ANALISIS KETERLAMBATAN PENYEDIAAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TELUK KUANTAN TAHUN 2023

Authors

  • Sri Zulfatmawati Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Zulmelia Rasyid Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Lita Lita Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Endang Purnawati Rahayu Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Hetty Ismainar Universitas Hang Tuah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.38916

Keywords:

Rekam Medis ;Rawat Jalan; Keterlambatan; Penyediaan

Abstract

Rata-rata waktu keterlambatan penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Teluk Kuantan adalah 10,7 menit dari waktu Standar Pelayanan Minimal. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit bahwa waktu yang tepat untuk penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan adalah ≤ 10 menit. Ketepatan waktu dalam penyediaan rekam medis merupakan suatu hal yang sangat penting untuk menunjang pelayanan yang baik untuk pasien, namun beberapa hal membuat penyediaan rekam medis menjadi terlambat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlambatan penyediaan rekam medis rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Teluk Kuantan Tahun 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi kasus untuk menganalisis keterlambatan dalam penyediaan rekam medis dari faktor Sumber Daya Manusia (SDM), faktor Sarana dan Prasarana, faktor Standar Operasional Prosedur dan Faktor Sistem Pengelolaan Rekam Medis.Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, telaah dokumen dan wawancara kepada 6 orang Informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan petugas rekam medis RSUD Teluk Kuantan sudah sesuai dengan kebutuhan Rumah Sakit Tipe C, tetapi jumlah tenaga kerja rekam medis masih kurang sehingga menyebabkan beban kerja petugas menjadi tinggi, Sarana dan Prasarana pendukung dalam kegiatan pelayanan rekam medis yang masih kurang, penggunaan SIMRS yang belum optimal sehingga menyebabkan terhambatnya kegiatan pelayanan, Pelaksanaan kegiatan penyediaan dokumen rekam medis yang belum sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) serta Sistem Pengelolaan Rekam Medis yang belum ada.

References

Andria, F. D., & Sugiarti, I. (2015). Tinjauan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Di Rsud Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 3(2), 51–57. https://doi.org/10.33560/.v3i2.85

Arini T. Soemohadiwidjojo,(2014). Mudah Menyusun Standard Operating Procedure (SOP), Perum Bukit Permai.Jakarta.

Aprilia, A. K. D., Nurmawati, I., & Wijayanti, R. A. (2020). Identifikasi Penyebab Keterlambatan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan Di Rumah Sakit Husada Utama Surabaya Tahun 2020. J-Remi?: Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(4), 630–638. Https://Doi.Org/10.25047/Jremi.V1i4.2130

Az Zahra, A., & Herfiyanti, L. (2021). Faktor Penyebab Keterlambatan Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan di Rumah Sakit Kurnia Cilegon. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7). https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i7.118

Basjaruddin,NC; Kuspriyanto, Rakhman,E; Renardi, M. (2017). Pengembangan Rekam Medis Elektronik Berbasis Near Field Communication (NFC). Prosiding Saintiks FTIK UNIKOM. Retrieved from. http://prosidingsaintiks.ftik.unikom.ac.id/jurnal/peng embangan-rekam-medis.3o

Budi, S. C. (2015). Pentingnya Tracer Sebagai Kartu Pelacak Berkas Rekam Medis Keluar Dari Rak Penyimpanan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal Of Community Engagement), 1(1), 121–132. Https://Doi.Org/10.22146/Jpkm.16959

Dina Rosalin, A., & Herfiyanti, L. (2021). Ketepatan Pengembalian Rekam Medis Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Mitra Siaga Tegal. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7). https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i7.117

Departemen Kesehatan RI. 2006. Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam

MedisRumah Sakit di Indonesia Revisi II, Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik

Farhatani, W. H., & Wulandari, R. D. (2014). Faktor Determinan Lamanya Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan Rsud Dr.Moh. Soewandhie Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 2(4), 243–254. Http://Www.Journal.Unair.Ac.Id/DownloadFullpap

Hakam, F. 2018. Analisis Penyediaan Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Di Puskesmas X. Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan (J-MIAK). Vol 1. pp. 11–15. Available at: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jmiak-rekammedis/article/download/119/107.

Handayuni, L., & Handayani, L. F. (2020). Analisis Pelaksanaan Pengelolaan Rekam Medis Di Puskesmas Muara Madras Kecamatan Jangkat Provinsi Jambi. Administration & Health Information Of Journal, 1(1), 1–9. Http://Ojs.Stikeslandbouw.Ac.Id/Index.Php/Ahi/Article/View/1/10

Ikawati,F.R et al.2021.Tinjauan Literatur Analisis Faktor PenyebabKeterlambatan Penyediaan Rekam Medis Rumah Sakit Di Indonesia. Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia (Jurmiki).Vol 01.31-38.

Kambuaya, Mavkren. 2013. Analisis Sistem Rekam Medis Rawat Jalan di Unit Rekam Medis RSU Bhakti Yudha Depok Tahun 2013. [Tesis]. Depok: FKM UI

Kurniawati. A & Asfawa. S. 2015. Analisis Deskriptif Faktor Penyebab Kejadian Missfile Di Bagian Filling Rawat Jalan Rsud Dr. M. Ashari Pemalang Tahun 2015.Semarang: UDINUS.

Kristina, I., Ambarwati, & Putra, Y. S. (2015). Tinjauan Waktu Penyediaan Rekam Medis Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi. Medicordhif Journal, 2(1),28–40 Http://Akademiperekammedis.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Medicordhif/Article/View/23

Kotimah, D. 2017. Waktu Penyediaan Dokumen Rekam Media Rawat Jalan Di RSUD Wates Tahun 2017’, Ekp, 13(3), pp. 1576–1580.

Kementrian Kesehatan Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan. 2023. Sistem Penyimpanan Rekam Medis (Filling System) https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2215/sistem-penyimpanan-rekam-medis-filling-system.

Keputusan Mentri Kesehatan.2020. Tentang Standar Profesi Perekam Medis Dan Informasi Kesehatan

Mathar Irmawati. 2018. Managemen Informasi Kesehatan. (Pengelolaan dokumen rekammedik)https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=gCiADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=rekam+medis&ots=sIUpXpA7K&sig=6COsXPVT6ORdIJZYOiOw3oCvE&redir_esc=y#v=nepage&q=rekam%20medis&f=false

Menteri Kesehatan RI.No:129/MENKES/SK/II/2008. Tentang Standar Pelayaan Minimal Rumah Sakit Menteri Kesehatan RI.

Noviyanti. 2022. Tata Kelola Rekam Medis Agar Cepat, Tepat, Akurat, Dan Efisien. Artikel kementrian kesehatan.

Nuraini,N. 2015. Analisis Sistem Penyelenggaraan Rekam Medis di Instalasi Rekam Medis RS “X” Tangerang Periode April-Mei 2015.

Profil RSUD Teluk Kuantan. (2021). Profil Rumah Sakit Umum Daerah Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 30 Tahun (2013).Tenang Jabatan Fungsional Perekam Medis dan Angka Kreditnya ) .

Peraturan Bupati Kuantan Singingi,Nomor 39 Tahun 2018.Tentang StandarPelayanan Minim Bidang Kesehatan,Taluk Kuantan.

Rahmawati, M. A., Nuraini, N., & Hasan, D. A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan Di Rsu Haji Surabaya. J-Remi?: Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(4), 511–518. Https://Doi.Org/10.25047/Jremi.V1i4.2000

Raja, P. A., & Haksama, S. (2014). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Waktu Penyediaan Dokumen Rekam Medis Pelayanan Rawat Jalan. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 1 (1), 42 47.Http://Www.Journal.Unair.Ac.Id/DownloadFullpapers-Jaki7a72328610full.Pdf

Ritonga, Z. A., & Wannara, A. J. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Waktu Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan Di Rsu Madani Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 5(1), 85–97. Https://Doi.Org/10.2411/Jipiki.V5i1.341

Ritonga,Z.A.,& Sari,F.M.,(2019).Tinjauan Sistem Penyimpanan Berkas Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Pusat H Adam Malik Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda.

Rohman,A(2017). Dasar-Dasar Manajemen. Malang, Indonesia. Penerbit : Inteligensia Media.

Sheila Vania Winata, (2016). Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Pada Chocolab, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Volume 1 Nomor 1 April

Sihombing YA,2022. Loyalitas pasien: tinjauan aspek pelayanan, kepuasan, trust, komitmen, brand equity, dan hospital. Penerbit:PT.Nasya Expanding Manabement-Jawa Tengah.

Satori D et al, 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung-Indonesia. Penerbit:Alfabet.

Supriadi dan Damayanti, D. P. 2019. Tinjauan Waktu Penyediaan Berkas Rekam Medik Rawat Jalan Rumah Sakit X Di Tangerang Selatan. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan. Vol 2. Available at: http://journal.vokasi.ui.ac.id/index.php/jabt/article/view/68/43.

Suraja, Y. (2019). Pengelolaan Rekam Medis Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Jurnal Administrasi Dan Kesehatan, 4(1), 62–71. Http://Www.Jurnal.StiksTarakanita.Ac.Id/Index.Php/Jak/Article/View/191

Sudrajat, I. 2014. Hubungan Kecepatan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis Tahun 2014. Tasikmalaya: Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya: tidak di terbitkan.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suprismawati., Rawi Miharti. 2018.Faktor Penyebab Keterlambatan PenyediaanBerkas Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Standar Pelayanan Minimal di RSUD Tidar Kota Magelang.Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Tambunan, R. M. (2013). Standard Operating Procedures (SOP) Edisi 2.Jakarta: Maeistas Publishing.

Wati, T. G., & Nuraini, N. (2019). Analisis Kejadian Missfile Berkas Rekam Medis Rawat Jalan Di Puskesmas Bangsalsari. J-Remi?: Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(1), 23–30. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.25047/Jremi.V1i1.1932

WHO. (2018). World Health Organization, OECD & International Bank for Reconstruction and Development/The World Bank, Delivering quality health services: a global imperative for universal health coverage.

Wulandari, D., Wicaksono, A. P., & Deharja, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyediaan Berkas Rekam Medis Rj Di Rsup Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. J-Remi?: Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(3), 247–254. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.25047/Jremi.V1i3.2051

Zhenzhe, Xie, & Calvin. (2017). Between Waiting Times, Service Times, and Patient Satisfaction in an Endocrinology Outpatient Departement : A Time Study and Questionnaire Survey. The Journal of Healthcare Organization, Provision, and Financing; 54, 1-10.

Downloads

Published

2025-03-25

Issue

Section

Articles