EDUKASI DAN INTERVENSI KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PANCUR BATU

Authors

  • Susilawati Susilawati Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Puan Maulida Syifa Rizqi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Marysha Ikmaniar Hannari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sentia Dewi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • An’nisa Alwini Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Elsti Alvionita Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ananda Dwi Shafira Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.39724

Keywords:

Edukasi, Intervensi, Gempa Bumi

Abstract

Kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana diukur dengan parameter kesiapsiagaan, salah satunya adalah pengetahuan tentang kesiapsiagaan. Pancur Batu yang terletak di jalur tektonik aktif dan memiliki kondisi geografis berbukit, sangat rentan terhadap gempa bumi. Aktivitas seismik di wilayah ini juga meningkatkan risiko bencana sekunder seperti tanah longsor, terutama setelah gempa besar. Peneliti melakukan edukasi dan intervensi kesiapsiagaan gempa bumi agar siswa-siswi dapat memahami kesiapsiagaan terhadap risiko gempa bumi di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan desain single group pre-post test, dengan pendekatan penelitian one-group pre-post test design. Besar sampel pada penelitain ini sebanyak 24 responden yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Keriahen Tani 105306 pada bulan November 2024. Data yang di peroleh dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji t-dependen dan di tampilkan dalam bentuk table. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian edukasi dan intervensi kesiapsiagaan gempa bumi secara signifikan meningkatkan pengetahuan siswa mengenai kesiapsiagaan menghadapi bencana. Hal ini terlihat dari perbedaan signifikan antara nilai rata-rata pretest sebesar 31,17 dan nilai rata-rata posttest sebesar 56,50 (p-value = 0,000 < 0,05). Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode edukasi yang diterapkan efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang langkah-langkah yang harus diambil sebelum, saat, dan setelah gempa bumi terjadi.

References

Agus Narayana, I. G., Sukarja, I. M., Sukawana, I. W., & Juniari, N. M. (2022). Edukasi Media Audiovisual Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Jurnal Gema Keperawatan, 15(2), 160–171. https://doi.org/10.33992/jgk.v15i2.1869

Azhar, A., Safariyah, E., & Makiyah, A. (2024). Pengaruh edukasi kesiapsiagaan bencana melalui metode video animasi terhadap pengetahuan siswa. Journal of Nursing Practice and Education, 5(01), 79–85. https://doi.org/10.34305/jnpe.v5i1.1443

Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. (2015). Gambaran Umum Wilayah Provinsi Sumatera Utara. Sumutprov, 3.

Naibaho, S. (2022). Kecamatan Pancur Batu Dalam Angka 2022.

Rismayanti, Fatimah, F. S., Sarwadharmana, R. J., Dami, N. A., Muhajir, M. A., Prasetyaningrum, L., Oktasania, N., & Saputri, M. A. (2023). Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di SD Negeri Krajan. Borobudur Nursing Review, 03(02), 69–79. https://doi.org/10.31603/bnur.10648

Romdhonah, D. L., Sucipto, A., & Nekada, C. D. Y. (2019). Pengaruh Edukasi Managemen Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Gempa Bumi. Jurnal Ilmu Kesehatan, 10(1), 1–9.

Sari, D. P., & Suciana, F. (2019). Pengaruh Edukasi Audio Visual Dan Role Play Terhadap Perilaku Siaga Bencana Pada Anak Sekolah Dasar. Journal of Holistic Nursing Science, 6(2), 44–51. https://doi.org/10.31603/nursing.v6i2.2543

Setyawan, A. V. (2024). Pendidikan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Siap Stem. 138 Jurnal JARLITBANG Pendidikan, 16(1), 1–23.

Simandalahi, T., Alwi, N. P., Sari, I. K., & Prawata, A. H. M. (2019). Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Melalui Pendidikan Kesehatan. Jurnal Abdimas Saintika, 1(1), 51–56.

Sri Rahayu, M., Utariningsih, W., & Wahyuni, S. (2024). Edukasi Mitigasi Bencana Melalui Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Bagi Siswa Sekolah Dasar. AUXILIUM: Jurnal Pengabdian Kesehatan, 2(2), 18–22.

Suhardi. (2020). Kecamatan Pancur Batu dalam Angka. In BPS Kabupaten Deli Serdang/BPS-Statistics of Deli Serdang Regency. https://doi.org/10.29103/tj.v10i2.381

Sukrang, Hasnidar, & Fauzan. (2024). The Effect Of Disaster Preparedness Training On This study used a Quasi Experimental. Hospital Management Studies Journal (Homes Journal), 5(3). https://doi.org/10.24252/hmsj.v5i3.51449

Syafutra, W., Remora, H., & Sovensi, E. (2022). Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat ( JPPM ) Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat ( JPPM ). Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 108–118. https://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JPPM/article/view/917/526

Syahputri, S., Suryarinilsih, Y., Rachmadanur, N., & Metti, E. (2024). Earthquake Disaster Simulation on Increasing Knowledge and Preparedness Attitudes of Elementary School Students in Padang City. JKEP (Jurnal Keperawatan), 9(2), 308–321.

Virgiani, B. N., Aeni, W. N., & Safitri, S. (2022). Pengaruh Pelatihan Siaga Bencana dengan Metode Simulasi terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana : Literature Review. Bima Nursing Journal, 3(2), 156. https://doi.org/10.32807/bnj.v3i2.887

Downloads

Published

2025-03-14

Issue

Section

Articles