ANALISIS PROFIL MEMORI ANGKA ANAK DOWN SYNDROME

Authors

  • Qurata 'Aina Jurusan Terapi Wicara, Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Gunawan Gunawan Jurusan Terapi Wicara, Poltekkes Kemenkes Surakarta
  • Hafidz Triantoro Aji Pratomo Jurusan Terapi Wicara, Poltekkes Kemenkes Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.40727

Keywords:

Down syndrome, Rentang digit, Terapi wicara, Working memory

Abstract

Down syndrome merupakan kelainan genetik trisomi 21 yang dapat mempengaruhi kemampuan serta perkembangan menjadi lebih terlambat dibandingkan dengan anak-anak seusianya, terkhusus pada mengingat angka. Anak down syndrome menampakkan kesulitan dalam mengingat rentang angka disebabkan oleh rendahnya kapasitas working memory yang dimilikinya. Oleh karena itu, pentingnya peranan working memory dalam kehidupan sehari-hari maka diperlukan analisis rentang digit anak down syndrome untuk mengetahui profil kemampuan mengingat pada down syndrome. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memberikan gambaran rentang digit maju dan digit mundur pada down syndrome serta bagaimana hubunganannya dengan faktor sosio-demografi. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif menggunakan desain deskriptif serta pendekatan cross-sectional. Jumlah responden sebanyak 33 anak yang didapat menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menunggunakan “Formulir Pemeriksaan Memori Angka” dan dilakukan analisis statistik deskriptif serta analisis bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak down syndrome rata-rata mampu mengingat 2 digit untuk deret maju dan memiliki keterbatasan dalam mengingat digit mundur. Hasil uji bivariat menyebutkan bahwa nilai signifikansi p 0.000 dimana nilai p < 0.05 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara usia dengan rentang digit. Namun tidak terdapat perbedaan pada faktor sosio-demografi lainnya seperti jenis kelamin, dan status terapi terhadap skor rentang digit. Secara garis besar down syndrome hanya mampu mengingat digit maju dengan skor 2 dan digit mundur dengan skor 0.

References

Baddeley, A., & Jarrold, C. (2007). Working memory and Down syndrome. Journal of Intellectual Disability Research, 51(12), 925–931. https://doi.org/10.1111/j.1365-2788.2007.00979.x

Cabbage, K., Brinkley, S., Gray, S., Alt, M., Cowan, N., Green, S., Kuo, T., & Hogan, T. P. (2017). Assessing working memory in children: The comprehensive assessment battery for children-working memory (CABC-WM). Journal of Visualized Experiments, 2017(124), 1–11. https://doi.org/10.3791/55121

Chua, M., William Ngie, G., Jasper Nicomedes, C. C., & Sta Cruz, C. A. (2020). A Study On The Effect Of Music On Short Term Memory With The Use Of Digit Span Task Among Students. International Journal of Advanced Research and Publications , 4(4), 55–59. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.32293.65763/1

Donolato, E., Giofrè, D., & Mammarella, I. C. (2017). Differences in verbal and visuospatial forward and backward order recall: A review of the literature. Frontiers in Psychology, 8(May). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00663

El-Wakil, E. F., Shoeib, R. M., Sallam, Y. A. N., & Boshnaq, M. H. (2021). Phonological Short-Term Memory Impairment in Children with Down Syndrome. The Medical Journal of Cairo University, 89(6), 897–902. https://doi.org/10.21608/mjcu.2021.184497

Grégoire, J., & Linden, V. der. (1997). Effect of age on forward and backward digit spans. Aging, Neuropsychology, and Cognition, 4(2), 140–149. https://doi.org/10.1080/13825589708256642

Indahri, Y. (2023). Peringatan Hari Down Syndrome Sedunia. Pusat Penelitian Badan Keahlian Sekretariat Jenderal DPR RI. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/isu_sepekan/Isu Sepekan---III-PUSLIT-Maret-2023-201.pdf

Irwanto, Wicaksono, H., Ariefa, A., & Samosir, S. M. (2019). A-Z Sindrom Down (Irwanto & H. Wicaksono (eds.); 1st ed.). Airlangga University Press.

Istiqomah, N., & Maemonah. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974

Jarrold, C., & Baddeley, A. D. (2001). Short-term memory in Down syndrome: applying the working memory model. Down’s Syndrome, Research and Practice : The Journal of the Sarah Duffen Centre / University of Portsmouth, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.3104/reviews.110

Khasanah, I., Widyana, R., & Kusumawardani, R. I. (2005). Efektivitas Pelatihan Imageri Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengingat Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. 1–9.

Koizumi, M., & Kojima, M. (2022). Syntactic development and verbal short-term memory of children with autism spectrum disorders having intellectual disabilities and children with down syndrome. Autism and Developmental Language Impairments, 7. https://doi.org/10.1177/23969415221109690

Lestari, O. (2013). Analisis Pengaruh Audio Visual Terhadap Kemampuan Memori Jangka Pendek pada Kelompok Usia Broduktif berdasarkan Tingkat Pendidikan. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, 1–25.

Mathy, F., & Feldman, J. (2012). What’s magic about magic numbers? Chunking and data compression in short-term memory. Cognition, 122(3), 346–362. https://doi.org/10.1016/j.cognition.2011.11.003

Purser, H. R. M., & Jarrold, C. (2005). Impaired verbal short-term memory in Down syndrome reflects a capacity limitation rather than atypically rapid forgetting. Journal of Experimental Child Psychology, 91(1), 1–23. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2005.01.002

Putra, A. S., Tiatri, S., & Sutikno, N. (2017). Peningkatan Kapasitas Working Memory melalui Permainan Congklak pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 44(1), 18. https://doi.org/10.22146/jpsi.21984

Sarita, Y. R., Juniawan, H., & Udiyani, R. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Puzzle terhadap Kemampuan Memori Jangka Pendek pada Anak Tunagrahita Sedang. Nursing Sciences Journal, 5(2), 83. https://doi.org/10.30737/nsj.v5i2.1934

Siswanto, A., & Pratomo, hafidz triantoro aji. (2024). The Effect Of Picture Memory Training On Children ’ s Language Skills. 9(1), 15–23.

Solianik, R., Brazaitis, M., & Skurvydas, A. (2016). Sex-related differences in attention and memory. Medicina (Lithuania), 52(6), 372–377. https://doi.org/10.1016/j.medici.2016.11.007

St Clair-Thompson, H. L., & Allen, R. J. (2013). Are forward and backward recall the same? A dual-task study of digit recall. Memory and Cognition, 41(4), 519–532. https://doi.org/10.3758/s13421-012-0277-2

Tazkiah, M., Septadina, I. S. S., Zulissetiana, E. F., Nindela, R., & Wardiansah, W. (2023). Peningkatan Memori Jangka Pendek Dengan Menggunakan Pemeriksaan Forward Digit Span Setelah Rutin Membaca Alquran. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan : Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 10(1), 53–60. https://doi.org/10.32539/jkk.v10i1.19736

Vicari, S., Marotta, L., & Carlesimo, G. A. (2004). Verbal short-term memory in Down’s syndrome: An articulatory loop deficit? Journal of Intellectual Disability Research, 48(2), 80–92. https://doi.org/10.1111/j.1365-2788.2004.00478.x

Winda, N., & Mahyuddin, N. (2022). Pengaruh Gender pada Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia Empat Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6701–6709. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3483

Wulandari, N. M. A. K., Jayanti, L. G. L. E., Cuo, F. O., Laumanto, F., & D, P. C. M. P. (2022). Pengaruh Puzzle Terhadap Kapasitas Working Memory yang Diukur Menggunakan Digit Span. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1847–1853.

Downloads

Published

2025-03-15

Issue

Section

Articles