HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN DURASI PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH (5-6 TAHUN) DI TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA PANGKAL PINANG TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.41050Keywords:
gadget, perkembangan sosial, pola asuh orang tuaAbstract
Gadget merupakan salah satu bentuk komunikasih tercanggih saat ini penggunaan gadget pada anak-anak di Indonesia telah meningkat setiap tahunnya mencapai 50% pada tahun 2021, 33,34% pada tahun 2022 dan kembali meningkat 93,88% pada tahun 2023. Menurut WHO terdapat 5-25% anak prasekolah mengalami perkembangan disfungsi otak ringan, termasuk gangguan perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan durasi penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak pra sekolah (5-6 tahun) di TK negeri pembina 1 kota pangkal Pinang Tahun 2024. Penelitian ini menggünakan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel penelitian sebanyak 53 responden di TK Negeri Pembina 1 Pangkalpinang. Instrument penelitian menggunakan kuesioner perkembangan sosial anak, pola asuh orang tua dan durasi penggunaan gadget yang sudah di uji validitas dan rehabilitas. Data analisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh orang tua lebih banyak didapatkan pada pola asuh demokrasi sebanyak 21 orang (91,3%) dengan nilai p-value 0,000 atau ≤ 0,05. Memiliki arti terdapat hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial anak prasekolah di TK Negeri Pembina 1 Pangkalpinang. Kemudian penggunaan gadget kategorikan normal sebanyak 29 orang (78,4%) dengan nilai p-value= 0,000 atau ≤ 0,05. Memiliki arti terdapat hubungan durasi penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak prasekolah di TK Negeri Pembina 1 Pangkalpinang. Kesimpulannya diharapkan orang tua dapat mengetahui dampak positif dan dampak negatif yang diterima akibat penggunaan gadget dalam lama pada anak sehingga orang tua menjadi lebih disiplin memberikan anak gadget.References
Ardianti, Identifikasi Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Anak Di Desa Kala Kecamatan Donggo, Skripsi, FTK UIN Mataram, Mataram, 2022.
Andriani, N. P. L., & Wahyuni, C. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Dharma Wanita Kelurahan Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 4(2), 106117.
Anggraini, E. (2019). Mengatasi kecanduan gadget pada Anak. Serayu publishing.
Apriani, H., Sumardi, & Elan. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di SPS Taam Annuur Kota Tasikmalaya). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 44064416.
Asrianti, A., & Lestari, H. (2024). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget, Pola Asuh Dan Pengawasan Orang Tua Dengan Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Ranomeeto. Vitamin: Jurnal ilmu Kesehatan Umum, 2(2), 10-20.
Atif, A. (2021). Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak pra-sekolah. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 12(2), 102–110.
Aulia, L. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Anak. Kompasiana.
Dafera, W. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Prasekolah di Kelurahan Lubuk Buaya Padang. Jurnal Sehat Mandiri, 16(2), 3345.
Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bangka Belitung. (2020). Dampak Penggunaan Gadget.https://kominfo.babelprov.go.id/.
Hadi R Dan Sumardi L. (2023). Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Volume 6, Nomor 2:1062-1066.
Hardani, dkk (2020) Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif .Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Grup
Hafiezh, M. (2020). Studi Literatur Hubungan Penggunaan Gawai dengan perkembangan sosial anak usia 4-6 tahun.
Hidayat, A. A. (2016). Metode penelitian kebidaan dan teknik analisis data. Salemba Medika.
Hidayatullah, dkk. (2020). Hubungan Kebiasaan Bermain Gadget dengan Interaksi Sosial pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kb-Tk Ar-Rahim Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Repository Universitas Ngudi Waluyo, 10 (3), pp : 1-12
Jannah, M. (2020). Peran pembelajaran aqidah akhlak untuk menanamkan nilai pendidikan karakter siswa. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 237–252.
Karomah, Y. S., & Widiyono, A. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Siswa. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 54–60. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/SELING.V8I1.1087
Khadijah, & Zahriani, N. (2021). Perkembangan sosial Anak Usia Dini Teori dan Strateginya. Merdeka Kreasi Group.
Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627
Khotimah, A. N. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah (3-6 tahun) di TK Al-Hidayah Plus Madiun. Skripsi STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun
Kumalasari, K. (2020). Pengaruh durasi penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak pra-sekolah. Jurnal Psikologi Anak dan Perkembangan Sosial, 13(4), 85–93.
Mahmudah, F. N., & Putra, E. C. S. (2021). Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43–53.
Mailis, M. I. (2022). Pandangan dan cabaran guru terhadap pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran di rumah (PdPR) dalam tempoh pandemik covid-19. Jurnal Ilmi, 11(1), 14–25.
Meilia, M., & Murdiana, M. (2019). Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(1), 88–104.
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.
Mursidah, U. (2023). Hubungan durasi penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional anak usia sekolah di TK Harapan Bundo Nagasari Padang Laweh Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam Tahun 2023.
Notoatmodjo, S. (2018). Ilmu perilaku kesehatan. Rineka Cipta.
Ofcom. (2023). Children and parents: media use and attitudes. https://www.ofcom.org.uk/research-and-data/media-literacy research/childrens/children and-parents-media-use-and-attitudes-report-2022
Nuraini F Dan Wardhani J.D. (2023). Hubungan Durasi Bermain Gadget Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 7 Issue 2: 2245-2256.
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis
Edisi 5. Jakarta Selatan : Salemba Medika.
Nursalam. (2015). Metodologi ilmu keperawatan (Ed. 4). Salemba Medika.
Oktafia, D. P., Triana, N. Y., & Suryani, R. L. (2021). Durasi Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial pada Anak Usia PraSekolah. Jurnal Kesehatan, 4(1), 31–47.
Prasetyo, T., Suradi, F. M., & Damayanti, V. (2022). Penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak di sekolah dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(2), 203–212.
Pratiwi, R. G., & Malwa, R. U. (2021). Faktor yang mempengaruhi kecanduan gadget terhadap perilaku remaja. Jurnal Ilmiah PSYCHE, 15(2), 105–112.
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Pusparisa Y, Jarot DB. Daftar negara pengguna smartphone terbanyak, Indonesia urutan berapa. Databoks Katadata. 2021. Available from: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/01/20/berapa-jumlahpengguna-smartphone-dunia
Putri, A., & Khadijah, K. (2024). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 364-373.
Putri, E. O., Utami, A., & Lestari, R. F. (2020). Hubungan Lama Penggunaan Gadget Dengan Perilaku Sosial Anak Prasekolah. Jurnal Cakrawala Promkes, 2(2), 80–86. https://doi.org/10.12928/promkes.v2i2.1832
Putri LD. Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela PLS J Cendekiawan Ilm Pendidik Luar Sekol. 2021;6(1):58–66. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205 10.
Purwadi, H., Fitriyani, L., & Hidayatullah, M. R. (2023). Hubungan Intensitas Penggunaan Aplikasi Youtube Dengan Perkembangan Bahasa (Speech Delay) Pada Anak Usia 2-6 Tahun. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 6415-6420.
Rahmawati, I. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Era 4.0. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Ramadhani, W. (2021). Kecemasan orang tua terhadap dampak negatif penggunaan smartphone pada anak di masa Pandemi Covid19 (Study Pada Pedagang Kaki Lima Di Pasar Padang Panjang).
Rini, N. M., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1236–1241. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1379
Rizany, I. (2020). Hak Cipta: Kerangka teori, kerangka konsep, hipotesis, dan definisi operasional.
Rohmadheny, P. S., & Laila, Y. (2020). Expert Judgment of Learning Achievements Evaluation Instrument for Children Age 4-5 Years Old. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 168. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.524
Sari, L. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak dijorong kampung VII Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman 2019.
Srisanti, S. (2023). Hubungan durasi penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak pra-sekolah. Jurnal Psikologi Perkembangan Anak, 15(1), 45–54.
Sumber Data : Publikasi Statistik Kesejahteraan Rakyat Kota Pangkalpinang 2023 https://pangkalpinangkota.bps.go.id/id/publication/2023/12/28/b804bf1a019f8c3f1d611d16/statistik-kesejahteraan-rakyat-kota-pangkalpinang-2023.html
Susanti, S. (2021). Hubungan durasi penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak pra-sekolah. Jurnal Psikologi Anak dan Perkembangan, 14(2), 120–130.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sukmawati, S. (2022). Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak pra-sekolah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 14(3), 245–253.
Sujarweni, V. W. (2015a). SPSS untuk Penelitian. In SPSS untuk Penelitian.
Sulastri, S., & Rini, S. H. S. (2022). Hubungan Jenis Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah Di Kecamatan Weleri. Jurnal Surya Muda, 4(2), 118–132.
Syahrul, G. (2020). Pola asuh orangtua dalam mendidik karakter anak di Desa Ulukalo Kecamatan Iwoimendaa Kabupaten Kolaka. E-Journal IAIN Kendari, 3(1). http://ejournal.iainkendari.ac.id/dirasah
T. Nugroho, V. Supratman, Y. S. (2019). Wellness and healthy magazine. Wellness and Healthy Magazine, 2(2), 187–192. Retrieved from
TK Negeri Pembina 1 Pangkalpinang. (2024). Profil TK Negeri Pembina 1 Pangkalpinang.
Yanuar, A., Pamungkas, F., Indriani, N., Wulandari, T., Rachmawan, I., & Banyuwangi, K. (2023). Peran pola asuh dengan kecanduan gadget pada anak pra sekolah. 11(1), 97–102.
Yudhistira. Aria. 2020. Pandemi Covid-19 Dorong Anak-Anak Aktif Menggunakan Ponsel. Databoks
Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107–119.
Yustina, A., & Setyowati, S. (2021). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 2. Jurnal PAUD Teratai, 10(1), 1–7.
Wiratna, S. 2014 . Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta : Gava Media.
Zulfahmi, Z., Putriana, D., & Haq, A. F. (2022). Upaya Orang tua dalam Pengasuhan mencegah dan menghadapi anak yang Kecanduan Gadget. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 2(1), 21–30.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lidia Hidayatul Rohmah, Rezka Nurvinanda, Indri Puji Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


