FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GANGGUAN MENTAL EMOSIONAL REMAJA SMA

Authors

  • Rini Nur Diana Stikes Pemkab Jombang, Jombang, Indonesia
  • Rosa Purwanti Stikes Pemkab Jombang, Jombang, Indonesia
  • Eka Mei Dianita Stikes Pemkab Jombang, Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jkt.v5i4.38483

Keywords:

gangguan mental emosional, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, remaja, teman sebaya

Abstract

Menjaga kesehatan mental dan melalukan perencanaan masa depan sangalah penting, karena gangguan mental emosional merupakan kondisi yang menunjukkan seseorang sedang mengalami perubahan emosi yang jika terus berlanjut dapat berubah menjadi kondisi psikologis. Ada banyak faktor yang bisa memicu munculnya masalah gangguan mental emosional pada remaja diantaranya lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan sosial media. Kesehatan mental anak akan terjaga dengan baik jika lingkungan sosialnya harmonis dan stabil. Tujuan daripada penelitian ini yaitu diketahuinya faktor-faktor yang memengaruhi gangguan mental emosional remaja SMA Negeri 1 Gedeg. Penelitian ini menggunakan desain survey analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 88 responden dan pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan yaitu kuesioner strength and diificulties questionnaire (SDQ) kemudian data dikumpulkan dan dilakukan pengolahan data dengan komputerisasi melalui tahapan editing, coding, memasukan data (data entry) atau processing data, pembersihan data (cleaning) dan tabulating. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian diketahui ada pengaruh yang signifikan antara faktor lingkungan keluarga terhadap gangguan mental emosional (p-value = 0,005) dan faktor lingkungan teman sebaya terhadap gangguan mental emosional (p-value = 0,034). Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh faktor lingkungan dan teman sebaya terhadap gangguan mental emosional pada remaja SMAN 1 Gedeg tahun2024

References

Canal-bedia, R., Díez-villoria, E., & Gisbert-gustemps, L. (2024). Emotion regulation and emotion dysregulation in children and adolescents with Autism Spectrum Disorder?: A meta-analysis of evaluation and intervention studies. 109(January). https://doi.org/10.1016/j.cpr.2024.102410

Compas, B. E., Jaser, S. S., Bettis, A. H., Watson, K. H., Gruhn, M., Dunbar, J. P., Williams, E., & Thigpen, J. C. (2020). HHS Public Access. 143(9), 939–991. https://doi.org/10.1037/bul0000110.Coping

Fitri, A., Neherta, M., & Sasmita, H. (2019). MENTAL EMOSIONAL REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMK ) SWASTA SE KOTA PADANG PANJANG TAHUN 2018. 2(2), 68–72.

Guessoum, S. B., Lachal, J., Radjack, R., Carretier, E., Minassian, S., Benoit, L., & Moro, M. R. (2020). Adolescent psychiatric disorders during the COVID-19 pandemic and lockdown. Psychiatry Research, 291, 113264. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.113264

KEMENKES RI. (2020). Protokol Layanan DKJPS Anak dan Remaja Pda Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID-19. 41. https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/COVID-19/Buku-Protokol-Dukungan-Kesehatan-Jiwa-Dan-Psikologi-DKJPS-AR-2020.pdf

Kurniawati, K. I., Yulianto, S., & Putri, D. S. R. (2023). Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kesehatan Jiwa Remaja Awal Di Mts Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada, 2(5), 1–8.

Livia Prajogo, S., & Yudiarso, A. (2021). Metaanalisis Efektivitas Acceptance and Commitment Therapy untuk Menangani Gangguan Kecemasan Umum. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 26(1), 85–100. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol26.iss1.art5

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Riskesdas. (2018). RISKESDAS. RISKESDAS, 1–582.

Santrock, J. W. (2012). Life Span Development?: Perkembangan Masa Hidup Jilid I. (B. Widyasinta, Penerj.). Erlangga.

Selçuk, E. B., Demir, A. Ç., Erbay, L. G., Özcan, Ö. Ö., Gürer, H., & Dönmez, Y. E. (2021). Anxiety, depression and post-traumatic stress disorder symptoms in adolescents during the COVID-19 outbreak and associated factors. International Journal of Clinical Practice, 75(11), 1–7. https://doi.org/10.1111/ijcp.14880

Shi, W., Yuan, G. F., Hall, B. J., Liu, X., Su, Y., & Zhao, L. (2021). Mental Disorders and Emotional Competence Among Chinese Adolescents Before and During COVID-19 Pandemic?: A Longitudinal Mediation Model. 9(December), 1–9. https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.767004

Tang, S., Xiang, M., Cheung, T., & Xiang, Y. T. (2021). Mental health and its correlates among children and adolescents during COVID-19 school closure: The importance of parent-child discussion. Journal of Affective Disorders, 279(October 2020), 353–360. https://doi.org/10.1016/j.jad.2020.10.016

World Health Organization. (2021). COVID-19 disease in children and adolescents. Scientific Brief, September, 1–10. https://www.who.int/publications/i/item/WHO-2019-nCoV-Sci_Brief-Children_and_adolescents-2021.1

Downloads

Published

2024-12-27