HUBUNGAN ANTARA DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA UNIT RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT GRHA PERMATA IBU TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.41268Keywords:
dimensi kualitas pelayanan, kepuasan pasien, kualitas pelayananAbstract
Hasil rekapitulasi angket kepuasan pasien dalam bentuk excel per satu bulan pada periode Desember tahun 2023 – Februari tahun 2024 dimana pada unit rawat jalan 3 bulan terakhir belum mencapai standar Indikator Nasional Mutu yaitu bulan Desember tahun 2023 sebesar 52,34% dengan pengisian angket yang mewakili hanya 0,0279%, bulan Januari tahun 2024 sebesar 89,84% dengan pengisian angket yang mewakili hanya 0,0125% dan bulan Februari sebesar 61,11% dengan pengisian angket yang mewakili hanya 0,062%. Selanjutnya, pasien juga menyampaikan ketidakpuasan mengenai layanan yang diterima melalui kolom masukan & saran pada angket serta ulasan google review seperti perawat dan dokter yang kurang maksimal dalam menangani karena terlalu banyak pasien, dan dokter yang tidak datang sesuai jam praktik, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada unit rawat jalan di Rumah Sakit Grha Permata Ibu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan kualitas pelayanan pada dimensi bukti fisik (p=0,000), kehandalan (p=0,000), dan daya tanggap (p=0,000) terhadap kepuasan pasien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan pada dimensi bukti fisik, kehandalan, dan daya tanggap terhadap kepuasan pasien pada unit rawat jalan di rumah sakit grha permata ibu dengan nilai p<0,05.References
Al Rajab, M., & Andilah, S. (2023). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 18(1), 73. https://doi.org/10.35842/mr.v18i1.850
Amir Mahmud. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan. Mirai Management, 7(2 (2022)), 104–119.
Anwary, A. Z. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Durian Gantang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(1), 397–409. https://doi.org/10.33859/dksm.v11i1.627
Asmirati Yakob, Lina Alfiyani, Yuli Kusumawati, Avi Arya Buana Jaya Putra, & Kristofara Karolina Kewa. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Paru Manguharjo Madiun Tahun 2023. Jurnal Ventilator, 1(4), 314–322. https://doi.org/10.59680/ventilator.v1i4.785
Astuti, T. (2022). Analisis Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan. 44(44), 1–6. https://sipora.polije.ac.id/12443/
Camala, A., Marwati, T. A., & Akrom, A. (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Keperawatan Ruang Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara di Masa Pandemi Covid-19. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 2443. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i2.5593
Fakhsiannor. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Batumandi Kabupaten Balangan Tahun 2021 Relationship of Quality of Health Services With Outpatient Patient Satisfaction At Batumandi Puskesmas , Balangan Regency in 2021. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 180–185.
Gultom, R. J., Nababan, D., Sipayung, R., & ... (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Di Rumah Sakit Bhayangkara Tk III Tebing Tinggi. Journal of Healthcare …, 7(2), 1281–1298. http://jurnal.uui.ac.id/index.php/JHTM/article/view/1671
Kaka, W. A., Wartiningsih, M., & Ritunga, I. (2024). Hubungan Kualitas Layanan Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kori Kabupaten Sumba Barat Daya. Jurnal,Prepotif Masyarakat Kesehatan, 8(1), 1–9.
Najib, K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Saptosari Gunungkidul D.I. Yogyakarta. Manajemen, Bisnis Dan Ekonomi, 1(1), 35. https://doi.org/10.26798/manise.v1i1.666
Nuraini, A., Nurmawati, I., Wijayanti, R. A., & Rachmawati, E. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Dringu Kabupaten Probolinggo. J-REMI : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 2(4), 471–480. https://doi.org/10.25047/j-remi.v2i4.2310
Pakpahan, E. L. E., Wahab, A., Debora, C., Hasibuan, A. M., & Sinaga, E. (2023). Hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan ruangan poliklinik penyakit dalam. Jurnal Kesmas Prima Indonesia, 6(2), 38–43. https://doi.org/10.34012/jkpi.v6i2.3369
Puji, L. K. R., Ismaya, N. A., & Ulfa, U. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Inap RS Bhineka Bakti Husada. Edu Masda Journal, 4(2), 167. https://doi.org/10.52118/edumasda.v4i2.107
Sari, T. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Dirumah Sakit. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(1), 53–59. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Wansaga, Y., Rudolf, F., Maramis, R., & Wowor, R. E. (2020). Kualitas Jasa Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Penyakit Dalam. IndonesianJournal of Public Healthand Community Medicine, 1, 7–12.
Yuliana, Marchamah, D., & Desty, R. (2024). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas X Kabupaten Grobogan. Termometer : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 2(1), 235–246. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Termometer/article/view/2843
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salsabila Azzahra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


