HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP POLA TIDUR PADA REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i2.41771Keywords:
Kecanduan game online, game onlineAbstract
Kecanduan game online semakin menjadi masalah yang meresahkan di kalangan remaja, terutama karena dampaknya terhadap perilaku, psikologi, dan kesehatan fisik, termasuk pola tidur yang tidak teratur. Akses yang mudah terhadap perangkat pintar dan permainan online memperburuk situasi, meningkatkan kekhawatiran bagi orang tua, guru, dan praktisi kesehatan. Oleh karena itu, untuk mengembangkan teknik pencegahan dan intervensi yang efektif, diperlukan lebih banyak pengetahuan tentang bagaimana kecanduan game online mempengaruhi pola tidur remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola tidur remaja dengan kecanduan game online di MA Yatpi Godong. Dengan pendekatan cross-sectional dan metodologi deskriptif korelasional, metodologi penelitian adalah kuantitatif. Sampel yang berjumlah 80 responden dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji statistik Spearman’s rho menunjukkan p-value sebesar 0,001 (p < 0,005) dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,769. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara kecanduan game online dengan pola tidur remaja. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kecanduan game online berkontribusi terhadap pola tidur tidak teratur pada remaja. Oleh karena itu, diperlukan upaya preventif dan intervensi yang lebih efektif untuk mengurangi dampak negatif kecanduan game online terhadap kesehatan remaja.References
Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance, 17(02), 9–20. https://doi.org/10.34005/guidance.v17i02.1166
Ardita Pramesti, Inna Sholihati Embrik, & Ayu Pratiwi. (2023). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Di SMK Negeri 5 Kabupaten Tangerang.
Jurnal Dunia Ilmu Kesehatan (JURDIKES), 1(2), 45–49. https://doi.org/10.59435/jurdikes.v1i2.156
Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130.
Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KUALITAS TIDUR REMAJA. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Daulay, R. P., & Rohman, A. (2021). Jurnal Islamika Granada. Jurnal Islamika Granada, 2(2), 60–68. https://penelitimuda.com/index.php/IG/index
Davision, A. (2020). www.it-ebooks.info.
Ekklesia Mahmud, P., Liklikwatil, N., Studi Ilmu Keperawatan, P., Pasapua Ambon, S., Tengah, M., Studi Administrasi Rumah Sakit, P., & J A Latumeten, S. R. (2023). Dampak Adiksi Game Online Terhadap Pola Tidur Dan Aktivitas. JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 11(4), 909–916.
Gao, X. J., Sun, J. J., & Xiang, M. (2021). intervensi psikologis positif untuk kecemasan,depresi,dan cara mengatasinya pada subjek yang kecanduan game online. World Journal of Clinical Cases, 9(14), 3287–3293. https://doi.org/10.12998/wjcc.v9.i14.3287
Gurusinga, M. F. (2020). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Pola Tidur Pada Remaja Usia 16 - 18 Tahun Di Sma Negeri 1 Deli Tua Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang Tahun 2019. Jurnal Penelitian Keperawatan Medik, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.36656/jpkm.v2i2.194
Hutauruk, M. R. (2023). Sosialisasi Dampak Game Online Bagi Anak Usia Sekolah Dasar.
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 5(2), 146. https://doi.org/10.30872/plakat.v5i2.12788
Hygen, B. W., Wendelborg, C., Solstad, B. E., Stenseng, F., Øverland, M. B., & Skalicka, V. (2024). Gaming motivation and well-being among Norwegian adult gamers: the role of gender and disability. Frontiers in Medical Technology, 6(April). https://doi.org/10.3389/fmedt.2024.1330926
Irawan, S., & Siska W., Di. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online Peserta Didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1), 9–19.
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal- Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.
Jannah, K. A. M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Ardiawan, T. M. K. N., & Sari, M. E.
(2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Metodologi Penelitian Kuantitatif. In
Metodologi Penelitian Kuantitatif (Issue May).
Kosasih, P. W., Nur Adiwibawa, D., Syuhada, I., Dahlia, Y., Universitas, F. K., & Al-Azhar,
I. (2022). The Relationship Of Addiction Playing Online Games On Smartphone With The Sleep Quality Of Students At SMAN 1 KERUAK IN 2020. Nusantara Hasana Journal, 2(5), Page.
Kristiawan, A., & Yunanto, K. T. (2021). Faktor - Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kecanduan Game Online. Urnal Psikologi Kreatif Inovatif, 1(1), 14–24. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Kurniasih, E. (2022). Perilaku Bermain Game Online dengan Pola Tidur Remaja: Studi Korelasi. JPKM: Jurnal Profesi Kesehatan Masyarakat, 3(2), 117–123. https://doi.org/10.47575/jpkm.v3i2.316
Li, S., Wu, Q., Tang, C., Chen, Z., Costa, M. A., & Valencia, U. I. (2020). Intervensi
Berbasis Latihan untuk Kecanduan Internet : Bukti Neurobiologis dan Neuropsikologis. 11, 1–9.
Love, S., & Kewley, J. (2018). Does Personality Affect Peoples’ Attitude Towards Mobile Phone Use in Public Places? In Mobile Communications (Issue September). https://doi.org/10.1007/1-84628-248-9_18
Mais, F. R., Rompas, S. S. J., & Gannika, L. (2020). Kecanduan Game Online Dengan Insomnia Pada Remaja. Jurnal Keperawatan, 8(2), 18. https://doi.org/10.35790/jkp.v8i2.32318
Masya, H., & Candra, D. A. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 103–118. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.575
Matur, Y. P., Simon, M. G., & Ndorang, T. A. (2021). The relations between the ego and the unconscious. The Jung Reader, 6(10), 98–139. https://doi.org/10.4324/9780203721049- 12
Nabila, S. F. (2022). PERKEMBANGAN REMAJA Adolescense Sofa Faizatin Nabila. Book Chater, March, 1–12. https://www.researchgate.net/publication/359369967_PERKEMBANGAN_REMAJA_ Adolescense
Novikasari, I. (2017). Uji Validitas Instrumen. Seminar Nasional Riset Inovatif 2017, 1(1), 530–535.
https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/1075/799
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya.
Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402
Partini, P. (2022). Hubungan Kecemasan dengan Kecanduan Game Online pada Remaja ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Perpustakaan kementrian kesehatan RI. (2022). Kecanduan game online pada remaja. In Early Childhood Education Journal (Issue November 2019). https://www.who.int/news-room/fact- sheets/detail/mental-health-strengthening-our- response%0Ahttp://digilib.uinsby.ac.id/918/10/Daftar Pustaka.pdf
Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–
215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554
Rahman, I. A., Ariani, D., & Ulfa, N. (2022). Tingkat Kecanduan Game Online Pada Remaja. Jurnal Mutiara Ners, 5(2), 85–90. https://doi.org/10.51544/jmn.v5i2.2438
Sari, I. V. D., Roestam, A. W., & Amir, N. (2019). Hubungan Antara Sikap Higiene Tidur dan Faktor Lain dengan Angka Kejadian Insomnia pada Satuan Pengamanan (Satpam) dengan Kerja Gilir di PT. X. Journal Of The Indonesian Medical Association, 68(1), 27–
34. https://doi.org/10.47830/jinma-vol.68.1-2018-96
Suryadi, S., & Dianto, M. (2018). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 65. https://doi.org/10.31851/juang.v1i2.2091
Theodoridis, T., & Kraemer, J. (2021). metode penelitian kuantitatif. Jurnal Ilmu Kesehatan, 1–229.
Waluyo, A., & Deska, R. (2024). Dampak Kecanduan Game Online Pada Aspek Kesehatan Fisik The Impact Of Online Game Addiction On Physical Health Aspects. Jurnal
Keperawatan Bunda Delima, 6(1), 47–58.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal
Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Wong, H. Y., Mo, H. Y., Potenza, M. N., Chan, M. N. M., Lau, W. M., Chui, T. K., Pakpour,
A. H., & Lin, C. Y. (2020). Relationships between severity of internet gaming disorder, severity of problematic social media use, sleep quality and psychological distress.
International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(6), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph17061879
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dziya Safira Hakim, Arif Widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


