HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN PERILAKU PERUNDUNGAN REMAJA

Authors

  • Nurul Isnaini Syi'ami Program Studi Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Wiwik Widiyawati Program Studi Profesi Ners, Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ervi Suminar Program Studi Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ernawati Ernawati Program Studi Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.40608

Keywords:

Pola asuh, Perilaku perundungan, Remaja

Abstract

Perundungan adalah kekerasan untuk menyakiti seseorang berupa ucapan, fisik, atau psikis membuat korban teraniaya, dan mengalami penderitaan. Tiap tahun kasus perundungan di kalangan remaja di sekolah semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hubungan pola asuh dengan perilaku perundungan remaja di Dusun Pongangan Krajan. Penelitian ini memakai desain penelitian Observasional dengan pendekatan cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah remaja di Dusun Pongangan Krajan berjumlah 264 remaja dengan memakai simple random sampling mendapatkan sampel berjumlah 159 remaja. Terdapat 2 variabel penelitian, yaitu pertama pola asuh (variabel independent), kedua perilaku perundungan (variabel dependen). Pengambilan data menggunakan kuesioner yaitu Parental Authority Questionnaire (PAQ), dan Bullying Questionnaire. Analisa data memakai univariat,  bivariat, dan memakai uji Chi square. Ada 63 remaja (39,62%) orang tua mengimplementasikan pola asuh otoriter, dan 90 remaja (56,6%) perilaku perundungan tinggi. Melalui uji Chi Square mendapatkan nilai P=0,001< 0,5 artinya ada hubungan signifikan antara pola asuh dengan perilaku perundungan remaja di Dusun Pongangan Krajan.  Penelitian ini dapat disimpulkan pola asuh mempengaruhi perilaku perundungan remaja. Jenis pola asuh otoriter kerap kali dikaitkan dengan perilaku menyimbang seperti perilaku perundungan. Penelitian ini diharapkan bisa menambah informasi dan diharapkan semua pihak dapat membimbing remaja supaya mencegah perilaku perundungan dan terhindar dari ancaman perilaku perundungan.

References

Agisyaputri, E., Nadia, A. N., & Ipah, S. (2023). Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 19–30. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/201/152

Ahmad, N. (2021). Analisis perilaku bullying antar siswa terhadap pembentukan karakter siswa di SDN Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 150–173. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1062%0Ahttp://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/viewFile/1062/759

Akmaaliyah, A. Z., Ervi, S., Diah, F. Z., & Widya, L. F. (2024). The Impact of Peer SSIAL Support on Bullying Behavior in Adolescents. IRJ: Innovation Research Journal, 5(2), 143–151. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=O8OXq6wAAAAJ&cstart=20&pagesize=80&citation_for_view=O8OXq6wAAAAJ:hMod-77fHWUC

Amran, T. A., & Slametiningsih. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Di Smk Islamiyah Ciputat. Indonesian Journal of Nursing Practices, 4(1), 31–40. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/ijnsp/article/viewFile/14626/7691

Dea, F., Maharani, R., & Tarcisia, T. (2024). Peningkatan pengetahuan remaja perempuan 17-22 tahun tentang sunscreen di FK Untar. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.22938

Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola asuh orang tua pada anak di masa pandemi Covid-19. Jurnal FTI Unmer, 4(1), 2433–2441. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/324

Fajar, D. R., Ihsan, N., & Selvi, H. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Sikap Dan Perilaku Masayarakat Terhadap Upaya Pencegahan Covid-19 Di Desa Jenetallasa Kabupaten Gowa. Jurnal Farmasi Pelamonia, 1(1), 44–51. https://ojs.iikpelamonia.ac.id/index.php/Pharmacy/article/view/287

Fauzia, T. F., & Lintang, R. R. (2019). Memahami Pengalaman Body Shaming Remaja Perempuan. E-Journal UNDIP, 4–5. https://www.semanticscholar.org/paper/Memahami-Pengalaman-Body-Shaming-Pada-Remaja-Fauzia-Rahmiaji/16038be19d4f29691d2b1711c441545987803c36

Febriana, T. F., & Diana, R. (2021). Gambaran Penerimaan Diri Korban Bullying. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5), 1–15. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41313

Filosofianita, A., Mamat, S., & Nadia, A. N. (2023). Strategi guru bimbingan dan konseling dalam menangani korban perundungan (bullying). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(3), 92–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i3.11548

Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social Learning Theory: Cognitive and Behavioral Approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 297–324. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph/index

Herlidanara, A. J., Suroso, & Isrida, Y. A. (2023). Perilaku Bullying Remaja : Bagaimana Peran Regulasi Emosi? Jiwa: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 455–461. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jiwa/article/view/9941

Inayah, I., Widiyawati, W., Fauziyah, D., & Nova, T. (2020). Pengetahuan dan Pola Asuh Ibu Sebagai Faktor Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Prasekolah di PAUD Klampis, Kab. Bangkalan Madura. Jurnal Ilmiah Keperawatan Stikes Hang Tuah Surabaya Vol., 15(1), 28–35. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=cSV3VQMAAAAJ&citation_for_view=cSV3VQMAAAAJ:d1gkVwhDpl0C

Jufri, F., & Yeni, K. (2021). Konstribusi self esteem terhadap perilaku bullying siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 62. https://doi.org/10.29210/3003750000

Karomah, Y. S., & Aan, W. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa. SELING : Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 54–60. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v8i1.1087

Pamungkas, D. S., Sumardiko, D. N. Y., & Makassar, E. F. (2024). Dampak-Dampak yang terjadi Akibat Disregulasi Emosi pada Remaja Akhir: Kajian Sistematik. Jurnal Psikologi, 1(4), 1–15. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2598

Purwodianto, J. (2024). Satu Pem-bully Remaja Gresik Menyerahkan Diri, Otaknya Masih Kabur. Detik.Com. https://www.detik.com/jatim/hukum-dan-kriminal/d-7658384/satu-pem-bully-remaja-gresik-menyerahkan-diri-otaknya-masih-kabur

Putri, F. R., & Fivi, N. (2019). Hubungan pola asuh otoriter terhadap perilaku perundungan pada remaja. JKKP : Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 05(02), 101–108. https://doi.org/http://doi.org/10.21009/JKKP

Rasmita, D., & Pasaribu, Y. (2024). Studi Literatur Faktor-Faktor Terjadinya Perilaku Perundungan Pada Remaja di Indonesia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(4), 348–362. https://www.bing.com/search?q=usia+mempengaruhi+regulasi+emosi+jurnal&form=ANNTH1&refig=7711C631509241ECBDA26FD389607575&pc=U531

Rizal, R. S. (2021). Bentuk Dan Faktor Perundungan Pada Siswa SMP. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 129. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5673

Sari, N., Ardyanti, D., & Rahayu, E. P. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Bullying Pada Anak SDN 004 Loa Janan Ilir Samarinda. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(4), 13561–13568. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.37522

Septiani, D., Hidayat, M. A., Azahra, S., Astuti, T. F., & Friesetya, Y. (2024). Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum. SOSIO RELIGI: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 22(2), 33–40. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/sosio%20religi.v21i1

Siahaan, Y. E. (2020). Pola Asuh Otoriter Sebagai Pembentuk Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 141–149. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.25747

Sinaga, A. D. P., Andino, C. S., Bartolomeus, M. T. S., Putri, L. B. T., Maulana, I., & Reh, B. B. P. (2023). Pencegahan Dan Upaya Mengatasi Perilaku Perundungan Pada Remaja. GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(4), 235–246. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/garuda.v1i4.1816

Sulistiowati, N. M. D., I, G. A. N. F. W., Kadek, E. S., Alit, P. P., & Ni, P. K. (2022). Gambaran Perilaku Bullying Dan Perilaku Mencari Bantuan Remaja Smp Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 47–52. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj

Syukri, M. (2020). Hubungan Pola Asuh dengan Perilaku Bullying pada Remaja SMP Negeri 19 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 243–246. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i1.880

Utami, A. N. (2019). Identifikasi faktor-faktor penyebab bullying. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 8 Tahun Ke-8 2019, 8(8), 795–800. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15031

Yapalalin, S., Wondal, R., & Alhadad, B. (2021). Kajian Tentang Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2111

Downloads

Published

2025-03-15

Issue

Section

Articles