PENGARUH PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN ANGGOTA PMR BHARAKU SMK NEGERI 1 KUTASARI TENTANG BANTUAN HIDUP DASAR (BHD)

Authors

  • Mutia Oktafiani Fakultas Ilmu Kesehatan, Prodi Keperawatan S1, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Nurul Fatwati Fitriana Fakultas Ilmu Kesehatan, Prodi Keperawatan S1, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v3i1.3860

Keywords:

EMBELAJARAN AUDIOVISUA, PENGETAHUAN ANGGOTA PMR

Abstract

Cardiac Arrest adalah kondisi dimana hilangnya fungsi jantung secara tiba-tiba untuk memompa darah keseluruh tubuh. Resusitasi Jantung Paru (RJP) terbukti dapat mengembalikan fungsi jantung dan dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang BHD salah satunya melalui pendidikan dan pelatihan dengan metode audiovisual yaitu metode pembelajaran yang tidak monoton dengan menampilkan video ilustrasi kasus dan langkah-langkah tindakan BHD sehingga tidak menimbulkan rasa bosan dan dapat menambah minat untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan metode audiovisual tentang BHD terhadap pengetahuan anggota PMR Bharaku SMK Negeri 1 Kutasari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif pre-experiment dengan menggunakan rancangan penelitian berupa one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 responden dengan teknik simple random sampling. Terjadi peningkatan sebanyak 52 responden dari 32 responden, memiliki pengetahuan yang baik setelah diberikan pembelajaran audiovisual. Diperoleh p-value Pretest (0,000) dan Post-Test (0,000) sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh tidak terdistribusi normal, karena p-value < 0,05. Sehingga uji yang digunakan adalah uji Wilcoxon Signed Rank diperoleh p-value 0,000 (<0,05) yang artinya Ha diterima. Terdapat pengaruh pembelajaran dengan metode audiovisual tentang BHD terhadap pengetahuan anggota PMR Bharaku SMK Negeri 1 Kutasari.

Author Biography

Nurul Fatwati Fitriana, Fakultas Ilmu Kesehatan, Prodi Keperawatan S1, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

KEperawatan Gawat Darurat

Downloads

Published

2022-03-18

How to Cite

Oktafiani, M., & Fitriana, N. F. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN ANGGOTA PMR BHARAKU SMK NEGERI 1 KUTASARI TENTANG BANTUAN HIDUP DASAR (BHD). Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(1), 133–141. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i1.3860

Issue

Section

Articles