PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG BAHAYA MEROKOK PADA SISWA SMA NEGERI 4 SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.38836Keywords:
Rokok, Ular Tangga, Pengetahuan, Sikap, SiswaAbstract
Salah satu kebiasaan yang berkontribusi terhadap masalah kesehatan di seluruh dunia adalah merokok. Indonesia termasuk negara dengan tingkat perokok tertinggi di seluruh dunia. Setiap tahun, kebiasaan merokok di kalangan remaja menyebabkan kematian lebih dari 225.700 orang. Menyediakan platform permainan edukatif yang meningkatkan kesadaran dan sikap tentang risiko merokok adalah salah satu cara untuk mencegah kaum muda mencoba merokok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendidikan kesehatan melalui media ular tangga berdampak pada sikap dan pemahaman siswa tentang risiko yang terkait dengan merokok di SMA Negeri 4 Samarinda. Penelitian ini menggunakan desain one-group pretest-posttest dan bersifat kuantitatif. Pendekatan proporsional random selection digunakan untuk memilih 79 siswa dari populasi, yang terdiri dari siswa kelas 11. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data, dan analisis univariat dan bivariat digunakan. Menurut temuan analisis, mayoritas responden berusia 17 tahun. Hasil Identifikasi pengetahuan di peroleh jumlah responden dengan pengetahuan kategori cukup saat pretest terdapat 40 siswa (50,6%) dan pada posttest terdapat sebanyak 44 siswa (57,7%). Sedangkan responden dengan sikap baik pada pretest terdapat sebanyak 16 siswa (22.3%) dan pada saat posttest terdapat 34 siswa (43.0)%. “Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05), pendidikan kesehatan melalui media ular tangga memberikan pengaruh terhadap pengetahuan dan sikap responden. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan di SMA Negeri 4 Samarinda yang menggunakan media ular tangga memberikan pengaruh terhadap sikap dan pemahaman siswa tentang risiko merokok.References
Al Mashlahatul Ammah. (2012). “Pengetahuan Dan Sikap Siswa SMP negeri 40 Palembang terhadap merokok tahun 2012”,
Chifdillah, N, A. & Hazanah, S. (2021).Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Audiovisual dan Media Visual terhadap Pengetahuan Mahasiswa tentang COVID-19. Jurnal Mahakam Midwifery. 6 (10). 14-27
Chifdillah, N. A.,& Rahayu,E. P. 2022. Pengembangan monopoli edukatif sebagai sebagai media KIE pencegahan perilaku merokok pada kelompok anak. Health Promotion and Community Engagement Journal, 1(1), 44–52
Economics, P., Khaldoon, A., Ahmad, A., Wei, H., Yousaf, I., Ali, S. S., Naveed, M., Latif, A. S., Abdullah, F., Ab Razak, N. H., Palahuddin, S. H., Tasneem Sajjad , Nasir Abbas, Shahzad Hussain, SabeehUllah, A. W., Gulzar, M. A., Zongjun, W., Gunderson, M., Gloy, B., Rodgers, C., Orazalin, N., Mahmood, M., … Ishak, R. B. (2020).
Fadhilah, Rahmi. 2020. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Permainan Ultare Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Diare Pada Anak Sekolah Dasar Di SD Negeri 79 Kota Bengkulu. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bengkulu. [Skripsi]
Global Youth Tobacco Survey. “Lembar Informasi Indonesia 2019”. World Health Organization. 2020
Lusiani Y. Efektivitas penyuluhan yang dilakukan perawat gigi dan guru orkesDalam meningkatkan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada murid SD Negeri 0609737 di Kecamatan Medan Selayan. Tesis, Medan: Universitas Sumatera Utara.2015.
Munanda, R. F., Sumiati, S., Andeka, W., & Ningsih, L. (2020).... Promosi Kesehatan melalui Media Gede (Games of Diarrhea) terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Diare pada Anak Sekolah Dasar di SD N. 66 Kota Bengkulu. http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/446
Riskesdas. (2019). Laporan Provinsi Kalimantan Timur Riskesdas 2018. Lembaga Penerbit Badan litbang Kesehatan 472.
Retrieved December 16, 2022, from https://www.who.int/indonesia/news/detail/30-05-2020- pernyataan-hari-tanpa-tembakau-sedunia-2020
World Health Organization. 2020. Pernyataan: Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2020. World Health Organization.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annisa Jannati Rosidah, Sri Hazanah, Nino Adib Chifdillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).


