HUBUNGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS DENGAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Authors

  • Theresia Angelica Rambu Program Studi Pendidikan Kedokteran, FK Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Noer Saelan Tadjudin , Bagian Kedokteran Jiwa, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.41321

Keywords:

GPPH, ASRS-5, Indeks Prestasi

Abstract

Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH) adalah gangguan perkembangan saraf kronis yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Penderitanya sering mengalami kurang konsentrasi, sulit menyelesaikan tugas, dan pelupa. Pada mahasiswa, GPPH dapat mengganggu interaksi sosial, kualitas belajar, dan menurunkan Indeks Prestasi (IP).  Tujuan: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas dengan tingkat Indeks Prestasi Semester mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2021. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan kuesioner Adult ADHD Self Report Scale For DSM-5 (ASRS-5) yang disebarkan daring melalui google form. Data penelitian ini dikelola dengan menggunakan desain penelitian cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik Non-Random Consecutive sampling. Jumlah responden yang mengisi kuesioner sebanyak 200 orang. Responden dengan skor prediksi risiko GPPH tinggi dengan IP baik (>3.5) sebanyak 3 orang, responden dengan skor prediksi risiko GPPH tinggi dengan IP cukup baik (<3.5) sebanyak 36 orang, responden dengan skor prediksi risiko GPPH rendah dengan IP baik (>3.5) sebanyak 54 orang dan responden dengan skor prediksi risiko GPPH rendah dengan IP cukup baik (<3.5) sebanyak 107 orang. Data yang dianalisis dengan uji statistik fisher exact test dengan bantuan aplikasi komputer SPSS didapatkan nilai p-value <0,05 = 0,001; CI 95% = 0,076 - 0,695. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka didapatkan hubungan yang signifikan antara GPPH dengan IP mahasiswa mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2021.

References

Alrahili, N., Aldakheel, A., AlUbied, A., Almalki, A., AlBarrak, A., Al-Dosari, B., Alhemaidi, W., Alamro, A., & Alageel, A. (2019). Prevalence of Adult Attention Deficit Hyperactivity Disorder among medical students in Riyadh City. International Journal of Medicine in Developing Countries, 246–251. https://doi.org/10.24911/IJMDC.51-1543855405

Alsafar, F. A., Alsaad, A. J., & Albukhaytan, W. A. (2024). Prevalence of adult attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) among medical students in the Eastern Province of Saudi Arabia. Saudi Medical Journal, 45(4), 397–404. https://doi.org/10.15537/smj.2024.45.4.20230841

Aprilia, E., & Oktaria, D. (2017). Kemampuan Akademik Penderita Attention Deficit – Hyperactivity Disorder (ADHD) pada Tingkat Perguruan Tinggi. Jurnal Majority, 7(1), Article 1. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/1764

CDC. (2021, Januari 26). What is ADHD? Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/ncbddd/adhd/facts.html

Koutsoklenis, A., & Honkasilta, J. (2023). ADHD in the DSM-5-TR: What has changed and what has not. Frontiers in Psychiatry, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2022.1064141

Rahmawati, E. (t.t.). FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG 2016.

Sadock, B. J., Sadock, V. A., & Ruiz, P. (2015). Kaplan & Sadock’s synopsis of psychiatry: Behavioral sciences/clinical psychiatry (Eleventh edition). Wolters Kluwer.

Sihite, D. R. D. B., & Pratiwi, N. (2018). ANALISIS JALUR TERHADAP FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA. Jurnal Statistika Industri Dan Komputasi, 3(01), Article 01. https://doi.org/10.34151/statistika.v3i01.1083

Taylor, C. L., & Zaghi, A. E. (2022). The interplay of ADHD characteristics and executive functioning with the GPA and divergent thinking of engineering students: A conceptual replication and extension. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.937153

Ustun, B., Adler, L. A., Rudin, C., Faraone, S. V., Spencer, T. J., Berglund, P., Gruber, M. J., & Kessler, R. C. (2017). The World Health Organization Adult Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder Self-Report Screening Scale for DSM-5. JAMA Psychiatry, 74(5), 520–527. https://doi.org/10.1001/jamapsychiatry.2017.0298

Downloads

Published

2025-03-16

Issue

Section

Articles