FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS LHANG KECAMATAN SETIA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

Authors

  • irawati irawati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Agustina Agustina Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Wardiati Wardiati Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.41053

Keywords:

karakteristik, kepuasan pasien rawat jalan, mutu pelayanan kesehatan

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu komponen dalam sistem kesehatan nasional yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kualitas pelayanan kesehatan perlu ditingkatkan karena kebutuhan masyarakat atau perorangan terhadap kesehatan yang sesuai dengan standar dan memuaskan sesuai dengan norma dan etika yang baik sehingga masyarakat merasakan puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lhang Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2024. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini seluruh pasien rawat jalan di Puskesmas Lhang Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dan diperoleh sampel sebanyak 99 orang responden. Penelitian ini telah dilakukan pada tanggal 03 - 26 Januari Tahun 2024. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan angket sebagai instrumen penelitian, selanjutnya dilakukan analisis data dengan uji chi-square menggunakan SPSS. Dari hasil uji chi-square diketahui bahwa ada hubungan antara umur (p-value 0,036), pendidikan (p- value=0,030), pekerjaan (p-value=0,004), jenis kelamin (p-value=0,020), mutu pelayanan kesehatan (p- value=0,007), waktu tunggu puskesmas (p-value=0,008), frekuensi kunjungan (p-value=0,039), lama menderita penyakit (p-value=0,005) dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lhang Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2024. semua variabel yang diteliti memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lhang. Disarankan kepada Pihak Puskesmas agar lebih memperhatikan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat, agar kepuasaan masyarakat terhadap palayanan yang diberikan oleh Puskesmas Lhang dapat meningkat.

References

Anjaryani, WD (2019). Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang

Chaerani, N. (2021). Kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan makanan di ruang rawat inap RS Dr. M. Hoesin Palembang tahun 2001 (Tesis). Universitas Indonesia.

Anjaryani, WD (2019). Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang

Apriyanti, IR, & Hestyana, I. (2018). Hubungan antara prosedur pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, dan kenyamanan lingkungan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Kramatwatu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Terapan

Chaerani, N. (2021). Kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan makanan di ruang rawat inap RS Dr. M. Hoesin Palembang tahun 2001 (Tesis). Universitas Indonesia.

Deliana, D., Rachmawaty, M., Noer, A., Agushtia, M., Pratiwi, CD, Rumayar, AA, Mandagi, CKF, & dkk. (2020). Hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pada masa COVID-19. Kesmas

Dewi, M. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS pada rumah sakit rehabilitasi medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen dan Keuangan

Dwidyaniti, W., Wijaya, GS, & Wijaya, IPG (2019). Hubungan antara persepsi daya tanggap dan persepsi empati dengan kepuasan pasien di RSUD Wangaya Denpasar. Arsip Kesehatan Masyarakat dan Pengobatan Pencegahan.

Hardono. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pasien rawat inap dalam menggunakan jasa. Jurnal Ilmu Manajemen

Hartono, RK (2022). Tingkat ekuitas kepemilikan asuransi kesehatan di Indonesia. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional

Herman, Sudirman, & Nizmayanun. (2017). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala. Pencegahan: Jurnal Kesehatan Masyarakat

Meliala, AS (2018). Analisis pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSU Mitra Sejati Medan. Jurnal Rekam Medik.

Mudlikah, S., Indrawati, L., Mulyani, E., & Handajani, DO (2020). Hubungan antara kepuasan pasien dengan minat penggunaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Pegantenan Pamekasan. J Kebidanan Kebidanan.

Nur Rofiah. (2019). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Rantang Kecamatan Medan Petisah (Disertasi). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Nur'aini. (2019). Pengaruh daya tanggap dan empati para medis terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Demang Sepulau Raya. Jurnal Simpleks.

Nursalam. (2018). Metodologi penelitian ilmu kesehatan . Rinneka Cipta. Gurusinga, R. (2020). Hubungan antara pelayanan kesehatan dan sikap petugas kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Jurnal Kesmas dan Gizi.

Rangkuti, F. (2018). Kepuasan layanan pelanggan & call center . Kompas Gramedia. Gurning, PF (2018). Dasar administrasi dan kebijakan kesehatan masyarakat . K-Media.

Sinaga, PJ, Rambey, H., Bangu, MS, & Saputri, NI (2021). Implementasi strategi peningkatan kepuasan pasien di Rumah Sakit Grandmed Lubuk Pakam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sudaryono. (2016). Membangun loyalitas pelanggan melalui peningkatan kepuasan dengan pemasok (studi empiris pada perusahaan-perusahaan apotik di kota Semarang) (Disertasi). Universitas Diponegoro.

Syafaruddin, & Syukur. (2019). Analisis kualitas pelayanan kesehatan pada unit gawat darurat Rumah

Togas, J. (2012). Analisis tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan instalasi farmasi di RSUD Wanane Kabupaten Sorong dengan metode servqual. Farmasi.

Deliana, D., Rachmawaty, M., Noer, A., Agushtia, M., Pratiwi, CD, Rumayar, AA, Mandagi, CKF, & dkk. (2020). Hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien pada masa COVID-19. Kesmas

Dewi, M. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS pada rumah sakit rehabilitasi medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen dan Keuangan

Dwidyaniti, W., Wijaya, GS, & Wijaya, IPG (2019). Hubungan antara persepsi daya tanggap dan persepsi empati dengan kepuasan pasien di RSUD Wangaya Denpasar. Arsip Kesehatan Masyarakat dan Pengobatan Pencegahan.

Rangkuti, F. (2018). Kepuasan layanan pelanggan & call center . Kompas Gramedia. Gurning, PF (2018). Dasar administrasi dan kebijakan kesehatan masyarakat . K-Media.

Hardono. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pasien rawat inap dalam menggunakan jasa. Jurnal Ilmu Manajemen

Hartono, RK (2022). Tingkat ekuitas kepemilikan asuransi kesehatan di Indonesia. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional

Herman, Sudirman, & Nizmayanun. (2017). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala. Pencegahan: Jurnal Kesehatan Masyarakat

Apriyanti, IR, & Hestyana, I. (2018). Hubungan antara prosedur pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, dan kenyamanan lingkungan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Kramatwatu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Terapan

Togas, J. (2012). Analisis tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap kualitas pelayanan instalasi farmasi di RSUD Wanane Kabupaten Sorong dengan metode servqual. Farmasi.

Meliala, AS (2018). Analisis pengaruh mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSU Mitra Sejati Medan. Jurnal Rekam Medik.

Mudlikah, S., Indrawati, L., Mulyani, E., & Handajani, DO (2020). Hubungan antara kepuasan pasien dengan minat penggunaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Pegantenan Pamekasan. J Kebidanan Kebidanan.

Nur Rofiah. (2019). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Rantang Kecamatan Medan Petisah (Disertasi). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Nur'aini. (2019). Pengaruh daya tanggap dan empati para medis terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Demang Sepulau Raya. Jurnal Simpleks.

Nursalam. (2018). Metodologi penelitian ilmu kesehatan . Rinneka Cipta. Gurusinga, R. (2020). Hubungan antara pelayanan kesehatan dan sikap petugas kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Jurnal Kesmas dan Gizi.

Sinaga, PJ, Rambey, H., Bangu, MS, & Saputri, NI (2021). Implementasi strategi peningkatan kepuasan pasien di Rumah Sakit Grandmed Lubuk Pakam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sudaryono. (2016). Membangun loyalitas pelanggan melalui peningkatan kepuasan dengan pemasok (studi empiris pada perusahaan-perusahaan apotik di kota Semarang) (Disertasi). Universitas Diponegoro.

Syafaruddin, & Syukur. (2019). Analisis kualitas pelayanan kesehatan pada unit gawat darurat Rumah

Downloads

Published

2025-03-15

Issue

Section

Articles