HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RS ASY SYIFA SAMBI BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.39486Keywords:
komunikasi terapeutik, perawat, kepuasan pasienAbstract
Rumah sakit adalah tempat yang yang sering dipilih oleh masyarakat untuk mendapatkan bantuan atas masalah kesehatan yang mereka hadapi. Dalam memberikan layanan, proses komunikasi dengan pasien harus diperhatikan. Perawat merupakan profesional dalam bidang kesehatan yang paling sering berinteraksi dengan pasien, sehingga penting bagi mereka untuk mampu membangun hubungan kepercayaan dengan pasien melalui komunikasi yang terapeutik. Saat ini, masih ada perawat yang kurang menerapkan komunikasi terapeutik dengan pasien, mereka terlalu sibuk dengan tugasnya sendiri sehingga menimbulkan perasaan kecewa dan mengurangi rasa puas di dalam diri pasien. Kepuasan pasien menjadi tolak ukur dalam penilaian pelayanan di rumah sakit. Ketika pasien merasa puas, mereka cenderung lebih percaya pada proses pengobatan yang diberikan dan lebih patuh terhadapnya. Hal ini tidak hanya meningkatkan loyalitas pasien, tetapi juga memperbaiki citra rumah sakit secara keseluruhan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di RS Asy Syifa Sambi Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap di RS Asy Syifa Sambi. Sampel yang digunakan yaitu berjumlah 96 sampel dengan teknik pengambilan sample adalah random sampling yaitu consecutive. Penentuan besar sampel menggunakan rumus dari Lemeshow. Uji korelasi rank spearman yang telah dilakukan menunjukkan ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien dengan nilai p 0,000 <0,005. Terdapat hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di RS Asy Syifa Sambi Boyolali.References
Achmad, H. K. (2019). The relationship between nursest therapeutic communication with inpatient satisfaction at the Wotu Health Center in East Luwu Regency. Jurnal Administrasi Negara, 25, 123–140.
Ariyanti, S. (2022). Nurse’s Therapeutic Communication Affects Patient Satisfaction and Motivation Level. Journal of Complementary Nursing, 1(3), 91–98. https://doi.org/10.53801/jcn.v1i3.52
Dewi Fitriani, I. L. (2021). Kepuasan Pasien Di Ruang Pelayanan TB Paru The Correlation Of Nurse Therapeutic Comunication And The Patients’ Satisfaction In Pulmonary Tuberculosis Room. Journal Of Nursing Research, 1(1), 23–31.
Djala, F. L. (2021). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruangan Interna Rumah Sakit Umum Daerah Poso. Journal of Islamic Medicine, 5(1), 41–47. https://doi.org/10.18860/jim.v5i1.11818
Fabiana Meijon Fadul. (2019). Hubungan Komunikas Teraupetik Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kendalkerep Kota Malang.
Fandizal, M., Tobing, D. L., & Novianti, E. (2020). Kepuasan Klien Dengan Komunikasi Terapeutik Perawat Rumah Sakit Kepolisian Pusat Raden Said Soekanto. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1). https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.4602
Harini, T. L., Mantjoro, E. M., & Napoleon Tatura, S. N. (2023). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Pusat Ratatotok Buyat. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(3), 189–198. https://doi.org/10.55338/saintek.v4i3.1338
Julfitry, H., Hasjum, P., Haskas, Y., & Sabil, F. A. (2023). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. 3, 176–183.
Lintresa, L., Silalahi, E., & Purba, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Dominan Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Bina Kasih Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 113–127. https://doi.org/10.54367/jmb.v21i1.1190
Mukin, F. A., & Wida, A. S. W. D. (2020). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pertolongan Pertama Di Unit Gawat Darurat Di RSUD dr. TC. Hillers. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat, 7(1), 41–45.
Pebrianti, F., Rubianti, R., & Obar. (2023). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan Pernus, 1(1), 24–31. http://jurnal-pernus.id/index.php/JIKP/index
Putriyanti Sitorus, Weslei Daeli, & Bambang Suryadi. (2023). Hubungan Komunikasi Teraupetik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. NAJ?: Nursing Applied Journal, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.57213/naj.v2i1.100
Rizki, M. G. D., Lisda, S., & Dristiana, D. K. (2022). Komunikasi Terapeutik Tenaga Kesehatan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Dunia Komunikasi Prodi Lmu Komunikas, 10(4), 40–54.
Rusmianingsih, N., Wulan, N., & Trianingsih, S. (2022). Hubungan Antara Komunikasi Terapeutik Perawat Dan Karakteristik Responden Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Darma Kuningan Tahun 2021. Journal of Public Health Innovation, 2(02), 199–212. https://doi.org/10.34305/jphi.v2i2.461
Sari, M., Sulisetyawati, D., Windyastuti, E., Program, M., Sarjana, S., Universitas, K., Husada, K., Program, D., Sarjana, S., Universitas, K., Husada, K., Program, D., Diploma, S., Universitas, K., Husada, K., & Pasien, K. (2021). Hubungan Kualitas Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Di Ruang Rawat RSU Asy Syifa Sambi.
Tarigan, H., & Ginting, M. (2019). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Petugas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Herna Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 3(2), 58–67.
Waruwu, K. N., & Silaen, H. (2023). Hubungan Komunikasi Teraupetik dengan Kepuasan Pasien yang Menjalani Kemoterapi. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(2), 481–490. https://doi.org/10.37287/jppp.v5i2.1458
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fatmawati Nur Azizah, Supratman Supratman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


