ANALISIS KETERLAMBATAN PENYEDIAAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TELUK KUANTAN TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.38916Keywords:
Rekam Medis ;Rawat Jalan; Keterlambatan; PenyediaanAbstract
Rata-rata waktu keterlambatan penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Teluk Kuantan adalah 10,7 menit dari waktu Standar Pelayanan Minimal. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit bahwa waktu yang tepat untuk penyediaan dokumen rekam medis rawat jalan adalah ≤ 10 menit. Ketepatan waktu dalam penyediaan rekam medis merupakan suatu hal yang sangat penting untuk menunjang pelayanan yang baik untuk pasien, namun beberapa hal membuat penyediaan rekam medis menjadi terlambat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlambatan penyediaan rekam medis rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Teluk Kuantan Tahun 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi kasus untuk menganalisis keterlambatan dalam penyediaan rekam medis dari faktor Sumber Daya Manusia (SDM), faktor Sarana dan Prasarana, faktor Standar Operasional Prosedur dan Faktor Sistem Pengelolaan Rekam Medis.Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, telaah dokumen dan wawancara kepada 6 orang Informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan petugas rekam medis RSUD Teluk Kuantan sudah sesuai dengan kebutuhan Rumah Sakit Tipe C, tetapi jumlah tenaga kerja rekam medis masih kurang sehingga menyebabkan beban kerja petugas menjadi tinggi, Sarana dan Prasarana pendukung dalam kegiatan pelayanan rekam medis yang masih kurang, penggunaan SIMRS yang belum optimal sehingga menyebabkan terhambatnya kegiatan pelayanan, Pelaksanaan kegiatan penyediaan dokumen rekam medis yang belum sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) serta Sistem Pengelolaan Rekam Medis yang belum ada.References
Andria, F. D., & Sugiarti, I. (2015). Tinjauan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Di Rsud Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 3(2), 51–57. https://doi.org/10.33560/.v3i2.85
Arini T. Soemohadiwidjojo,(2014). Mudah Menyusun Standard Operating Procedure (SOP), Perum Bukit Permai.Jakarta.
Aprilia, A. K. D., Nurmawati, I., & Wijayanti, R. A. (2020). Identifikasi Penyebab Keterlambatan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan Di Rumah Sakit Husada Utama Surabaya Tahun 2020. J-Remi?: Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(4), 630–638. Https://Doi.Org/10.25047/Jremi.V1i4.2130
Az Zahra, A., & Herfiyanti, L. (2021). Faktor Penyebab Keterlambatan Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan di Rumah Sakit Kurnia Cilegon. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7). https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i7.118
Basjaruddin,NC; Kuspriyanto, Rakhman,E; Renardi, M. (2017). Pengembangan Rekam Medis Elektronik Berbasis Near Field Communication (NFC). Prosiding Saintiks FTIK UNIKOM. Retrieved from. http://prosidingsaintiks.ftik.unikom.ac.id/jurnal/peng embangan-rekam-medis.3o
Budi, S. C. (2015). Pentingnya Tracer Sebagai Kartu Pelacak Berkas Rekam Medis Keluar Dari Rak Penyimpanan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal Of Community Engagement), 1(1), 121–132. Https://Doi.Org/10.22146/Jpkm.16959
Dina Rosalin, A., & Herfiyanti, L. (2021). Ketepatan Pengembalian Rekam Medis Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Mitra Siaga Tegal. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7). https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i7.117
Departemen Kesehatan RI. 2006. Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rekam
MedisRumah Sakit di Indonesia Revisi II, Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik
Farhatani, W. H., & Wulandari, R. D. (2014). Faktor Determinan Lamanya Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan Rsud Dr.Moh. Soewandhie Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 2(4), 243–254. Http://Www.Journal.Unair.Ac.Id/DownloadFullpap
Hakam, F. 2018. Analisis Penyediaan Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Di Puskesmas X. Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan (J-MIAK). Vol 1. pp. 11–15. Available at: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jmiak-rekammedis/article/download/119/107.
Handayuni, L., & Handayani, L. F. (2020). Analisis Pelaksanaan Pengelolaan Rekam Medis Di Puskesmas Muara Madras Kecamatan Jangkat Provinsi Jambi. Administration & Health Information Of Journal, 1(1), 1–9. Http://Ojs.Stikeslandbouw.Ac.Id/Index.Php/Ahi/Article/View/1/10
Ikawati,F.R et al.2021.Tinjauan Literatur Analisis Faktor PenyebabKeterlambatan Penyediaan Rekam Medis Rumah Sakit Di Indonesia. Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia (Jurmiki).Vol 01.31-38.
Kambuaya, Mavkren. 2013. Analisis Sistem Rekam Medis Rawat Jalan di Unit Rekam Medis RSU Bhakti Yudha Depok Tahun 2013. [Tesis]. Depok: FKM UI
Kurniawati. A & Asfawa. S. 2015. Analisis Deskriptif Faktor Penyebab Kejadian Missfile Di Bagian Filling Rawat Jalan Rsud Dr. M. Ashari Pemalang Tahun 2015.Semarang: UDINUS.
Kristina, I., Ambarwati, & Putra, Y. S. (2015). Tinjauan Waktu Penyediaan Rekam Medis Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi. Medicordhif Journal, 2(1),28–40 Http://Akademiperekammedis.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Medicordhif/Article/View/23
Kotimah, D. 2017. Waktu Penyediaan Dokumen Rekam Media Rawat Jalan Di RSUD Wates Tahun 2017’, Ekp, 13(3), pp. 1576–1580.
Kementrian Kesehatan Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan. 2023. Sistem Penyimpanan Rekam Medis (Filling System) https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2215/sistem-penyimpanan-rekam-medis-filling-system.
Keputusan Mentri Kesehatan.2020. Tentang Standar Profesi Perekam Medis Dan Informasi Kesehatan
Mathar Irmawati. 2018. Managemen Informasi Kesehatan. (Pengelolaan dokumen rekammedik)https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=gCiADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=rekam+medis&ots=sIUpXpA7K&sig=6COsXPVT6ORdIJZYOiOw3oCvE&redir_esc=y#v=nepage&q=rekam%20medis&f=false
Menteri Kesehatan RI.No:129/MENKES/SK/II/2008. Tentang Standar Pelayaan Minimal Rumah Sakit Menteri Kesehatan RI.
Noviyanti. 2022. Tata Kelola Rekam Medis Agar Cepat, Tepat, Akurat, Dan Efisien. Artikel kementrian kesehatan.
Nuraini,N. 2015. Analisis Sistem Penyelenggaraan Rekam Medis di Instalasi Rekam Medis RS “X” Tangerang Periode April-Mei 2015.
Profil RSUD Teluk Kuantan. (2021). Profil Rumah Sakit Umum Daerah Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 30 Tahun (2013).Tenang Jabatan Fungsional Perekam Medis dan Angka Kreditnya ) .
Peraturan Bupati Kuantan Singingi,Nomor 39 Tahun 2018.Tentang StandarPelayanan Minim Bidang Kesehatan,Taluk Kuantan.
Rahmawati, M. A., Nuraini, N., & Hasan, D. A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan Di Rsu Haji Surabaya. J-Remi?: Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(4), 511–518. Https://Doi.Org/10.25047/Jremi.V1i4.2000
Raja, P. A., & Haksama, S. (2014). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Waktu Penyediaan Dokumen Rekam Medis Pelayanan Rawat Jalan. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 1 (1), 42 47.Http://Www.Journal.Unair.Ac.Id/DownloadFullpapers-Jaki7a72328610full.Pdf
Ritonga, Z. A., & Wannara, A. J. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Waktu Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan Di Rsu Madani Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda, 5(1), 85–97. Https://Doi.Org/10.2411/Jipiki.V5i1.341
Ritonga,Z.A.,& Sari,F.M.,(2019).Tinjauan Sistem Penyimpanan Berkas Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Pusat H Adam Malik Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda.
Rohman,A(2017). Dasar-Dasar Manajemen. Malang, Indonesia. Penerbit : Inteligensia Media.
Sheila Vania Winata, (2016). Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Pada Chocolab, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Volume 1 Nomor 1 April
Sihombing YA,2022. Loyalitas pasien: tinjauan aspek pelayanan, kepuasan, trust, komitmen, brand equity, dan hospital. Penerbit:PT.Nasya Expanding Manabement-Jawa Tengah.
Satori D et al, 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung-Indonesia. Penerbit:Alfabet.
Supriadi dan Damayanti, D. P. 2019. Tinjauan Waktu Penyediaan Berkas Rekam Medik Rawat Jalan Rumah Sakit X Di Tangerang Selatan. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan. Vol 2. Available at: http://journal.vokasi.ui.ac.id/index.php/jabt/article/view/68/43.
Suraja, Y. (2019). Pengelolaan Rekam Medis Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Jurnal Administrasi Dan Kesehatan, 4(1), 62–71. Http://Www.Jurnal.StiksTarakanita.Ac.Id/Index.Php/Jak/Article/View/191
Sudrajat, I. 2014. Hubungan Kecepatan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis Tahun 2014. Tasikmalaya: Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya: tidak di terbitkan.
Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprismawati., Rawi Miharti. 2018.Faktor Penyebab Keterlambatan PenyediaanBerkas Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Standar Pelayanan Minimal di RSUD Tidar Kota Magelang.Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Tambunan, R. M. (2013). Standard Operating Procedures (SOP) Edisi 2.Jakarta: Maeistas Publishing.
Wati, T. G., & Nuraini, N. (2019). Analisis Kejadian Missfile Berkas Rekam Medis Rawat Jalan Di Puskesmas Bangsalsari. J-Remi?: Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(1), 23–30. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.25047/Jremi.V1i1.1932
WHO. (2018). World Health Organization, OECD & International Bank for Reconstruction and Development/The World Bank, Delivering quality health services: a global imperative for universal health coverage.
Wulandari, D., Wicaksono, A. P., & Deharja, A. (2020). Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyediaan Berkas Rekam Medis Rj Di Rsup Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. J-Remi?: Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(3), 247–254. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.25047/Jremi.V1i3.2051
Zhenzhe, Xie, & Calvin. (2017). Between Waiting Times, Service Times, and Patient Satisfaction in an Endocrinology Outpatient Departement : A Time Study and Questionnaire Survey. The Journal of Healthcare Organization, Provision, and Financing; 54, 1-10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Zulfatmawati, Zulmelia Rasyid, Lita Lita, Endang Purnawati Rahayu, Hetty Ismainar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


