HUBUNGAN STRATEGI KOPING DAN REGULASI DIRI DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA PROFESI NERS INSTITUT CITRA INTERNASIONAL TAHUN 2024

Authors

  • Ayu Pratiwi Institut Citra Internasional, Program Studi Ilmu Keperawatan, Pangkalpinang, Prov. Kep. Bangka Belitung
  • Nova Mardiana Institut Citra Internasional, Program Studi Ilmu Keperawatan, Pangkalpinang, Prov. Kep. Bangka Belitung
  • Nurwijaya Fitri Institut Citra Internasional, Program Studi Ilmu Keperawatan, Pangkalpinang, Prov. Kep. Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.41491

Keywords:

regulasi diri, strategi koping, stres

Abstract

Stres adalah kondisi yang sering dialami oleh mahasiswa profesi ners, terutama selama menjalani praktik klinik, yang disebabkan oleh tekanan akademik, tuntutan tugas, dan masalah sosial. Strategi koping yang efektif dan regulasi diri yang baik dapat membantu mahasiswa mengelola stres dan meningkatkan kesejahteraan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara strategi koping dan regulasi diri dengan tingkat stres pada mahasiswa/i Profesi Ners Institut Citra Internasional tahun 2024. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif pendekatan korelasional dengan sampel 64 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang mengukur strategi koping, regulasi diri, dan tingkat stres. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara strategi koping dan tingkat stres, dengan nilai signifikan ρ-value 0,004 (ρ < 0,05). Hasil ini mengindikasikan bahwa semakin baik strategi koping yang diterapkan mahasiswa, semakin rendah tingkat stres yang dialami. Selain itu, regulasi diri juga terbukti berhubungan signifikan dengan tingkat stres, dengan nilai signifikan ρ-value 0,001 (ρ < 0,05), yang menunjukkan bahwa kemampuan regulasi diri yang baik dapat membantu mahasiswa dalam mengelola stres akademik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi koping yang adaptif dan regulasi diri yang baik dapat secara signifikan menurunkan tingkat stres mahasiswa, sehingga penting untuk mendukung kesejahteraan mental mereka.

References

Adawiyah, D.P.R (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap kepercayaan diri remaja di kabupaten sampang. Jurnal komunikasi, 14(2), 135-148.

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2020). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40–47.

Andriyani, J. (2014). Coping stress pada wanita karier yang berkeluarga. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 20(2).

Anggita, Imas Masturoh dan Nauri. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta.

Ariviana, I. S., Wuryaningsih, E.. W., & Kurniyawan, E.. H. (2021). Tingkat stres, ansietas, dan depresi mahasiswa profesi ne.rs 19. Jurnal Ilmu Ke.pe.rawatan Jiwa, 4(4), 741-752.

Bandura, A. (2020). Self Eficacy: thee.xerciseof control. New York: Freeman

Chairani, L. S., Latifah, M., & Muflikhati, I. (2023). Kesejahteraan Psikologis Kecerdasan Emosional, Dukungan Sosial, Dan Strategi Koping. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 15(2), 328-342.

Derang, I., Barus, M., & Manurung, E. M. (2024). Hubungan Strategi Koping dengan Tingkat Stres Mahasiswa Ners Saat Praktik Klinik Perdana Di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2023. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 3477-3490.

De.vi, H., Nursalam and Hidayati, L. (2020) ‘Burnout Syndrom Mahasiswa Profesi Ners Be.rdasarkan Analisis Faktor Stresso., Relational Meaning dan Co.ping Strate.gy’, Jurnal Ners, 8(2), pp. 175–182. Facione., P. A. (2020) ‘Critical Thinking : A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction’, E.xecutive Summary”

Djoar, R. K., & Anggarani, A. P. M. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stress Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir. Jambura Health And Sport Journal, 6(1), 52-59.

Fakhri, N., Firdaus, F., & Bucho.ri, S. (2023, November). Psikoedukasi Manajemen Stres pada Pegawai UPT Puskesmas Somba Opu Kabupaten Gowa. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Makassar.

Fatia, D. N., Khairunida, D., Salsabila, K., Putri, R. R., De.wi, D. P. P., Yulia, C., & Syarkawi, A. e.t.al (2024). Analisis Coping Mechanism Mahasiswa Tingkat Akhir Uhamka Dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Mahasiswa Bk An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 10(2), 72-84.

Hamenda, T. F., Moo, S., Hunowu, R., & Soeli, Y. M. (2022). Pengembangan Deteksi Dini Gangguan Kesehatan Jiwa Dengan Mental Health Screening Berbasis Aplikasi Android Untuk Masyarakat Pesisir Pantai Desa Ponelo. Jambura Nursing Journal. Januari, 4(1), 16-21.

Hasanuddin, Y. Q. (2021). Perbedaan Re.gulasi Diri Pada Perilaku Berkendara Positif Pengendara Sepeda Motor Mahasiswa S1 Universitas Hasanuddin (Doctoral Dissertation, Universitas Hasanuddin).

Jiwa, T. G. G. (2024). BAB 6. KEPERAWATAN JIWA, 52.

Kumala, K. H., & Darmawanti, I. (2022). Strategi Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Dengan Banyak Peran. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 19-29.

Kupriyanov, R., & Zhdanov, R. (2014). The eustress concept: Problems and outlooks. World Journal of Medical Sciences, 11(2), 10.5829/idosi.wjms. 2014.11.2.8433

Lazarus, R. S. (1999). Stress and emotion. New York: Springer Publishing Company.

Luan, E.. D., Bintoro., W., & Putra, F. A. (2016). Hubungan Stres Belajar Dengan Strategi Coping Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Sahid Surakarta).

Mahutri, L., E.o.h, J. A. N., Mo.o.y, M. N. S., Paula, V., & Silito.nga, E.. (2022). Gambaran Mekanisme Koping Stres pada Mahasiswa Profesi Keperawatan di Satu Universitas Swasta Indonesia Barat. Jurnal Keperawatan, 14(2), 93-100.

Maramis, J. R., & Mo.kalu, V. V. (2021). Hubungan kecerdasan emosional dengan mekanisme koping pada mahasiswa tingkat akhir profesi ners Universitas Klabat. Klabat J.urnal o.f Nursing, 3(2), 36–42.

Milla Dunna, (2023). Hubungan Antara Tingkat Stre.s Dan Strate.gi Ko.ping Mahasiswa Be.ke.rja Se.bagai Pe.rawat (Do.cto.ral Disse.rtatio.n, Unive.rsitas Islam Sultan Agung Se.marang).

Muhammad, T. A. (2020). Makna Kagi Dalam Shooto-shooto Ai no Kagi Karya Hoshi Shinichi: Analisis Struktural (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

Nelwati, Mcke.nna, L. and Plumme.r, V. (2022) ‘Indonesian student nurse.s ’perceptions of stress in clinical learning : A phenomenological study’, 3(5), pp. 56 65. doi: 10.5430/jnepv3n5p56.

Nursalam (2021) Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. 4th edn Edited by A. Suslia. Salemba Medika.

Puspitasari, D. A. and Handayani, M. (2020) ‘Hubungan Tingkat Se.lf-E.fficacy Inklusif di Surabaya’, 3(1), pp. 59–68.

Puwanto., N. A. (2020). Keefektifan Belajar Mandiri Mahasiswa Program Studi keperawatan.

Saputra, D. A. (2023). Hubungan Tingkat Stres Dengan Mekanisme Koping Pada Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Praktek Belajar Klinik (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Safari, T. & Saputra, NE. (2009). Manajemen Emosi. Jakarta: Bumi Aksara.

Saragih, S. A. (2017). Hubungan Antara Se.lf-E.fficacy Dan Dukungan So.sial De.ngan Co.ping Stre.ss Pada Pe.tani Ho.rtikultura Dalam Me.nge.lo.la Usaha Tani Di Saribudo.lo.k.

Schaie., K. W., & Carstense.n, L. L. (2020). Social Structure., Aging, and Self Regulation in The Elderly. New York: Springter Publishing Company. pe.ndidikan Anak Usia Dini Universitas Terbuka UPB]] Yogyakarta. Depdikbud: Universitas Terbuka.

Sundberg,D.N. (2007). Psikologi Klinis,Edisi keempat.Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Shanmugam, G. (2021) ‘Impact Of Stress On Nursing Students’, International Journal of Innovative Research and Advanced Studies, 4(4), pp. 107–110.

Usraleli, U., Melly, M., & Deliana, R. (2020). Hubungan strategi koping dengan tingkat stres mahasiswa poltekkes kemenkes riau yang menyusun skripsi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 967-970.

Waitz, Grete; Stromme, Sigmund; Railo, Willi S. 1983. Conquer Stress with Grete Waitz, (terjemahan Sinta A. W). Bandung: Angkasa.

Zimmerman, B. J. (2020). Self regulated learning and academic achievment: an overview. Educational Psychlogist, 25(1), 3-17.

Downloads

Published

2025-03-25

Issue

Section

Articles