HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN PERILAKU PERUNDUNGAN REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.40608Keywords:
Pola asuh, Perilaku perundungan, RemajaAbstract
Perundungan adalah kekerasan untuk menyakiti seseorang berupa ucapan, fisik, atau psikis membuat korban teraniaya, dan mengalami penderitaan. Tiap tahun kasus perundungan di kalangan remaja di sekolah semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hubungan pola asuh dengan perilaku perundungan remaja di Dusun Pongangan Krajan. Penelitian ini memakai desain penelitian Observasional dengan pendekatan cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah remaja di Dusun Pongangan Krajan berjumlah 264 remaja dengan memakai simple random sampling mendapatkan sampel berjumlah 159 remaja. Terdapat 2 variabel penelitian, yaitu pertama pola asuh (variabel independent), kedua perilaku perundungan (variabel dependen). Pengambilan data menggunakan kuesioner yaitu Parental Authority Questionnaire (PAQ), dan Bullying Questionnaire. Analisa data memakai univariat, bivariat, dan memakai uji Chi square. Ada 63 remaja (39,62%) orang tua mengimplementasikan pola asuh otoriter, dan 90 remaja (56,6%) perilaku perundungan tinggi. Melalui uji Chi Square mendapatkan nilai P=0,001< 0,5 artinya ada hubungan signifikan antara pola asuh dengan perilaku perundungan remaja di Dusun Pongangan Krajan. Penelitian ini dapat disimpulkan pola asuh mempengaruhi perilaku perundungan remaja. Jenis pola asuh otoriter kerap kali dikaitkan dengan perilaku menyimbang seperti perilaku perundungan. Penelitian ini diharapkan bisa menambah informasi dan diharapkan semua pihak dapat membimbing remaja supaya mencegah perilaku perundungan dan terhindar dari ancaman perilaku perundungan.References
Agisyaputri, E., Nadia, A. N., & Ipah, S. (2023). Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 19–30. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/201/152
Ahmad, N. (2021). Analisis perilaku bullying antar siswa terhadap pembentukan karakter siswa di SDN Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 150–173. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1062%0Ahttp://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/viewFile/1062/759
Akmaaliyah, A. Z., Ervi, S., Diah, F. Z., & Widya, L. F. (2024). The Impact of Peer SSIAL Support on Bullying Behavior in Adolescents. IRJ: Innovation Research Journal, 5(2), 143–151. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=O8OXq6wAAAAJ&cstart=20&pagesize=80&citation_for_view=O8OXq6wAAAAJ:hMod-77fHWUC
Amran, T. A., & Slametiningsih. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Di Smk Islamiyah Ciputat. Indonesian Journal of Nursing Practices, 4(1), 31–40. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/ijnsp/article/viewFile/14626/7691
Dea, F., Maharani, R., & Tarcisia, T. (2024). Peningkatan pengetahuan remaja perempuan 17-22 tahun tentang sunscreen di FK Untar. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i4.22938
Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola asuh orang tua pada anak di masa pandemi Covid-19. Jurnal FTI Unmer, 4(1), 2433–2441. https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/324
Fajar, D. R., Ihsan, N., & Selvi, H. (2021). Gambaran Tingkat Pengetahuan Sikap Dan Perilaku Masayarakat Terhadap Upaya Pencegahan Covid-19 Di Desa Jenetallasa Kabupaten Gowa. Jurnal Farmasi Pelamonia, 1(1), 44–51. https://ojs.iikpelamonia.ac.id/index.php/Pharmacy/article/view/287
Fauzia, T. F., & Lintang, R. R. (2019). Memahami Pengalaman Body Shaming Remaja Perempuan. E-Journal UNDIP, 4–5. https://www.semanticscholar.org/paper/Memahami-Pengalaman-Body-Shaming-Pada-Remaja-Fauzia-Rahmiaji/16038be19d4f29691d2b1711c441545987803c36
Febriana, T. F., & Diana, R. (2021). Gambaran Penerimaan Diri Korban Bullying. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5), 1–15. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41313
Filosofianita, A., Mamat, S., & Nadia, A. N. (2023). Strategi guru bimbingan dan konseling dalam menangani korban perundungan (bullying). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(3), 92–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i3.11548
Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social Learning Theory: Cognitive and Behavioral Approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 297–324. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph/index
Herlidanara, A. J., Suroso, & Isrida, Y. A. (2023). Perilaku Bullying Remaja : Bagaimana Peran Regulasi Emosi? Jiwa: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 455–461. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jiwa/article/view/9941
Inayah, I., Widiyawati, W., Fauziyah, D., & Nova, T. (2020). Pengetahuan dan Pola Asuh Ibu Sebagai Faktor Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Prasekolah di PAUD Klampis, Kab. Bangkalan Madura. Jurnal Ilmiah Keperawatan Stikes Hang Tuah Surabaya Vol., 15(1), 28–35. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=cSV3VQMAAAAJ&citation_for_view=cSV3VQMAAAAJ:d1gkVwhDpl0C
Jufri, F., & Yeni, K. (2021). Konstribusi self esteem terhadap perilaku bullying siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 62. https://doi.org/10.29210/3003750000
Karomah, Y. S., & Aan, W. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa. SELING : Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 54–60. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v8i1.1087
Pamungkas, D. S., Sumardiko, D. N. Y., & Makassar, E. F. (2024). Dampak-Dampak yang terjadi Akibat Disregulasi Emosi pada Remaja Akhir: Kajian Sistematik. Jurnal Psikologi, 1(4), 1–15. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2598
Purwodianto, J. (2024). Satu Pem-bully Remaja Gresik Menyerahkan Diri, Otaknya Masih Kabur. Detik.Com. https://www.detik.com/jatim/hukum-dan-kriminal/d-7658384/satu-pem-bully-remaja-gresik-menyerahkan-diri-otaknya-masih-kabur
Putri, F. R., & Fivi, N. (2019). Hubungan pola asuh otoriter terhadap perilaku perundungan pada remaja. JKKP : Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 05(02), 101–108. https://doi.org/http://doi.org/10.21009/JKKP
Rasmita, D., & Pasaribu, Y. (2024). Studi Literatur Faktor-Faktor Terjadinya Perilaku Perundungan Pada Remaja di Indonesia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(4), 348–362. https://www.bing.com/search?q=usia+mempengaruhi+regulasi+emosi+jurnal&form=ANNTH1&refig=7711C631509241ECBDA26FD389607575&pc=U531
Rizal, R. S. (2021). Bentuk Dan Faktor Perundungan Pada Siswa SMP. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 129. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5673
Sari, N., Ardyanti, D., & Rahayu, E. P. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Bullying Pada Anak SDN 004 Loa Janan Ilir Samarinda. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(4), 13561–13568. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.37522
Septiani, D., Hidayat, M. A., Azahra, S., Astuti, T. F., & Friesetya, Y. (2024). Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum. SOSIO RELIGI: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 22(2), 33–40. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/sosio%20religi.v21i1
Siahaan, Y. E. (2020). Pola Asuh Otoriter Sebagai Pembentuk Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 141–149. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.25747
Sinaga, A. D. P., Andino, C. S., Bartolomeus, M. T. S., Putri, L. B. T., Maulana, I., & Reh, B. B. P. (2023). Pencegahan Dan Upaya Mengatasi Perilaku Perundungan Pada Remaja. GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(4), 235–246. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/garuda.v1i4.1816
Sulistiowati, N. M. D., I, G. A. N. F. W., Kadek, E. S., Alit, P. P., & Ni, P. K. (2022). Gambaran Perilaku Bullying Dan Perilaku Mencari Bantuan Remaja Smp Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 47–52. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj
Syukri, M. (2020). Hubungan Pola Asuh dengan Perilaku Bullying pada Remaja SMP Negeri 19 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 243–246. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i1.880
Utami, A. N. (2019). Identifikasi faktor-faktor penyebab bullying. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 8 Tahun Ke-8 2019, 8(8), 795–800. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15031
Yapalalin, S., Wondal, R., & Alhadad, B. (2021). Kajian Tentang Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2111
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Isnaini Syi'ami, Wiwik Widiyawati, Ervi Suminar, Ernawati Ernawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


