EFEKTIVITAS INTERVENSI TERAPI WICARA BERBASIS BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF PADA ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER DI SURAKARTA

Authors

  • Lina Dwi Cahyani Jurusan Terapi Wicara dan Bahasa
  • Windiarti Dwi Purnaningrum Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta
  • Anggi Resina Putri Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.41401

Keywords:

Autism spectrum disorder, bahasa reseptif, Bermain, intervensi terapi wicara

Abstract

Bahasa merupakan komponen utama dalam komunikasi. Anak dengan Autism Spectrum Disorder memiliki beberapa hambatan, salah satunya adalah hambatan perkembangan bahasa. Aktivitas bermain dapat membantu dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak Autism Spectrum Disorder karena dengan bermain dapat menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga anak tertarik dengan proses terapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah intervensi terapi wicara berbasis bermain efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak Autism Spectrum Disorder di Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan metode eksperimental yaitu membandingkan kemampuan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) perlakuan. Teknik pengambilan data menggunakan teknik  Purposive sampling dengan jumlah responden 15 siswa di SLB Autis Alamanda dan SLB Autis Harmony. Alat yang digunakan dalam pengambilan data pada penelitian ini adalah mainan edukasi anak terdiri dari miniatur, puzzle, dan flash card. Dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji statistik Wilcoxon. Hasil analisis diperoleh nilai diperoleh nilai p (sig) 0,000 yang berarti p <0,05 yang berarti Ha diterima. Selisih nilai kemampuan bahasa reseptif sebelum dan sesudah diterapkan intervensi berbasis bermain adalah 1. Terdapat perbedaan kemampuan bahasa reseptif sebelum dan sesudah intervensi terapi wicara berbasis bermain. Intervensi terapi wicara berbasis bermain efektif dalam meninngkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak Autism Spectrum Disorder.

References

Adi, P. N. (2020). upaya menigkatkan bicara anak autis melalui pendekatan floortime. 2507(February), 1–9.

Amalia, R., & Sa’ida, A. Y. N. (2023). Peran Bimbingan Konseling dalam Intervensi Anak Autis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7618–7622. http://anthor.org/index.php/anthor/article/view/212%0Ahttp://anthor.org/index.php/anthor/article/download/212/160

Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516

Christyastari, W., & Rusmawan. (2023). Interaksi Sosial Siswa Autis Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 127–138. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2406

Dini, A. U., Husaini, Q. M., & Hasanah, N. S. (2024). Jurnal Pendidikan Islam Implementasi Pengembangan Kemampuan Penggabungan Belajar Anak Reguler Dan Anak Autism Spectum Disorder ( ASD ) ( Studi Kasus di PAUD Inklusi Family Club Kabupaten Cianjur ). 01(01).

Fernando, F. (2021). Bimbingan Dan Layanan Terapi Pada Anak Autis. Qalam: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 59–69. https://doi.org/10.57210/qlm.v2i1.55

Gibson, J. L., Pritchard, E., & de Lemos, C. (2021). Play-based interventions to support social and communication development in autistic children aged 2–8 years: A scoping review. Autism and Developmental Language Impairments, 6. https://doi.org/10.1177/23969415211015840

Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21

Iskandar, S., & Indaryani. (2019). Efektivitas Terapi Bermain Assosiatif Terhadap Kemampuan Motorik Pada Anak Autis. Journal of Nursing and Public Health, 7(2), 72–76. https://doi.org/10.37676/jnph.v7i2.889

Katilik, A. N., & Djie, J. A. (2022). Penerapan Pendekatan Orff-Schulwerk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Autism Spectrum Disorder ( ASD ) dalam Pembelajaran Instrumen Ritmis Sederhana. Seni Musik, 12(1), 91–109.

Lestari, R. P., & Sholichah, I. M. A. F. (2023). efektivitas terapi bermain flash card untuk meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak autism spectrum disorder. 2020, 80–89.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Megawati, V. L., Sani, Y., & Wardany, O. F. (2021). Efektivitas Child-Centered Play Therapy Untuk Meningkatkan Kemampuan Kontak Mata Pada Anak Autism Spectrum Disorder Di Pklk …. Sneed Journal, 1, 9–16. http://www.journal.uml.ac.id/SJ/article/view/608

Mottron, L. (2020). Autism spectrum disorder. Handbook of Clinical Neurology, 174, 127–136. https://doi.org/10.1016/B978-0-444-64148-9.00010-7

Mulyani, S., Musfiroh, M., & Nefihancoro, udi heru. (2021). The Effectivity of Playing Therapy on Communication and Social Development on Autistic Children. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 9(2), 62. https://doi.org/10.20961/placentum.v9i2.52835

Mulyaningtyas, R. (2019). Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak Stimulasi Dalam Memaksimalkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 3(1), 161–186. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/75213110/pdf-libre.pdf?1637931062=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DStimulasi_Dalam_Memaksimalkan_Kemampuan.pdf&Expires=1715010464&Signature=QHfC9pdBqxvpYCKylWS5a3uxnE5LH0yTGRFphqoBy468107LMMLqFIaRj8p

Novita, D., Wilson, A., & Sutrisno, S. (2023). Implementasi Permainan Puzzle terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(1), 163. https://doi.org/10.30998/sap.v8i1.17162

Novitawati, M., Admodiwirjo, E. T., & Basaria, D. (2018). Efektifitas Child Centered Play Therapy Untuk Meningkatkan Kemampuan Joint Attention Pada Anak Autism Spectrum Disorder. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 360. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.922

Paseno, M. M., Madu, Y. G., Irwandy, F., Nikolas, A. K., & Parumpa, A. (2022). Pengaruh Terapi Bermain Assosiatif Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Autis. Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 13(2), 219. https://doi.org/10.32382/jmk.v13i2.3095

Sirli, H., Rosika, ;, Megaswarie, N., Khusna, ;, Udhiyanasari, Y., Pgri, U., & Jember, A. (2023). Pengaruh Permainan Flascard terhadap Perkembangan Bahasa Siswa Autis Kelas 1 di SLB Dharma Asih Kraksaan. 174–203. http://prosiding.unipar.ac.id/index.php/seminalu

Syaprizal, M. P. (2021). Proses Pemerolehan Bahasa Pada Anak Muhammad Peri Syaprizal pemahaman dan ilmu pengetahuan . Sebagai simbol sebuah pemahaman , bahasa pertama yang sering kali disebut bahasa ibu . Pemerolehan bahasa merupakan sampai fasih berbahasa . Pemerolehan bahasa at. 1(2), 75–86.

Yusup, N. A., & Muryanti. (2022). Hubungan Intervensi Terapi Wicara Dengan Kemampuan Bahasa Anak Gangguan Pendengaran Di Boyolali. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 1(1), 25–32. https://doi.org/10.59686/jtwb.v1i1.16

Downloads

Published

2025-03-26

Issue

Section

Articles