EFEKTIVITAS INTERVENSI TERAPI WICARA BERBASIS BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF PADA ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER DI SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.41401Keywords:
Autism spectrum disorder, bahasa reseptif, Bermain, intervensi terapi wicaraAbstract
Bahasa merupakan komponen utama dalam komunikasi. Anak dengan Autism Spectrum Disorder memiliki beberapa hambatan, salah satunya adalah hambatan perkembangan bahasa. Aktivitas bermain dapat membantu dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak Autism Spectrum Disorder karena dengan bermain dapat menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga anak tertarik dengan proses terapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah intervensi terapi wicara berbasis bermain efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak Autism Spectrum Disorder di Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan metode eksperimental yaitu membandingkan kemampuan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) perlakuan. Teknik pengambilan data menggunakan teknik Purposive sampling dengan jumlah responden 15 siswa di SLB Autis Alamanda dan SLB Autis Harmony. Alat yang digunakan dalam pengambilan data pada penelitian ini adalah mainan edukasi anak terdiri dari miniatur, puzzle, dan flash card. Dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji statistik Wilcoxon. Hasil analisis diperoleh nilai diperoleh nilai p (sig) 0,000 yang berarti p <0,05 yang berarti Ha diterima. Selisih nilai kemampuan bahasa reseptif sebelum dan sesudah diterapkan intervensi berbasis bermain adalah 1. Terdapat perbedaan kemampuan bahasa reseptif sebelum dan sesudah intervensi terapi wicara berbasis bermain. Intervensi terapi wicara berbasis bermain efektif dalam meninngkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak Autism Spectrum Disorder.References
Adi, P. N. (2020). upaya menigkatkan bicara anak autis melalui pendekatan floortime. 2507(February), 1–9.
Amalia, R., & Sa’ida, A. Y. N. (2023). Peran Bimbingan Konseling dalam Intervensi Anak Autis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7618–7622. http://anthor.org/index.php/anthor/article/view/212%0Ahttp://anthor.org/index.php/anthor/article/download/212/160
Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516
Christyastari, W., & Rusmawan. (2023). Interaksi Sosial Siswa Autis Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 127–138. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2406
Dini, A. U., Husaini, Q. M., & Hasanah, N. S. (2024). Jurnal Pendidikan Islam Implementasi Pengembangan Kemampuan Penggabungan Belajar Anak Reguler Dan Anak Autism Spectum Disorder ( ASD ) ( Studi Kasus di PAUD Inklusi Family Club Kabupaten Cianjur ). 01(01).
Fernando, F. (2021). Bimbingan Dan Layanan Terapi Pada Anak Autis. Qalam: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 59–69. https://doi.org/10.57210/qlm.v2i1.55
Gibson, J. L., Pritchard, E., & de Lemos, C. (2021). Play-based interventions to support social and communication development in autistic children aged 2–8 years: A scoping review. Autism and Developmental Language Impairments, 6. https://doi.org/10.1177/23969415211015840
Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21
Iskandar, S., & Indaryani. (2019). Efektivitas Terapi Bermain Assosiatif Terhadap Kemampuan Motorik Pada Anak Autis. Journal of Nursing and Public Health, 7(2), 72–76. https://doi.org/10.37676/jnph.v7i2.889
Katilik, A. N., & Djie, J. A. (2022). Penerapan Pendekatan Orff-Schulwerk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Autism Spectrum Disorder ( ASD ) dalam Pembelajaran Instrumen Ritmis Sederhana. Seni Musik, 12(1), 91–109.
Lestari, R. P., & Sholichah, I. M. A. F. (2023). efektivitas terapi bermain flash card untuk meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak autism spectrum disorder. 2020, 80–89.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Megawati, V. L., Sani, Y., & Wardany, O. F. (2021). Efektivitas Child-Centered Play Therapy Untuk Meningkatkan Kemampuan Kontak Mata Pada Anak Autism Spectrum Disorder Di Pklk …. Sneed Journal, 1, 9–16. http://www.journal.uml.ac.id/SJ/article/view/608
Mottron, L. (2020). Autism spectrum disorder. Handbook of Clinical Neurology, 174, 127–136. https://doi.org/10.1016/B978-0-444-64148-9.00010-7
Mulyani, S., Musfiroh, M., & Nefihancoro, udi heru. (2021). The Effectivity of Playing Therapy on Communication and Social Development on Autistic Children. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 9(2), 62. https://doi.org/10.20961/placentum.v9i2.52835
Mulyaningtyas, R. (2019). Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak Stimulasi Dalam Memaksimalkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 3(1), 161–186. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/75213110/pdf-libre.pdf?1637931062=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DStimulasi_Dalam_Memaksimalkan_Kemampuan.pdf&Expires=1715010464&Signature=QHfC9pdBqxvpYCKylWS5a3uxnE5LH0yTGRFphqoBy468107LMMLqFIaRj8p
Novita, D., Wilson, A., & Sutrisno, S. (2023). Implementasi Permainan Puzzle terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(1), 163. https://doi.org/10.30998/sap.v8i1.17162
Novitawati, M., Admodiwirjo, E. T., & Basaria, D. (2018). Efektifitas Child Centered Play Therapy Untuk Meningkatkan Kemampuan Joint Attention Pada Anak Autism Spectrum Disorder. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 360. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.922
Paseno, M. M., Madu, Y. G., Irwandy, F., Nikolas, A. K., & Parumpa, A. (2022). Pengaruh Terapi Bermain Assosiatif Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Autis. Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 13(2), 219. https://doi.org/10.32382/jmk.v13i2.3095
Sirli, H., Rosika, ;, Megaswarie, N., Khusna, ;, Udhiyanasari, Y., Pgri, U., & Jember, A. (2023). Pengaruh Permainan Flascard terhadap Perkembangan Bahasa Siswa Autis Kelas 1 di SLB Dharma Asih Kraksaan. 174–203. http://prosiding.unipar.ac.id/index.php/seminalu
Syaprizal, M. P. (2021). Proses Pemerolehan Bahasa Pada Anak Muhammad Peri Syaprizal pemahaman dan ilmu pengetahuan . Sebagai simbol sebuah pemahaman , bahasa pertama yang sering kali disebut bahasa ibu . Pemerolehan bahasa merupakan sampai fasih berbahasa . Pemerolehan bahasa at. 1(2), 75–86.
Yusup, N. A., & Muryanti. (2022). Hubungan Intervensi Terapi Wicara Dengan Kemampuan Bahasa Anak Gangguan Pendengaran Di Boyolali. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.59686/jtwb.v1i1.16
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lina Dwi Cahyani, Windiarti Dwi Purnaningrum, Anggi Resina Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


