STRATEGI MARKETING DENGAN MENGOPTIMALISASIKAN SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN PASIEN : LITERATURE REVIEW

Authors

  • devi setyawati Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit,Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Indonesia,Indonesia
  • Pujiyanto Pujiyanto Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit,Fakultas Kesehatan Masyarakat,Universitas Indonesia,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.38859

Keywords:

digitalisasi, SEO, strategi marketing

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, industri kesehatan mengalami transformasi signifikan akibat perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi. Perubahan ini paling terlihat dalam cara pasien mencari informasi layanan kesehatan, di mana banyak calon pasien kini menggunakan mesin pencari seperti Google untuk menemukan rumah sakit dan dokter. Oleh karena itu, visibilitas online dan optimalisasi mesin pencari (SEO) menjadi krusial bagi rumah sakit untuk menarik perhatian pasien baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pengoptimalan SEO dapat meningkatkan jumlah kunjungan pasien rawat jalan. Dengan menerapkan strategi SEO yang efektif, rumah sakit tidak hanya dapat meningkatkan visibilitas mereka di dunia maya tetapi juga memberikan informasi yang relevan bagi pasien. Metode penelitian ini menggunakan studi literature review terhadap jurnal yang dipublikasikan dalam lima tahun terakhir, dengan fokus pada hubungan antara SEO dan peningkatan kunjungan pasien. Penelitian dilakukan dengan menganalisis artikel dari berbagai database seperti Google Scholar dan Scopus, menggunakan kata kunci "SEO". Kriteria inklusi berdasarkan pendekatan PICOS diterapkan untuk memilih studi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi SEO on-page dan lokal dapat memperkuat citra rumah sakit di dunia digital, serta meningkatkan jumlah pasien yang datang. Kesimpulannya diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan dan rekomendasi bagi manajemen rumah sakit dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif di era digital, serta membantu mereka meningkatkan jumlah kunjungan pasien rawat jalan secara signifikan.

References

Agung, M. (2001). Interaksi ibu yang memiliki sifat temperamental terhadap perkembangan anak. Journal of Personality and Social Psychology, 69, 254-258.

Chandra, A. (2011). Aplikasi internet dalam keperluan bisnis. Dalam Mulyandi, M. R., Sudaryono, & Ningrum, I. T. (Eds.), Inovasi strategi pemasaran internet.

Mulyandi, M. R., Sudaryono, & Ningrum, I. T. (2012). Inovasi strategi pemasaran internet menggunakan search engine optimization.

Sutejo, A. (2006). Persaingan bisnis dalam era globalisasi. Dalam Mulyandi, M. R., Sudaryono, & Ningrum, I. T. (Eds.), Inovasi strategi pemasaran internet.

Turban, E. (2002). E-commerce: A managerial perspective. Dalam Mulyandi, M. R., Sudaryono, & Ningrum, I. T. (Eds.), Inovasi strategi pemasaran internet.

Yuliana, L. (2000). Pengembangan bisnis melalui internet. Dalam Mulyandi, M. R., Sudaryono, & Ningrum, I. T. (Eds.), Inovasi strategi pemasaran internet.

Diniati, A., Suryana, A., & Bajari, A. (2022). Pengalaman buruh anak tentang perilaku komunikasinya. Jurnal Komunikasi, 14(2), 322-345.

Fatma Hardianti Fauzia et al. (2020). Digital marketing strategies in healthcare: The case of hospitals in Indonesia. International Journal of Healthcare Management.

Hidayati, N., & Setiawan, A. (2021). The impact of social media marketing on patient engagement in hospitals: Evidence from Indonesia. Journal of Health Communication.

Prasetyo, Y., & Rahardjo, B. (2019). The role of website quality in patient satisfaction: A study on private hospitals in Indonesia. Asian Journal of Business Research.

Rahmawati, R., & Supriyadi, S. (2020). Analysis of the influence of digital marketing on patient loyalty in public hospitals in Jakarta. Journal of Marketing Research.

Rahayu, S., & Santoso, H.B. (2021). The effect of SEO on hospital visibility: A case study in Surabaya hospitals. International Journal of Marketing Studies.

Santoso, B., & Wibowo, H.P.A.(2018). Internet marketing strategies for healthcare services: A review of the literature and future directions for research in Indonesia. Journal of Health Marketing.

Setiawan, B., & Wulandari, D.P.(2017). The effectiveness of online marketing strategies in increasing hospital visits: Evidence from Yogyakarta hospitals.Journal of Healthcare Management.

Utami, N.P., & Hidayah, L.(2020). Digital transformation in healthcare: Strategies for Indonesian hospitals to improve online presence and patient engagement.Indonesian Journal of Health Policy.

Downloads

Published

2025-03-15

Issue

Section

Articles