FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS LHANG KECAMATAN SETIA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.41053Keywords:
karakteristik, kepuasan pasien rawat jalan, mutu pelayanan kesehatanAbstract
Pelayanan kesehatan merupakan salah satu komponen dalam sistem kesehatan nasional yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kualitas pelayanan kesehatan perlu ditingkatkan karena kebutuhan masyarakat atau perorangan terhadap kesehatan yang sesuai dengan standar dan memuaskan sesuai dengan norma dan etika yang baik sehingga masyarakat merasakan puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lhang Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2024. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini seluruh pasien rawat jalan di Puskesmas Lhang Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dan diperoleh sampel sebanyak 99 orang responden. Penelitian ini telah dilakukan pada tanggal 03 - 26 Januari Tahun 2024. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan angket sebagai instrumen penelitian, selanjutnya dilakukan analisis data dengan uji chi-square menggunakan SPSS. Dari hasil uji chi-square diketahui bahwa ada hubungan antara umur (p-value 0,036), pendidikan (p- value=0,030), pekerjaan (p-value=0,004), jenis kelamin (p-value=0,020), mutu pelayanan kesehatan (p- value=0,007), waktu tunggu puskesmas (p-value=0,008), frekuensi kunjungan (p-value=0,039), lama menderita penyakit (p-value=0,005) dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lhang Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2024. semua variabel yang diteliti memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lhang. Disarankan kepada Pihak Puskesmas agar lebih memperhatikan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat, agar kepuasaan masyarakat terhadap palayanan yang diberikan oleh Puskesmas Lhang dapat meningkat.References
Anjaryani, WD (2019). Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang
Chaerani, N. (2021). Kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan makanan di ruang rawat inap RS Dr. M. Hoesin Palembang tahun 2001 (Tesis). Universitas Indonesia.
Anjaryani, WD (2019). Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang
Apriyanti, IR, & Hestyana, I. (2018). Hubungan antara prosedur pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, dan kenyamanan lingkungan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Kramatwatu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Terapan
Chaerani, N. (2021). Kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan makanan di ruang rawat inap RS Dr. M. Hoesin Palembang tahun 2001 (Tesis). Universitas Indonesia.
Deliana, D., Rachmawaty, M., Noer, A., Agushtia, M., Pratiwi, CD, Rumayar, AA, Mandagi, CKF, & dkk. (2020). Hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pada masa COVID-19. Kesmas
Dewi, M. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS pada rumah sakit rehabilitasi medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen dan Keuangan
Dwidyaniti, W., Wijaya, GS, & Wijaya, IPG (2019). Hubungan antara persepsi daya tanggap dan persepsi empati dengan kepuasan pasien di RSUD Wangaya Denpasar. Arsip Kesehatan Masyarakat dan Pengobatan Pencegahan.
Hardono. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pasien rawat inap dalam menggunakan jasa. Jurnal Ilmu Manajemen
Hartono, RK (2022). Tingkat ekuitas kepemilikan asuransi kesehatan di Indonesia. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional
Herman, Sudirman, & Nizmayanun. (2017). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala. Pencegahan: Jurnal Kesehatan Masyarakat
Meliala, AS (2018). Analisis pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSU Mitra Sejati Medan. Jurnal Rekam Medik.
Mudlikah, S., Indrawati, L., Mulyani, E., & Handajani, DO (2020). Hubungan antara kepuasan pasien dengan minat penggunaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Pegantenan Pamekasan. J Kebidanan Kebidanan.
Nur Rofiah. (2019). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Rantang Kecamatan Medan Petisah (Disertasi). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Nur'aini. (2019). Pengaruh daya tanggap dan empati para medis terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Demang Sepulau Raya. Jurnal Simpleks.
Nursalam. (2018). Metodologi penelitian ilmu kesehatan . Rinneka Cipta. Gurusinga, R. (2020). Hubungan antara pelayanan kesehatan dan sikap petugas kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Jurnal Kesmas dan Gizi.
Rangkuti, F. (2018). Kepuasan layanan pelanggan & call center . Kompas Gramedia. Gurning, PF (2018). Dasar administrasi dan kebijakan kesehatan masyarakat . K-Media.
Sinaga, PJ, Rambey, H., Bangu, MS, & Saputri, NI (2021). Implementasi strategi peningkatan kepuasan pasien di Rumah Sakit Grandmed Lubuk Pakam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Sudaryono. (2016). Membangun loyalitas pelanggan melalui peningkatan kepuasan dengan pemasok (studi empiris pada perusahaan-perusahaan apotik di kota Semarang) (Disertasi). Universitas Diponegoro.
Syafaruddin, & Syukur. (2019). Analisis kualitas pelayanan kesehatan pada unit gawat darurat Rumah
Togas, J. (2012). Analisis tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan instalasi farmasi di RSUD Wanane Kabupaten Sorong dengan metode servqual. Farmasi.
Deliana, D., Rachmawaty, M., Noer, A., Agushtia, M., Pratiwi, CD, Rumayar, AA, Mandagi, CKF, & dkk. (2020). Hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pada masa COVID-19. Kesmas
Dewi, M. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS pada rumah sakit rehabilitasi medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen dan Keuangan
Dwidyaniti, W., Wijaya, GS, & Wijaya, IPG (2019). Hubungan antara persepsi daya tanggap dan persepsi empati dengan kepuasan pasien di RSUD Wangaya Denpasar. Arsip Kesehatan Masyarakat dan Pengobatan Pencegahan.
Rangkuti, F. (2018). Kepuasan layanan pelanggan & call center . Kompas Gramedia. Gurning, PF (2018). Dasar administrasi dan kebijakan kesehatan masyarakat . K-Media.
Hardono. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pasien rawat inap dalam menggunakan jasa. Jurnal Ilmu Manajemen
Hartono, RK (2022). Tingkat ekuitas kepemilikan asuransi kesehatan di Indonesia. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional
Herman, Sudirman, & Nizmayanun. (2017). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala. Pencegahan: Jurnal Kesehatan Masyarakat
Apriyanti, IR, & Hestyana, I. (2018). Hubungan antara prosedur pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, dan kenyamanan lingkungan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Kramatwatu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Terapan
Togas, J. (2012). Analisis tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan instalasi farmasi di RSUD Wanane Kabupaten Sorong dengan metode servqual. Farmasi.
Meliala, AS (2018). Analisis pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSU Mitra Sejati Medan. Jurnal Rekam Medik.
Mudlikah, S., Indrawati, L., Mulyani, E., & Handajani, DO (2020). Hubungan antara kepuasan pasien dengan minat penggunaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Pegantenan Pamekasan. J Kebidanan Kebidanan.
Nur Rofiah. (2019). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Rantang Kecamatan Medan Petisah (Disertasi). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Nur'aini. (2019). Pengaruh daya tanggap dan empati para medis terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Demang Sepulau Raya. Jurnal Simpleks.
Nursalam. (2018). Metodologi penelitian ilmu kesehatan . Rinneka Cipta. Gurusinga, R. (2020). Hubungan antara pelayanan kesehatan dan sikap petugas kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Jurnal Kesmas dan Gizi.
Sinaga, PJ, Rambey, H., Bangu, MS, & Saputri, NI (2021). Implementasi strategi peningkatan kepuasan pasien di Rumah Sakit Grandmed Lubuk Pakam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Sudaryono. (2016). Membangun loyalitas pelanggan melalui peningkatan kepuasan dengan pemasok (studi empiris pada perusahaan-perusahaan apotik di kota Semarang) (Disertasi). Universitas Diponegoro.
Syafaruddin, & Syukur. (2019). Analisis kualitas pelayanan kesehatan pada unit gawat darurat Rumah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 irawati irawati, Agustina Agustina, Wardiati Wardiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


