalah kelompok studi untuk ibu hamil dengan usia kehamilan antara 4 minggu hingga 36 minggu (sebelum melahirkan) dengan jumlah peserta maksimal 10 orang. Dalam kelas ini, ibu hamil akan belajar bersama, berdiskusi dan bertukar pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak (KIA) secara keseluruhan dan sistematis serta dapat dilaksanakan secara terjadwal dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor terkait partisipasi ibu dalam kelas ibu hamil di Desa Plawangan pada Tahun 2024. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectinonal, dengan uji pengolahan data Uji Chi Square Penelitian ini akan dilakukan di Desa Prollangan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2024, dengan total 34 ibu hamil sebagai responden. Hasil uji Chi Square menghasilkan nilai p = 0,000> α = 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pekerjaan dengan partisipasi kelas ibu hamil, hasil Uji Fisher’s Exact memperoleh nilai signifikansi 0,016 (p-value <0,05) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara paparan informasi dengan partisipasi kelas ibu hamil. Terdapat hubungan antara karya ibu hamil dengan partisipasi ibu hamil di kelas dengan tingkat signifikansi P-value 0,000, terdapat hubungan antara paparan informasi dengan partisipasi ibu hamil di kelas dengan nilai signifikansi 0,016.References
Afranika, A., & Pratama, R. M. K. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Muaro Tembesi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 12(1), 156. https://doi.org/10.36565/jab.v12i1.622
Aminah, S., Saam, Z., Priwahyuni, Y., Rany, N., & Megasari, M. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Kunjungan Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Balai Makam Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis Tahun 2020. Menara Ilmu, 16(1), 135–147. https://doi.org/10.31869/mi.v16i1.3348
Dewi, S. (2016). Kewajiban Bidan Dalam Menanggulangi Kematian Ibu Dan Kematian Bayi Di Hubungkan Dengan Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan Juncto Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 441.8/Kep.1076-Dinkes/2014 Tentang Tim Koordinasi Program Penye. Justisi Jurnal Ilmu Hukum, 1(1), 95–117. https://doi.org/10.36805/jjih.v1i1.111
Kemenkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2018 Kemenkes RI. In Health Statistics. https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/profil-kesehatan-indonesia-2018.pdf
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf (p. 674).
Lestari, T. R. P. (2020). Achievement of Mother and Baby Health Status As One of the Successes of Mother and Child Health Programs. Kajian, 25(1), 75–89. https://www.guesehat.com/polemik-kesehatan-
Melyani, & Alexander. (2020). Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Keikutsertaan Pada Kelas Ibu Akademi Kebidanan Panca Bhakti Pontianak Email korespondensi : [email protected] Pendahuluan Kelas hamil adalah salah satu upaya Percepatan Penurunan Ang. Jurnal Kebidanan, 10(1), 502–509.
Nasution, R. S., & Harahap, H. P. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jurnal Ilmiah Kebidanan Indonesia, 10(01), 19–27. https://doi.org/10.33221/jiki.v10i01.427
Prajayanti, H., & Artanti, S. (2022). Kelas Ibu Hamil untuk Meningkatkan Kesejahteraan Ibu dan Janin di Posyandu. Jurnal ABDIMAS-HIP Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 101–105. https://doi.org/10.37402/abdimaship.vol3.iss2.193
Purborini, S. F. A., & Rumaropen, N. S. (2023). Hubungan Usia, Paritas, dan Tingkat Pendidikan dengan Kehamilan Tidak Diinginkan Pada Pasangan Usia Subur di Surabaya. Media Gizi Kesmas, 12(1), 207–211. https://doi.org/10.20473/mgk.v12i1.2023.207-211
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rahmawati, D. (2023). Pengaruh Kelas Ibu Hamil Terhadap Kepuasan Informasi Dan Kecemasan Persalinan Di Desa Tanjung Harapan. Electronic Journal Scientific of Environmental Health And Disease, 4(1), 37–43. https://doi.org/10.22437/esehad.v4i1.29095
Ratnaningtyas, M., & Indrawati, F. (2023). Karakteristik Ibu Hamil dengan Kejadian Kehamilan Risiko Tinggi. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 7(3), 334–344.
RI, K. K. (2009). Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://doi.org/10.5056/jnm14109
Sarwono Prawirohardjo. (2011). Ilmu Kandungan Edisi Ketiga. In Prof. dr. Mochamad Anwar (Ed.), Perpustakaan Nasional : Katalog Dalam Terbitan (KDT) (p. 604 hlm). Pt Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo Jakarta.
Sukawati, H., & Futriani, elfira sri. (2024). Efektivitas Kelas Ibu Hamil Terhadap Kesiapan Ibu Menghadapi Persalinan Di Puskesmas Teluk Pucung. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 6(3), 968–974.
Yusmaharani, Nurmaliza, & Ratih, R. H. (2021). Bekerja Dengan Pemanfaatan Kelas Ibu Hamil. MJ (Midwifery Journal), 1(4), 183–187.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Desi Kartini, Siti Difta Rahmatika, Diyanah Kumalasary, Fika Nurul Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


