PENGARUH PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN ANGGOTA PMR BHARAKU SMK NEGERI 1 KUTASARI TENTANG BANTUAN HIDUP DASAR (BHD)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jkt.v3i1.3860Keywords:
EMBELAJARAN AUDIOVISUA, PENGETAHUAN ANGGOTA PMRAbstract
Cardiac Arrest adalah kondisi dimana hilangnya fungsi jantung secara tiba-tiba untuk memompa darah keseluruh tubuh. Resusitasi Jantung Paru (RJP) terbukti dapat mengembalikan fungsi jantung dan dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang BHD salah satunya melalui pendidikan dan pelatihan dengan metode audiovisual yaitu metode pembelajaran yang tidak monoton dengan menampilkan video ilustrasi kasus dan langkah-langkah tindakan BHD sehingga tidak menimbulkan rasa bosan dan dapat menambah minat untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan metode audiovisual tentang BHD terhadap pengetahuan anggota PMR Bharaku SMK Negeri 1 Kutasari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif pre-experiment dengan menggunakan rancangan penelitian berupa one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 responden dengan teknik simple random sampling. Terjadi peningkatan sebanyak 52 responden dari 32 responden, memiliki pengetahuan yang baik setelah diberikan pembelajaran audiovisual. Diperoleh p-value Pretest (0,000) dan Post-Test (0,000) sehingga dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh tidak terdistribusi normal, karena p-value < 0,05. Sehingga uji yang digunakan adalah uji Wilcoxon Signed Rank diperoleh p-value 0,000 (<0,05) yang artinya Ha diterima. Terdapat pengaruh pembelajaran dengan metode audiovisual tentang BHD terhadap pengetahuan anggota PMR Bharaku SMK Negeri 1 Kutasari.Downloads
Published
2022-03-18
How to Cite
Oktafiani, M., & Fitriana, N. F. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN ANGGOTA PMR BHARAKU SMK NEGERI 1 KUTASARI TENTANG BANTUAN HIDUP DASAR (BHD). Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(1), 133–141. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i1.3860
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mutia Oktafiani, Nurul Fatwati Fitriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).